Eileen Lukito Pianis Muda Indonesia: Belajar Lebih Dalam di Birmingham City dan Leeds University! Pesannya “Live Life To The Fullest”!

Jutaan mahasisa Indonesia bermimpi mereka bisa kuliah ke luar negeri, khususnya Inggris. Hal ini terlihat dari data para pelamar beasiswa LP...

Jutaan mahasisa Indonesia bermimpi mereka bisa kuliah ke luar negeri, khususnya Inggris. Hal ini terlihat dari data para pelamar beasiswa LPDP. Ibarat dari 100 pendaftar 60 orangnya memilih Inggris, jadi bisa disimpulkan sendiri seberapa favorit negara Inggris di mata mahasiswa Indonesia. Eh sebentar.... jangan-jangan kamu juga salah satu dari jutaan mahasiswa Indonesia yang pengen kuliah di Inggris?




Nah, kalau kamu juga salah satu pelajar yang tertarik kuliah di Inggris, mending simak aja nih hasil bincang-bincang dengan mbak Eileen yang sekarang lagi lanjut S2 nya di University of Leeds. Yuk... kita simak sama-sama...

Sekarang mending kita kenalan dulu aja ya sama mbak Eileen, siapa sih mbak Eileen dan sekarang lagi menempuh studi apa sampai jauh-jauh ke Inggris.



Nama saya Eileen Lukito. Saya mengambil Bachelor of Music (setara dengan S1) di Birmingham Conservatoire dari tahun 2011-2015. Jadi, Juni 2015 ini baru lulus, bakal ceremony 4 September ini. Saya akan melanjutkan study master course nya Master in Music Management and Business di University of Leeds untuk 1 tahun intensive sampai September 2016. Sekarang lagi summer break sebenarnya, tapi lagi sibuk pindahan dari Birmingham ke Leeds. Orang tua Eileen juga bakal datang sebentar lagi buat attend graduation ceremony dan jalan-jalan sekitar UK dan Europe. 

Dunia Seputar Kampus

Mbak Eileen saya denger sekarang sedang kuliah di jurusan musik ya, kenapa sih memilih Inggris dan memilih Birmingham City Unviersity sebagai tempat menimba Ilmu?

Sebenarnya, saya ada apply di US juga, mengingat lebih banyak keluarga di US dan koko sudah kuliah di sana. Tapi, kemaren dapat offer scholarship dari Birmngham Conservatoire. Birmingham Conservatoire juga salah satu top conservatoire di UK. Selain itu, saya lebih tertarik dengan atmosphere musik UK dan Europe dibanding US. Plus, travelling nya juga sih. Hehe.

Apa yang mbak Eileen pertimbangkan sebelum mendaftar kuliah di Inggris jurusan musik, terlebih lagi dengan baiaya sendiri ya?



Saya mengambil musik sebenarnya nasehat dari mama. Memang dari kecil saya sudah belajar piano (dari umur 6 tahun) dan saya senang bermain piano, tetapi untuk mengambil studi musik sebenarnya nasehat mama melihat lowongan pekerjaan untuk bidang ini masih sangat open. Faktor lain ya jelas biaya, tetapi kemaren thanks God dapat scholarship dari sekolah jadi sangat membantu. Kalau faktor Inggris itu jauh dari orang tua dkk sebenarnya tidak terlalu besar, soalnya orang tua sangat open dan kasih freedom ke Eileen untuk menentukan masa depan Eileen sendiri.

Bisa dijelaskan mbak bagaimana sih proses mendaftar kuliah di Inggris dengan biaya sendiri? (Milih kampus dan jurusan, daftar, dan diterima)

Kemaren daftarnya kalau sekolah musik lewat website online CUKAS.Jadi kemaren, saya kirim recording saya bermain piano; jadi kayak semacam audition online gitu. 

Syarat dan dokumen apa saja yang harus dipenuhi untuk mendaftar kuliah di kampus mbak Eileen dengan jurusan musik tersebut?

Harus minimum ada certificate ABRSM Grade 8 dengan nilai distinction or equivalent, TOEFL, Ijazah SMA, bukti finance.

Untuk jurusan musik jenjang S1, lebih banyak praktek atau teori mbak? Bagaimanakah cara beradaptasi dengan sistem pembelajaran tersebut?

80 persen bisa dibilang praktek. Setiap hari kerjaan nya latihan piano 4-5 jam. One to one lesson tiap minggu. Teori mungkin hanya presentasi dan essay 2-3 tahun sekali. Sisanya dinilai dari performance kayak konser kecil-kecilan gitu. Adaptasi sih harus punya determination. Toh, tapi saya suka bermain piano dan orangnya kalau uda mau pasti saya akan melalakukan apa aja untuk mencapainya. So, kadang orang terkejut waktu saya bilang saya di depan piano 4-5 jam sehari haha. Tapi, 4 tahun saya survive kok and I have no regrets. haha.

Siapakah nama dosen favorit mbak Eileen pada saat menempuh kuliah di Birmingham City University? Mengapa beliau kamu favoritkan?

Katya Apekisheva. Beliau guru piano saya saat saya baru mulai di tahun pertama. Beliau sangat sabar dan bisa dibilang saya tidak akan mencapai level bermain piano sekarang tanpa beliau. Jujur, beliau sangat terkejut dengan level bermain piano saya waktu pertama kali mendengar saya, tetapi dengan sabar beliau mengajar saya dan improve my skills in piano playing.

Bagaimana kampus Birmingham City University dalam menyediakan sarana dan prasarana pendukung kegiatan belajar mahasiswa?

Lengkap. Banyak ruang untuk private practice. Oke deh pokoknya.


Tentang Biaya

Seberapa besar pengeluaran mbak Eileen setiap bulannya jika menggunakan biaya sendiri? Baik untuk akomodasi, transport, makan, jalan-jalan, belanja, dll. Kalau biaya kuliah tiap semester menggunakan biaya sendiri berapa mbak?

Biaya undergrad setahun nya kemaren 14000 pounds. Kalau pengeluaran, saya share private apartment berdua sama temen course dari Taiwan, kira-kira rent apartment dan bills sekitar 450 pounds per bulan. Kalau pengeluaran untuk makan dan have fun tergantung sih lagi bulan apa haha. Kalau lagi sibuk ga banyak, kalau lagi libur kayak gini banyak. Tapi mungkin rata-rata sekitar 450 pounds per bulan nya.

Bagaimanakah cara hidup hemat di Inggris terlebih kuliah menggunakan biaya sendiri?

Masak sendiri sih, soalnya eat out di sini mahal sekali. Tapi mungkin bukan posisi saya untuk kasih nasehat ini gara-gara saya jarang banget masak. Terus, kalau beli buah dan sayur gitu di market jangan di supermarket kayak Tesco, Sainsburry. Soalnya jauh lebih fresh dan murah kalau di outdoor market gituu. Kalau transportasi, bisa menggunakan 16-25 card kalau sering travelling. Discount 40% untuks semua rail fare.


Alat Komunikasi

Jika memiliki HP, SIM Card apakah yang biasanya digunakan mahasiswa Indonesia di Inggris? Apa yang sebaiknya digunakan dan apa kelebihannya?

Saya menggunakan Giffgaff. Ini kayak udah paling oke, soalnya dengan 12 pounds bisa mendapatkan 3 GB internet, 500 mins call dan unlimited text per bulannya. haha ini bukan promosi lho ya!

Jika ingin menggunakan layanan internet di tempat tinggal, bagaimanakah cara pemasangannya dan cara pembayarannya? Jaringan apa yang paling direkomendasikan untuk digunakan? Misal di Indonesia kan ada Speedy.

Bisa menggunakan Sky atau Virgin. Bisa menelpon company atau do it online untuk register. Bayarnya paling convenient pakai direct debit per bulan langsung di cash di bank account yang didaftar. Layanan ini bisa dikombinasikan dengan layanan TV channels dan telepon juga kalau mau ada TV  di rumah.


Kesehatan

Adakah kartu asuransi khusus kesehatan atau yang sejenis? Bagaimanakah skema berobat ke rumah sakit atau ke dokter bagi mehasiswa Indonesia yang sedang sakit?

Waktu saya datang sampe tahun ini biaya kesehatan semua gratis. Tinggal register dengan General Practice (rumah sakit umum) yang di area tempat tinggal. Terus, kalau ada masalah, tinggal book appointment, ketemu dokter, terus dikasih prescription. Hanya prescription aja yang harus kita bayar. Biaya dokter semua gratis. Tetapi sekarang waktu saya baru extend visa bulan Agustus ini, international students dikenakan biaya kesehetan mengikuti regulations yang baru. Kemaren setahun dicas 225 pounds.


Masyarakat

Masyarakat Inggris itu kan ramah-ramah ya mbak, kira-kira bagaimanakah cara bergaul paling pas dengan mereka di sana?



Be confident! Orang inggris pintar sekali dalam ngomong tapi kita ga boleh malu dan just go for it! Toh, worst case kita salah ngomong, mereka easy going kok, mereka bakal melihat kesalahan itu like something funny dan you will make a lot of friends like that! Tapi, gini-gini juga harus lihat sikon dan ada batas nya sih. Pintar-pintar lihat keadaan  dan baca orang deh. Haha. Tapi yang jelas, making friends sama orang inggris ga gitu beda jauh sama orang Indo. Mereka terkadang emang lebih eksklusif, tapi toh itu gara-gara mereka melihat kita beda culture sudah. That's why we need to be excel at adaptation! :D :D

Dalam masyarakat, apakah ada aturan-aturan dalam berpakaian?

Ga ada kok. Haha. Everything is accepted! Tapi mostly pakai coat mulu sih. Anginnnya kencengg banget!


PPI Inggris

Bagaimanakah peran teman-teman PPI dalam mengisi hari-hari mbak Eileen selama kuliah di Inggris? Seperti apakah mereka di mata mbak Eileen?



Saya hanya mengetahui ada PPI waktu tahun kedua saya. Tahun pertama saya tidak mengenal any Indonesians, semua temen kampus campuran dari Asia, UK, Europe. Jelas habis mengenal PPI, saya lebih mengenal banyak masyarakat Indo; mereka sangat membantu making UK feels like home banget deh. Apalagi dengan masakan-masakan Indo yang top habis. Kadang kita sering ngumpul-ngumpul ngmong Bahasa Indo, nyanyi lagu indo, catch up dengan apapun yang hot di indo. Kita juga sering travelling bareng, do sports together. Beneran deh, they are already like my second family!


Serba-serbi

Bagaimanakah cara mbak Eileen dalam mengusir rasa kebosanan saat diluar jam perkuliahan?



Travelling! travelling di UK sangat mudah dengan kereta. Toh, UK bisa dibilang kecil. Sangat convenient. Kadang, kita juga rent mobil bareng dan just pick up any interesting place and we are on the road! :D :D Kadang kalau weekend panjang, atau break, kita juga plan ke Europe (emang butuh apply Schengen visa lagi), tapi kalau sudah sekolah di UK, ga ke Europe menurut saya sangat wasted! Haha. you need to travel when you are still young! Live the life gitu loh sebelum kerja dan bekeluarga. haha.



Saya juga mengisi kebosenan dengan bermain badminton. Mungkin seminggu bisa 2-3 kali. Ikut school's club dan club lain di Birmingham. Selalu mewakilin PPI kalau ada acara Indofest, Atikdbud. Seru banget kalau udah serempakan uniform dari Birmingham waktu ketemu anak indo dari city lain. Haha.


Motivasi dan Semangat

Berikanlah motivasi dan semangat kepada teman-teman di Indonesia yang ingin melanjutkan ke Inggris agar mereka semakin semangat dalam meraih cita-cita!



Umm apa yah hahaha.  Gini deh untuk yang lagi galau milih-milih mau ke Inggris atau ga, I think the most important thing is that to realize that you will never make a wrong decision. What makes it wrong is when you start to regret it; but, once you make a choice, you should  always try your best to reach it and defo have fun while you are at it! Live life to the fullest please peeps! 

Yak, udah nyimak cerita di atas? Berarti kamu udah lumayan dapet gambaran tentang Inggris dong? Nah, sekarang saatnya kamu cari informasi yang lebih banyak lagi, biar kalau kamu daftar nanti makin matep dan makin punya kesempatan yang lebih besar diterimanya.

Salam berkuliah.com!

Narasumber: Eileen Lukito
Reporter: Imam Sultan Assidiq
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,81,Arab Saudi,13,Asia,237,Australia,75,Austria,13,Beasiswa,304,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,14,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,37,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,4,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,313,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,444,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,22,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,3,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,59,Jerman,46,Kanada,27,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,4,Malaysia,27,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,13,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,150,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,19,Tips,7,Tips Beasiswa,16,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,6,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,105,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: Eileen Lukito Pianis Muda Indonesia: Belajar Lebih Dalam di Birmingham City dan Leeds University! Pesannya “Live Life To The Fullest”!
Eileen Lukito Pianis Muda Indonesia: Belajar Lebih Dalam di Birmingham City dan Leeds University! Pesannya “Live Life To The Fullest”!
https://4.bp.blogspot.com/-L3ykZQVxRis/VgeSMut9JYI/AAAAAAAAH2I/zgr77liEErw/s640/205362_10150964306584469_2100364032_n.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-L3ykZQVxRis/VgeSMut9JYI/AAAAAAAAH2I/zgr77liEErw/s72-c/205362_10150964306584469_2100364032_n.jpg
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2015/09/eileen-lukito-pianis-muda-indonesia.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2015/09/eileen-lukito-pianis-muda-indonesia.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy