Vira Maulina, dari Mahasiswa Bidikmisi Hingga Menjadi Mahasiswa Berprestasi: Kegagalan Memacunya Untuk Terus Berprestasi

Menyandang predikat sebagai mahasiswa berprestasi layak menjadi milik siapapun. Tak terkecuali mahasiswa bidikmisi. Vira Maulina, mah...

Menyandang predikat sebagai mahasiswa berprestasi layak menjadi milik siapapun. Tak terkecuali mahasiswa bidikmisi. Vira Maulina, mahasiswa politeknik negeri Padang ini membuktikan bahwa mahasiswa bidikmisi juga berprestasi. Kegagalan tak membuatnya patah semangat, hingga sederet prestasinya pun mengagumkan.  Ketekunannya mengantarkannya hingga menjadi juara I mahasiswa berprestasi nasional 2015 tingkat Diploma. Bahkan beberapa waktu lalu Vira baru saja mengikuti Program Summer Camp di Asia-Europe Institute, University of Malaya, Kuala Lumpur, Malaysia. 

1. Halo Vira, Sebelum melangkah lebih jauh lebih dahulu kita berkenalan dulu, mungkin bisa menyebutkan nama lengkapnya, asal kota, kuliah dimana, jurusan apa?

Halo berkuliah,
Nama: Vira Maulina
Alamat: Kompleks perumahan dosen unand limau manis
Asal Kota: Pariaman
Sekarang lagi di semester 7, Jurusan Diploma akuntansi Politeknik Negeri Padang

2. Bagaimana awal mula Vira mengikuti seleksi hingga terpilih menjadi mawapres?

Awalnya tahu info mawapres dari pihak dosen di jurusan. Kebetulan waktu itu lagi ikut event lomba di luar kota. Karena deadline pengumpulan berkas-berkas yang begitu dekat jadinya ya pasrah ng gak ikutan. Sepulang dari lomba, ternyata pihak jurusan mengumumkan perpanjangan waktu pendaftaran dan pengumplan berkas-berkas. Lalu yang daftar semuanya diseleksi tingkat jurusan hingga terpilih sebagai mapres jurusan akuntansi.
Setelah menjalani tahap seleksi berikutnya dengan 10 mapres utama politeknik negeri padang. Lalu mapres dari setiap perguruan tinggi mengirimkan karya tulis., video berbahasa inggris, video keseharian, serta berkas prestasi-prestasi untuk dinilai di tingkat nasional dan terpilihlah sebagai salah satu dari 15 finalis mapres tingkat diploma. Tahap final dilaksanakan di Malang melalui presentasi karya tulis, presentasi dan tanya jawab dalam bahasa ingggris, tes kepribadian dan wawancara prestasi.

3. Prestasi apa saja yang berhasi Vira raih?
  • Juara I Story Telling Olympiad 2014
  • Juara I Story Telling Olympiad 2015
  • Juara I lomba baca puisi 2014
  • Juara I Story Telling Olympiad 2013
  • Juara I  English Speech Contest 2014
  • Top 35 National Accounting Olympiad 2015
  • Lomba MTQ cabang Syahril Qur’an  - Kafilah Cabang Syahril Qur’an  2013
  • Penerima dana bantuan dikti mahasiswa wirausaha 2013

4. Apa pengalaman tak terlupakan selama proses seleksi?
 
Proses seleksi mawapres adalah pengalaman yang luar biasa bagi saya. Apalagi bertemu dengan mahasiswa-mahasiswa luar biasa, teman-teman finalis mahasiswa berprestasi dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Salah satu moment tak terlupakan lainnya adalah ketika saya diminta untuk membacakan puisi karangan saya ketika malam penutupan sekaligus penganugerahan mahasiswa berprestasi. Entah bagaimana saya menggambarkan betapa groginya saya berdiri di panggung kala itu. Tapi, Alhamdulillah akhirnya saya masih bisa menyelesaikan bait terakhir puisi saya malam itu.


5. Apa judul karya tulis yang dibuat Vira hingga terpilih? dan Mengapa Vira mengambil judul tersebut?

Judul Karya Tulisnya: PERANCANGAN LAPORAN KEUANGAN DAN PERHITUNGAN PAJAK BAGI USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) BERBASIS SAK ETAP DAN PP 46 TAHUN 2013 MENGGUNAKAN MICROSOFT EXCEL

Kenapa memilih Tema ini? Pertama, karena topik ini sejalan dengan bidang ilmu yang saya pelajari. Kedua, karena adanya isu terbaru terkait dengan pemberlakuan satu persen pajak penghasilan bagi para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah dengan omzet 4,8 Milyar per tahun. Hal ini tentunya menimbulkan sejumlah kendala bagi para pelaku UMKM terlebih karena lemahnya pembukuan keuangan UMKM di lapangan. Karenanya, UMKM membutuhkan sebuah aplikasi pembukuan yang sederhana dan terintegrasi dengan perhitungan pajak berbasis standar akuntansi yang berlaku saat ini. Karena tidak dapat dipungkiri bahwa aplikasi yang sudah ada selama ini sulit dipergunakan untuk sebuah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Hal ini disebabkan oleh aplikasi yang sudah ada cenderung memaksa pelaku UMKM untuk memahami akuntansi. Padahal sebagian besar dari pelaku UMKM dikategorikan tidak memiliki latar belakang pendidikan akuntansi. Maka dari itu, saya mencoba melakukan perancangan Laporan Keuangan dan Perhitungan Pajak bagi UMKM dengan menggunakan Microsoft Excel yang notabene sudah banyak dikenal masyarakat, mudah dipahami, dan dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan.

6. Organisasi apa saja yang pernah Vira ikuti ?

Dulu, ketika masih jadi mahasiswa baru saya pernah bergabung di Forum Studi Islam Politeknik (Forsipol). Selain itu, saya juga tergabung dalam sebuah komunitas English Club yaitu bidang Story Telling. Kemudian, karena disibukkan dengan beberapa kegiatan wirausaha, mengajar les privat, belum lagi jadwal perkuliahan diploma yang lumayan padat, maka sampai sekarang ini saya tidak begitu aktif dalam organisasi kampus, kecuali jika ada acara-acara organisasi yang membutuhkan tenaga MC, maka saya akan menyempatkan waktu untuk itu. Hehehe

7.  Pernah mengikuti student exchange?

Pernah, tepatnya setelah proses seleksi mawapres, saya bersama mawapres 1 & 2 sarjana disponsori oleh dikti untuk mengikuti Program Summer Camp di Asia-Europe Institute, University of Malaya, Kuala Lumpur, Malaysia - Agustus 2015

8. Sebagai mahasiswa prestasi, adakah tips belajar dari Vira agar bisa menyeimbangkan antara belajar dan organisasi?
Kalau saya pribadi, di samping belajar sendiri, saya juga menyukai metode belajar kelompok. Karena melalui diskusi kelompok, kita dapat bertukar ide dalam menyelesaikan materi perkuliahan yang kebanyakan membutuhkan proses analisis yang cukup rumit. Namun, tentu saja masing-masing kita punya cara belajar yang berbeda. Nah, pertama kenali dulu cara belajar yang pas dan nyaman buat dijalani. Karena kalau udah nyaman, mau bagaimanapun padatnya jadwal kuliah, organisasi atau kegiatan lainnya, Insya Allah masih bisa diatasi selagi kita menerapkan time management yang bagus dalam menyeimbangkan antara kuliah, organisasi, dan kegiatan lainnya.

Satu lagi yang terpenting, refresh your mind! Jangan lupa sediakan waktu istirahat buat diri sendiri. Karena otak yang fresh akan membuat kita lebih produktif dalam menjalankan setiap aktifitas.


9. Hal hal apa saja yang Vira rasakan setelah menjadi mawapres?
Alhamdulillah pasca mawapres, saya mendapatkan beberapa tawaran beasiswa buat lanjut kuliah S2, dan juga sering diundang untuk jadi pembicara dalam beberapa acara motivasi yang diadakan pihak jurusan, kampus, ataupun luar kampus. Bersyukur sekali karena selain dapat berbagi pengalaman dan memberikan manfaat bagi banyak orang, saya juga mendapatkan kesempatan untuk menjalin relasi dengan orang-orang yang luar biasa.

10. Apa motto dalam hidup Vira?

Good is not enough when better is possible!

11. Pesan buat mahasiswa di Indonesia ?

Jangan pernah takut bermimpi karena semuanya dimulai dengan Impian. Jika mimpi dan harapan itu ada, maka bersiaplah untuk berpacu. Dan pastikan kita akan menjadi pemenang dari setiap mimpi-mimpi kita. Akan selalu ada jalan bagi mereka yang mau berusaha. Maka mulai dari sekarang teruslah berusaha dan menebar banyak manfaat bagi siapa saja. Allah tidak pernah tidur atas segala usaha hamba-Nya.

dan ini cerita mengagumkan tentang perjalanan menjadi mahasiswa dari Vira Maulina :

Jauh sebelum pemilihan mawapres (mahasiswa berprestasi) ini, sama sekali tidak pernah terbayangkan bagaimana rasanya berdiri di panggung saat malam penganugerahan, dan dinobatkan sebagai mawapres utama diploma tingkat nasional melalui bidang akuntansi yang saya tekuni selama 3 tahun perkuliahan. Karena dulunya saya bercita-cita menjadi seorang dokter. Namun Allah berkata lain. Tidak sekalipun saya dinyatakan lulus pada fakultas kedokteran setelah 3 kali mengikuti berbagai ujian masuk perguruan tinggi negeri ternama di Indonesia pada tahun yang sama. Sempat kecewa, sedih, frustasi, penuh sesal, semua jadi satu.

But, Life must go on, no matter how hard life is. Hingga pada akhirnya, saya memutuskan untuk mengikuti ujian masuk Politeknik Negeri dan dinyatakan lulus pada program studi diploma IV akuntansi Politeknik Negeri Padang. Tidak hanya itu, saya juga terpilih sebagai salah satu mahasiswa penerima bantuan pendidikan bidikmisi. Sungguh Allah tidak pernah tidur atas setiap usaha hamba-Nya. Saya merasakan betapa Maha Bijaksananya Dia menggantikan ketidaklulusan saya tiga tahun yang lalu di jurusan kedokteran dengan pencapaian-pencapaian yang saya dapatkan selama berkuliah di Politeknik Negeri Padang. Hingga akhirnya saya berhasil menyandang predikat mawapres ini dan diberikan reward ke luar negeri oleh dikti untuk mengikuti program summer camp.

Wah, Terima kasih Vira Maulina, sudah berbagi pengalaman yang menakjubkan dengan berkuliah. Semoga terus menginspirasi teman-teman mahasiswa di seluruh Indonesia untuk terus berprestasi.

Salam berkuliah

----------------------------------------------------------------------------------------------------------
Narasumber : Vira Maulina, Juara 1 Mahasiswa Berprestasi Tingkat Diploma - 2015

Reporter       : Andreanyta Erni




Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,81,Arab Saudi,13,Asia,237,Australia,75,Austria,13,Beasiswa,304,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,14,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,37,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,4,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,313,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,444,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,22,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,3,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,59,Jerman,46,Kanada,27,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,4,Malaysia,27,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,13,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,150,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,19,Tips,7,Tips Beasiswa,16,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,6,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,105,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: Vira Maulina, dari Mahasiswa Bidikmisi Hingga Menjadi Mahasiswa Berprestasi: Kegagalan Memacunya Untuk Terus Berprestasi
Vira Maulina, dari Mahasiswa Bidikmisi Hingga Menjadi Mahasiswa Berprestasi: Kegagalan Memacunya Untuk Terus Berprestasi
https://2.bp.blogspot.com/-Kw4V5GCfrGk/VdkD0gbdOOI/AAAAAAAAGhE/IFcV9RFdRR8/s640/Snap%2B2015-08-23%2Bat%2B05.47.14.png
https://2.bp.blogspot.com/-Kw4V5GCfrGk/VdkD0gbdOOI/AAAAAAAAGhE/IFcV9RFdRR8/s72-c/Snap%2B2015-08-23%2Bat%2B05.47.14.png
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2015/08/vira-maulina-dari-mahasiswa-bidikmisi.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2015/08/vira-maulina-dari-mahasiswa-bidikmisi.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy