Kuliah di Spanyol? Apa Itu Beasiswa Program 'Erasmus Mundus Action 2' ? Ini Cerita dari Maria Wulandari!



Kenalkan, Saya Maria Wulandari, kuliah di Universitat de Girona, Spanyol. Saya ambil Master of Business Innovation and Technology Management. Saya ke Spanyol karena dari dulu tertarik belajar di Eropa, kemudian apply sana-sini dan setelah bertahun-tahun mencoba akhirnya dapat ke Girona, Spanyol.


Apa saja kelebihan dan keunikan dari kampus Universitat de Girona tempat Wulan kuliah?

Keunikan kampus disini, apa ya, haha. Sekelas kami cuma 12 orang, dan metode belajarnya unik karena kami diajarkan untuk berpikir terbuka, kritis dan tidak terpaku pada satu jawaban benar saja.


Bagaimana untuk fasilitas yang disediakan di kampus tersebut, mungkin perpustakaan, pelayanan adminitrasi, fasilitas lab, olahraga, atau lainnya?

Fasilitas perpustakaan, olahraga, dan lainnya lengkap. Akses ke jurnal ilmiah juga memadai. Administrasi agak sulit disini, karena sekretarisnya tidak bisa bahasa Inggris, jadi harus berusaha menggunakan bahasa Spanyol.


Bagaimana karakteristik dari teman-teman asli Spanyol, dan apa saja kebiasaan yang mereka lakukan disela-sela waktu belajar, baik itu di dalam dan di luar kelas?

Disini anak-anaknya santai sekali! Ke kampus bisa pakai celana pendek dan sandal, terutama saat musim panas. Secara umum santai dan tidak formal sama sekali. Waktu saya sidang tesis saja, dosen penguji saya pakai tank top dan celana selutut, sementara saya pakai dress formal dan high heel.

Dan kebiasaan orang sini suka minum kopi sambil ngobrol-ngobrol di luar waktu kuliah, bahasa Spanyolnya 'tomar algo'.


Di masa awal perkuliahan, apa saja kesulitan yang pernah kamu temui?

Masalah utama saya adalah bahasa! Dengan penduduk lokal yang orang Catalan dan mereka nggak bisa bahasa Inggirs.


Apakah Wulan kuliah di Spanyol melalui beasiswa? Jika iya, mungkin bisa diceritakan tentang pembiayaan untuk kuliah dan cara apply nya?

Ya, saya mendapatkan beasiswa, jadi kuliah saya gratis. Saya mendapatkan beasiswa Erasmus Mundus Action 2 Project.


Apa itu beasiswa Erasmus Mundus Action 2 (EM2)? Apa bedanya dengan Erasmus Mundus Action 1 /Erasmus Mundus Master Scholarship (EM1/EMMC)?

Pada dasarnya, Erasmus Mundus Action 1 dan Erasmus Mundus Action 2, dua-duanya dibentuk berdasarkan konsorsium 4 atau lebih universitas-universitas di Eropa. Untuk beasiswa EM1, mahasiswa akan berpindah/mobilitas dari satu Uni ke Uni lainnya setiap semester; semester 1 dan dua biasanya sudah ditentukan sementara semester 3 dan 4 memilih sendiri ‘rute’ masing-masing. Tapi, ini berbeda-beda di setiap jurusan EM1/EMMC, jadi tidak ada rule of thumb pasti sebenarnya.

Sementara itu, EM2 dibentuk berdasarkan kerjasama (konsorsium) antara  universitas-universitas di Eropa dengan universitas-universitas di negara dunia ketiga, salah satunya Indonesia. 

Setiap konsorsium ini memiliki 1 Universitas yang mengkoordinir, misalnya beasiswa yang saya ambil: TECHNO Project, terdiri dari Universitat de Girona, Universite Paul Sabatier, University of Natural Resources and Life Sciences Vienna, University of Rome “Tor Vergata”, University of Leeds, Bournemouth University dan Universitas-universitas di Asia Tenggara, dengan Universitas yang mengkoordinir, yaitu Universits Paul Sabatier (UPS).



Apa maksudnya Erasmus Mundus Action 2 Project?

Begini, pada awalnya, belum ada beasiswa Erasmus Mundus Action 2, yang ada hanya beasiswa Erasmus Mundus Master Courses (Action 1) yang ditujukan untuk semua negara-negara dunia ketiga. Namun, seiring berjalannya waktu, Uni Eropa menyadari, karena perbedaan standar pendidikan di satu negara dunia ketiga dengan negara dunia ketiga lain, tidak semua negara memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan beasiswa Erasmus Mundus Action 1.

Jadi, dibentuklah Erasmus Mundus Action 2 dengan kerjasama antara universitas-universitas di Eropa dengan universitas-universitas di negara dunia ketiga untuk mengcover ‘kekurangan’ Erasmus Mundus Action 1. Bentuk kerjasama inilah yang disebut dengan project. Misal project PEACE II mengcover negara Yordania, Occupied Palestinian Territory, Siria dengan Universitas pengkoordinir Universidad de Santiago de Compostela, Spanyol.

Setiap project biasanya memiliki visi dan misi masing-masing, misal ada project yang lebih berkaitan dengan pertukaran ilmu riset di bidang teknologi, sains, informasi, dan lainnya.

Untuk lebih jelasnya mengenai project-project Erasmus Mundus Action 2, lihat di Project Erasmus Mundus Action 2. Untuk yang 2013 selection, bisa dicari dimana yang ada Indonesia-nya.

Sepertinya sih, beasiswa ini masih buka dan menerima applicants walaupun saya cek di web-nya Erasmus Mundus Action 2, untuk 2013 selectionnya sudah tidak tercantum (nah loh!) haha. Selengkapnya coba email penanggung jawabnya, Amelie Sigaudo (asigaudo@adm.ups-tlse.fr) atau representatif dari Indonesia (anne@metal.ui.ac.id).


Apa aja yang perlu dipersiapkan untuk apply beasiswa EM2?

Ini pertanyaan paling standard di dunia, dan selalu ditanyakan oleh para pencari beasiswa. Jadi, ini yang perlu disiapkan :

- Sertifikat Bahasa Inggris, entah itu TOEFL IBT atau IELTS (saya rekomendasi IELTS karena lebih mudah dan interviewnya dengan orang, bukan ke komputer).

- Fotokopi ijazah dan terjemahannya ke bahasa Inggris, dilegalisir.

- Fotokopi transkrip dan terjemahannya, dilegalisir (umumnya transkip sekarang sudah 2 bahasa, kalau sudah 2 bahasa ngga perlu diterjemahkan).

- Motivation letter (ini bagian paling sulit tapi juga paling menarik, karena dengan menulis motivation letter kamu bisa secara tidak langsung mengenal diri sendiri dan yang kamu inginkan ke depannya).

- Dua buah surat rekomendasi (Kalau sudah bekerja, lebih baik satu dari bos/lead, satu dari dosen tapi kalau belum bekerja, dua-duanya dari dosen; dosen pembimbing dan dosen kepala jurusan/departemen). Ohya, surat rekomendasi yang bagus itu selain mempromosikan kita super pintar dan super keren (hahaa), juga harus menyebutkan jurusan yang kita apply beserta beasiswa yang menyertainya. Jadi, buatlah surat rekomendasi yang se-spesifik mungkin untuk beasiswa tersebut dengan tujuan panitia koordinator beasiswa merasa tersanjung dan kitapun diterima, hehe.

Semua berkas tersebut di-scan yang rapi dan bagus, karena biasanya aplikasi Erasmus Mundus Action 2, termasuk TECHNO, ini semua dalam bentuk soft copy. Lebih murah dan aman daripada kirim langsung ke Eropa.

Satu tips yang lain, jangan lupa apply ke sebanyak-banyaknya beasiswa lainnya, ADS, Chevening, Fullbright, NESO, BGF (ini sudah buka lagi belum ya), MAEC (ini pasti nggak akan buka sampai kapan hehe), dan lainnya. Selamat mencoba ya!


Menurut Wulan, dimana sajakah daerah atau tempat yang aman dan nyaman untuk dijadikan tempat tinggal?

Girona lebih murah drpada Barcelona, biaya hidup per bulan kira2 700 Euro kurang lebih, tergantung Gaya hidup juga. Girona semua aman dan nyaman, lain dengan Barcelona yang Metropolitan, berisik dan mahal.


Apakah kamu punya spesial bagaimana agar kita bisa sukses dan dapat bersaing dengan mahasiswa lainnya sampai kita lulus?

Tipsnya nggak ada yang spesial, kerja keras saja, dan juga, penting untuk tahu apa tujuan kita,  sesudah itu tinggal masalah kerja keras dan waktu.


Kalau teman-teman berkuliah.com pengen buka blog saya juga bisa, ada beberapa informasi yang mungkin penting dan bisa bermanfaat banget di:  http://sampahmelulu.wordpress.com/

Salam berkuliah.com!
Share on Google Plus

About Inspira Nina

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.