Raihana D: Mahasiswa yang Kuliah di Finlandia, Nyamannya Selangit !

Perkenalkan, nama saya Raihana D. Nugrahany atau biasa di panggil Hany. Saya pertama kali tiba di Finlandia pada tahun 2008, dan selam...


Perkenalkan, nama saya Raihana D. Nugrahany atau biasa di panggil Hany. Saya pertama kali tiba di Finlandia pada tahun 2008, dan selama hampir 6 tahun hidup di sini, Alhamdulillah saya telah memiliki ijasah diploma dari Helsinki Business College jurusan Customer Service dan Marketing, dan saat ini saya sedang menempuh pendidikan S1 di Laurea University of Applied Sciences jurusan Security Management yang bertempat di kota Espoo.


Apa sih enaknya dan nyamannya kuliah di Finlandia selain banyak yang gratis?

Kalau dilihat dari segi keuangan, Finlandia atau negara-negara di Nordic pada umumnya memang sangat terkenal akan tingginya biaya hidup di negara tersebut. Namun bagi pelajar, terdapat banyak keringanan sehingga membuat para pelajar merasa nyaman dan dapat tetap bertahan hidup. Di negara Finlandia contohnya, selain bebas dari biaya kuliah, semua pelajar berhak mendapat banyak keringanan seperti potongan setengah harga untuk transportasi dengan menggunakan travel card (berlaku di Helsinki, Espoo, Vantaa).

Para pelajar juga mendapat diskon untuk transportasi kereta jarak jauh, makan di kantin universitas (hanya 2,6€ untuk pelajar), diskon ketika menggunakan fasilitas olahraga (berenang, gym, dll), dan juga bagi para pelajar disediakan student apartment yang bisa tempati dengan harga yang terjangkau.

Selain itu, pelajar di sini berhak untuk bekerja maximum 25 jam/minggu, jadi bisa menambah pemasukan atau bahkan seperti saya, karena bekerja part time, tidak perlu lagi meminta kiriman uang dari orang tua karena penghasilan dari kerja paruh waktu dapat mencukupi kehidupan saya selama di sini.

Dan juga hidup di Finlandia memang pada dasarnya nyaman, walaupun udara di negara ini cukup dibilang kurang bersahabat bagi kita yang biasa hidup di iklim tropis. Namun kenyamanan fasilitas, ketertiban masyarakat, minimnya tingkat kriminalitas membuat kita merasa nyaman, terlebih apabila kita adalah pribadi yang pendiam dan senang akan ketenangan, maka tinggal di Finlandia adalah hal yang tepat, karena hidup di Finlandia sangatlah tenang.


Saat memilih tempat kuliah, apakah Hany memilih berdasarkan negaranya dulu, berdasarkan jurusannya dulu, atau hal lain?

Kalau saya, memilih kuliah di Finlandia karena diajak oleh salah satu keluarga saya yang ditugaskan ke Finlandia. Sewaktu mendaftar jurusan yang sekarang saya ambil, atau sebelumnya karena memang karena saya tertarik akan jurusan tersebut, dan juga jurusan yang saya ambil sekarang memang jarang sekali ada universitas yang menawarkan jurusan ini dengan menggunakan bahasa inggris, baik di negara FInlandia sendiri ataupun negara lain.

Bagi mahasiswa S1, ketika mendaftar berhak memilih 6 jurusan yang mereka inginkan. Jadi, setiap pendaftar dapat memilih jurusan apa saja yang mereka minati (untuk mengetahui jurusan apa saja yang ada di Finland bisa di cek di website: http:// www.studyinfinland.fi/what_to_study/study_programmes_database) dan juga informasi mengenai kuliah di Finland juga bisa dilihat di blog PPI FInlandia (http:// ppifinland-belajar.blogspot.fi/)


Apakah di kampus Hany ada jurusan-jurusan seperti pendidikan guru, pendidikan olahraga, bimbingan konseling? Jika ada, apakah sulit untuk apply ke jurusan tersebut?

Sayang sekali Universitas saya hanya menawarkan 8 programme dalam Bahasa inggris, yaitu:  Business Management, Business Information Technology, Nursing, Security Management, Social Service, Restaurant Entrepreneurship, Tourism dan Facility Management bagi mahasiswa S1. Dan 2 program master yaitu Health Promotion dan Service Innovation and Design (SID). (Informasi lebih lanjut dapat dilihat di : www.laurea.fi)



Namun, untuk mengetahui universitas mana saja yang menawarkan jurusan pendidikan guru, olahraga atau bimbingan konseling dapat dilihat di link website yang pertama saya sebutkan, karena link tersebut dapat memberikan informasi mengenai kurang lebih 500 program studi dalam bahasa Inggris yang ditawarkan oleh Finnish higher education institutions. Dan tingkat kesulitan untuk apply di jurusan tersebut berbeda-beda, tergantung akan materi test masuk tiap jurusan dan kesiapan kita dalam mengikuti test masuk (test masuk hanya diperuntukkan bagi mahasiswa S1)


Kalau misalnya nih, kita benar-benar nggak mengerti dan kurang paham terhadap dosen, apakah kita bisa bertemu secara face to face dan meminta penjelasannya secara lebih detail?

Menurut pengalaman saya, apabila kita tidak mengerti akan materi yang diberikan dosen, kita sebagai pelajar dapat bertanya ketika dosen sedang menerangkan. Selain itu, sistem kuliah di sini juga mendukung interaksi dua arah antara dosen dan mahasiswa, sehingga banyak sekali waktu ketika dosen bertanya dan mengajak diskusi mahasiswanya mengenai materi yang sedang di ajarkan.

Apabila kita masih kurang merasa puas, mahasiswa juga dapat mengirimkan email kepada dosen tersebut untuk bertanya atau meminta waktu dan mengatur schedule untuk bertemu face to face untuk membahas hal yang kurang dimengerti.


Bagaimanakah pandangan orang Finlandia terhadap mahasiswa? Apakah banyak orang Finlandia yang tahu akan Indonesia?

Pandangan masyarakat Finlandia terhadap mahasiswa adalah mereka sangat mensupport siapa saja yang menuntut ilmu. Tidak jarang juga ditemui orang-orang yang sudah cukup berumur, mengambil kuliah S1 ataupun S2. Hal ini mengingat kuliah di Finlandia gratis, maka ada juga beberapa orang yang kuliah S1 lebih dari satu kali dengan jurusan berbeda, begitu pula dengan yang mengambil kuliah S2.

Saat ini, cukup disayangkan Indonesia kurang begitu terdengar di Finland. Oleh karena itu, KBRI dan organisasi Indonesia yang ada di Finlandia contohnya Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) cukup sering menggelar acara untuk mengenalkan Indonesia ke masyarakat Finlandia dalam segi budaya (Untuk mengetahui apa saja kegiatan PPI Finland bisa dilihat melalui: http:// ppifinland-kegiatan.blogspot.fi/)


Apa sih yang biasanya membuat mahasiswa Indonesia menjadi galau dalam menghadapi kuliah di Finlandia?

Bagi saya pribadi, masalah yang biasanya bikin galau adalah cuaca. Karena sering kali ketika musim dingin, badai salju dan cuaca yang sangat dingin bisa mencapai -25C membuat saya amat sangat malas keluar rumah untuk ke kampus. Selain itu, mungkin homesick juga bisa membuat galau karena kangen ingin bertemu keluarga di tanah air. Untungnya, masyarakat di sini cukup erat, jadi berkomunikasi dengan sesama masyarakat Indonesia dan kegiatan-kegiatan yang diadakan bisa sedikit mengobati rasa kangen.


Apakah Hany pernah mengalami kejadian unik di Finlandia? Atau pernahkah melihat kejadian-kejadian yang aneh dan berbeda, dan itu tidak ditemukan di Indonesia?

Mengingat saya telah tinggal cukup lama disini, saya telah banyak mengalami kejadian unik baik di kehidupan sehari-hari, kehidupan kampus, maupun ketika saya bekerja part-time. Namun,hal yang tidak bisa saya lupakan ketika pertama kali sampai di Finland adalah kejadian ketika saya baru beberapa hari tiba di Finlandia, dan saya telah melihat seorang nenek-nenek mabuk pada siang hari pukul 13:00 dan dengan santainya mengeluarkan botol alkohol dari kantungnya untuk diminum di kendaraan umum. Hal tersebut cukup membuat saya kaget karena hal itu tidak mungkin ditemui di negara kita.

Selain itu, kebiasaan orang-orang di sini yang memiliki anjing di rumahnya dan harus dibawa jalan-jalan keluar rumah juga merupakan hal unik bagi saya. Karena sering kali saya berpikir, hebat sekali orang-orang ini yang tetap mau mengajak jalan anjing peliharaannya untuk keliling meskipun itu dini hari ataupun ketika salju lebat sedang turun, dan juga mereka harus mengambil kotoran anjing tersebut ke dalam plastik agar tidak mengotori jalanan atau taman.


Adakah tips khusus dari Hany tentang bagaimana cara mudah untuk masuk dan apply ke kampus Raihana saat ini? Apa saja yang menjadi syarat utama?

Tips khusus tidak ada menurut saya. Yang harus dilakukan ketika mau masuk ke universitas di sini adalah dengan banyak mencari informasi. Karena informasi di internet mengenai cara-cara dan syarat untuk kuliah di sini sangat banyak, hanya tinggal kemauan kita untuk mencari. Saya merekomendasikan, untuk banyak membaca di website http:// www.studyinfinland.fi/ dan juga website universitas yang akan dituju.

Apabila ada pertanyaan dan para pembaca berkuliah.com tertarik untuk mengetahui info lebih lanjut mengenai pendidikan di Finlandia, silahkan: 1. Kirim pertanyaan ke email PPI Finland (ppi.finland@gmail.com) 2. Kunjungi blog PPI Finland (http:// ppifinland.blogspot.com) 3. Add facebook PPI Finland (https:// www.facebook.com/ppi.finlandia?fref=ts)



Terima kasih banyak ya Raihana, untuk sharing pengalaman dan informasinya! 

Salam dari berkuliah.com. 
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,81,Arab Saudi,13,Asia,237,Australia,75,Austria,12,Beasiswa,297,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,13,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,312,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,441,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,2,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,58,Jerman,46,Kanada,27,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,3,Malaysia,26,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,12,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,150,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,7,Tips Beasiswa,15,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,6,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: Raihana D: Mahasiswa yang Kuliah di Finlandia, Nyamannya Selangit !
Raihana D: Mahasiswa yang Kuliah di Finlandia, Nyamannya Selangit !
http://3.bp.blogspot.com/-VjrqicwX-Bw/VIV_r2dT6aI/AAAAAAAAFzo/HqTU5jG_P7Y/s640/3.png
http://3.bp.blogspot.com/-VjrqicwX-Bw/VIV_r2dT6aI/AAAAAAAAFzo/HqTU5jG_P7Y/s72-c/3.png
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2014/12/raihana-d-mahasiswa-yang-kuliah-di-finlandia-nyamannya-selangit.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2014/12/raihana-d-mahasiswa-yang-kuliah-di-finlandia-nyamannya-selangit.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy