Artikel Terbaru

Kuliah di Yordania, Ini Pengalaman Nur Fahmi Rafsanjani



Salam kenal, Fahmi. Sebelumnya nih, bisa diceritakan sedikit tentang profil diri kamu? Baik dari nama lengkap, nama kampus dan jurusan yang diambil, dan hal lainnya?

Salam kenal. Nama saya Nur Fahmi Rafsanjani, kuliah di Yarmouk University, Fakultas Ekonomi Islam (S1) angkatan 2013. Saya kuliah dengan biaya pribadi. Asal saya dari Kuningan, Jawa Barat, dan di Yordania saya tinggal di Irbid.


Ketika kangen dengan Indonesia, entah itu masakannya, orang-orangnya, apa yang biasa Fahmi lakukan?

Kalo kangen, sekarang kan sudah ada internet seperti (skype, viber). Dan kita juga sering kumpul-kumpul sambil masak bareng, seperti biasanya itu bikin bakso, mie ayam, dan makanan khas Indonesia lainnya. 


Apakah kelebihan dari Yarmouk University dan jurusan yang Fahmi ambil? 

Kelebihannya Di kampus Yarmouk itu lingkungan hidupnya mendukung untuk belajar, bagaikan UGM-nya Indonesia. Dan keunggulan Yarmouk itu terkenal dalam bidang Ekonomi dan Sastranya.


Adakah peraturan yang unik atau aneh di dalam kampus Fahmi? Mungkin tentang absensi, cara berpakaian, cara memanggil senior, atau hal lainnya?

Di kampus sana tidak ada yang namanya kata senior, semua mahasiswa sama. Dalam arti, kita tidak ada rasa berkuasa karena kita anak lama, dan begitu juga sebaliknya. Da Kalo masalah peraturan, di Yarmouk terkenal dengan ketatnya absensi kehadiran.



Apakah mahasiswa di Jordan harus memiliki kartu asuransi kesehatan, kartu mahasiswa, dan tabungan? Jika iya, bagaimana cara membuatnya?

Ya, kita wajib memiliki kartu siswa, karena, setiap kali kita masuk kampus, ada petugas yang memeriksa. Cara membuatnya kita cukup datang ke bagian pengurus siswa.


Apa kelebihan masyarakat Jordan, bagaimana sikap mereka/nasionalisme mereka? Apakah ada yang patut dicontoh oleh orang Indonesia?

Masyarakat sini kebanyakannya familiar, ramah, senang kalo rumahnya disinggahi tamu. Dan hal yang patut kita contoh dari mereka yaitu menjungjung tinggi persaudaraan, karena masyarakat di sini persaudaraannya sangat erat, kuat. Apalagi dengan sesama qobilah atau satu keturunan.


Menurut Fahmi, dimana sajakah kota atau daerah yang nyaman dan aman untuk di jadikan tempat tinggal? Adakah kelebihan lainnya?

Untuk timur tengah, khususnya di negara negara Arab, Jordan itu negara ter aman. Jadi, menurut saya, semuanya aman, Insya Allah. Kalo bagi saya tempat yang paling indah dan patut disinggahi itu Aqoba dan Irbid. 


Adakah tips dari Fahmi, tentang bagaimana cara membaur dengan masyarakat Jordan, dan bagaimana cara survive untuk bisa hidup dan sukses kuliah disana?

Hidup di sini yang penting bisa bergaul dengan masyarakat, saling nyapa, jangan malu bertanya, karena mereka merasa terhormat kalo kita sapa. Insya Allah belajar di sini mudah dan terfasilitasi dengan lingkungan dan budayanya.


Salam berkuliah.com!

Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Advertisement
Scroll To Top