Selembar Motivation Letter : Tiketku untuk Terbang ke Thailand

Hai sobat Berkuliah, nama saya Danang Waskito biasa dipanggil Danang. Saya mahasiswa tingkat akhir di Universitas Negeri Yogyakarta. Mahasis...

Hai sobat Berkuliah, nama saya Danang Waskito biasa dipanggil Danang. Saya mahasiswa tingkat akhir di Universitas Negeri Yogyakarta. Mahasiswa tingkat seakhir-akhirnya hehe so secara langsung saya disini meminta doa untuk di permudah dalam menyusun skripsi saya. Hehehe, Saya berasal dari Purworejo anak pertama dari dua bersaudara.

Selama kuliah saya menjadi mahasiswa yang sangat sangat beruntung ! karena saya mengalami transformasi dari tadinya mahasiswa kupu-kupu (kuliah pulang kuliah pulang) menjadi sosok mahasiswa yang aktif dan agresif. Pada awal semester satu dan dua kegiatan saya benar-benar stuck di kuliah, belajar muluk tiap hari, nonton film di kos, nge game, internetan, ya flat bangetlah. Namun, pada ujung semester tepatnya setelah UAS selesai saya kaget IPK saya ternyata Cuma 3,2 dan itu saya hanya belajar terus menerus. Saya tengok teman saya yang yang aktif di organisasi dan unit kegiatan mahasiswa rata-rata mereka justru mempunyai IPK 3,4 sekian. Lebih tinggi dari seorang Danang, mahasiswa kupu-kupu yang kerjaanya gak pernah gaul sama teman-temannya dan selalu sehabis kuliah langsung pulang ke kos. WTH menn !!



Lalu, akhirnya pada awal semester 3 saya mulai membuka diri untuk berbaur dengan mahasiswa lain, ikut organisasi seperti Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) dan ikut komunitas-komunitas di Yogyakrata seperti Tangan di Atas, Jazz Mben Senen, Inspira, dan juga ASEC (Actual Smile English Club). Nah, disini saya menemukan diri saya yang lain ternyata berkumpul dan betrdiskusi dengan banyak orang mempengaruhi cara pandang saya mengenai kuliah. Jadi benar sekali kalau ada pepatah yang bilang bahwa “Lingkungan Positif Membentuk Pribadi yang Positif”.

Banyaaaak sekali pengalaman yang sudah saya dapatkan karena membuka diri dengan bergaul dengan orang-orang positif seperti pada tahun 2012 saya dikenalkan dengan dunia penelitian oleh dosen saya dan dipercaya untuk menjadi partner dalamsatu research pada waktu itu mengenai pengaruh pemberian beasiswa, kemudia saya mulai juga mendapatkan beberapa penghargaan atas ajang-ajang kompetisi yang saya ikuti seperti lomba karya tulis ilmiah, business plan, essay, dan juga lomba akustik karena kebetulan saya hobi sekali bermusik. Bisa lhoh subscribe youtube chanel saya di waskito2192@gmail.com di Youtube...

Pengelaman-pengalaman itulah yang akhirnya membuka banyak peluang saya untuk keluar negeri.Salah satunya pada tahun 2014 pada waktu itu ada program youth camp semacam pertuikararan pelajar ke Thailand. Salah satu syarat atau dokumen yang diperlukan pada waktu itu untuk seleksi adalah menulis motivation letter. Saya masih ingat betul waktu itu judul saya adalah “From Kupu-Kupu Became A Profesor” dimana essay saya itu mengenai kisah perjalanan saya sendiri yang dulunya menjadi mahasiswa kupu-kupu menjadi mahasiswa yang sangat beruntung dan berkeinginan menjadi profesor ! Alhamdulillah saya lolos menjadi salah satu perwakilan Indonesia di Thailand tepatnya di Surenaree University of Technology.



Nah, mumpung  masih inget kira-kira apa aja sih yang bisa membuat kamu lolos di seleksi pertukaran pelajaran seperti saya...

1. CV 
CV atau Curuculum Vitae adalah rangkuman tentang siapa diri kamu didalamnya menggambarkan siapa kamu, seperti prestasi apa aja yang sudah kamu dapet sewaktu kuliah, hobi kamu, keahlian kamu. Nah, bagaimana bikn brightest CV? Kalau menurut saya pribadi adalah perbanyak bergaul dan gali terus potensi yang ada di diri kamu dengan mengikuti ajang lomba, organisasi, komunitas, berdiskusi. Nanti kesuksesan itu akan mengikuti sendiri InsyaAllah seperti menang di ajang perlombaan, medapat penghargaan dimana, yang akhirnya akan mempercantik CV kamu itu.

2. Motivation Letter 
Nah, apa sih urgensinya kamu mengikuti program pertukaran pelajar itu? Kemukakan alasan-alasannya sesuai latar belakang kamu. Lalu padukan dengan melihat si panitia ini inginnya apa? Pikirkan dengan betul apa yang membuat mereka akhirnya mau memilih kamu. Itu aja sih, good collaboration kuncinya.

3. Wawancara 
Biasanya mati nya pas waktu wawancara ya, semua berakhir disini. Kamu bagus dan sesuai kriteria pewawancara maka kamu lolos dan sebaliknya. Oleh kaena itu, biatlah pewawancara mengikuti alur yang sudah kamu buat. Buat dia mengerti semengeti-menengertinya siapa dirimu. Urgensi kamu mengikuti program. Buat mereka yakin dan impresif sama kamu.

4. X Factor 
X factor yah, kadang panitia tidak hanya melihat pada kemampuan akademik saja. Contohnya dalam suatu tim yang dikirim kesana mereka akan cari yang memiliki kemampuan khusus seperti bisa menari, bisa menyanyi, fotografi, movie maker. Jadi buat kamu yang ngerasa kurang percaya diri dengan kemampuan akademik (IPK, good resume, karya ilmiah) kamu bisa tonjolkan X Factor kamu.

Alhamdulillah setelah menjalani proses seleksi saya merupakan salah satu peserta yang lolos menjadi perwakilan ke Youth Camp tersebut.


Ngapain aja sih disana kak? 
Disana kami belajar mengenai budaya Thailand itu sendiri seperti diajarkan mengenai seni beladiri thailand (Muaythai) dan serangkaian kegiatan yang membuat diri saya takjub sekali karena Thaialnd itu keren banget, banyak fasilitas publik yang sudah bagus, sarana pendidikan juga keren, dan sebenarnya Indonesia bisa seperti ini.


Culture Shock? 
Selama satu minggu disana, saya jarang ketemu masjid hampir tidak ada malah. Itu yang membuat saya sedikit shock ! Kalau di Indonesia kan mungkin jarak 100 meter saja pasti ada masjid ya, kalau disini udah kaya mau nangis aja. Gak ada, Hehe, alhamdulillah sih untuk ibadah dari panitia menyediakan tempat khusus untuk Muslim.

Kemudia pada waktu itu kesana pas banget moment bulan Ramadhan, puasa di Thailand dengan serenteng kegiatan yang mengeluarkan banyak tenaga. Asiik sih, panitianya pengertian sekali teruma masalah sahur ya. Jam 2 pagi mereka sudah antar untuk peserta dari Indonesia.

Culture shock lainnya itu, makanan ya... Makanan mereka agak asam-asam gimana gitu, nah kalau sambalya di Indonesia itu kan pedas manis asik asoyy gimana gitu ya, kalau di Thailand itu sepertinya mereka menambahkan cuka sehingga rasanya asaam benget.

Dan yang bikin shock lagi adalah pada waktu itu saya menginap di Dorm khusus peserta laki-laki. Pada suatu malam saya kaget lhoh kok ada wanita cantik disini dan saya sapa ternyata mereka adalah laki-laki. Jadi kalau di Thaialnd even mereka yang laki-laki sudah ganti kelamin (trnasgender) di data oleh pemerintah tetaplah laki-laki dan wajib masuk di dormintory/asrama khusus laki-laki. Jadi hati-hati aja, jangan sampai tertipu hehehehe...


Pengalaman Tak Terlupakan 
Setiap detik di Thailand waktu itu adalah momen yang romatis ya menurut saya karena orang-orangnya baik banget, Panitianya uga sangat pengertian sama peserta, bahkan sempat waktu itu ketika perpisahan peserta Indonesia itu paling banyak lhoh ditangisi karna mungkin kami sendiri sangat welcome , rasa sotoy nya itu tinggi, jadi mudah sekali untuk anak-anak dari Indosia bergaul denga perwakilan dari negara lain seperti Jepang, Vitenam, China, India, dan banyak lagi.


Kemudian pas farewell party malam perpisahan itu kebanggan sendiri buat saya kaena bisa menampilkan kesenian musik pada waktu itu saya menyanyi dan itu rasanya WOW banget panggungnya, atmospherenya, audiens nya. Internasional banget, dan untuk urusan kesenian pada waktu Indonesia memimpin yesss !!! Kami menampilkan seni beladiri yaitu tapak suci dan silat dan ditutup oleh seni vokal menyanyi oleh saya dan rekan saya pada waktu itu. It was amazing !!!


Kegiatan sekarang apa kak? 
Alhamdulillah saya masih menyelesaikan skripsi saya, Tapi tahun ini puji syukur tahun 2015 dinobatkan menjadi Mahasiswa Berprestasi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogykarta. InsyaAllah saya yang sekarang adalah saya yang berproses. Dulu yang dipikiran saya Cuma IPK IPK dan IPK maklum masih cupu, sekarang menjadi individu yang selalu bersyukur dan ingin selalu menjadi lebih baik lagi lebih baik lagi  Semoga bermanfaat yah

========================================================================

Berminat mengetahui lebih dalam tentang tips-tips membuat motivation letter yang bisa membawamu kuliah ke luar negeri? Atau tips menulis CV yang membuatmu langsung menarik hati pemberi beasiswa? Tips-tips tersebut ditulis secara lebih mendetail oleh Danang dalam buku "Jurus Kuliah ke Luar Negeri".



Buku ini adalah produk "masterpiece" yang telah banyak membantu mahasiswa Indonesia kuliah ke luar negeri. Mendapat testimoni langsung dari Merry Riana, Habiburrahman El-Shirazy, Anies Baswedan, dan masih banyak tokoh nasional lainnya. Total terdiri dari 300 halaman buku, 4.367 halaman file PDF, dan 219 video wawancara mahasiswa Indonesia di luar negeri. Baca JKLN, kamu PASTI kuliah ke luar negeri!

Khusus untuk mahasiswa UNY, kamu bisa mendapatkan buku ini langsung dari Danang Waskito. Hubungi nomor HP 08567292540 atau Pin BB 5446B703 untuk pemesanan dan informasi lebih lanjut.
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,81,Arab Saudi,13,Asia,237,Australia,75,Austria,12,Beasiswa,297,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,13,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,312,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,441,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,2,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,58,Jerman,46,Kanada,27,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,3,Malaysia,26,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,12,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,150,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,7,Tips Beasiswa,15,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,6,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: Selembar Motivation Letter : Tiketku untuk Terbang ke Thailand
Selembar Motivation Letter : Tiketku untuk Terbang ke Thailand
http://3.bp.blogspot.com/-UwcqQL4xoZ8/VYpQKZs98qI/AAAAAAAAHgU/LVUOwkZ0eVM/s320/10485800_10202010754943017_5639538588987614061_n.jpg
http://3.bp.blogspot.com/-UwcqQL4xoZ8/VYpQKZs98qI/AAAAAAAAHgU/LVUOwkZ0eVM/s72-c/10485800_10202010754943017_5639538588987614061_n.jpg
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2015/06/selembar-motivation-letter-tiketku.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2015/06/selembar-motivation-letter-tiketku.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy