Study di India Itu Unik : Muhammad Kiki Wardana Menginsiprasi Lewat Pengalaman Studinya di Osman University

India itu sulit dijelaskan... bipolar to the Max  tapi ini yg buat India  unique - Muhammad Kiki Wardana India. Bisa dikatakan negar...


India itu sulit dijelaskan...bipolar to the Max tapi ini yg buat India unique - Muhammad Kiki Wardana

India. Bisa dikatakan negara ini merupakan saudara dari Indonesia. Perpaduan budaya yang kental juga syarat akan Indonesia.  Berbicara tentang kemiripan antara Indonesia dan India, tentu dalam hal pendidikan kedua negera ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Mau tahu apa sisi menariknya sisitem pendidikan di India? Kali ini, sahabat kita, Muhammad Kiki Wardana, Mahasiswa magister Osman University akan berbagi pengalamnnya menjalani study di India.



1.Halo Kiki, Sebelum melangkah lebih jauh lebih dahulu kita berkenalan dulu, mungkin bisa menyebutkan nama lengkapnya, asal kota, kuliah dimana, jurusan apa, dan mengapa India menjadi pilihan?

Halo berkuliah,
Nama       : Muhammad Kiki Wardana
Asal kota : Medan
Kuliah di Osmania University jurusan sastra inggris

Mengapa India jadi pilihan karena dulu aku berpikir India salah satu English speaking country yang cukup besar di dunia. Menurut data, 20 persen dari 1,2 milyar yaitu sekitar 200 juta penduduknya dapat berbicara berbahasa Inggris.
Kedua, karena aku tertarik dengan Indian English literature yaitu karya sastra berbahasa inggris yg ditulis oleh orang India juga makanya aku memilih India.
Ketiga karena dialek berbahasa Inggris mereka yang bermacam macam.
Keempat adalah objek wisatanya.


2. Apakah nama beasiswa yang Kiki terima dan bagaimana cara apply-nya?

Saya melalui  jalur beasiswa pemerintah india. ICCR (Indian Council for Cultural Relation) nama beasiswanya  Beasiswa ini dibuka setiap tahun Dari Januari sampe Februari. Tahap-tahapnya sama seperti beasiswa lain. Aplikasi bisa didapatkan melalui embassy India di Jakarta, konjen atau di unduh di laman embassy India.
Setelah mengisi aplikasi beserta persyaratannya kemudian dikirim ke embassy atau konjen terdekat ( dulu saya di konjen India di Medan). Kemudian kalau Lulus tes administration akan dipanggil untuk test tertulis dan wawancara. Setelah Itu tinggal menunggu pengumuman. Dalam memilih universitas akan ada 3 pilihan di aplikasi. Daftar universitas yg dituju juga ada di aplikasi pendaftaran.


3. Apa kelebihan dari kampus tempat Kiki? mungkin dari segi fasilitas, kurikulum, birokrasi, dan suasana?
Mayoritas kampus di India khususnya kampus saya memang terkesan sangat klasik. Gedung kuliah sudah bediri dari tahun 1890 dan termasuk salah satu kampus tertua di india. Untuk kelebihannya aku bisa yakinkan kalau kampus kampus di indonesia masih memiliki nilai estetika yang lebih baik dari India. Fasilitas juga sama saja menurut saya. yang berbeda mungkin kampus kampus di India hampir semuanya menyediakan hostel atau asrama untuk semua mahasiswanya dengan harga yang sangat terjangkau.
Satu lagi kelebihan fasilitas disini adalah perpustakaannya buka sampai jam 12 malam kalau musim non ujian. Sedangkan kalau musim ujian sampai jam 3 pagi. Namun, pelayanan administrasi masih lebih gampang di Indonesia. Fasilitas olah raga kalau aku bandingkan dengan kampus S1 aku masih lebih bagus kampus di Indonesia. Untuk laboratorium di Indialebih baik

4. Apa menariknya jurusan yang kiki ambil, dan apakah pernah menemukan kesulitan?
Sisi menariknya, karena aku secara general mengambil master untuk english literature secara general, disini aku dapat kesempatan untuk mendalami karya sastra asli orang india yang ditulis dalam bahasa Inggris dengan isu yang sangat beragam. Ditambah karena aku juga banyak mata kuliah english education,  jadi belajar lebih dalam untuk handle tipikal classroom India yang muridnya berjibun dengan latar belakang siswa yang berbeda-beda pula.
Kesulitan dulu waktu diawal saja, karena sistem ujian disini 80 persen diuji oleh profeser dari kampus lain atau yang dikenal dengan external examination yang bertujuan untuk menjaga objektivitas. Nilai yang bisa kita dapatkan dari profesor sendiri hanya 20 persen plus dengan sistem ujian di India yang berdurasi selama 3 jam. Tapi kita setidaknya harus mampu menulis minimal 20 halaman dalam bentuk essay


5. Apakah pernah mengalami Culture Shock?
Alhamdulilah aku gak punya masalah culture shock. Kalaupun ada paling yang minor seperti makanan atau kebiasaan orang india yang (maaf) buang air kecil sembarangan di jalan dan juga harus melatih kesabaran dengan tipkal orang india yang ribet dalam hal birokrasi. Setelah sampai di India aku baru sadar, keribetan birokrasi di Indonesia gak ada apa apanya sama disini.


6. Menurut Kiki bagaimana karakter dosen dalam menyampaikan mata kuliah? Dan bagaimana sikap mahasiswa lokal korea selatan terhadap mahasiswa internasional ?
Dari segi pengajar harus aku akui kualitas dosen disini jauh unggul. Jadi profersor-profersorku sering diundang ke Amerika bahkan Inggris dan Eropa sebagai visiting profesor. Tapi monoton. Monotonnya karena sistem lecture method, minim exploration karena mungkin udah tua tua ya. Hehehe 
Untuk mahasiswa, mahasiswa lokalnya sama saja. Kebetulan di kelasku mahasiswa asingnya lebih banyak dari lokal.

7. Bagaimana dengan sistem kurikulum di India? Hal yang paling signifikan perbedaannya dengan Indonesia?
Kurikulum disini dulu disamakan dengan cambridge. setelah beberapa tahun terakhir ada tiga kurikulum yaitu, kurikulum negara bagian, kurikulum nasional dan kurikulum cambridge. Perbedaan kurikulum disini adalah untuk menjawab latar belakang sosio ekonomi budaya yang berbeda antar negara bagian disini. 
Setidaknya setiap siswa disini harus mengikuti dua kali ujian yaitu kurikulum negara bagian dan nasional. Jadi seperti 20 persen nilai yang kami dapatkan dari profesor sendiri mengacu pada kurikulum negara bagian. 80 persen nilai dari profesor kampus lain itu mengacu pada kurikulum nasional.
Masalaha nilai sudah pasti ribet, jadi intinya seaktif apapun kita dalam kelas hanya bisa mendapatkan maksimal 20 persen nilai, selebihnya kalau kita gagal di external examination dipastikan tamat lah riwayat kita. Intinya sistem seperti ini menafikkan mahasiswa yg aktif dan rajin datang. Jadi disini gak ada absen.,yang rajin datang kuliah cuma mahasiswa asing saja. Tapi memang yang jarang datang banyak yang failed . Hehehe


8. Apakah Kiki sudah bertemu dengan teman-teman PPI? Bagaimana tanggapan mereka dalam menyambut kedatangan teman yang baru ?

Kebetulan tahun ini hyderabad tidak ada kebagian jatah beasiswa ICCR which means gak ada mahasiswa baru dari Indonesia. Biasanya kalau ada kita sudah bekali dengan buku panduan, penjemputan, pendampingan urusan administrasi dan mencarikan tempat tinggal.

9. Tempat tinggal terbaik menurut Kiki selama di India dimana?
saya menyewa  rumah bersama tiga mahasiswa lainnya. Kalau untuk mahasiswa beasiswa ya yang harus murah ya. Makanya kita sharing akomodasi

10. Apakah ada tips dan trik spesial untuk mendapatkan pemasukan tambahan selama kuliah di India?
Biasanya kita jadi penerjemah untuk orang Indonesia yg berobat disini atau nari untuk event-event embassy or konjen. Aku sendiri aku part time di resto. Tapi udah gak lagi karena dulu fokus skripsi.



11. Ketika sedang masa kuliah, terus merasa kangen dengan Indonesia, entah itu makanannya, orang-orangnya, apa yang biasa dilakukan? Kegiatan apa yang bisa dilakukan selain kuliah?

Masak makanan Indonesia, kumpul sama anak-anak PPI India atau telepon rumah secara udah ada line video call

12. Selama kuliah di India, sudah berapa kali pulang ke Indonesia? dan sudah kemana aja jalan-jalannya?
Aku sengaja nggak pulang ke Indonesia selama belajar disini supaya bisa menabung dan keliling India. Alhamdulillah hingga saat ini sudah menjelajah kashmir, rajashtan, Amritsar, Delhi, Kerala, kajuraho, Jaipur Shimla dan kullu manali.
Itu tempat shooting 3 idiots. Tempatnya benar-benar keren. Hehehhehe

13. Apa pengalaman paling tidak terlupakan selama di India?
India Itu punya 29 Negara bagian. Jadi kita kayak menjelajah negara-negara yg berbeda. 

14. Hal hal apa saja yang dirasakan karena bisa kuliah di India?  Atau ada  hal positif apa yang dipelajari selama belajar di India?
India Itu sulit dijelaskan...bipolar to the Max tapi ini yg buat India unique. Akses pendidikan disini lebih baik, buku asing berkualitas sangat sangat murah dan transportation masal yg terjangkau serta accessible 

15. Adakah  tips dan trik dari Kiki bagi kawan-kawan yang ingin melanjutkan pendidikan di India ?
Be prepared with the unexpected things.
Harus sabar dan tangguh. Tamat dari sini dijamin bisa hidup dimana aja haha


Itulah sekelumit cerita dan pengalaman Muhammad Kiki Wardhana. Semoga menginspirasi sobat berkuliah untuk melanjutkan study di India.
Salam berkuliah

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Narasumber  : Muhammad Kiki Wardana

Reporter       : Andreanyta Erni








Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,81,Arab Saudi,13,Asia,237,Australia,75,Austria,12,Beasiswa,297,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,13,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,312,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,441,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,2,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,58,Jerman,46,Kanada,27,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,3,Malaysia,26,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,12,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,150,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,7,Tips Beasiswa,15,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,6,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: Study di India Itu Unik : Muhammad Kiki Wardana Menginsiprasi Lewat Pengalaman Studinya di Osman University
Study di India Itu Unik : Muhammad Kiki Wardana Menginsiprasi Lewat Pengalaman Studinya di Osman University
https://2.bp.blogspot.com/-73P8Ehr2yy4/VdP-EmS51jI/AAAAAAAAGf4/Pa6w8ubtWVA/s640/Snap%2B2015-08-19%2Bat%2B10.24.55.png
https://2.bp.blogspot.com/-73P8Ehr2yy4/VdP-EmS51jI/AAAAAAAAGf4/Pa6w8ubtWVA/s72-c/Snap%2B2015-08-19%2Bat%2B10.24.55.png
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2015/08/study-di-english-speaking-country-itu.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2015/08/study-di-english-speaking-country-itu.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy