Artikel Terbaru

Inilah Tips Mendapat Beasiswa S-3 Untuk Dosen



Perkenalkan, saya Tri Yumarni dari Purwokerto. Kuliah S3 di University of Salford, UK mengambil jurusan Disaster Management. Alasan yang membuat saya memilih Inggris karena sistem pendidikannya sangat maju dan banyak sejarah dunia terjadi disini, misalnya revolusi industri dan juga penemuan www.. internet.


Apakah ibu kuliah di Inggris dengan beasiswa? Jika iya, apa beasiswanya, dan bagaimana cara apply sesuai dengan pengalaman?

Saya menggunakan BLN Dikti, karena saya dosen. Proses aplikasi agak ribet sebenarnya. Pertama harus mengisi form online, terus masukkan dokumen ke universitas dan minta surat pengantar dari rektor. Nantinya pihak kampus yang mengirim ke Dikti. Kalo lolos seleksi administratif akan dipanggil wawancara. Wawancara dilakukan di beberapa kota besar di Indonesia. Dikti tidak memberikan ongkos transportasi. Universitas saya juga tidak. Oh ya, untuk apply beasiswa ini harus sudah punya sertifikat IELTS atau TOEFL dengan nilai minimal 500 untuk TOEFL dan 6 untuk IELTS.

Kalo lolos, nanti segera mengurus perizinan ke kampus, SK Setkab, dan paspor biru karena saya PNS. Ada pembekalam di Jakarta, tapi lagi-lagi Dikti tidak memberi ongkos transport. Oh ya, terkait dengan kemampuan bahasa Inggris, saya ikut pelatihan bahasa Inggris dari Dikti selama 4 bulan, dan di akhir pelatihan diikutkan tes IELTS yang dibiayai oleh Dikti.

Komponen BLN Dikti meliputi tuition fee, living allowance, settlement allowance sebesar 1 bulan living allowance, book allowance setahun sekali, tiket pesawat pergi-pulang kelas ekonomi, asuransi kesehatan bagi yang membutuhkan, dan thesis allowance.

Untuk biaya pengurusan visa tidak ditanggung oleh Dikti, dan kita membayar sendiri. Biaya field study atau penelitian lapangan atau pengumpulan data juga tidak dicover.

University of Salford
Apa saja kelebihan yang dimiliki dari kampus di Inggris? Mungkin dari segi fasilitas, kurikulum, birokrasi, dan suasana disana?

Saya kuliah di University of Salford, Greater Manchester. School of Built Environment tempat saya studi termasuk yang bagus di UK. Fasilitasnya lumayan bagus, sebagai mahasiswa S3 kami mendapat fasilitas meja dan komputer tersendiri.


Apa menariknya jurusan yang ibu Tri ambil? Apakah pernah menemukan kesulitan? Mungkin bisa disebutkan 3 jurusan favorit yang ada di University of Salford?

Bidang studi yang saya dalami adalah Disaster Management. Cukup menarik karena ini kajian yang masih baru disini dan sangat dibutuhkan di Indonesia.

Jurusan favorit saya kurang tahu, tapi jurusan Bussiness and Management cukup populer.


Menurut ibu Tri, bagaimana karakter dosen dalam menyampaikan mata kuliah di sana? Dan bagaimana sikap mahasiswa asli Inggris terhadap mahasiswa asing?

Saya tidak ada kuliah di kelas. Saya full riset. Beberapa kali ikut training di kelas untuk materi yang terkait dengan riset. Misal metodology riset, ethical apprival, dan beberapa seminar.

Dosen disini cukup kooperatif dan sangat terbuka untuk diajak berdiskusi. Sedangkan Mahasiswa asli dan asing di sini bisa saling berbaur, dan tidak ada masalah.


Bagaimana dengan kurikulum di Inggris? Apa perbedaannya dengan kurikulum di Indonesia?

Saya tidak tahu tentang kurikulum. Untuk kuliah S3 disini semua full riset mandiri dengan bimbingan 2 orang dosen. Setiap universitas berbeda proses untuk evaluasianya. Di kampus saya evaluasi dilakukan pada akhir tahun pertama, kedua dan ujian thesis di paling terakhir.


Bagaimana cara memilih tempat tinggal di Inggris menurut ibu Tri?

Saya pilih akomodasi yang aman, banyak teman dari Indonesia, dekat dengan toko halal dan mudah akses angkutan umum. Di Inggris saya kontrak rumah karena membawa keluarga, dan sharing dengan teman karena biaya beasiswa tidak cukup untuk menangani semua keperluan.


Berapa biaya hidup untuk 1 bulan jika membawa keluarga?

Biaya hidup minimal kalo membawa keluarga sekitar 1200 Pounds, tetapi tergantung gaya hidup masing-masing orang juga. 


Apa saja persyaratan untuk anak-anak yang ingin sekolah disana, entah TK, SD, SMP, atau SMA?

Sekolah dari play group sampai SMA gratis. Mulai umur 3 tahun sudah bisa sekolah full day jam 9 pagi sampai 3 sore.

Tahun ajaran baru dimulai tanggal 1 September tiap tahun. Jadi, kalo tanggal 30 Agustus belum 3 tahun, maka belum bisa masuk sekolah dan harus menunggu tahun depan. Aplikasi sekolah ada di bulan September-Januasi, dan pengumumannya di bulan Mei.

Kalo tidak diterima di sekolah yang diinginkan bisa mengajukan appeal dengan alasan yang kuat dan membawa bukti terkait.

Umur 3 tahun tadi namanya Nursery. Umur 4 tahun masuk kelas Reception, harus daftar lagi dengan proses seperti di atas. Umur 5 tahun masuk year 1 di Primary School. Nggak perlu daftar lagi sudah otomatis di sekolah yang sama.

Untuk daftar sekolah nggak ada syarat apa-apa. Yang penting ada pasport dengan valid visa di dalamnya. Tinggal isi form, selanjutnya council yang mengurus. Disini sekolah nggak perlu bayar. Untuk reception, year 1 dan year 2 mulai tahun ini dapat makan siang gratis.


Bagaimana cara mengurus visa untuk anak-anak?

Aplikasi visa UK sekarang cukup rumit dan mahal. Aplikasi via online, karena dibawa ke kantor di Jakarta dan diproses di Bangkok. Butuh waktu minimal 14 hari kerja. Harus mampu menunjukkan deposit sebesar 450 Pounds kali 9 bulan atau sekitar 4200 Pounds yang sudah mengendap di rekening kita min 28 hari. Jadi, untuk pasangan dan anak masing-masing butuh deposit sekian itu. Harus ikut tes bebas TBC di RS yang ditunjuk. Selain itu, visa di Inggris terkenal sulit, dan ada banyak teman saya yang ditolak visanya.

Image Credit
Apa ibu Tri punya pesan yang ingin disampaikan untuk para pelajar di Indonesia?

Pesan saya, kalo niat mau kuliah ke UK persiapkan diri sebaik-baiknya dari sekarang. Terutama bahasa Inggris. Berjuang terus, karena bisa kuliah di UK adalah pengalaman hidup yang sangat berharga. Bisa tahu budaya barat, banyak kenalan dari berbagai negara dan bisa mengunjungi berbagai tempat bersejarah di waktu luang kita. Yang paling penting bisa merasakan sistem pendidikan yang sangat maju dan modern.

Salam berkuliah.com!

Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Advertisement
Scroll To Top