Artikel Terbaru

Cerita dari Daniel Sanjaya, Beasiswa Erasmus Mundus Kuliah di Madrid, Spanyol!


Perkenalkan, saya Daniel Sanjaya, asal dari Jakarta. Saya kuliah di Madrid, Spayol melalui beasiswa Erasmus Mundus. 

Apa hal yang membuat saya memilih Spanyol? Ini karena Program Erasmus Mundus yang saya pilih memiliki 3 universitas pilihan studi selama 2 tahun program, yaitu: di Madrid (Spanyol), Milan (Italia), dan Edinburgh (Scotland). Oleh karena itu, semester 1 saya harus dilewatkan di Madrid, Spanyol di mana saya belajar mengenai General Management Skills seperti Strategy, Marketing, Finance, dan IT


Apakah ada lembaga khusus Spanyol di Indonesia yang bisa membantu kita untuk mendaftar kuliah di Spanyol?

Untuk saat ini tidak ada lembaga khusus Spanyol di Indonesia.


Bagaima kita bisa beradaptasi dengan perbedaan sistem perkuliahan disana? Apakah ada yang bisa kita persiapkan?

Menurut saya, untuk perkuliahan sedikit sekali perbedaan dengan perkuliahan di Indonesia, karena kuliah di luar sama saja dengan kuliah di Indonesia di mana kita juga akan dihadapkan dengan banyaknya tugas dan ujian yang harus dilakukan. 

Perbedaan yang paling mencolok adalah penggunaan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar di kampus. Oleh karena itu, persiapan yang dapat dilakukan adalah ikut lembaga-lembaga yang mengajarkan bahasa Inggris dalam public speaking seperti Toastmasters International. Mengikuti lembaga ini akan sangat membantu dalam perkuliahan, karena kita terbiasa untuk mengutarakan pendapat dalam bahasa Inggris.


Apa konsekuensinya bagi mahasiswa yang tidak bisa menyelesaikan tugas tepat waktu?

Konsekuensinya adalah biasanya ada pengurangan nilai dari tugas tersebut, sehingga mahasiswa tidak akan memperoleh nilai yang sempurna.


Bagaimana cara menentukan KRS (Kartu Rencana Studi) di Spanyol?

Di Spanyol kita tidak menentukan KRS karena sudah ditentukan oleh sendiri oleh Program Studi.



Apa pengeluaran terbesar kamu selama tinggal di Spanyol? Apakah ada trik untuk mengatasinya?

Pengeluaran terbesar selama di Spanyol adalah pengeluaran untuk makanan atau jajan. Trik untuk mengatasinya adalah dengan cara memasak sendiri makanan yang akan kita makan dan mengurangi jajan di luar.


Apa hal-hal yang tidak boleh kita lakukan selama tinggal di Spanyol ?

Hal-hal yang tidak boleh dilakukan selama tinggal di Spanyol adalah memelihara binatang peliharaan seperti anjing atau kucing di dalam apartement.


Pengalaman menarik apa yang tidak pernah bisa kamu lupakan selama di Spanyol?

Pengalaman menarik yang tidak pernah bisa dilupakan di Spanyol adalah kehangatan dan keramah-tamahan dari orang-orang Spanyol. Kalau boleh saya tekankan, mereka justru lebih ramah dari orang-orang Indonesia. Jadi, kita harus patut mencontoh kehangatan dan keramah-tamahan dari orang Spanyol. Selain itu, Spanyol juga dianugerahi oleh keindahan alam yang luar biasa sehingga banyak objek wisata di Spanyol yang sangat menarik untuk dikunjungi.


Apakah ada pengalaman atau saran organisasi/ komunitas apa yang sebaiknya diikuti oleh mahasiswa Indonesia di Spanyol?

 Komunitas yang sebaiknya diikuti oleh mahasiswa Indonesia di Spanyol adalah persekutuan agama baik Islam maupun Kristen yang sering diadakan oleh KBRI di Madrid. Di samping itu, komunitas lain yang cukup aktif adalah PPI di Spanyol.


Adakah tips spesial dari Daniel untuk teman-teman kita yang hendak kuliah di Spanyol? Tentang bagaimana cara survive, menghadapi kuliah, bermasyarakat, dan lain-lain.

Tips dari saya untuk teman-teman yang hendak kuliah di Spanyol adalah seraplah baik ilmu maupun budaya Spanyol yang positif dan cocok dengan negara kita yaitu Indonesia, karena nilai-nilai tersebut sangat bagus untuk dibawa dan diaplikasikan di Indonesia. Selain itu, tips saya yang terakhir adalah nikmati perkuliahan dan kehidupan di Spanyol, serta pertahankan semangat belajar seperti semangat belajar kuliah dulu di Indonesia. Saya percaya bahwa mahasiswa Indonesia adalah mahasiswa yang sangat pintar sehingga dapat beradaptasi dan bersaing dengan mahasiswa dari negara lain. Sukses untuk kita semua! God Bless You.


Salam berkuliah.com!

Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Advertisement
Scroll To Top