Artikel Terbaru

Mahasiswa, Apa Resolusimu di Tahun 2015 ?

Hy guys, tahun 2015 sudah di depan mata. Sebagai mahasiswa, tentu dong kamu gak ingin menjadi mahasiswa yang datar-datar saja. Sekedar kuliah, mendengarkan dosen, dapet nilai yang bagus. Beres! Terus kalau sudah begitu apa perbedaan mahasiswa dengan pelajar ? Mahasiswa dipandang sebagai agen perubahan bangsa ini. Jika agen perubahannya sudah kacau, bagaimana masa depan bangsa ini ?
Kalau resolusi di tahun 2015..lulus wisuda dan dapet IP 4 sudah sudah terlanjur biasa. Sudah ssatnya kita memiliki pemikiran Out Of the Box. Pemikiran-pemikiran yang menjadikan kita menjadi ciri khas di mata semua orang. Apa saja resolusi tersebut ? Berikut resolusi-resolusi yang tanpa kamu sadari harus kamu terapkan di tahun 2015.

Keluarlah dari Zona Nyamanmu

 
Sah-sah saja jika kamu menjadi mahasiswa yang terus berkutat dengan kegiatan akdemik. IP 4 dan semua mengalir tanpa jejak. Lulus. Beres ? Lalu, apa yang di dapat? Lulus tanpa skill dan bermodalkan ijazah? Pengangguran? Masa-masa kuliah bukan masa yang singkat sobat. Jika semua mahasiswa Indonesia lebih senagn dengan zona nyamannya, hancurlah bangsa Ini. Gak ada generasi bangsa yang berkeinginan untuk memajukan bangsa ini. Membawa nama harum nama Indonesia ke kancah internasional.

Jadikan Dirimu Berprestasi

Prestasi bukan hanya dari segi akademik. Prestasi juga bisa di hasilkan melalui berbagai inovasi yang kamu gagas. Bisa berupa penemuan yang berdasarkan penelitian, produk hasil kreativitasmu serta hal-hal umum yang gak dilakukan mahasiswa lainnya. Melalui kegiatan yang positif, kamu bisa menghasilkan sebuah prestasi yang membanggakan. Misalkan, Ketika kamu menghasilkan sebuah produk karya inovasimu, hal itu sudah mencerminkan bahwa kamu berprestasi.


Jangan Takut untuk Mencoba Sesuatu yang Baru 


Jika saat ini kamu merasa nyaman dengan status mahasiswa kamu, dalam artian kuliah tanpa hambatan, IPK Ok serta lulus tepat waktu, hal yang kamu pikirkan tersebut salah besar. Cobalah sesuatu yang baru ! Perhatikan . Apakah teman-temanmu itu-itu saja ? selama menjadi mahsiswa berapa teman baru yang kamu dapatkan? Kalau hanya 50% maka merugilah. Untuk apa jago di kandang sendiri, namun keok di kandang lawan ? Buka wawasanmu. Di luar sana banyak orang-orang hebat yang bisa kamu kenal. Lewat orang-orang tersebut secara tidak langsung kamu akan merasa terisnpirasi untuk lebih baik dan menambah wawasan kamu tentunya.

Berani Mengambil Resiko


Sebagai mahasiswa yang berintelektual kamu pasti memiliki resiko yang gak bisa kamu pungkiri. Resiko dalam arti, bisa secara cerdas dapat di pertanggung jawabkan. Misalnya dengan mengikuti kesempatan ikut pertukaran pelajar di luar negeri yang harus diambil. Mengikuti pertukaran pelajar bukannya tanpa resiko. Kamu harus siap untuk mengorbankan waktu satu tahun dari kuliah kamu demi pertukaran pelajar.
Apa manfaat yang kamu ambil dari resiko yang kamu lakukan tersebut ? Satu tahun tinggal di luar negeri itu bisa menjadi satu tahun yang mengubah hidup, membuka wawasan dan memperluas jaringan pertemanan dan pekerjaan. Mungkin dari resiko yang kamu ambil akan banyak menimbulkan pertentangan disana-sini. Tapi inilah hidup. Setiap apa yang kamu gagaskan tidak selalu mendapatkan persetujuan. Jangan pernah takut mengambil resiko.arena ketika kamu mengambil resiko tersebut dengan penuh tanggung jawab, pada saat itulah kemampuan kamu sedang teruji.

Manajemen Waktu yang Baik


Kamu tergolong mahasiswa yang suka terlambat ? Atau setiap kegiatan selalu tidak pernah tepat waktu ? Sudah saatnya kamu memiliki resolusi manajemen waktu yang baik. Jika selama mahasiswa kamu selalu ditegur karena masuk kelas gak pernah tepat waktu, di tahun 2015 ini kamu buktikan bahwa kamu bisa menjadi pribadi yang on time. Mengapa manajemen waktu sangat penting ? Karena disinilah siklus kehidupan kamu sebagai mahasiswa bisa di ukur. Apakah kamu tergolong mahasiswa yang produktif atau hanya sekedar gengsi dengan label mahasiswa. Manajemen waktu yang baik akan menentukan arah masa depanmu kelak. Jika manajemen waktu kamu bagus, yakin deh kamu akan meraih kesuksesan.

 Mandiri


Masih belum malu meminta uang pada orang tua ? itu tandanya kamu masih belum dewasa. Ya, memang kamu dewasa secara usia, namun bukan secara psikologis. Menjadi mahasiswa dan proses perkuliahan merupakan masa-masa pencarian jati diri kamu. Bersikap mandiri dengan tidak meminta uang pada orang tua merupakan aksi nyata kamu sebagai mahasiswa yang mandiri. Hal ini bisa menjadi kebanggan tersendiri lho, buat kamu :) dan tanpa kamu sadari orang tua kamu turut bangga  terhadapmu.

Nah, itu dia resolusi-resolusi yang harus kamu lakukan di awal 2015 ini. Terlihat simple, namun akan berguna dalam jangka panjang untuk masa depanmu kelak :)
Salam berkuliah

Oleh : Andreanyta Erni

Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Advertisement
Scroll To Top