Artikel Terbaru

Micha Gracian: Beasiswa Full dari Erasmus+, Ayo Kita Exchange ke Spanyol!


Halo! Saya Micha Gracian  na Devi. Saya mahasiswi jurusan Agronomi dan Hortikultura IPB. Saya dari Bogor. Saya pernah mengikuti pertukaran pelajar di Kasetsart University Bangkok jurusan Tropical Agriculture selama 1 semester, dan kemarin ini juga ikut di Universitas Santiago de Compostela Spain jurusan Plant Production (escuela politecnica superior).

Saya berangkat melalui Program Erasmus Mundus yang sekarang berganti nama Erasmus+, tapi yang experts Asia.


Bisa diceritakan tentang Program Erasmus Mundus yang kamu ikuti?

Seperti paparan saya sebelumnya, saya ke Spanyol melalui program Erasmus Mundus yang sekarang namanya Erasmus+ yang consortium experts. Beasiswa full, tapi exchange 1 tahun untuk undergraduate yang saya ambil ke Universitas Santiago de Compostela, Spain jurusan Plant Production di Escuela Polytechnica Superior tapi yang di kota Lugo. Saya bulan pertama di kota Santiago de Sompostela nya untuk intensive bahasa Spanyol selama 2 minggu, karena semua kelas menggunakan bahasa Spanyol Castellano atauGallego. Apply cuman online saja. Fill in all the requirements yang ad di websitenya.


Apa saja kelebihan dari kampus Micha di Spanyol tersebut? Mungkin dari segi fasilitas, kurikulum, birokrasi, dan suasana.

Kelebihannya, karena saya mahasiswa pertanian sangat cocok dengan lingkungan yang bukan kota besar metropolitan. Dia ada ‘river miño’ namanya ‘right next to the university’, terus ada greenhouse, laboratorium praktikum indoor maupun lahan untuk praktikum outdoor.

Perpustakaannya cukup besar dan ada fasilitas olahraga banyak seperti gym buat squash, basket, trus kolam renang dan lainnya.

Biaya hidup di Lugo sangat murah dibandingkan kota lain, misalnya sebulan saya bayar 130 untuk  sewa kamar dengan kamar mandi di dalam tapi sharing living room, kitchen and laundryroom. Untuk gym fitness, ada kerjasama dengan club fluvial namanya untuk mahasiswa 10€ sebulan ada sauna kolam renang indoor outdoor, fitness center, aerobic classes, and optional tennis court and spa.

Di sini dosen-dosennya perhatian dan senang membantu kira untuk memahami mata kuliah walaupun menggunakan bahasa Spanyol. Dari segi admin cukup baik di bantu ketika perlu do paperworks. Teman-teman juga membantu kita.


Apakah Micha sering menemukan kendala dalam belajar di jurusannya? jika iya, bagaimana cara mengatasinya?

Kendala terbesar adalah keterbatasan bahasa. Tidak semua orang bisa bahasa Inggris, jadi tantangan itu saya overcome dengan mengambil klas bahasa tambahan dan bergaul dengan teman-teman. Hal yang saya kurang pahami juga didiskusikan dengan dosen.


Menurut Micha, bagaimana sikap mahasiswa asli Spanyol terhadap mahasiswa asing?

Mahasiswa asli Spanyol ya seperti dimana-mana, ada yang cuek, ada yang langsung diajak ngobrol, yang jelas banyak variasinya. Tetapi rata-rata  ketika kita minta bantuan or tanya sesuatu pasti dibantu.

Ada teman asli sana yang saat liburan saya kunjungi ke rumahnya dan keluarganya sangat terbuka. They treat me like I’m their family juga, malahan disuruh balik lagi kalau sempat ke Spanyol lagi.Tetapi teman saya tidak sebatas orang Spanyol. Banyak dari negara lain seperti Portugal Italy Germany, Mexico Argentina. Dan mereka semua suka sama yang namanya fiesta alias party...


Apakah di Spanyol ada event-event spesial yang besar dan menarik? Pernah dengar tentang acara 'Tomatina' apakah itu benar ada?

Tomatina setahu saya di daerah Pamplona. Which is at the other side of Spain dan memang benar ada. Cuman menurut saya sangat disayangkan tomat dibuang-buang di saat banyak orang yang masih kelaparan. Kalau di kota saya ada San Froilan dan Arde Lucus. 'San Froilan’ adalah festival yang memperingati santo yang menjadi icon di sana, dan ‘Arde Lucus’ lebih bertemakan disaat para romawi datang dan mengambil alih wilayah dari para kaum celtic secara ringkasnya. Yang jelas, setiap daerah ada festival besar tersendiri, jadi saat kota tertentu ada acara, biasanya orang dari daerah lain pada datang berkunjung. 



Apakah makanan khas dari negara Spanyol? Apakah rasanya sesuai dengan lidah orang Indonesia?

Sesuai sih tidak. Di sini makanan setiap daerah suka ada khasnya. Misalnya, daerah saya banyak pada makan gurita dan khas di susu. Karena produksinya banyak sapi perah. Tapi, orang Spanyol banyak konsumsi nasi walaupun beda tipe dibandingkan ‘oryza sativa javanica’ (nasi) nya org Indonesia.

Di Spanyol banyak yang konsumsi babi, tapi jangan khawatir di supermarket bisa dipesan daging ayam halal juga buat teman-teman muslim. Atau juga silakan bisa shopping di toko Moroko atau Turki. Di sini memang banyak makan kentang dan tapas.

Tapas itu di kota saya gratisan, jadi kalau ke cafe mau pagi atau malam biasanya pesan minum dikasih tapas atau makanan ringan gratis. Saya pernah sekali pesan 1 apple cider 1.40€ trus dapat macam-maca makanan mulai dari pastel, sandwich, kentang goreng, cumi goreng, gurita rebus, cheese cake. Pokoknya sudah full meal deh intinya. 

Saya di sana hidup lebih sehat karena makan banyak sayur dan buah. Salad semua fresh bervariasi dan murah. Ikan salmon 1 kilonya hanya 6€an, belum lagi ada berbagai produk susu seperti greek yogurt, keju-keju, kefir yang saya senangi. Kalau kangen rumah tinggal buka saset bumbu dan oseng-oseng, selesai deh. Hehe.


Adakah tips supaya bagaimana kita bisa dekat dan membaur dengan teman-teman atau masyarakat Spanyol?

Tips untuk membaur? Jangan malu-malu dan belajar bahasa Spanyol. Nggak masalah biarpun masih salah-salah, toh merek akan mengerti. Minta bantuan teman-teman di sana dan ajak makan-makan.With food everything is good.

Saya juga suka mengikuti kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh pemerintah kota bagian pariwisata. Setiap minggu suka ada trip gratis ke daerah-daerah sekitar yang dekat dan biasa bertemu banyak warga atau turis lainya dan biasa ngobrol sambil jalan-jalan menikmati pemandangan. Saya mengikuti kursus membuat es krim juga bertemu ibu-ibu yang biasa saya ajak ngobrol. 


Apakah Micha sudah bertemu dan aktif dengan teman-teman PPI Spanyol? Jika iya, event apakah yang paling sering diadakan?

Saya jauh dari Madrid, jadi tidak pernah berkumpul dengan komunitas PPI. Tetapi di kampus ini ada 3 orang Indo, jadi kita saling support dan bertemu.


Bagaimana tips memilih tempat tinggal dan bagaimana cara untuk berhemat spesial ala Micha?

Tinggal? Hmmm…do a survey dulu sebelum book a room or at least ada orang yang kita kenal bisa recommend. Tanya info-infonya dan compare-compare, tapi jangan sampai compare kelamaan. Pay on time dan jangan sampai nggak bayar kos/apartment. Lapor kalau ada teman yang akan menginap dalam waktu tidak singkat kepada yang punya kos/apartment. Keep everything clean is better buat sesama. Jangan boros listrik or hot water karena mahaaalll! Saya bukan irit, tapi harus be able to be a good manager.


Manage your money wisely aja. Jangan sampai nggak makan karena menghemat tetapi kelaperan. Pihak pemberi beasiswa juga memberikan dana sesuai dengan kebutuhan kita.

Salam berkuliah.com!
================================================================================================================================================

Berminat mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri, khususnya buat kamu mahasiswa IPB? Baca rahasianya secara mendetail, dikupas tuntas dalam buku "Jurus Kuliah ke Luar Negeri" (JKLN). Di sini ada banyak "bocoran" dan "trik-trik rahasia", untuk mahasiswa yang ingin mendapatkan beasiswa ke luar negeri, seperti Micha Gracian di atas. Paket JKLN terdiri dari satu buku setebal 300 halaman, 9 ebook setebal 4.367 halaman, serta 219 video interview dengan mahasiswa Indonesia di luar negeri. Bahkan buku ini juga mendapat testimoni langsung dari Merry Riana. Baca buku ini, kamu PASTI dijamin kuliah ke luar negeri. Dijamin 100%.



Bagaimana cara pemesanannya?
Silakan transfer dengan format: JKLN (spasi) Harga + 2 digit terakhir HP kamu. Misalkan nomorhandphone kamu 085123456789, maka transfernya Rp 147.089. Rekening di bawah ini semuanya atas nama Sri Rahmawati:
  • Bank BCA 8610292250
  • Bank BNI 0165318957
  • Bank BRI 1056-01-004593-50-2
  • Bank Mandiri 132-00-1465845-5 

Setelah transfer, silakan konfirmasi ke: PIN BB: 57BDE2AC | Telp / WA / SMS / Line: 0821 3700 8000

Dan jangan lupa, selalu update informasi di berkuliah.com, ya! Salam sukses dan sampai jumpa!

Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Advertisement
Scroll To Top