Artikel Terbaru

Dari Erasmus Mundus, Ini Cerita Avido Yuliestyan Studi di Portugal, Spanyol, dan Belgia



Perkenalkan, saya Avido Yuliestyan. Background pendidikan saya sewaktu S1 kuliah di Teknik Kimia Universitas Gadjah Mada (UGM), lalu studi S2 saya ikut Erasmus Mundus program funded by EU di jurusan Chemical Engineering (Rheology), KU Leuven Belgium, Universidade do Minho Portugal dan Universidad de Huelva Spain. Kemudian, studi S3 saya lanjutkan di Marie Curie Program Initial Training Network Funded by EU jurusan Chemical Engineering (Rheology), Universidad De Huelva Spain dan berkolaborasi dengan industri; REPSOL Spain dan IFFSTAR France. 

Saya tinggal di Huelva, Spain. Saya tidak menentukan dimana saya tinggal karena sudah bagian dari program. 


Apa saja kelebihan dari kampus  dan jurusan yang kamu ambil? Mungkin dari segi gedung, fasilitas, teman-teman, dosen, dan birokrasinya?

Kelebihannya karena kampus khususnya research group beserta supervisornya termasuk yang paling maju dan lengkap fasilitas eksperimennya.


Bagaimana kurikulum pendidikan yang berlaku di Spanyol?

Kebetulan saya tidak ada kuliah untuk doctoral study, dan hanya research.


Untuk makanan khas yang ada di Spanyol, apa kira-kira yang mudah ditemui, dan apakah mudah ditemukan makanan yang halal? Kemudian, apakah ada tempat-tempat yang murah untuk belanja berbagai macam kebutuhan?

Makanannya cukup terbatas, karena untuk mencari makanan halal cukup sulit dan yang tersedia biasanya kebab dengan label halal. Untuk belanja kebutuhan cukup mudah, banyak toko menyediakan barang kebutuhan sehari-hari. 

Makanan khas yang bisa dicoba : Paella (seafood)

Universidade do Minho
Bagaimana dengan tempat tinggal? Dimana menurut kamu daerah dan tempat paling nyaman untuk ditinggali? Apakah menggunakan flat, apartemen, sewa rumah atau bagaimana?

Khusus untuk Huelva Spain, biaya cukup murah dibandinkan daerah lain di Spain. Saya tinggal di flat dengan fasilitas yang lengkap/fully furnished dengan biaya yang terjangkau.


Apakah mahasiswa Indonesia di Spanyol bisa mencari penghasilan tambahan jika mereka sedang kekurangan uang? Jika iya, pekerjaan apa saja yang paling mudah untuk dikerjakan?

Tergantung dengan aturan kontrak dengan perusahaan/institusi. Untuk kasus saya, saya tidak diperkenankan bekerja di tempat lain karena saya menerima beasiswa. Namun, untuk mahasiswa dengan biaya sendiri, sepertinya bisa saja bekerja asal dilengkapi dengan kemampuan komunikasi yang baik, dalam hal ini bahasa.


Apakah kamu pernah mengalami culture shock selama disana? 

Tidak pernah, karena menurut saya, dimana saya berpijak, disitulah rumah dan keluarga saya.


Apa hal paling unik yang pernah ditemui dan tidak terlupakan bagi kamu selama tinggal di Spanyol? Selama di sana, sudah kemana saja?

Kebetulan saya pernah tinggal di 4 negara, (Spain, Portugal, Belgia dan Jerman) berbeda di Eropa. Yang menurut saya menarik adalah setiap kali saya berinteraksi dengan orang lokal dengan keterbatasan bahasa dan ketidaktersediaan alternatif lain, menekan kita untuk berpikir kreatif dan mampu menyampaikan maksud dari apa yang ada di pikiran. Selain itu, yang membuatnya jadi lebih menarik adalah karakter dari orang-orang tersebut yang cukup berbeda satu sama lain, misal yang cukup ekstrim adalah Spanish dengan German
Saya belum banyak menjelajah Spain, karena baru bekerja 2 bulan dan cukup padatnya aktifitas di kantor.


Apakah Avido aktif di PPI? Apakah ada event spektakuler yang pernah diadakan oleh PPI di sana?

Dulu ketika saya di Belgia, saya cukup aktif. Sekarang karena di Huelva, mungkin hanya saya seorang, jadi saya lebih membaur dengan research group saja. Dan karena kesibukan di kantor, saya cukup jarang berinteraksi dengan PPI dari kota lain di Spanyol.


Untuk biaya hidup kira-kira berapa biaya minimalis di Spanyol? Dan bagaimana cara kamu untuk berhemat?

Untuk di Huelva (extreme case), berikut rinciannya. namun sangan tergantung dengan gaya hidup:

Sewa kamar lengkap dengan segala fasilitas, berkisar 150-200 Euro. Makanan 150-200 Euro. Transportasi 50 Euro. Untuk menghemat biaya yang bisa ditekan adalah transportasi dan makanan. Makanan jika mau memasak sendiri, tentu biaya bisa menjadi setengah dari yang saya tulis diatas. Untuk transportasi, sepeda bisa menjadi pilihan karena selain murah juga menyehatkan, dan ukuran kota Huelva yang kecil tentu sangat relevan.

Universidad de Huelva
Bagaimana cara agar kamu bisa survive dan menikmati kuliah dan tinggal di Spanyol? Apa kamu punya tips spesial?

Untuk bisa survive di Spain, yang paling penting adalah bahasa, karena tidak semua orang mampu berbahasa Inggris. Terlebih lagi untuk dapat berinteraksi dengan mereka dalam bentuk informal, bahasa menjadi sangat penting dan tidak semua harus berkaitan dengan pekerjaan. 

Tips: coba berkenalan dengan orang lokal, mereka bisa menjadi sangat baik terhadap kita jika kita juga menghargai mereka, bahkan seperti keluarga sendiri.

Salam berkuliah.com!

Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Advertisement
Scroll To Top