Studi S3 di University of Manchester? Yuk, Dengerin Cerita dari Siti M. Fitriyah!

Halo, Fitri. Salam kenal, ya! Terima kasih sudah mau berbagi cerita dengan berkuliah.com. Untuk perkenalan nih, bisa diceritakan dulu ...


Halo, Fitri. Salam kenal, ya! Terima kasih sudah mau berbagi cerita dengan berkuliah.com. Untuk perkenalan nih, bisa diceritakan dulu sekilas profil diri kamu? Bagi dari nama lengkap, nama universitas dan jurusan yang diambil, dan hal lainnya? Dan apakah istimewanya Inggris di mata kamu?

Perkenalkan, nama saya Siti M. Fitriyah, saat ini sedang studi S3 di the University of Manchester. Saya mulai studi S3 saya tahun 2012. Namun, saya juga menyelesaikan S2 saya di universitas yang sama di tahun 2009. Saya dari Jember, Jawa Timur, dan saat ini tinggal di kota Manchester. 

Istimewanya Inggris, ada banyak nih! Terutama saya suka gedung-gedung tuanya dan taman-taman yang luas lengkap dengan area bermain, hewan-hewan liar, bunga-bunga indah, pohon-pohon rindang. Terutama pohon-pohon maple ketika musim gugur seperti sekarang, daun-daunnya tampak indah, kuning kemerahan, bersiap untuk segera rontok menyambut musim dingin. Juga pohon-pohon cherry ketika musim semi, amazing. Saya juga suka museum-museumnya, galeri-galeri seninya yang bagus. Banyak yang istemewa. Kalau bagi teman-teman yang penggila bola pasti akan seneng banget tinggal di Manchester. Teman saya ada yang beli tiket satu musim penuh dan sering banget nonton match. Meskipun banyak juga teman-teman saya yang ternyata pendukung klub sepakbola kota lain seperti Liverpool atau Chelsea. Kalau saya, saya lebih enjoy nuansa seni dan alam di UK ini. Saya paling suka ke gedung theatre. Pertunjukan theatre favorit saya Phantom of the Opera. Jauh sih di London nontonnya. Tapi nanti pengen nonton lagi. Eh kepanjangan yah. Banyak sih yang istimewanya! 


Apa aja nih menurut kamu kelebihan dari kampus University of Manchester, dan apa menariknya jurusan yang Fitri ambil?

Kalau kelebihan kampus saya, salah satunya kampus saya ini termasuk salah satu kampus yang tergabung dalam Russell Group karena excellence in research and teachingnya (satu grup dengan Cambridge, Oxford, Birmingham, dan beberapa universitas lain) dan termasuk salah satu Red Brick University,  kelompok universitas tertua di Inggris. Kalau ingin tahu lebih banyak tentang Russell group universities, berikut linknya. http://www.russellgroup.ac.uk/our-universities/

Jurusan saya Pendidikan, kalau di UoM namanya Manchester Institute of Education. Menariknya, karena bidang saya pendidikan Bahasa Inggris, khususnya TESOL, Language Policy and Planning, juga Teacher Education, jadi saya rasa jurusan ini sangat sesuai untuk  saya. 


Bagaimanakah karakter dosen dalam menyampaikan mata kuliah di sana? Bagaimana keterbukaan mereka dengan mahasiswa baik di dalam dan di luar kelas?

Untuk dosen-dosen kami rata-rata approachable, baik, dan menyenangkan. Untuk penyampaian kuliah kebanyakan kita diskusi dan presentasi. Ada juga sesi input. Terkadang dalam satu mata kuliah ada banyak dosen tamu yang diundang oleh dosen utamanya untuk memberi kuliah sesuai dengan bidang keilmuan masing-masing. Karena saya research student, mata kuliah yang saya ikuti rata-rata tentang research, menulis dan membaca kritis.

Untuk keterbukaan di dalam dan di luar kelas sangat baik. Rata-rata kami dekat dengan para supervisor kami, dan terkadang ada acara makan bersama di luar (lunch yang santai atau dinner yang lebih formal). 


Selama di Inggris, apakah Fitri pernah mengalami falling in love, baik sama bule di sana atau sama teman dari Indonesia? 

Saya sudah menikah dan punya seorang putra. Jatuh cinta? Mungkin jatuh cinta lagi sama suami saya. Hehe. Suasana di UK lebih sejuk dan nyaman dan alhamdulillah membuat kami sekeluarga menjadi lebih dekat dan lebih banyak waktu bersama. Oh iya, suami saya orang Indonesia asli. Hehe. 


Adakah cara unik yang pernah dilakukan Fitri untuk mengirit pengeluaran selama di Inggris?

Untuk tips hemat, sangat dipromosikan di kampus saya. Ada banyak brosur tips hemat ini di gedung pusat pelayanan mahasiswa. Yang saya ikuti yaitu belanja di toko yang direkomendasikan. DI UK Ini ada berbagai macam toko, dan ada beberapa toko yang memang harganya lumayan murah karena banyak home products nya dan sering kasi diskon. Barangnya bermutu dan murah. Misalnya Orange Juice yang bermerek terkenal harganya 1 liter 2,5 pons. Di toko ini hanya 1 pons dan itu sudah kualitas paling bagus. 

Tips lainnya, sering-sering jalan-jalan ke Charity Shops. Toko-toko ini menjual barang baru ataupun bekas pakai hasil sumbangan orang-orang ataupun perusahaan-perusahaan. Kalau kita jeli dan teliti, bisa dapat barang bagus bahkan bermerk dengan harga miring. 


Apakah Fitri pernah melakukan hal unik atau seru-seruan bareng teman atau sendiri ketika di Inggris? Atau mungkin pernah mengalami kejadian lucu, unik, atau menyebalkan?

Kalau seru-seruan bareng teman sering sih. Saya pernah jalan keliling London sama 2 orang sahabat saya. Nggak keringetan tiba-tiba aja kaki pegel semua. Terus, kita makan ayam bakar sama-sama di dekat Big Ben, hehe diliatin orang lalu lalang. Kita cuek aja. Piknik di Big Ben.  

Kalau kejadian lucu tapi memalukan dulu waktu S2 saya masih shock culture tentang antri. Pernah saya di toko maunya hanya nanya ada toner buat printer saya atau tidak, kalau ada saya antri dan belinya ntar, eh sama mas penjaganya langusng diambilin. Dimarahin deh sama ibu-ibu bule. Malu banget deh. Antri di sini budaya banget. 


Berapakah biaya hidup minimal di Inggris? (Seperti transport, makan, tempat tinggal)?

Biaya hidup minima untuk single yah? Tergantung sih. Kalau untuk transport biasanya student pakai kartu berlangganan buat setahun. Harganya sekarang 205 pons atau setara IDR 4,100,000. Kalau makan juga tergantung, kalau sering makan di luar ya boros, tapi juga jangan terlalu irit. Karena di sini cuacanya tak menentu, kita harus jaga makan dan banyak makan buah dan sayur. Buah dan sayur lumayan mahal di sini. Kalau untuk single kurang lebih GBP 100 - 200 an deh sebulan buat makan. 

Untuk akomodasi bisa dipilih juga di dalam kampus atau private. Kisarannya GBP 300 – 600 an atau kalau mau lebih mahal atau lebih murah juga ada. Tinggal pilih sesuai kantong. Kalau mau lebih irit, sewa rumah sama-sama teman dan kita iuran. Banyak di sini students house yang bisa disewa untuk itu. Kalau ingin tahu lebih banyak silahkan klik di http://www.telegraph.co.uk/finance/personalfinance/household-bills/11033327/The-cheapest-and-most-expensive-universities-for-living-costs.html

Btw, untuk tips hemat mungkin bisa ditambahkan: Untuk UK, setiap tanggal 26 Desember semua toko diskon besar-besaran bisa sampai 90%. Jadi, kalau mau berburu barang bermerk dengan harga miring, jangan lupa catat tanggal tersebut, yang disebut Boxing Day. Kalau malas keluar ya kita bisa juga beli online, dan banyak juga diskonnya. Juga di setiap musim pasti ada masa-masa diskon yang ramah di kantong mahasiswa. Jangan lupa juga selalu membawa kartu mahasiswa ketika belanja, lumayan dapat diskon 10-20%, bahkan naik taksi pun kita bisa dapat diskon dengan menunjukkan kartu mahasiswa.

Dimana sajakah kota yang aman dan nyaman untuk dijadikan tempat tinggal?

Menurut saya semua kota di UK nyaman ditinggali dan relatif aman. Kalau mau pilih kota yang mana? Tergantung pilihan universitasnya dan kota seperti apakah yang diinginkan. Kalau mau yang banyak salju ketika winter, maka harus memilih kota di daerah utara di area Scotland, dan kalau mau yang hangat pilih yang agak ke selatan mendekati London. Kalau mau yang metropolis mungkin bisa di London. Atau kalau mau di kota yang lebih kecil bisa juga dipilih. Untuk fasilitas relatif baik, bahkan di desa-desa ataupun kota kecamatanpun took-toko nya banyak yang sama seperti yang ada di kota kabupaten atau bahkan ibukota.


Berdasarkan pengalaman pribadi, apa kamu punya tips untuk pelajar Indonesia yang ingin kuliah di kampus kamu di University of Manchester?) 

Untuk yang ingin studi di jurusan saya, kalau untuk S3 yang paling penting siapkan proposal dulu dan cari calon supervisor yang sekiranya bersedia untuk membimbing kita sesuai dengan topik yang kita ajukan. Siapkan bukti kemampuan bahasa Inggris. Kalau untuk jurusan saya diminta nilai IELTS minimal 7 (IELTS max 9) dan nilai writingnya minimal 7 dan nilai lainnya minimal 6, atau TOEFL iBT minimal 100 (TOEFL iBT max 120) dengan nilai Writing 25 dan nilai lainnya minimal 22. Setelah kita mendapatkan supervisor, kita akan diarahkan untuk mendaftar online. Isi aplikasi online, upload semua dokumen yang dibutuhkan, dan kita tunggu pengumumannya. Begitu kira-kira.   

Demikian hasil interview mengenai pengalaman studi dari Siti M. Fitriyah selama menjalani studi kuliahnya di Inggris. Semoga menginspirasi, ya!

Salam berkuliah.com
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,81,Arab Saudi,13,Asia,237,Australia,75,Austria,13,Beasiswa,303,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,14,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,36,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,4,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,313,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,444,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,22,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,3,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,59,Jerman,46,Kanada,27,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,4,Malaysia,27,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,13,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,150,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,19,Tips,7,Tips Beasiswa,16,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,6,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,105,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: Studi S3 di University of Manchester? Yuk, Dengerin Cerita dari Siti M. Fitriyah!
Studi S3 di University of Manchester? Yuk, Dengerin Cerita dari Siti M. Fitriyah!
https://3.bp.blogspot.com/-UbWbuKE-KRo/VIQe_bIcuGI/AAAAAAAAFtw/OcQAlzME-s0/s1600/3.png
https://3.bp.blogspot.com/-UbWbuKE-KRo/VIQe_bIcuGI/AAAAAAAAFtw/OcQAlzME-s0/s72-c/3.png
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2014/12/studi-s3-di-university-of-manchester-yuk-dengerin-cerita-siti-fitriyah.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2014/12/studi-s3-di-university-of-manchester-yuk-dengerin-cerita-siti-fitriyah.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy