Artikel Terbaru

Hiras Manalu : Yuk, Kejar Kuliah di Jepang dari Beasiswa Monbukagakusho!



Salam kenal, Hiras! Terimakasih sudah mau berbagi cerita dengan berkuliah.com. Untuk perkenalan, bisa diceritakan sedikit profil tentang diri kamu? 

Halo, saya Hiras Manalu, asal Medan. Kuliah di Ariake National College of Technology di Fukuoka, Japan, di jurusan Teknik Material. Saya tinggal di Arao city, Prefektur Kumamoto.


Tentang Ariake National College of Technology, bisa kamu jelaskan kampus kamu tersebut? Misalnya, mengenai apa saja kelebihannya?

Kampus saya terletak di Prefektur Fukuoka dan memiliki asrama yang terletak di Prefektur Kumamoto. Jadi setiap ke kampus, saya harus berangkat dari propinsi Kumamoto menuju propinsi Fukuoka. Walaupun lintas propinsi, cuma butuh waktu 7 menit kok dan cuma jalan kaki. Kampus saya terletak di pedesaan yang tenang. Dekat dengan bukit dan sawah.


Bagaimana dengan biaya kuliah kamu selama di Jepang? Apakah menggunakan biaya sendiri atau beasiswa?

Saya belajar ke jepang melalui program beasiswa Monbukagakusho dengan lama belajar 4 tahun. Dimana 1 tahun adalah sekolah bahasa, dan 3 tahun masa perkuliahan. Program yang saya ambil adalah D3. Kesulitan dalam perkuliahan yang paling utama adalah bahasa, karena bahasa pengantar saat kuliah adalah bahasa Jepang. Kalau bahan kuliah sepertinya tidak terlalu mempengaruhi.


Bagaimana cara apply beasiswa Monbukagakusho tersebut berdasarkan dari  pengalaman Hiras sampai berhasil kuliah?

Prosedurnya adalah pertama seleksi nilai UN, kedua tes tertulis, ketiga wawancara. Untuk lebih lengkapnya check di situs ini http://www.id.emb-japan.go.jp/sch.html.


Jika kita self-finance, apakah ada tips khusus dalam mencari universitas dan mencari visa untuk berangkat ke Jepang?

Kalau tentang self-finance saya kurang begitu tahu. Tapi, ada teman saya yang biaya sendiri untuk kuliah di Jepang dan sering part time job untuk mengurangi beban biaya kuliah. Ada juga yang mencari dan mendapat beasiswa setelah datang ke Jepang. Kalo mencari info universitas mungkin lebih mudah setelah datang ke Jepang.


Apakah kamu punya tips dan trik spesial untuk mendapatkan pemasukan tambahan selama kuliah di sana?

Tips untuk mendapat pemasukan tambahan yaitu part time job. Biasanya part time job di rumah makan, convenience store, atau took-toko.


Bagaimana untuk pengeluaran per bulan? Seperti untuk rumah, makan, dan trasportasi?

Kalau masalah biaya kehidupan kira-kira 50.000 sampai 60.000 Yen perbulan. Karena saya tinggal di asrama kampus, jadi biaya kehidupan tidak terlalu banyak. Rinciannya uang asrama perbulan 6000 Yen, uang makan perbulan 30 ribu Yen, selebihnya biaya yang lain-lain. Saya jalan kaki ke kampus (±7 menit ).


Bagaimana karakteristik masyarakat Jepang terhadap warga negara lain?

Warga jepang baik kok, terkhusus kepada warga asing. Kalo teman-teman saya di kampus juga baik. Sering bantu-bantu saya dalam belajar dan lain-lain. Kalau baru-baru pertama jumpa mereka memang agak malu-malu sih. Tapi kalau udah jadi teman, mereka asyik.


Organisasi apa saja yang biasa Hiras ikuti di sana?

Di kampus saya tidak ada kegiatan organisasi. Yang ada club activities. Saya ikut club 剣道(kendo), yaitu salah satu olahraga tradisional Jepang.


Apakah kamu punya tips gimana kita bisa bersaing dan lulus dengan memuaskan di Jepang?

Untuk bisa bersaing dan lulus dengan nilai memuaskan pastinya dengan belajar keras dan berdoa. Terus dalam persiapan ujian, lebih baik dimulai 3 minggu sebelum ujian (sebulan juga boleh sih).



Salam berkuliah.com!

Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Advertisement
Scroll To Top