Artikel Terbaru

Gilbert Garlycia: Studi di Inggris, Rasakan Serunya Kuliah di Manchester Metropolitan University!


Halo, salam kenal! Saya Gilbert Garlycia, lahir 20 tahun yang lalu di Jakarta, tepatnya 8 Juli 1994 (masih muda lah, ya pastinya! Hehe). Saya kuliah mengambil studi Business Management (UG) di Manchester Metropolitan University.

Alasan saya memilih untuk kuliah di Manchester berhubung dengan ketertarikan saya akan sepakbola sejak kecil, terutama pada tim Manchester United. Saat SMA dul, saya sempat tinggal di Manchester selama 1 bulan, berhubung partisipasi saya sebagai salah satu pemain yang merepresentasikan Indonesia dalam Manchester United Soccer School (tahun 2011). Dan selama 2 bulan tersebut, keputusan saya untuk memilih berkuliah di Manchester semakin matang. Kotanya yang aman, orang-orangnya ramah, dan kultur sepakbolanya sangat kuat dan cocok untuk saya.


Apa ada lembaga khusus Inggris di Indonesia yang bisa membantu kita untuk mendaftar kuliah di Inggris?

Setahu saya, ada program foundation di Jakarta yang membantu murid-murid yang tertarik untuk ke UK, terutama Newcastle. Untuk Manchester sendiri, ada program yang dapat diambil di Jakarta yaitu "Into Manchester".


Bagaima cara kamu bisa beradaptasi dengan perbedaan sistem perkuliahan yang ada di Inggris? Apa saja persiapan yang kamu lakukan?

Menurut saya sistem perkuliahan disini sangat bebas, dan saya yakin akan mudah bagi siapapun untuk beradaptasi dikarenakan banyaknya aktifitas yang dapat dilakukan di Manchester dan juga banyaknya event-event yang diadakan PPI GM dimana sesama murid Indonesia bisa berkumpul.



Apa saja yang harus dibawa ketika kita akan berangkat ke Inggris untuk kuliah?

Menurut saya yang paling penting dibawa adalah baju dan perlengkapan untuk musim dingin dan hujan, dikarenakan cuaca di Inggris yang tidak konsisten dan sering hujan.


Apa kelebihan dari jurusan Business Management yang Gilbert ambil di kampus Manchester? Mungkin dari segi materi, dosen, referensi, kelas, atau ada hal lainnya.

Kelebihan dari jurusan saya adalah dosen-dosennya yang sangat berpengalaman, dengan banyaknya open house atau guest speaker dari perusahaan-perusahaan yang sering datang memberikan speech atau tips-tips yang berguna untuk masa depan.


Apa pengeluaran terbesar kamu selama tinggal di Inggris? Apa kamu punya trik untuk mengakalinya?

Pengeluaran saya yang terbesar adalah untuk akomodasi karena memang cenderung untuk akomodasi di Inggris cukup mahal, terutama yang dekat dengan city center. Untuk tahun kedua ini saya dan 3 teman saya menyewa 1 rumah yang lokasinya agak jauh dari city center, tapi harganya jauh lebih murah jika dibandingkan akomodasi student di city center.


Apakah Gilbert punya informasi tentang beasiswa disana?

Untuk soal beasiswa di universitas saya, harus apply secara online dan mengisi form Scholarship Application. Kemudian universitas akan minta untuk melihat nilai-nilai atau kualifikasi yang dipunyai. Setelah itu baru akan di-review apa kualifikasi dan nilainya apakah cukup memadai.



Pengalaman menarik apa yang tidak pernah bisa kamu lupakan selama di Inggris?

Pengalaman saya yang paling spesial sejak tinggal di Inggris adalah ketika saya mendapatkan trial selama 1 minggu di salah klub sepakbola di English Premier League, yaitu Reading FC. Saya mendapatkan kesempatan berlatih dengan para pemain akademi dan bertemu dengan staff dan manager dari Reading selama saya menjalankan trial tersebut. Walaupun akhirnya tidak lolos seleksi, itu merupakan pengalaman yang paling spesial untuk saya.


Apakah Gilbert aktif di PPI sana? Jika iya, dimanakah letak sekretariatnya? Dan event terbesar apa yang pernah diadakan oleh PPI Inggris?

Untuk di PPI GM sendiri, saya kurang begitu aktif mengikuti acara-acara yang sering diadakan. Saya hanya aktif mengikuti acara main sepakbola yang diadakan setiap hari minggu bersama dengan murid Indonesia lainnya. Untuk letak sekretariat PPI UK setahu saya ada di London. Ada banyak sekali acara-acara yang sering diadakan dalam PPI, seperti Indo Cultural Festival, Indo Fest, dimana semua murid atau warga Indonesia yang ada di UK dapat berkumpul.


Apa tips spesial yang ingin kamu bagi untuk teman-teman kita yang hendak kuliah di Inggris? Tentang bagaimana cara survive, menghadapi kuliah, bermasyarakat, dan lainnya.

Tips saya untuk semuanya yang berminat kulaih di Inggris adalah untuk jangan bermalu-malu untuk bersosialisasi dengan orang-orang disini, karena kebanyakan dari mereka ramah. Dan banyak juga murid dari negara-negara lain seperti China Hongkong, Malaysia, Jepang, Korea dan negara lainnya yang berkuliah di Manchester. 



Untuk berkuliah disini diperlukan fokus dan kemauan untuk mandiri yang kuat agar bisa sukses untuk berkuliah di UK. Mungkin itu saja sedikit cerita dari saya. Mudah-mudahan bermanfaat dan bisa menambah informasi buat teman semua. 

Salam berkuliah.com!

Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Advertisement
Scroll To Top