Nilai Mahasiswa Ada di Ujung Pena Dosen ? Bener gak sih ?

Hai guys..UAS udah kelar, itu tandanya menjelang input nilai. Pasti kalian  pada galau menunggu nilai keluar, iya kan ? Sederatan angka A, ...

Hai guys..UAS udah kelar, itu tandanya menjelang input nilai. Pasti kalian  pada galau menunggu nilai keluar, iya kan ? Sederatan angka A, B, C, D, E sudah mulai membayangi. Banyak-banyak berdo’a biar nilai A atau B, kalaupun harus down minimal C.
Sebagai mahasiswa, pasti topiknya gak jauh dari pembahasan tentang nilai. Nilai-nilai itulah yang nantinya menentukan kelulusan, Meski nilai bukan tolok ukur keberhasilan seorang mahasiswa. Nilai juga yang membedakan mana mahasiswa rajin dengan mahasiswa yang hanya 3D ( Duduk-Diam-Dengar) Nilai bisa dibilang suatu keberuntungan. Ada yang rajin malah mendapat nilai kecil, Ada yang malas malah mendapatkan nilai bagus. Wah..ada apa sebenarnya dibalik semua itu ? Bahkan ada yang menganalogikan bahwa nilai mahasiswa itu terletak di ujung pena mahasiswa dosennya, bener gak sih ? biar kamu gak salah paham , ikuti tips berikut ! Siapa tahu salah satunya pernah kamu alami.


Kenali karakteristik sang Dosen

Setiap dosen memiliki karakteristik/watak yang berbeda-beda. Nah, disini tugas kamu untuk memahami dosen tersebut. Berbeda dengan masa sekolah dimana kamubertemu seorang guru yang bisa mengerti kondisi, namun memasuki masa kuliah justru kamulah yang harus memahami sang dosen. Berawal dari memahami dosen inilah, akan berpengaruh pada nilai kamu kelak. Nah lho, apa hubungannya ? Terus simak point-point selanjutnya ya guys :)

Terkadang..Ada Dosen over Realistis atau bahkan Sama Sekali non-Realistis


Dosen yang relalistis ini biasanya di nominasi oleh para dosen muda. Ya, berhubung masih muda, pikiran mereka mungkin masih terbawa suasana masa-masa kuliah yang menjunjung tinggi suatu realistas.  Sekecil apapun komponennya juga diniai. Jadi, jangan heran bila kamu menemui dosen yang memuat nilainya bahkan menggunakan excel ( ini kayanya udah terlanjur realistis).
Sedangkan dosen yang non realistis biasanya dosen senior yang udah lama berkecimpung di dalam dunia perkuliahan. Jadi, bagi kamu yang memiliki dosen yang udah senior (tua), kamu perlu pendekatan yang lebih dekat aja dengan beliau biar nilai kamu OK punya :D

Pelajari Triknya

Nah, buat ngedapetin nilai bagus, gak cukup kamu hanya bermodalkan cerdas. Cerdas hanya memagang komponen 20% di dalam nilai kamu. Percaya deh !.Lalu, sisanya apa ?
Semangat belajar 10 %
Kerja keras 10 %
Strategi Memilih Teman Belajar 15%
Faktor lucky 5 %
Sisanya..40 % ditangan dosen,,,hahaha . 

Seberapa penting -kah IPK  ?


IPK dapat diperoleh dengan adanya kerjasama antara dosen dan mahasiswa. Dosen akan memberikan nilai kepada mahasiswa sebelum kuliah dimulai pada awal semester.Yaps, penting banget karena ini merupakan tolok ukur kamu belajar selam ini. Yang perlu disadari adalah bahwa IPK harus diimbangi dengan kemampuan teknis dan juga kemampuan berorganisasi agar bisa bersaing dengan pesaing-pesaing kita. Karena kegiatan akademik kita menentukan tingkat intelektual kita nantinya.


Baik-Baiklah dengan Dosen

Tak hanya dengan orang tua, kamu harus berbuat baik terhadap dosen :D ini serius lho. Dosen itu suka mahasiswa yang kritis, bukan sotoi ( sok tahu). Apalagi jika mahasiswanya berbicara gak ada dasarnya, udah gitu gak ilmiah lagi (emangnya penelitian ;) pasti dosen langsung pasang muka killer.
Mengapa kita harus baik dengan dosen ? Karena IP kamu ada di tangan mereka. Dosen itu macem-macem, ada yang pelit nilai, ada yang murah nilai. Begitupula ada yang ngeselin ada yang care banget sama kita. Kalau bisa kamu ambil hati dosen, nah lho ? Maksudnya ? yah, kamu harus besrsikap ramah sama dia biar dosen seneng trus nilai kamu lumayanlah dapet tambahan.


Mahasiswa yang Sesuai Ekspektasi dosennya

Menjadi mahasiswa yang aktif di kegiatan kampus bukan berarti kamu akan menjadi kesayangan dosen. Begitu pula sebaliknya, jika kamu kuliah hanya berkutat dengan kegiatan seputar akademik, tapi kamu dekat dengan dosen dijamin  dosen akan care meskipun kamu bukan tergolong mahasiswa aktif di kampus. Nah, disinilah kamu bisa memanfaatkan celah agar kamu bisa mendapatkan nilai bagus. Semakin kamu terlihat dekat dengan dosen, semakin terihatlah kamu dirimu di kelas itu. Buat dosen kamu kagum akan kemampuan yang kamu miliki dalam bidang akademik, hingga akhirnya ia hafal dengan keberadaan kamu di kelas tersebut
  
Jadikan Dirimu “Berbeda”

Seiring berjalannya waktu. Kamu akan memahami bahwa nilai yang kamu dapatkan bukan semata-mata hanya berasal dari belajar kamu. Namun, ada faktor lain yang kamu akan ketahui. Jadikan dirimu berbeda, yaps, get the point !Berbeda disini adalah kamu memiliki kemampuan lebih di bidang yang dosen ajarkan. Coba deh, setiap pertemuan mata kuliah yang di ajarkan dosen kamu selalu bisa mengembangkan ide-ide cerdas di dalamnya. Pasti dosen akan respect terhadap kamu . Bandingkan dengan kawan lainnya yang hanya diam namun sebenarnya dia cerdas, pasti dosen akan menilai lebih pribadi kamu dibanding lainnya. 

Nah, itulah point-point penting yang harus kamu lakukan apakah dosen kamu udah menilai secara adil atau nggak . Jadi, bener gak sih nilai mahasiswa ada di ujung pena dosen ? Jawabannya ada pada kolaborasi yang baik antara dosen dan mahasiswa serta ada pada diri pribadi masing-masing dosen.
Salam berkuliah :D

Oleh : Andreanyta Erni
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,81,Arab Saudi,13,Asia,237,Australia,75,Austria,12,Beasiswa,299,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,14,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,312,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,442,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,3,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,59,Jerman,46,Kanada,27,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,3,Malaysia,27,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,13,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,150,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,7,Tips Beasiswa,15,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,6,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: Nilai Mahasiswa Ada di Ujung Pena Dosen ? Bener gak sih ?
Nilai Mahasiswa Ada di Ujung Pena Dosen ? Bener gak sih ?
http://4.bp.blogspot.com/-NaGB8_jGnjM/VJ6zY0-6zZI/AAAAAAAABl0/WHDn1xN_Vxw/s1600/Snap%2B2014-12-27%2Bat%2B17.55.09.png
http://4.bp.blogspot.com/-NaGB8_jGnjM/VJ6zY0-6zZI/AAAAAAAABl0/WHDn1xN_Vxw/s72-c/Snap%2B2014-12-27%2Bat%2B17.55.09.png
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2014/12/nilai-mahasiswa-ada-di-ujung-pena-dosen.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2014/12/nilai-mahasiswa-ada-di-ujung-pena-dosen.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy