Pengalaman Asyik dan Menakjubkan Nabila As’ad Kuliah di Portugal dengan Beasiswa Erasmus+ LOTUS Unlimited

Halo Sobat berkuliah.com :D Kamu ingin mengetahui pendidikan dan kehidupan di Portugal? Ya, Portugal. Saat ini Portugal masih menyimpan sej...

Halo Sobat berkuliah.com :D Kamu ingin mengetahui pendidikan dan kehidupan di Portugal? Ya, Portugal. Saat ini Portugal masih menyimpan sejuta keindahan yang sepenuhnya belum terekspose ! Portugal pasti akrab dengan pemain sepakbola kondang, Christiano Ronaldo (CR7). Selain itu, bahasanya yang unik yakni bahasa Portugis menjadi bahasa resmi dan nasional dituturkan secara luas. Meskipun masyarakatnya dapat berbicara bahasa Inggris, sangat disarankan untuk belajar Portugis bagi kamu yang akan menempuh pendidikan di Portugal untuk kehidupan sosial yang nyaman dan santai. Kali ini Nabila As'ad membuktikan bahwa kuliah di Portugal itu super asyik dan keren. Yuk, simak cerita dari sahabat kita, Nabila As’ad yang saat ini menempuh program Master di Portugal berikut ini !


Halo Nabila, mungkin bisa menyebutkan nama lengkapnya, asal kota, kuliah dimana, jurusan apa, dan mengapa Portugal menjadi pilihan?

Olá! (Portuguese. Artinya: Halo).
Perkenalan dahulu. Nama saya Nabila As’ad, wong Solo asli yang entah kenapa sejak lulus SMP cuma numpang liburan di Solo. Studi S1 di Teknik Informatika ITB dan S2 di University of Porto jurusan Services Engineering and Management.

Mengapa Portugal?
Hmmm, alesan pertama sih so pasti karena saya tertarik program studi yang ditawarkan mengenai Services Engineering ini sendiri. Bidang ini masih belum berkembang di Indonesia pada saat saya apply S2 (tahun 2011).
Alesan kedua: penasaran! Sejauh ini Portugal kurang se-terdengar negara-negera Eropa Barat kalo di Indonesia. Terkenalnya cuma karena CR7 jadi saya merasa Portugal ini hidden beauty yang menggugah rasa penasaran saya. FYI, Portugis kan bangsa pertama yang datang ke Indonesia lho~ Bahkan ada satu pulau di Indonesia yang diberi nama oleh seorang pendeta Portugis. Coba tebak pulau apa itu? :D

Apakah Nabila mendapatkan beasiswa? jika iya, apa beasiswanya, dan bagaimana cara apply sesuai dengan pengalaman mbak Nabila step by step? Beasiswanya full/ half ?

Alhamdulillah saya mendapat beasiswa Erasmus Mundus LOTUS II. Sekarang namanya sudah berganti menjadi beasiswa Erasmus + LOTUS Unlimited. Dapatnya beasiswa full, jadinya ya begitu... kalo yang tertulis di presentasi Erasmus+ “jalan-jalan dibayarin, pulang-pulang dapat gelar”. 
Cara apply-nya cukup membuka website http://www.lotus.ugent.be.  Disitu sudah ada keterangan lengkap apa saja persyaratan dokumen yang dibutuhkan dan kapan batas waktunya. Untuk LOTUS pendaftaran hanya dengan submit dokumen secara online, jadi tidak perlu keluar biaya untuk kirim ke kampus di Eropa.
Dokumen persyaratannya banyak dan butuh waktu (dan semangat pantang menyerah) untuk mempersiapkannya, termasuk juga ambil tes sertifikasi bahasa. Waktu itu saya ambil TOEFL IBT. Karena ga punya uang, belajarnya otodidak. Bahkan nggak ambil preparation test. Modal nekat dan pede jaya deh ;)

Apa kelebihan dari kampus tempat Nabila kuliah? mungkin dari segi fasilitas, kurikulum, birokrasi, dan suasana.

Dari segi fasilitas, jujur saja lebih oke, lengkap, dan nyaman dibandingkan kampus S1 saya :p Apalagi adanya akses ke jurnal dan makalah internasional untuk referensi perkuliahan dan penelitian. Perpustakaan super pewe yang bikin betah dengan koleksi buku lengkap. Laboratorium dan study room yang dilengkapi komputer (buat yang males bawa laptop ke kampus macem saya ini penting, haha).
Kurikulumnya menggunakan standarisasi Bologna. Sesungguhnya sih engga ngerti ini gimana, haha. Tapi menurut saya, untuk jurusan saya kurikulumnya sudah sangat mendukung. Kecuali masih sedikitnya pilihan mata kuliah non wajib dalam Bahasa Inggris. Jadinya saya ada ambil beberapa matkul berbahasa Portugis. Lumayan sih, dapat hari libur tambahan karena tidak wajib masuk kelas. Tapi ya itu...jadi harus lebih aktif menghubungi dosen dan belajar dari literatur pendukung.
Suasana kuliahnya asik! Kelas-kelas wajib saya isinya tidak lebih dari 30 siswa jadi berasa lebih dekat dengan dosennya. Yang paling saya suka di kampus saya itu: ngobrol sama Professor yang sudah level dewa berasa ngobrol sama teman diskusi. Seriusan. Nggak kerasa perbedaan hierarki dan saya sendiri jadi lebih terbuka dan PD untuk mengeluarkan pendapat. Diskusi pun menjadi super seru, nagih, dan so  pasti...insightful!

Apa menariknya jurusan yang Nabila ambil, dan apakah pernah menemukan kesulitan? Mungkin bisa disebutkan jurusan ter-favorite di kampus ?

Kampus saya (University of Porto) ini merupakan salah satu kampus pioneer untuk bidang Services Design di Eropa. Jika ingin tahu apa Services Design itu, bisa baca2 di portal Services Design Network. Karena bidang Services Design masih dibilang baru dan sedang berkembang banget, saya banyak belajar hal baru dan ini menantang rasa penasaran saya untuk menggeluti bidang ini lebih dalam lagi. Lebih menariknya lagi, tugas-tugas kami langsung diimplementasikan di dunia nyata.
Disini dengan latar belakang Teknik Informatika (S1), saya justru ditantang untuk belajar Marketing dan Manajemen. Yang dulunya kuliah itu ada hasil akhirnya yaitu program yang bisa di-run dan sesuai spesifikasi yang diminta, sekarang saya kebanyakan studi kasus, serta analisis pasar dan kebutuhan pengguna. Awal-awal dulu shock banget pas dikasih berlembar-lembar tugas studi kasus.
Jurusan favorit? Waduh, kurang tahu. Tapi banyak yang bilang jurusan Teknik Industri menjadi favorit. :D

Menurut Nabila bagaimana karakter dosen dalam menyampaikan mata kuliah? Dan bagaimana sikap mahasiswa lokal Portugal terhadap mahasiswa internasional ?

Ada sih beberapa dosen yang gaya mengajarnya seperti hanya membaca slides, jadi membuat mengantuk di kelas :p Tapi mayoritas dosen-dosen saya itu gaya mengajarnya santai tapi berwibawa. Sehingga mahasiswa di kelas tidak ragu dan malu untuk bertanya. Ada seorang dosen favorit saya yang selalu mengajarkan budaya berdiskusi di kelas. Tiap sebelum kelas selalu diberi tugas mempelajari paper, membuat summary paper, lalu didiskusikan di kelas. Disini beliau menuntut masing-masing mahasiswa untuk aktif dan memberi nilai poin tambahan untuk yang aktif.
Menurut saya karakter orang Portugis itu seperti orang Indonesia. Mereka agak “malu” mendekati bule (weitsss, disana saya jadi bule lhoo) dan sering bergerombol dengan teman-temannya. Di awal perkuliahan saya yang berusaha berkenalan terlebih dahulu dengan mereka dan surprisingly, mereka sangat welcome. Teman-teman Portugis saya bahkan sangat perhatian dan sangat membantu saya jika saya ada kesulitan, terutama yang berkaitan dengan adaptasi di Portugal dan mata kuliah pilihan berbahasa Portugis. Psst...waktu saya kelamaan di Iceland dan diberitakan bahwa sebuah gunung di Iceland akan meletus dalam waktu dekat, teman-teman Portugis saya panik menghubungi saya untuk segera pulang ke Porto lho~

Bagaimana dengan sistem kurikulum di Portugal ? Hal yang paling signifikan perbedaannya dengan Indonesia?

Waduuh pertanyaannya berat hahaha. Yang kerasa berbeda disini dengan di Indonesia buat saya itu ketika ujian. Soal-soal ujian saya menuntut saya untuk menjawab tidak dengan hafalan text book. Disini kami terdorong untuk benar-benar memahami konsep. Waktu awal-awal dulu, saya pernah menjawab soal ujian dengan jawaban poin-poin yang ada di textbook, eeeeh, langsung dicoret gedhe-gedhe :’(
Selain itu, tugas perkuliahan saya semuanya diimplementasikan di dunia nyata. Kami diminta (serta dibantu) untuk menghubungi perusahaan lalu mengerjakan proyek yang ditawarkan atau dapat diaplikasikan oleh perusahaan/organisasi. Salah satu proyek kelompok saya bekerja sama dengan Rumah Sakit Umum di Porto.

Apakah Nabila sudah bertemu dengan teman-teman PPI? Kegiatan apa saja yang sudah dilsayakan PPI Portugal ?

Yesssooo, tentu saja. Teman-teman PPI Portugal serta KBRI Portugal sudah berasa keluarga sendiri. Mereka sangat welcome dan membantu saya di awal-awal kedatangan saya di Portugal.
PPI Portugal ini anggotanya boleh dibilang kalah jumlah dibandingkan PPI di negara lainnya, tapi ini juga yang membuat kami solid. Satu sama lain saling kenal meskipun beda kota. Selain itu, kami juga erat dengan para staf KBRI. Bapak Dubes dan Bapak Konsuler Kehormatan berasa seperti ayah sendiri.
Beberapa tahun lalu PPI Portugal sudah berhasil menyelenggarakan acara pengenalan kebudayaan Indonesia. Di tahun saya terlibat di PPI, saya dan dua teman saya (ketua dan wakil ketua PPI) sudah merancang kegiatan serupa. Namun karena keterbatasan jumlah anggota dan mayoritas anggota hanya tinggal sementara (exchange student), hingga saat ini acara tersebut belum dilaksanakan.
Meskipun demikian, kami aktif terlibat di beberapa acara kebudayaan yang diadakan di kampus-kampus, semisal di Porto atau di Lisbon (teman saya nari tarian tradisional trus masuk TV dan berita lokal. Wow!)

Tempat tinggal terbaik menurut Nabila selama di Portugal dimana ? Apakah di Apartemen, rumah atau yang lain ?

Shared flat!!! Untuk mahasiswa single kayak saya, shared flat adalah pilihan favorit saya karena saya bisa menambah teman dari berbagai negara. Asrama yang ditawarkan kampus juga menarik (dan lebih murah), tapi saya lebih memilih shared flat karena lokasi. Awal-awal pilihnya lokasi yang dekat dengan kampus, makin kesini lebih suka lokasi yang dekat dengan downtown, haha.


Pernah mengalami culture Shock ? Jika ia dalam hal apa ?

Pernah banget. Dari sisi kebiasaan penduduk lokalnya saja sudah berbeda dari Indonesia. Makanan juga berbeda, tidak kaya akan bumbu seperti di Indonesia. Paling homesick tiap Idul Adha dimana teman-teman di Indonesia posting foto makanan & family gathering di social media sementara di Porto sendiri tidak ada gaungnya bahkan saya masuk kuliah.
Anehnya, hal-hal yang bikin saya culture shock dulu justru jadi yang paling saya kangenin pas saya di Indonesia.

Untuk makanan nih, bagaimana cara Nabila beradaptasi dengan makanan ala Portugal ?

Alhamdulillah Portugal masih ada menu nasi!!! Dimasaknya pakai olive oil dan bawang bombay. Enaaak banget. Tapi tetep sih, menu makanannya ga se-rame bumbu seperti di Indonesia. Dulu awal-awal datang kan belum tahu makan apa dan dimana, bahkan kesulitan di supermarket karena tidak tahu nama Portugis untuk bumbu-bumbu. Lumayaaan, turun 5 kg dalam 2 bulan.
Lama kelamaan aku keseringan masak karena uangnya ditabung untuk jalan-jalan. Untuk makan di luar, Portugal boleh dibilang masih terjangkau untuk kantung mahasiswa. Harga makanan sekitar 5-15euro/porsi. Kalau makan siang biasanya di kantin kampus. Cukup dengan 2.5 euro sudah full set dari appetizer hingga dessert. Menunya beragam dari vegan menu, ikan, hingga daging. Kenyangnya pun bisa sampai malam.

Apakah ada tips dan trik spesial untuk mendapatkan pemasukan tambahan selama kuliah di Portugal?

Kerja magang di semester terakhir atau magang di cafe juga bisa. Selain itu, bisa juga mencari proyekan dosen. Biasanya diminta untuk dapat berbahasa Portugis.

Ketika sedang masa kuliah, terus merasa kangen dengan Indonesia, entah itu makanannya, orang-orangnya, apa yang biasa mbak lakukan? Kegiatan apa yang bisa dilakukan selain kuliah?

Pertama, jalan-jalan! Obat homesick paling manjur menurut saya. Ini nagih dan membuka wawasan banget. Tentu saja sebelumnya, saya menabung untuk ini. Jalan-jalan membawa saya bertemu banyak teman-teman baru yang dulunya orang asing sekarang jadi temen deket dan menikmati tempat-tempat baru. Meskipun tabungan jadi terkuras, tapi saya jadi punya banyak cerita dan pengalaman hehe.
Kedua, jadi volunteer. Saya ini orangnya suka mengajar, jadi biasanya ikutan jadi volunteer untuk menjadi pengajar di sekolah-sekolah. ESN (Erasmus Students Network) di Porto biasa bekerja sama dengan Pemerintah Kota dan menawarkan peluang menjadi volunteer kepada mahasiswa Erasmus.
Karena kedua kegiatan tersebut, saya yang merasa kesepian dan homesick pun jadi hepi kembali :D
Apa pengalaman paling tidak terlupakan selama di Potugal? :D
Pertama, angkut-angkut koper naik turun bukit. Tiap pindah flat, saya dibantu teman-teman saya harus mengangkut koper mega besar di jalanan Porto yang nanjaknya heroik berasa naik turun bukit. Disini kan tidak punya mobil pribadi.
Kedua, nonton Cristiano Ronaldo secara langsung di pertandingan bola timnas Portugal! WOHOOOOO! Close-up pula.

Hal hal apa saja yang dirasakan karena bisa kuliah di LN? Lebih percaya diri, bisa memiliki pandangan yang optimis jauh ke depan tentang masa depan Indonesia? Atau hal positif apa yang mbak Nabila pelajari selama belajar di Portugal?

Perubahan yang paling saya rasakan pada diri saya adalah saya menjadi lebih open-minded. Kalau bahasa jawanya: grapyak. Saya tidak cepat men-judge sesuatu dan menjadi lebih mudah mengajak ngobrol orang asing yang belum dikenal.
Selain itu, saya banyak belajar dari kebiasaan positif orang-orang Portugis (dan Eropa secara umumnya). Misalnya mengutamakan kursi di angkutan umum untuk kakek-nenek dan ibu hamil, menjaga pintu terbuka untuk orang yang masuk setelah saya, dkk.

Adakah nasihat serta tips dan trik dari Nabila bagi kawan-kawan yang ingin melanjutkan pendidikan di Potugal ?

Berani bermimpi dan punya niat gedhe. Persistence, Consistence, and Pray itu kuncinya. Banyak peluang beasiswa saat ini, apalagi dengan adanya akses internet yang makin mempermudah pencarian informasi.

Destinasi menarik yang bisa dikunjungi di Portugal apa ? menurut  Nabila ? :D hehehe

Kedua kota terbesar di Portugal: Porto dan Lisbon. Orang Portugis umumnya bilang, jika kamu suka Lisbon maka kamu tidak akan suka Porto & vice versa. Buat saya, kedua kota ini punya daya tariknya masing-masing. Porto cantik dengan sungai Douro sementara Lisbon cantik klasik serasa memasuki mesin waktu. Plus, ada portuguese egg tart (Pasteis de Belem) super enak di Lisbon.

Pertanyaan terakhir nih, ada moment perayaan khusus yang dilsayakan masyarakat Portugal masa masa-masa tertentu ? Mungkin ada perayaan unik yang bisa diceritakan :D

Di Portugal ada perayaan arak-arakan wisuda untuk mahasiswa S1, namanya “Queima das Fitas (the Burn of the Ribbon”. Disini mahasiswa-mahasiswa menggunakan seragam ala Harry Potter. All black dan beneran ada jubahnya! Dan membawa embel-embel pita sesuai warna fakultasnya. Ada yang diarak dengan truk, ada juga mahasiswa baru yang sehabis di ospek membuat pertunjukan di tengah arak-arakan. Jalanan utama di downtown Porto ditutup dan kampus diliburkan selama seminggu. Arak-arakan hanya satu hari, sisanya party tiap malam di tepi pantai.

Wah, Terima kasih  Nabila, sudah mau berbagi Inspirasi dengan sahabat berkuliah.com
Sama-sama. Semoga bermanfaat! ;)

Nabila As’ad aktif sebagai (travel) blogger  bisa disapa di http://www.bhellabhello.wordpress.com


Asyik kan cerita Nabila As'ad merasakan atmosfer pendidikan di Portugal ? Jika kamu ingin mengikuti jejaknya, Persiapkan segala sesuatunya mulai sekarang !

================================================================================================================================================

Berminat mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri, khususnya buat kamu mahasiswa Teknik Informatika? Baca rahasianya secara mendetail, dikupas tuntas dalam buku "Jurus Kuliah ke Luar Negeri" (JKLN). Di sini ada banyak "bocoran" dan "trik-trik rahasia", untuk mahasiswa jurusan Pendidikan yang ingin mendapatkan beasiswa ke luar negeri, seperti Risa Santoso di atas. Paket JKLN terdiri dari satu buku setebal 300 halaman, 9 ebook setebal 4.367 halaman, serta 219 video interview dengan mahasiswa Indonesia di luar negeri. Bahkan buku ini juga mendapat testimoni langsung dari Merry Riana. Baca buku ini, kamu PASTI dijamin kuliah ke luar negeri. Dijamin 100%.



Bagaimana cara pemesanannya?
Silakan transfer dengan format: JKLN (spasi) Harga + 2 digit terakhir HP kamu. Misalkan nomorhandphone kamu 085123456789, maka transfernya Rp 147.089. Rekening di bawah ini semuanya atas nama Sri Rahmawati:
  • Bank BCA 8610292250
  • Bank BNI 0165318957
  • Bank BRI 1056-01-004593-50-2
  • Bank Mandiri 132-00-1465845-5 

Setelah transfer, silakan konfirmasi ke: PIN BB: 57BDE2AC | Telp / WA / SMS / Line: 0821 3700 8000

Salam berkuliah.com

Narasumber : Nabila As'ad

Reporter       : Andreanyta Erni
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,81,Arab Saudi,13,Asia,237,Australia,75,Austria,12,Beasiswa,299,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,14,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,312,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,442,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,3,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,59,Jerman,46,Kanada,27,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,3,Malaysia,27,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,13,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,150,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,7,Tips Beasiswa,15,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,6,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: Pengalaman Asyik dan Menakjubkan Nabila As’ad Kuliah di Portugal dengan Beasiswa Erasmus+ LOTUS Unlimited
Pengalaman Asyik dan Menakjubkan Nabila As’ad Kuliah di Portugal dengan Beasiswa Erasmus+ LOTUS Unlimited
http://4.bp.blogspot.com/-Iwc619vwM9U/VJjvP9jWKEI/AAAAAAAABi4/mLJjZ6spoG0/s1600/Snap%2B2014-12-22%2Bat%2B21.38.25.png
http://4.bp.blogspot.com/-Iwc619vwM9U/VJjvP9jWKEI/AAAAAAAABi4/mLJjZ6spoG0/s72-c/Snap%2B2014-12-22%2Bat%2B21.38.25.png
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2014/12/pengalaman-asyik-dan-menakjubkan-nabila.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2014/12/pengalaman-asyik-dan-menakjubkan-nabila.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy