Artikel Terbaru

Pengalaman Oka Sudiana, Kuliah S2 Bidang 'Teknik Aeronautika' di Spanyol

Perkenalkan, saya Oka Sudiana, kuliah di Universidad Politecnica de Madrid, ETSI Aeronauticos, Madrid program S2 angkatan 2013-2014. Saya dari Jawa Barat.

Universidad Politecnica de Madrid

Apa kelebihan dari negara Spanyol sehingga membuat Oka memilih kuliah disana? 

Pilihan saya karena sesuai dengan jururan saya, yaitu Teknik Aeronautika. Spanyol merupakan salah satu negara dengan basis teknologi aerospace di Eropa. Terdapat perusahaan Airbus yang merupakan salah satu perusahaan industri pesawat terbang terbesar di dunia. Selain itu juga memiliki industry turbomachine untuk mensupport mesin yang dimiliki Airbus. Sehingga adanya kerjasama universitas dan industri. Pemerintah Madrid juga mendukung pengembangan kota berbasis teknologi, khususnya aerospace. 


Bisa diceritakan sedikit profil kampus Oka? Apa saja kelebihannya dari Universidad Politecnica de Madrid?

Image Credit
Universidad Politecnica de Madrid merupakan universitas yang berfokus pada teknologi engineering. Laboratorium yang lengkap dan spesifik dengan riset yang dilakukan. Sistem perkuliahan lebih dititikberatkan dengan praktik dan tugas berkala. Sistem penilaian yang ada di sini berbeda dengan penilaian di universitas di Indonesia dengan nilai maksimal 4. Sedangkan di sini, maksimum nilai 10 dengan ninimum nilai kelulusan 5. 


Bagaimana karakteristik dosen disana dalam menyampaikan mata kuliah, dan bagaimana keterbukaan mereka terhadap mahasiswa baik di dalam dan di luar kampus? 

Dosen hanya menjelaskan inti dari persoalan pada mata kuliah, mahasiswa dituntut untuk berperan aktif membahas lebih mendalam mengenai materi perkuliahan. Namun, dosen sangat terbuka terhadap mahasiswa jika ada pertanyaan atau diskusi menganai suatu materi perkuliahan.


Apa yang kamu rasakan di bulan-bulan pertama tinggal dan belajar di luar negeri? Mengalami culture shock mungkin? Kalau iya, bisa diceritakan? Atau pengalaman apa yang paling menyenangkan dan paling mengesalkan selama tinggal di Spanyol?

Kesulitan awal pertama tinggal di Spanyol adalah permasalahan komunikasi, kebanyakan masyarakan spanyol tidak bisa berbahasa Inggris. Pengalaman menyenangkan di Spanyol mengenal budaya dan kebiasaan orang Spanyol. Melihat peradaban dan toleransi terhadap perbedaan, baik agama, budaya, dan kebiasaan, sebab banyak imigran yang menetap di Spanyol. 

Salah satu pengalaman saya yang paling mengesankan adalah ketika saya menjejakkan kaki di Madrid. Saya membawa koper 30 kg, menaiki tangga metro yang lumayan cukup banyak, tiba-tiba ada anak muda usia 18 tahun menghampiri dan membantu mengangkat koper saya. Saya pun terkejut karena tiba-tiba saja. Rupanya kebiasaan masyarakat Spanyol membantu orang yang kesusahan mengangkut barang, membantu mengangkut troli bayi kepada ibu-ibu yang kesusahan. Di dalam metro maupun bus terlihat yang muda lebih memilih berdiri dan mempersilahkan yang tua dan ibu hamil untuk duduk. 


Bagaimana pandangan kamu tentang karakter masyarakat di Spanyol? Dan sebaliknya, bagaimana pandangan mereka terhadap mahasiswa Indonesia? 

Masyarakat Spanyol sangat terbuka dengan orang asing. Satu kebiasaan yang menurut saya tidak ada di negara lain. Mereka menyapa orang lain meskipun asing dengan senyuman “hola”. Dan bahkan sambal menunggu kendaraan umum bis maupun kereta, mereka mencoba untuk menyapa dan mengobrol meskipun baru bertemu. Jika kamu menanyakan jalan, dengan senang hati mereka menunjukkan meskipun kamu menanyakan dalam bahasa Inggris dan mereka menjawab dengan bahasa Spanyol. Namun ada satu hal yang harus diperhatikan. Saking sukanya mereka bercerita, maka mereka tidak menunjukan jalan tidak secara langsung, namun seperti narasi dan bercerita panjang. 

Tidak ada diskriminasi dan perbedaan antara mahasiswa lokal dan mahasiswa asing, semua di perlakukan sama dan terbuka. 


Apakah dalam berkomunikasi harus menggunakan bahasa Spanyol? Kira-kira butuh berapa lama untuk belajar bahasa Spanyol? 

Untuk sehari-hari diperlukan bahasa dasar Spanyol, seperti angka, penjumlahan dan bahasa sehari-hari umum. Ini agar memudahkan untuk berbelanja ataupun berpergian. 

Image Credit
Adakah pesan-pesan atau motivasi yang ingin Oka sampaikan untuk adik-adik kita yang ingin kuliah di luar negeri? 

Meskipun Spanyol bukan negara salah satu tujuan kuliah untuk kebanyakan mahasiswa, namun suasana disini menyenangkan. Dan banyak hal yang indah untuk bisa dieksplorasi, baik yang suka pesta maupun petualangan.

Salam berkuliah.com!

Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Advertisement
Scroll To Top