Artikel Terbaru

9 Buku Recomended yang Wajib Kamu Baca di Tahun 2015

Buku tak lepas dari kehidudpan kita sehari-hari. Walaupun saat ini internet bisa mengakses apapun informasi yang kita butuhkan, tetap saja buku gak bisa dikalahakan. Buku merupakan bukti autentik dari informasi yang di dapatkan. 9 buku ini ini bisa menjadi rekomendasi kamu di Tahun 2015 ! Check this out !

1.    Mengubah Dunia Bareng-Bareng


Buku karya walikota Bandung, Ridwan Kamil ini sangat layak untuk kamu baca. Dari judulnya mengubah dunia bareng-bareng sduah bisa ditebak, bahwa dunia ini gak bisa di ubah hanya dengan satu orang. Kehidupan adalah benuk interaksi sosial dengan masyarakat. Jika kita ingin sukses, kita gak bisa sukses sendirian. Selalu ada orang lain yang kita butuhkan untuk menunjang kesuksesan kita.
Secara menyeluruh, buku yang merupakan kategori biografi Ridwan Kamil, seorang arsitek muda yang menjadi orang Indonesia pertama yang menerima Urban Leadership Award dari University of Pennsylvania, Amerika Serikat, menuliskan sejumlah ide dan gagasan cerdasnya tentang Indonesia yang lebih baik. Gagasannya berupa going green, EnerBike, Indonesia Berkebun, urban architecture, dan yang lainnya. Hal ini terbukti saat ini Bandung sedang menggagas kotanya dengan konsep anak muda. Buku ini juga semakin menegaskan cita-citanya untuk menjadikan kota-kota di Indonesia, khususnya Bandung, sebagai livable city dan kota juara. Membaca buku ini akan menyadarkan kita bahwa hidup harus berkolaborasi, sebab ide akan menjelma harapan ketika dieksekusi dengan kolaborasi. Mari, mengubah dunia bareng-bareng!

2.    Salah Jurusan
MENYUKAI SEJARAH TAPI KEJEBAK JURUSAN IPA
MENYUKAI BISNIS TAPI MEMILIH JURUSAN TEKNIK.
KULIAH DI JURUSAN SENI TAPI BEKERJA DI BANK.

Salah jurusan memang banyak menimpa anak kuliah yang baru menjalani dunia perkuliahan. Sekedar iseng atau kut-ikutan dalam memilih jurusan kuliah membuat mereka terjebak atas pilihan mereka sendiri, akhirnya mereka begitu menyadari bahwa mereka salah jurusan. Mahasiswa yang masuk kategori salah jurusan ini terkadang hanya bersikap pasrah menerima hal tersebut. Bagi yang move on, akan mengubah hal tersebut menjadi lebih baik. Namun, bagi yang tidak, maka yang dilakukannya hanya sekedar kuliah.
Rusydan Ubaidi Hamdani menghadirkan buku ini  untuk mencegah fenomena salah jurusan semakin berkembang. Tidak hanya mencegah, mereka yang sudah terlanjur salah jurusan pun dapat diarahkan untuk kembali ke “jalan yang benar”. Intinya, buku ini dapat mengajarkanmu untuk mengenali kemampuan dan keinginanmu yang sebenarnya

3.    Catatan Akhir Kuliah


Kuliah menawarkan banyak hal-hal seru di dalamnya. Fenomena-fenomena yang gak terjadi di dunia sekolah, akan dialami pada masa-masa kuliah. Buku ini menceritakan kisah sehari-hari yang diamlami mahasiswa indonesia pada umumnya. Salah satunya adalah salah jurusan 
Berbentuk sebuah novel bahasa yang disajikan ringan dan sangat menghibur, serta unik karena dibalik kisah jenaka ada pesan yang disampaikan penulis.
Jangan bayangkan buku ini membosanakan. Karena di dalamnya terdapt beberapa parodi segar yang membuat kamu akan seru membacannya hingga akhir. Penyampaian cerita yang ringan dan sarat akan motivasi, serta gaya penulisan kreatif-popular. Recomended !

4. 30 Paspor di Kelas Sang Profesor
(Kisah Anak-Anak Muda Kesasar di Empat Benua)


"Paling lambat 1,5 bulan ke depan, kalian semua harus sudah berangkat". Demikian ucapan Prof. Rhenald Kasali pada hari pertama masuk kuliah Pemasaran Internasional yang sontak membuat kelas gaduh luar biasa. Negara tujuan ditentukan saat itu juga. Sementara paspor harus didapatkan dalam waktu dua minggu ke depan. Buku 30 Paspor di Kelas Profesor ini terdiri dari 2 jilid. Buku jilid pertama ini menceritakan para mahasiswa yang ketinggalan pesawat, digoda kakek-kakek genit, kena tipu oleh pengemis, adalah beberapa secuil pengalaman di dalamnya. Benar-benar unik !

Belum lagi dengan metode kuliah yang awalnya ditentang banyak orang, dari orangtua mahasiswa sampai sesama dosen hingga terbukti menjadi ajang “latihan terbang” bagi para mahasiswa. Demikian Prof. Rhenald mengibaratkannya.
Tersasar di negeri orang dapat menumbuhkan mental self driving, syarat untuk menjadi pribadi yang bebas, mandiri, dan bertanggung jawab. - Prof. Rhenald Kasali

Selanjutnya...

30 Paspor di Kelas Profesor ( Buku 2 ) 

Dalam jilid kedua buku ini, petualangan seru para mahasiswa berlanjut. Mulai dari hidup super irit, ditertawai dan dipandang aneh oleh penumpang bus, sampai dijodohkan dengan penduduk asli. Semuanya tak membuat mereka kapok, melainkan justru semakin berani menantang dunia.
Tiga puluh mahasiswa yang hebat ini tidak perlu kelas perkuliahan untuk jadi sarjana yang siap terjun ke kejamnya persaingan hidup masa depan. Kelas mereka adalah alam jagat raya ini, yang hanya bisa dimasuki dengan keberanian, bukan diabaikan sambil bermalas-malasan. Dan mereka telah berhasil melaluinya dengan perjuangan sendiri yang penuh lika-liku dan tanjakan yang terjal.

 5. Tuhan, Inilah Proposal Hidupku


Sudah, jalani hidup dengan santai, bagai di pantai. Jika sobat memiliki prinsip seperti itu, apa artinya kita hidup. Gak da arah / tujuan yang jelas. Gak ada pribadi yang lebih baik untuk kita kedepannya. Kamu wajib memiliki proposal hidup. Jamil Azzaini, sang penulis menegaskan bahwa hidup harus diarahkan melalui sebuah proposal hidup. Ia mencontohkan dirinya yang menyusun sendiri proposal hidupnya untuk sekian tahun ke depan, termasuk capaian dan lompatan-lompatan hidup yang akan dituju. Seterperinci mungkin, semendetail mungkin, sedemikian rupa sehingga arah hidup menjadi jelas. Proposal itu dibuat untuk menuntunnya menggapai prestasi tertinggi yang bisa dibanggakan di hadapan Allah.
Kamu tidak akan mampu meraih keberhasilan hidup jika kamu menyerahkan hidup kamu kepada orang lain - Jamil Azzaini
Uniknya, buku ini disusun semaacam workbook/ lembar kerja. Kamu akan dituntun untuk mengikuti instruksi yang ada di buku tersebut. Jika dikerjakana secara bertahap, secara tidak langsung kamu telah menyusun proposal hidupmu sendiri.

6. Creativity To Commerce (C2C)



Kreatif selalu menumbuhkan suatu inovasi-novasi yang tak terduga sebelumnya. Karenanya, lahirlah C2C Startup Model. Konsep ini diharapkan bisa membantu para pebisnis startup Indonesia dalam mendirikan bisnis mereka. Ada tiga strategi yang tercakup dalam C2C Startup Model ini, yaitu Comparative Strategy, Competitive Strategy, dan Cooperative Strategy. Para pebisnis startup Indonesia bisa memilih ketiga strategi ini untuk mengembangkan dan menggapai cita-cita mereka.

Selain bisa diterapkan pada industri kreatif digital, C2C Startup Model ini juga bisa digunakan untuk mengembangkan industri kreatif tradisional, seperti kerajinan, kesenian, dan lainnya. Sebab, dua pertiga karakter industri kreatif yang satu dan lainnya sangatlah mirip. Selain C2C Startup model, buku ini juga menampilkan kisah inspiratif dari para pebisnis dunia, yang mengalami kegagalan, namun mampu bangkit dan menuai kesuksesan. Melalui konsep ini, Indonesia pun boleh berharap untuk mengejar ketertinggalannya serta membuat tingkat keberhasilan pebisnis startup menjadi 95%.

7. Ngobrol Asyik dengan Siapa Saja  


Kamu masih tergolong kagok dalam ngobrol dengan orang yang baru kamu kenal ? Pakai jurus ngobrol asyik dong. Penasaran kan, gimana caranya ngobrol asyik di segala suasana? Tenang! Buku ini akan menjawabnya. Dijamin, dengan mempelajari dan mempraktikkan tips-tips yang ada di dalam buku ini, kamu bisa lebih santai dan percaya diri saat ngobrol dengan siapa pun, punya banyak teman dan gebetan, serta lebih mudah dalam membangun bisnis karena kemampuan membina jaringan semakin meningkat.

Jangan berpikir, orang yang ramah, punya banyak teman, atau cepat dekat dengan orang lain adalah sebuah bakat. Mereka juga pernah mengalami kesulitan ngobrol asyik, sama seperti kamu, namun mereka kemudian berlatih. Jadi, tunggu apa lagi? You should try this too.

8. DIY Room Project


DIY merpakan singkatan dari “Do It Yourself”. Sebuah konsep mendesain ruangan yang biasa-biasa saja menjadi unik. DIY menjadi semakin booming karena bantuan media, seperti majalah, dan situs web, sampai blog pribadi. Tren yang juga berlaku untuk hal-hal crafty di sini. It’s a good trend indeed, semangat DIY memancing kita untuk membuat, memodifikasi sesuatu menjadi hal-hal keren. Termasuk semangat untuk memperindah kamar, yang sudah jadi zona pertama yang menentukan mood kita di pagi hari. Intip 28 jenis tutorial dari 7 blog craft terpilih dalam buku ini. No need to worry in case kalau kamu malas atau sedang terlalu bokek untuk membeli alat dan bahan yang dibutuhkan. Coba, deh, cari bahan penggantinya dan alternatif lain yang ada dari apa yang sudah tersedia sekitar kita. Be more and more creative!  

9. If You What Happened in MCI ( Meme Comic Indonesia)
   

Pasti sobat berkuliah udah gak asing dengan Meme kan ? kalo belum tahu silahkan googling.  Meme kini makin banyak digandrungi anak muda karena humornya yang segar. Saat suntuk mengerjakan tugas, Meme ini bisa jadi salah satu alternatif kamu untuk menghilangkan kepenatan.
Apa yang ada di dalam buku ini ? Nah, di dalam buku ini akan dikenalin dedengkot-dedengkot di belakang Meme Comic Indonesia dengan segala hiruk-pikuknya. Kamu pasti penasaran bukan siapa aja sih aktor-aktor dibalik Meme Comic ? Berawal dari Admin P sang pelopor yang mengalami Gegana (Gelisah, Galau, Merana) akibat ke-jonesannya. Lalu, ada Admin ‘S’ yang setia. Menggantikan Admin ‘P’. Si gendut imut yang pendiam ngelebihin diemnya patung pancoran. Dan, ada Admin ‘Kitty’ si manis yang ngalahin manisnya gulali. Siapa mereka ? Kamu wajib baca bukunya yang segera hadir bulan Januari ini.

Sudah siap budgetnya dengan buku-buku yang sudah disebutkan diatas ?
Salam berkuliah

Oleh : Andreanyta Erni



Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Advertisement
Scroll To Top