Cewek jago di bidang Teknik? : Devy Setiorini Sa'adiyah Membuktikannya dengan Kuliah Program Master Mechanical Engineering di Taiwan

Hai sobat berkuliah.com. Kali ini kita akan mengupas tuntas mengenai Devy Setiorini Sa'adiyah yang berhasil kuliah program Master jurus...

Hai sobat berkuliah.com. Kali ini kita akan mengupas tuntas mengenai Devy Setiorini Sa'adiyah yang berhasil kuliah program Master jurusan Mechanical Engineering di Taiwan. Teknik mesin ? Cewek ? Nah, lho kok bisa ?

Eits, jangan salah, cewek juga jago lho dalam bidang teknik. Devy berhasil mematahkan anggapan bahwa bukan hanya cowok yang jago dalam bidang teknik. Cewek pun bisa. Penasaran? Yuk, simak pengalamannya berikut !

Berfoto di Depan Chiang Kai-Shek

Halo Devy, Salam kenal dari berkuliah.com. Mungkin bisa perkenalan dulu, mulai dari nama lengkap, kota asal, kuliah dimana jurusan apa, di Taiwan tinggal di kota mana, dan mengapa menjatuhkan pilihannya di Taiwan?

Salam kenal juga buat semua pembaca berkuliah.com. Nama saya Devy Setiorini Sa’adiyah, asal sebenarnya dari Balikpapan, tapi sudah tinggal lama di Paiton, Jawa Timur. Sekarang saya kuliah master degree di departemen Mechanical Engineering, National Cheng Kung University (NCKU) yang berada di wilayah Tainan, Taiwan bagian selatan. Kalau ditanya kenapa di Taiwan, alasan utama karena sudah ada senior yg mendahului berkuliah disini, dan NCKU masih termasuk 300 besar top university di dunia, jadi ya ga ada salahnya mencoba kuliah disini, hehe ^_^.

Apakah Devy mendapatkan beasiswa? jika iya, apa beasiswanya, dan bagaimana cara apply sesuai dengan pengalaman Devy step by step? Beasiswanya full/ half ?

Nah ini dia, yang penting dari bersekolah di luar negeri itu ya beasiswanya, hihihi. Gimana caranya bisa dapat ilmu lebih, jalan-jalan lebih, dan uang lebih :D. Waktu itu saya daftar NCKU distinguished Scholarship, beasiswa ini kerjasama antara pihak NCKU sama kementrian Taiwan. Apply-nya cukup mudah, cukup penuhi persyaratan administrasi, kirim via online, terus tinggal nunggu pengumuman dan tentunya LoA (Letter of Acceptance) dari university. Beasiswa yang saya terima ini beasiswa per tahun, jadi kalau mau dapat beasiswa lagi harus apply lagi dengan persyaratan nilai rata2 selama setahun ≥80. Eiittsss, jangan liat besar nilainya ya, cenderung mudah kok mendapatkan nilai 80, triknya yaitu bias ambil mata kuliah yg mudah disamping mata kuliah yang memang dibutuhkan.

Bisa Devy ceritakan profil singkat mungkin kelebihan dan keunikan dari kampus tempat Devy  kuliah?  Dari segi  fasilitas, perpustakaan, pelayanan adminitrasi, fasilitas lab, olahraga, dll

NCKU sudah berdiri sejak tahun 1931, ciri khasnya NCKU adalah Banyan garden dengan pohonnya super tua, entah udah berapa puluh tahun. NCKU itu luas banget, mulai dari kampus2nya, NCKU hospital, student advisory activitynya, sarana olah raganya juga oke banget. Mulai dari outdoor buat main baseball, soccer, lari, dll, sampai yg indoor juga semua terfasilitasi. Lucunya kalo kalian nyari di tripadvisor ttg wisata di Tainan, NCKU muncul sebagai salah satu landmarknya, banyak yg bikin prewed disini, hihihi XD. Masalah fasilitas lab oke punya, para profesornya bener2 totalitas dalam penelitian, selama mendukung penelitian berapapun harga instrument pasti diusahakan ada di lab.

Apakah dalam kampus Devy  ada aturan yang dirasa unik dan berbeda? (mungkin cara berpakaian, jam masuk, absensi, dll)

Gak ada yang terlalu berbeda sih soal cara berpakaian, jam masuk, dll. Yang pasti ga ada aturan khusus mengenai pakaian, bener2 bebas. Kalo di indo di tempat saya kuliah dulu minimal harus kaus berkerah, kalo disini yang koloran mah banyak.

Menurut Devy bagaimana karakter dosen dalam menyampaikan mata kuliah? Dan bagaimana sikap mahasiswa lokal Taiwan  terhadap mahasiswa internasional ?

Para professor di sini oke banget lah pokoknya, hampir semua professor bakalan langsung ganti Bahasa inggris begitu melihat kalau ada international student di kelasnya walupun sudah diterangkan di silabus kalau mata kuliah itu pakai Zhong Wen (mandarin). Dan beliau akan menerangkan kembali kepada murid local dengan Bahasa lokal tentunya. Menurut pengalaman saya, mahasiswa local cenderung antusias kalau bertemu mahasiswa internasional, mereka semangat untuk mempraktekkan Bahasa inggris mereka, kadang juga mereka ingin tahu Bahasa asli dari Negara kita. Padahal kita mah juga pengen belajar Zhong Wen, hahaha

Berapa lama waktu minimal yang kita butuhkan untuk persiapan kuliah di Taiwan? Mulai dari pendaftaran beasiswa sampai persiapan bahasa, dll?

Biasanya universitas akan buka pendaftaran 5-6 bulan sebelumnya. 2-3 bulan setelahnya aka nada pengumuman dan pengiriman LoA. Jadi ada sekitar 2 bulan persiapan paspor, visa, dan lain-lain sebelum berangkat. Untuk masalah Bahasa, karena pihak universitas sudah memberikan les gratis untuk setahun, jadi ya saya ga ada persiapan Bahasa di Indonesia, hehe.

Hot Pop bareng Usai ICD 2014

Bagaimana cara penyambutan mahasiswa baru di kampus Devy? Apakah sama dengan Seperti MOS/Ospek yang ada di Indonesia ?

Biasanya OIA (Office of International Affair) bakalan ngadain semacam pertemuan untuk seluruh mahasiswa internasional di awal semester. Untuk kami mahasiswa internasional rasanya ga perlu ikut kegiatan ospek kampus, beberapa yang saya liat sih kegiatan seperti ospek dilakukan oleh beberapa club.

Apakah Devy sudah bertemu dengan teman-teman PPI? Kegiatan apa saja yang sudah dilakukan PPI Taiwan ?

Untuk di Taiwan sendiri PPI terbagi lagi sesuai daerah, namun pusat PPI Taiwan tetap berada di Taipei. Untuk PPI Tainan sendiri, tanggal 29-30 November 2014 kemarin kami telah melaksanakan event tahunan Indonesia Culture Day (ICD 2014). Jadi kami berusaha untuk mempromosikan budaya Indonesia lewat pertunjukan drama cerita daerah, lagu, maupun tari daerah. Juga tak kalah serunya kami juga memperkenalkan permainan2 yang biasa kita lakukan di Indonesia seperti lari karung, lomba makan kerupuk dll. Kalo penasaran bias dilihat di link https://www.youtube.com/watch?v=PDzCZeuJ1Jg&feature=youtu.be&app=desktop

Pernah mengalami culture Shock ? Jika iya dalam hal apa ?

Culture shock ya? belum pernah yang bener2 bikin shock sih. Cuman disini kehidupan homo dan lesbi itu hampir sering saya temui. Katanya sih kalo misal ada keluarga punya anak cewek, terus dari kecil dia udah ngerasa kalo dia pengen jadi cowok, maka si orang tua bakalan dandanin si anak cewek itu layaknya laki2, sampai pada tahap gimana caranya menghilang (maaf) tonjolan2 yang seharusnya dipunyai wanita.

Bahasa apa yang digunakan di dalam perkuliahan ?Adakah kesulitan dalam memahami bahasa disana ?

Masalah Bahasa dalam perkuliahan itu pinter-pinternya kita milih mata kuliah yang berbahasa inggris. Kalaupun terpaksa pakai zhong wen biasanya slipe PPT yang dipakai prof maupun buku diktat yang digunakan masih berbahasa inggris. Saya pernah salah pilih mata kuliah yang 100% zhong wen mulai dari pembahasan si prof sampai slide PPT-nya, alhasil pas di kelas berasa dengerin M*tro TV Xin Wen 3 jam full, hahaha

Devy kan muslimah nih, ada tantangan tidak dalam menggunakan pakaian muslim ? dan  bagaimana kehidupan muslim  disana?

Alhamdulillah gak ada tantangan yang terlalu berarti dalam berbusana maupun beribadah. Toleransi beragama benar2 baik disini. Kadang mereka penasaran kenapa saya berjilbab, kadang juga ada yang bilang kalau kita orang Indonesia cantik menggunakan jilbab. Pernah saya bercengkerama bersama teman lab, waktu itu sempat berbincang tentang rencana liburan ke pantai waktu musim panas. Di sela percakapan mereka bilang ke saya,”Hey Devy, at the beach I think the girls will wear one piece or two pieces (baju renang), but I think for you, you dressed to much”. Saya cuman bias tertawa, tapi kemudian mereka bilang hanya bercanda, mereka menghargai apa yang saya kenakan.

Hot-Air Baloon Festival (Tsou-Ma Lai Farm)

Dari segi makanan, bagaimana Devy beradaptasi dengan makanan ala Taiwan ? Serta bagaimana Devy memilih makanan yang Halal ? 

Makanan khas Taiwan yang bikin shock, chou tofu atau stinky tofu, baunya ya ampun ga nahan. Tapi lama kelamaan doyan, hehe. Khas lainnya yaitu zhen zu nai cha atau bubble tea, orang sini seneng bgt minum berbagai macam teh. Makanan halal biasanya bisa didapat di restoran India atau Pakistan, atau bisa juga sekalian datang ke warung Indonesia, ada banyak disini, tapi harga makanan halal ya lumayan mahal sih. Alternatif buat kami para mahaiswa beasiswa yaitu grup masak, jadi kami membentuk grup berisikan 12-15 orang yang akan dibagi piket masak perharinya.

Adakah tips belanja murah dan hemat dari Devy selama di Taiwan guna mengirit pengeluaran?

Yang paling berjasa dalam mengirit pengeluaran itu grup masak ! hahaha, benar-benar bikin kita lebih irit. Selain itu kalau tips berbelanja kita biasanya nguber sale akhir musim, misal kita bias beli baju dingin di penghujung winter atau beli baju musim panas di penghujung summer, harga bisa miring banget, jadi bisa mempersiapkan untuk summer atau winter selanjutnya. Atau bagi anak Mall bakalan ada sale secara bergilir di semua Mall di Taiwan, tapi walaupun udah dapet diskon 50% rasanya bagi saya yang mahasiswa beasiswa masih mahal, hehe.


Pengalaman menarik, unik, menyebalkan, menjengkelkan, dan pengalaman yang paling tidak bisa dilupakan selama di Taiwan?

Terlalu banyak ya pengalaman yang seru selama di Taiwan, nyasar waktu naik bis sampai dibawa pulang lagi sama supir bis ke terminal gara-gara bingung sama bahasanya, berkelana ke beberapa tempat hanya mengandalkan rute MRT (Monorail Train), sering banget diliatin sama orang lokal dari ujung kaki sampai ujung jilbab, aneh mungkin bagi mereka, hahaha.. yang pasti rasanya kayak artis lah, semua mata tertuju padamu, banyak lagi lah ya pengalaman yang lain. Taiwan bakalan jadi salah satu kenangan yang susah dilupakan.

Adakah moment perayaan khusus yang dilakukan masyarakat Taiwan masa masa-masa tertentu ? Mungkin ada perayaan unik yang bisa diceritakan :D

Perayaan besar yang pasti saat Chinese New Year, bakalan ada libur panjang, jalanan macet, udah kayak mudik lebaran di Indonesia. Yang lainnya ada Dragon Boat yang dirayakan saat spring, jadi kita bakalan berpartisipasi dalam adu cepat dengan menggunakan dragon boat, segala kalangan bisa ikutan event ini.Perayaan yang lain juga Moon Festival yang dirayakan saat masuk musim gugur. Mereka akan mengadakan barbeque party bersama, kadang juga saling berbagi moon cake. Masih banyak lagi festival2 yang lain yang susah disebutkan satu persatu.

Destinasi menarik yang bisa dikunjungi di Taiwan apa ? menurut  Devy?

Taipei 101 of course, ga ke Taiwan rasanya kalau ga ke tempat ini, menara tertinggi di Taiwan. Taroko National Park, Chiang Kai-Shek Memorial Hall, Sun Moon Lake, Taipei Zoo, Buddha Memorial Center, Alishan, Hehuanshan, banyak banget yang kudu dikunjungi. Bagi penggemar Running Man mungkin pernah nonton episode mereka waktu naik Screaming Condor di Leofoo Theme park, patut dicoba, hati-hati ketagihan. 

Adakah tips bagi kawan-kawan di  Indonesia yang ingin menempuh pendidikan di Taiwan?

Tips yang paling mudah jika ingin mendaftarkan diri di di salah satu universitas Taiwan silahkan mulai sering mengunjungi website univ tersebut paling tidak 6 bulan sebelumnya. Cari informasi dari senior sebelumnya atau bisa mengunjungi website PPI Taiwan mengenai bagaimana perkuliahan maupun lingkungan di Taiwan. Jangan khawatir soal Bahasa, rata2 setiap universitas akan memberikan les Bahasa gratis untuk setahun.Persiapkan juga fisik, walaupun di Taiwan bukan Negara bersalju, tapi saat musim dingin suhu 8°C cukup membuat kita ga mau lepas dari bed cover dan Kasur. Untuk yang muslim, berpuasa di musim panas lumayan menantang, bisa dari jam 4 pagi sampai jam 7 malam . Bersekolah di luar negeri bukan hal yang susah, selama ada keinginan pasti ada jalan.

Southwest Coast National Scenic Area-Tainan

Sobat berkuliah, asyik bukan pengalaman Devy di Taiwan ? Kamu tertarik untuk kuliah di negara tersebut ? Persiapkan dari sekarang!
Good Luck !

================================================================================================================================================

Berminat mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri, khususnya buat kamu mahasiswa Teknik Mesin? Baca rahasianya secara mendetail, dikupas tuntas dalam buku "Jurus Kuliah ke Luar Negeri" (JKLN). Paket JKLN terdiri dari satu buku setebal 300 halaman, 9 ebook setebal 4.367 halaman, serta 219 video interview dengan mahasiswa Indonesia di luar negeri. Bahkan buku ini juga mendapat testimoni langsung dari Merry Riana. Baca buku ini, kamu PASTI dijamin kuliah ke luar negeri. Dijamin 100%.



Bagaimana cara pemesanannya?
Silakan transfer dengan format: JKLN (spasi) Harga + 2 digit terakhir HP kamu. Misalkan nomorhandphone kamu 085123456789, maka transfernya Rp 147.089. Rekening di bawah ini semuanya atas nama Sri Rahmawati:
  • Bank BCA 8610292250
  • Bank BNI 0165318957
  • Bank BRI 1056-01-004593-50-2
  • Bank Mandiri 132-00-1465845-5 

Setelah transfer, silakan konfirmasi ke: PIN BB: 57BDE2AC | Telp / WA / SMS / Line: 0821 3700 8000

Salam berkuliah.com

Narasumber : Devy Setiorini Sa’adiyah
Reporter       : Andreanyta Erni
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,80,Arab Saudi,13,Asia,236,Australia,75,Austria,12,Beasiswa,288,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,13,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,9,Destinasi,65,Eropa,310,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,85,Interview,441,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,2,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,14,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,56,Jerman,45,Kanada,26,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,LPDP,3,Malaysia,26,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,14,PPI,6,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,12,Selandia Baru,23,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,23,Student Life,146,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,7,Tips Beasiswa,15,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,5,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,1,Universitas,35,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: Cewek jago di bidang Teknik? : Devy Setiorini Sa'adiyah Membuktikannya dengan Kuliah Program Master Mechanical Engineering di Taiwan
Cewek jago di bidang Teknik? : Devy Setiorini Sa'adiyah Membuktikannya dengan Kuliah Program Master Mechanical Engineering di Taiwan
http://3.bp.blogspot.com/-ADRIPyEGJwg/VI_xPPzOqdI/AAAAAAAABgQ/vQTHoeT_D_s/s1600/Snap%2B2014-12-16%2Bat%2B15.24.15.png
http://3.bp.blogspot.com/-ADRIPyEGJwg/VI_xPPzOqdI/AAAAAAAABgQ/vQTHoeT_D_s/s72-c/Snap%2B2014-12-16%2Bat%2B15.24.15.png
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2014/12/cewek-jago-di-bidang-teknik-devy.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2014/12/cewek-jago-di-bidang-teknik-devy.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy