Artikel Terbaru

Sisi Unik Mahasiswa Sunda


Jadi mahasiswa sunda itu...rasanya bahagia sekaligus penuh dilema. Ya, bahagia karena kita bisa membawa kearifan lokal sunda di daerah lain. Dilema, karena kita tergolong kaum minoritas begitu merantau. Selain terkenal akan sifatnya yang ramah, ternyata mahasiswa sunda ini memiliki hal-hal yang unik untuk diketahui. Mau tahu sisi unik mahasiswa Sunda ? Sok atuh di simak :D

Suka Mencampur Bahasa

In Google Translate Sunda : "yang butuh belajar itu ibu atau kamu Murid Menjawab : Kamu ! Haha
Kebiasaan mahasiswa sunda itu tidak terlepas dari suka mencampur bahasa sunda dengan bahasa Inggris. Yah, meskipun bahasa yang di lontarkan terlihat kacau, tetap saja unik dan bikin ngakak :D. Ini salah satu contohnya
The clouds is ting guludug, maybe rek rain big. This popoean must be dijaitan. Before splash with rain waters. Because weathers is usum ngijih
Artinya : langit sudah bergemuruh, mungkin akan hujan besar. Jemuran harus segera di angkat, sebelum terkena cipratan air hujan.  karena sekarang lagi musim hujan.
Wah, berantakan kan itu bahasa sobat ? >.<

Logatnya Mudah Dikenali

Jika kamu baru bertemu dengan teman kamu yang asalnya dari sunda, pasti kamu langsung mengenalinya lewat logatnya yang 'khas'. Orang sunda memang memiliki ciri khas tersendiri dalam berbicara. Selain itu mereka tak pernah lepas dari kata penghubung "mah, teh, nya, da, atuh, ceunah, sok. Jangan ngaku mahasiswa sunda jika berbicara gak pernah pakai kata penghubung tersebut.

Suka Makan Daun



Hah? suka makan daun? Memangnya domba ? Maksudnya mayoritas mahasiswa sunda itu hobi banget makan lalapan. Mereka lebih suka menyebutnya makan daun. Setiap masakan yang disajikan pasti tidak pernah lepas dari lalapan. Entah dari mana asalnya, tapi tradisi hobi makan daun ini sudah mendarah daging pada diri mahasiswa sunda. Aya-aya wae atuh :D

Gak Bisa Bedain mana Huruf F mana V


Mungkin salah satu penyebab salah satu penyebabnya dalah karena tata bahasa sunda tidak memiliki kosa kata yang memiliki unsur huruf F, jadi mahasiswa sunda susah buat nyebutin kalimat yang ada huruf F nya. 
Contoh nih :
Transfer bisa berubah menjadi Transper
Peyeum berubah jadi Feyeum ..
Haha... memang orang Sunda suka lucu kalau udah merubah kata-kata. Bisa-bisa mereka kalau ngobrol seperti orang Jepang yang beraksen Sumedang.

Gak Mau disebut berasal dari Jawa, Tapi dari Sunda !

Masalah yang satu ini masih menjadi sebuah misteri. Mahasiswa Sunda gak mau disebut berasal berasal dari Jawa, melainkan berasal dari Sunda.  Padahal kan sunda masih menjadi bagian dari pulau jawa ?? Meskipun di KTP mereka tercantum Jawa Barat, tapi tetap saja mereka mengaku sunda.

Kalem

Berbicara tentang mahasiswa sunda, gak perlu diragukan kalau mereka kalem. Baik dalam berbicara maupun dalam tindakan. Sifatnya yang suka mengalah serta gak suka ribut, menjadikan mereka sebagai mahasiswa sunda yang terkenal kalem dan sopan :D

Boros / Susah Buat Nabung


Percaya atau tidak mahasiswa sunda itu terkenal boros. Mereka susah sekali buat nabung. Mungkin hal tersebut tidak berlaku bagi beberapa orang sunda. Tapi, ini realitanya. Ketika banyak uang biasanya mereka langsung "Babandan" maksudnya membeli barang. Mereka gak peduli uang itu mengalir .Eitts..jangan salah lho, ketika mereka banyak uang mereka juga suka peduli terhadap sanak saudaranya :D Nah, yang ini patut dicontoh.

Paling gak Betah Kalau  Merantau


Jika kamu tergolong mahasiswa rantau, Coba kamu hitung. Berapa orang teman kalian yang tergolong orang sunda ? Pasti sedikit. Tidak seperti suku lain yang suka merantau, mahasiswa sunda ini tergolong langka untuk merantau. Mengapa ?
Karena mereka berpikir buat apa keluar dari Jawa Barat, sedangkan Jawa Barat merupakan daerah tujuan yang paling diminati perantau. Pendidikan, hiburan, pantai, gunung, persawahan, Mall, Pertokoan, dan semua hal ada yang mereka perlukan ada di Jawa Barat. Hal inilah yang menyebabkan mereka susah buat merantau ke daerah lain, karena merka berpikir sudah ada di zona nyaman dan aman. Bukan berarti di luar Jawa Barat kamu gak akan menemui orang sunda, mereka ada juga kok yang merantau. Tapi kemungkinannya kecil :D Hehehe

Kuliner yang Ekstra Lezat


Hal yang gak pernah lepas dari Sunda adalah kulinernya yang lezat dan menggoda. Kalau orang sunda makan ga ada sambel dan kurupuk ( krupuk), kayaknya ga akan jadi makan walaupun seenak apapun :D. Bahkan jika tanpa krupuk mereka merasa gak ada sensasinya, karena gak ada yang bersuara :) Haha
Beberapa makanan khas sunda yang harus ada adalah, Nasi Panas, Empal Daging, Sambel Goreng Terasi, Pete, Kangkung, Ikan Asin, Ayam Bakar, Tempe Tahu, Lalapan, Ikan gurame goreng, Sayurnya Sayur Asem, Sambel Kecap, dan yang terakhir adalah Teh Hangat. Hmm..pasti kamu membayangkan betapa lezatnya makanan khas sunda tersebut

Mahasiswa sunda, mana suaranya ??
Hatur nuhun, Salam berkuliah


Oleh               : Andreanyta Erni
Narasumber : Luqman & Agung Syaputra

Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Advertisement
Scroll To Top