Artikel Terbaru

Yuk, Intip Sedikit Cerita Wiwid Pranata di Kampus Pendidikan Malaysia

Kampus pendidikan di Indonesia. Apa nama universitas yang seringkali kamu dengar dengan julukan ini? Yup, sesuai dengan namanya mungkin itu UPI (Universitas Pendidikan Indonesia) yang berlokasi di Bandung, bagian sebelah baratnya Indonesia.


Gerbang Kampus UPSI
Nah, di bagian kali ini, bagaimana kalau kita melirik sedikit bagaimana kampus yang ada di negara tetangganya Indonesia, yaitu Malaysia. Di sini, salah satu teman berkuliah.com akan sedikit bercerita tentang studinya di salah satu kampus pendidikan di Malaysia. Ini dia cerita dari Wiwid Pranata Putra.

Perkenalkan, saya Wiwid Pranata Putra. Di Malaysia, saya kuliah mengambil studi S2 di Universitas Pendidikan Sultan Idris, atau sering disingkat UPSI, angkatan 2013. Saya mengambil jurusan Kimia Analisis yang didapat dari beasiswa. Asal saya dari Bangka Belitung, dan sejak SMP sudah tinggal dan sekolah di Yogyakarta. Dan saat memilih kuliah, idealnya saya memilih jurusan/bidang yang diingankan dulu. 


Apa alasan yang menjadi landasan kamu dalam memilih suatu kampus untuk kuliah? 

Alasannya kadang kita hanya fokus terhadap nama besar suatu universitas, padahal belum tentu kualitas jurusan yang akan kita masuki di universitas ternama tersebut lebih baik daripada universitas yang dipandang biasa saja. Jika ternyata kita diterima di tempat lain, maka kalau menurut saya ditimbang positif dan negatifnya.


Bagaimana gambaran biaya hidup untuk tinggal di Malaysia? 

Saya tinggal di kawasan kota kecil daerah Perak. Untuk biaya tempat tinggal, makan dan kebutuhan sehari-hari alhamdulillah masih terjangkau. Khususnya untuk orang yang tinggal di daerah Sumatera, biaya hidup tidak terlalu berbeda. Tapi, untuk yang tinggal di Yogyakarta akan merasa sedikit lebih mahal. 

Untuk transport ke kampus free (disediakan bus untuk ke kampus dari asrama dan setiap satu minggu ada transport ke pasar malam (kayak pasar dadakan).

Image Credit
Selama menjalani studi di Malaysia, apa saja pengalaman menarik yang kamu dapatkan?

Pengalaman yang menarik sebenarnya cukup banyak, diantaranya:

Waktu pertama masuk saya sempat agak khawatir karena di sekitar kampus ternyata masih hutan belantara, tetapi seiring dengan berjalannya waktu, ternyata kondisi ini sangat membantu mahasiswa untuk belajar (suasananya tenang, dan masih kerasa alamnya).

Saat melihat cara berbusana para mahasiswa (S1) kampus UPSI saya sangat terkejut karena pakaian mereka sangat rapi (mungkin juga karena merupakan kampus pendidikan), tapi ketika ini diterapkan minimal di kampus pendidikan Indonesia saya kira akan sangat bagus.

Salam berkuliah.com!

Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Advertisement
Scroll To Top