Sigit Adrian: "Nikmati Kuliahmu di University of Manchester, Inggris!"

Halo! Perkenalkan nama saya Sigit Adrian Pambudi, kota asal Jakarta, dan kuliah di University of Manchester (UoM) jurusan Innovation Manag...

Halo! Perkenalkan nama saya Sigit Adrian Pambudi, kota asal Jakarta, dan kuliah di University of Manchester (UoM) jurusan Innovation Management and Entrepreneurship.

Image Credit
Saya memilih kuliah di Inggris atas hasil riset saya tentang perkuliahan disana dan diskusi dengan keluarga dan berbagai institusi pendidikan di Jakarta. Selain sistem edukasi yang sesuai dengan yang saya butuhkan, Inggris juga sangat mendukung dalam peningkatan moral, aturan dan tata cara hidup, serta keberagaman budayanya. Dengan jurusan yang sesuai minat, secara detil saya juga punya kesempatan untuk memperkaya pengalaman lewat Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) yang sangat aktif disana.


Bagaimana dulu proses saat kamu memilih kampusnya? Apakah setelah sampai sana semuanya sesuai dengan yang diharapkan?

Saya memilih kampus University of Manchester (UoM) melalui proses yang cukup selektif karena sebelumnya ada pilihan ke Amerika dan Australia. Setelah memilih Inggris pun saya masih melalui proses menyeleksi kota mana yang akan saya tuju. Akhirnya saya memilih Manchester. Tidak ada penyesalan sedikitpun dalam keputusan saya, karena semua yang saya cari bisa saya dapatkan disana.


Apa saja kelebihan dan keunikan yang bisa kamu dapatkan dari kampus University of Manchester?

Banyak sekali kelebihan dari kampus saya, pengajar yang sangat besar namanya dalam dunia edukasi seperti Ian Miles dalam dunia Service Innovation dan tokoh terkenal. Aturan-aturan yang sangat baik dan ketat menjadikan pribadi tiap mahasiswa mahasiswinya teratur dan tidak main-main dalam menimba ilmu. Hubungan yang dekat dan baik dari kampus kepada pelajar-pelajarnya yang membantu proses hidup dan belajar disana. Fasilitas yang belum pernah saya dapatkan sebelumnya. Kekayaan sumber informasi yang tersedia memudahkan proses belajar disana. Dan masih banyak lagi.


Adakah pengalaman menarik yang tidak terlupakan ketika kuliah di Inggris?

Sebagai ketua PPI Greater Manchester, saya dan kawan-kawan Indonesia disana bekerja sama dengan berbagai pihak berhasil mengadakan Manchester Indonesia Culinary Night terbesar pertama yang telah dijadikan program tetap sampai saat ini di Manchester, dan PPI UK pun telah menjadikan acara ini sebuah program kerja wajib. Hal tak terlupakan dalam edukasi disana adalah ketika profesor pembimbing saya begitu pedulinya terhadap karya akhir saya sampai hal terdetil sekalipun yang akhirnya dihargai dengan salah satu nilai tertinggi di angkatan saya.


Apa kamu punya tips dan trik spesial untuk mendapatkan pemasukan tambahan selama kuliah di sana?

Bekerja sambilan sudah ada aturan resmi disana sebagai mahasiswa. Diatur melalui jumlah jam dan minimal pendapatan per minggunya. Banyak sekali kesempatan terbuka untuk bekerja sambilan. Yang kedua, ikutilah PPI dengan baik karena banyak festival tiap tahunnya di kota-kota yang berbeda. Disana kita bisa memanfaatkan keahlian memasak dan keterampilan lainnya untuk dijual dan mendapatkan penghasilan yang sangat baik. Ketiga, KBRI membuka banyak peluang untuk magang.


Budaya paling menarik seperti apa yang Sigit temukan selama di Inggris? Apakah ada hal-hal menarik di Inggris yang jarang diketahui oleh masyarakat Indonesia?

Budaya yang menarik adalah bagaimana mereka bisa menikmati hidup setiap hari. Pagi siang mereka pakai untuk bekerja dan belajar, tapi malam mereka bersenang-bersenang dan itu dilakukan setiap hari. Time management yang mengagumkan karena mereka selalu mengerjakan pekerjaannya dengan baik. Budaya festival tiap bulan penting yang selalu dibuat semeriah mungkin di tiap kota menjadikan saya sangat nyaman tinggal disana. Ketika kita tidak takut untuk bertanya, mereka akan sangat membantu kita tanpa pamrih.


Apakah ada peraturan yang aneh dan menarik kamu temukan di University of Manchester? Mungkin cara berpakain, absen, atau hal lainnya?

Tentang absen juga ketat, kita diberikan kesempatan tidak masuk hanya sekitar 5x tiap pelajaran. Cara berpakaian yang sangat bebas, bahkan ada yang pernah datang dengan baju tidur. Yang sangat membuat pelajar disana tertib adalah waktu mengumpulan tugas secara online yang sudah ada batas waktunya. Memohon seperti apapun apabila memang sudah telat kita tidak diperbolehkan mengumpulkan, kecuali alasan-alasan yang sudah dibicarakan sebelumnya.


Menurut kamu, adakah tempat-tempat menarik yang harus dikunjungi mahasiswa yang ingin merefresh otak dari dunia perkuliahan?

Datanglah ke berbagai festival unik tiap bulan penting disana. Bahkan, sangat sering ada acara-acara besar yang ada di hari-hari biasa. Akses menonton olahraga seperti sepak bola sangatlah mudah untuk didapat. Biasanya saya menonton pertandingan sepak bola dan bertemu dengan pemain-pemainnya sebelum dan sesudah pertandingan untuk refreshing.



Adakah kamu temukan aturan-aturan yang sangat berbeda dengan Indonesia dalam kehidupan bermasyarakat disana? Jika ada apakah itu dan bagaimana menyikapinya?

SANGAT ADA. Hehe. Peraturan disana ada, diberlakukan, dan disikapi dengan sangat baik (salah satu pasti hilang kalau di Indonesia). Budaya sopan santun yang baik dengan mewajibkan mengatakan pardon, please, sorry, dan thank you di tiap tindakan. Budaya antri yang sangat-sangat baik. Sikapilah semua aturan seakan kita tidak pernah merasakan aturan yang terus di langgar di indonesia. Membiasakan diri mengikuti aturan disana akan menjadikan kita pribadi yang tertib dan teratur.


Apakah kamu punya tips untuk mahasiswa Indonesia yang sudah mau berangkat ke Inggris? Apa saja persiapan terakhir yang perlu mereka lakukan? Atau, saat tiba pertama kali di Inggris, apa saja yang perlu mereka perhatikan?

Pertama, sebagai pendatang baru dan orang asing sangatlah tidak enak kalau kita menjalaninya sendirian. Carilah teman yang juga akan berangkat untuk mempersiapkan semua bersama. Gunakan fasilitas PPI Tujuan dan PPIUK untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Jangan bawa baju berlebihan dan peralatan-peralatan makan, karena disana banyak sekali dan murah. Selalu ingat tujuan kamu pergi kesana agar mengurangi tinggal home sick dan winter stress. Perhatikan alamat tempat kamu tinggal serta contact numbernya. Fasilitas disana akan memudahkan  kamu untuk mencari semua tempat yang dituju. Jangan malu untuk bertanya karena merasa bahasa Inggris kamu kurang, mereka akan berusaha untuk mengerti. 

Pesan saya adalah jangan berpikir ilmu bisa didapat hanya dengan mengikuti kuliah disana. Justru setengah dari ilmu berharga yang saya sangat syukuri datang dari pengalaman saya pergi ke berbagai tempat dan mencoba semua hal disana. Pergilah keluar kota, atau bahkan ke luar negeri karena akses disana sangatlah mudah didapat, dan hal-hal yang akan kamu rasakan dan alami akan jauh lebih berharga daripada uang yang kamu keluarkan.

Salam berkuliah.com!
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,80,Arab Saudi,12,Asia,235,Australia,74,Austria,12,Beasiswa,281,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,13,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,6,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,9,Destinasi,65,Eropa,310,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,5,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,11,Info Universitas,33,Inggris,85,Interview,439,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,24,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,10,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,11,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,2,Interview di Selandia Baru,3,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,14,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,56,Jerman,44,Kanada,26,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,LPDP,3,Malaysia,26,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,13,Portugal,14,PPI,6,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,50,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,12,Selandia Baru,23,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,23,Student Life,143,Studenthack,344,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,1,Tips Beasiswa,14,Tips Belajar Bahasa Inggris,8,Tips Kuliah ke Luar Negeri,82,Tips Travelling,5,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,10,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,1,Universitas,34,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: Sigit Adrian: "Nikmati Kuliahmu di University of Manchester, Inggris!"
Sigit Adrian: "Nikmati Kuliahmu di University of Manchester, Inggris!"
https://1.bp.blogspot.com/-YuYorHqbpK0/VJfFlqZHIUI/AAAAAAAAGDE/XhWitwgNNLE/s1600/fwfvz.png
https://1.bp.blogspot.com/-YuYorHqbpK0/VJfFlqZHIUI/AAAAAAAAGDE/XhWitwgNNLE/s72-c/fwfvz.png
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2014/12/cerita-sigit-adrian-nikmati-kuliahmu-di-university-of-manchester-inggris.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2014/12/cerita-sigit-adrian-nikmati-kuliahmu-di-university-of-manchester-inggris.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy