Irwinanda Satria Putra: Joint Degree ke Perancis Bukan Sesuatu yang Mustahil

Halo sobat berkuliah, Siapa yang nggak tertarik buat kuliah di Perancis? Negara dengan sejuta keindahannya ini memang menarik perhatian par...

Halo sobat berkuliah, Siapa yang nggak tertarik buat kuliah di Perancis? Negara dengan sejuta keindahannya ini memang menarik perhatian para pelajar dari seluruh dunia untuk belajar di negara salah satu pendiri Uni Eropa ini  Bisa menempuh study di Perancis bisa melalui banyak cara. Salah satunya dengan program joint degree. Apa itu joint degrre? Nanda, salah satu mahasiswa Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya yang menjalani program joint degree akan menjabarkannya. Kamu bisa kok seperti dia. Yuk, simak pengalamannya selama setahun belajar di negara dengan icon menara Eifeel-nya ini.



1. Halo Nanda, Sebelum melangkah lebih jauh lebih dahulu kita berkenalan dulu, mungkin bisa menyebutkan nama lengkapnya, asal kota, kuliah dimana, jurusan apa, dan mengapa Perancis menjadi pilihan?

Nama lengkap saya Irwinanda Satria Putra. Biasa dipanggil Nanda. Asal kota dari Mojokerto. Saya mahasiswa jurusan teknik otomasi dari Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya. 

Jadi waktu itu kebetulan ada program baru dari universitas yg menawarkan beasiswa joint degree ke Perancis dengan sistem 1 tahun disana dan 3 tahun disini atau menyelesaikan tahun akhir kuliah di Perancis. Beasiswa tersebut dari BPKLN. Jadi, sebenarnya bukan saya yang memilih tapi memang program yg ditawarkan seperti itu.

Nama kampusnya Université d'Auvergne. Kampusnya sendiri dibagi menjadi beberapa fakultas tergantung dari domainnya. karena saya kuliah di teknik jadi saya masuk di IUT. IUT merupakan singkatan dari institut universitaire de technologie. Nama IUT-nya sndiri IUT Clermont-Ferrand.

2. Bagaimana proses joint degree-nya dan bagaimana cara apply sesuai dengan pengalaman Nanda step by step? 

Jadi prosesnya mulai dari seleksi kampus hingga tersaring beberapa anak. Dari anak yg lolos itu tadi wajib mengikuti persiapan bahasa hingga mencapai syarat minimal sampai delf B1. Nah dari yg lolos itu tadi harus apply universitas untuk mendapat LOA. Setelah LOA didapat dan syarat bahasa sudah ada lalu baru bisa mengajukan beasiswa dengan dibantu pihak kampus juga.


3. Apa kelebihan dari kampus tempat Nanda menempuh study? Mungkin dari segi fasilitas, kurikulum, birokrasi, dan suasana 

Keunikannya mungkin terletak di KTM-nya. disana KTM bisa diisi saldo dimana gunanya adalah untuk makan di kantin. tidak hanya di cafetaria kampus saja tempat saya kuliah saja namun bisa di semua cafetaria yg berada di kampus lain di kota saya berkuliah selama masih dibawah naungan CROUS. CROUS sendiri adalah semacam badan yg menaungi urusan mahasiswa untuk menyediakan tempat tinggal (residence mahasiswa), memberikan beasiswa untuk mahasiswa atau sesuatu yang berhubungan dengan mahasiswa. CROUS sendiri dibawah naungan pemerintah Perancis.

Fasilitas yg diberikan kepada mahasiswa sangat lengkap. dalam setahun kita hanya membayar uang kuliah satu kali dan tidak ada pembayaran lain. Semisal untuk mengerjakan sebuah project kuliah yg membutuhkan komponen-komponen elektronika, saya tidak perlu membelinya sendiri. Karena itu tugas dari dosen jadi saya berhak untuk mengajukan segala sesuatu yang saya butuhkan ke kampus dan saya bisa mendapatkan semuanya dengan gratis. Perpustakaan yang ada sangat terintegrasi satu sama lain. Jadi saya hanya perlu satu kartu saja untuk meminjam buku di semua perpustakaan yang ada di kota. Lalu fasilitas wifi yang bisa diakses di segala tempat termasuk di taman-taman kota.

Untuk pelayanan administrasi di Perancis sendiri terkesan ribet. karena Perancis terkenal dengan sebuatn pays de administrative atau negara yang penuh dengan administrasi. Namun bagi saya ribetnya sistem administrasi itu benar-benar memberikan hasil nyata untuk manfaatnya. Ketika ada masalah atau kehilangan data saya bisa mengklaim atau mengurusnya dengan mudah. Karena syarat yang mereka ajukan untuk mengurus sesuatu benar-benar detail. Jadi sebenarnya bukan sistem administrasinya yang ribet namun lebih ke benar-benar ditata secara terstruktur

Sedangkan untuk fasilitas laboratoriumnya-nya sendiri ketika kita mendapatkan sebuah project atau sedang melakukan riset dan menggunakan lab. kita diijinkan untuk menggunakan lab tersebut kapan saja untuk mendukung proses penelitian dengan cara melapor ke sekertaris dan meminta untuk memasukkan id di kartu pelajar atau KTM. Karena pintu lab di Perancis tidak dibuka dengan kunci tapi dengan sistem scan barcode. Jadi kartu pelajar di Perancis berfungsi ganda. Pertama bisa diisi saldo untuk makan di cafetaria. Kedua, sebagai akses masuk ke laboratorium.



4. Serta apa menariknya jurusan yang Nanda ambil, dan apakah pernah menemukan kesulitan?

sisi menariknya itu di Prancis range nilainya dari 0-20. sedangkan untuk bisa lulus satu mata kuliah harus bisa mendapatkan nilai lebih dari 10. nah jika di bandingkan langsungkan dengan Indonesia jika nilai 10 adalah 50. sedangkan nilai 50 itu rasanya di Indonesia itu jelek sekali. namun untuk mendapatkan nilai lebih dari 10 di Prancis apalagi untuk mata kuliah yg sulit itu rasanya sudah sangat bersyukur sekali. kebetulan sy juga ada beberapa mata kuliah yg mendapat nilai kurang 10, namun baiknya sy bisa menutupi dengan nilai yg lain sehingga rata2 sy untuk semua mata kuliah lebih dari 10 sehingga sy bisa dinyatakan lulus
kesulitan tentunya masalah bahasa dan budaya yg berbeda. lalu masalah makanan yg rasanya tidak seberagam seperti di Indonesia. rasa makanan di Prancis seperti hambar.
lalu susahnya ketika musim dingin dan suhu sudah dibawah 0 derajat hingga mencapai minus 5. lalu jika diperburuk turun salju, rasanya untuk berangkat kuliah di pagi hari berat sekali ketika sy harus memakai pakaian rangkap dengan jaket tebal dan semua properti yg menutupi tubuh, ditambah jalanan yg licin karena salju dan cuaca yg gelap karena tidak ada matahari

5. Apakah pernah mengalami Culture Shock? jika iya, dalam hal apa? dan bagaimana cara mengatasinya ?

Tentunya pernah. Paling mencolok dalam hal makanan. Karena tipe makanan yang cenderung beda antara indonesia dan Perancis. Kita yang terbiasa makan nasi harus diganti dengan tipe-tipe roti dan kentang. Awalnya, rasanya aneh ketika makan daging dan sayur dengan roti. Meskipun beras banyak ditemukan namun tetap saja bumbu dan rempah-rempah di Perancis tidak sebanyak di Indonesia. cara mengatasinya dengan membiasakannya, Lama-lama terasa terbiasa dan malah ketagihan.

Lalu keju, pertama kali ketika saya diberi teman untuk mencoba keju Perancis mau muntah rasanya. Ternyata keju yang saya coba tersebut berjenis fromage bleu atau yang terkenal keju yang sangat keras aromanya. Peancis sendiri terkenal dengan kejunya karena Perancis terkenal sebagai negara keju, saya mulai mencoba keju lain yang rasanya lebih lembut dan lama kelamaan saya mulai bisa untuk memakan keju yg rasanya lebih beragam walaupun kadang untuk rasa keju yang keras saya masih sedikit ingin muntah

Namun ada yang unik. Di Indonesia saya paling anti sama daging kambing karena baunya yang sangat menusuk. ketika di Perancis saya pernah disuguhkan daging kambing oleh teman saya dan saya makan sampai habis tanpa ada masalahnya. dan saya baru menyadari ketika sudah habis dan teman saya mengatakan pada saya jika itu daging kambing. Sekedar informasi, daging kambing di Perancis enggak bau kayak daging di Indonesia. Kalau di Indonesia saya paling nggak bisa makan daging kambing karena bisa muntah...hehe


6. Apakah Nanda sudah bertemu dengan teman-teman PPI? Bagaimana tanggapan mereka dalam menyambut kedatangan teman yang baru ?

Sudah. Tanggapan mereka ketika menyambut teman yang baru datang sangat baik. Baik teman-teman PPI di tingkat regional maupun tingkat PPI pusat karena kita semua merasa sebagai saudara yang datang dari tempat yg sama dengan satu tujuan yg baik. 



7. Tempat tinggal terbaik menurut Nanda selama di Perancis dimana ? Apakah di Apartemen, rumah atau yang lain ?

Menurut saya yang paling baik si di apartemen karena di apartemen fasilitas kamarnya lebih lengkap. Sudah ada kamar mandi di dalam rumah, lalu tempat untuk cuci baju dan dapur pribadi. Sedangkan jika tinggal di residence etudiant atau semacam asrama untuk mahasiswa begitu dapurnya menjadi satu untuk banyak orang dan kadang kamar mandinya pun jadi satu. jadi sy merasa kurang nyaman, lebih baik menyewa apartemen dan dibagi dua dengan teman. karena harga apartemen lebih mahal daripada asrama mahasiswa

8. Apakah ada tips dan trik spesial untuk mendapatkan pemasukan tambahan selama kuliah di Perancis? 

Kalau buat nambah pemasukan sebenernya lebih menyesuaikan sama jadwal kuliah. Biasanya untuk yang kuliahnya padet susah sekali untuk cari parttime. Biasanya teman-teman kerja di restoran untuk cuci piring atau bar sebagai pramu saji, Jagain anak orang atau di indonesia macam pembantu rumah tangga cuman disini cuman jagain anaknya aja. Sistemnya dibayar perjam. Sebagai pemegang visa pelajar maka kerja parttime juga tidak boleh lebih dari 20 jam selama seminggunya.

9. Apa pengalaman paling tidak terlupakan selama di Perancis?

Salah satunya pas manjat gerbang metro di Paris. Gara-gara salah keluar gerbang dan ternyata tiket yg aku pake ternyata tiket sekali pakai. Jadi gak bisa masuk lagi. Terus gak ada informasi yang buat beli tiket. Cuma ada tiket otomatis yg cuma bisa pakai koin. Sedangkan di dompet cuma punya uang kertas dan kartu kredit. Karena biasanya mesin otomatis penjual tiket bisa pakai uang kertas dan kartu kredit tapi pada saat itu nggak bisa. Karena nggak ada pilihan lain akhirnya manjat deh. Dan yang dipanjat bukan tipe gerbang yang pendek tpi gerbang yang tinggi.. hehe


10. Hal-hal apa saja yang dirasakan karena bisa kuliah di Perancis? Lebih percaya diri, bisa memiliki pandangan yang optimis jauh ke depan tentang masa depan Indonesia? Atau hal positif apa yang Nanda pelajari selama belajar di perancis?

Hal positif yang saya rasakan tentunya banyak sekai. Kebiasaan disiplin dan menghargai waktu adalah yang paling saya rasakan. Lalu tentunya mental saya lebih terangkat karena saya telah terbiasa berdiskusi dan berpresentasi di depan profeso-profesor saya selama di Perancis. Lalu kebiasaan untuk taat terhadap peraturan dan kebiasaan untuk berjalan dengan cepat terbawa hingga sekarang


11. Adakah nasihat serta tips dan trik dari Nanda bagi kawan-kawan yang ingin melanjutkan pendidikan di Perancis?

Nah ini nih. Saya sering sekali mendapat pertanyaan "Kak gimana si tipsnya buat bisa kuliah di luar negeri?". Tapi ketika saya jelaskan apa saja jalan yang mungkin bisa mereka tempuh untuk mendapat beasiswa. Kelihatan sekali kalau usaha untuk mencari beasiswa minim sekali. Karena setiap kali saya jelaskan kebanyakan tidak mengerti jalur-jalurnya
.
Saya juga melihat teman saya mengatakan ingin mendapat beasiswa seperti saya namun hanya karena gerimis saja sudah menghalangi langkahnya untuk pergi ke kampus. Padahal musim dingin di Eropa jauh lebih berat jika dipagi hari harus pergi kuliah dengan suhu dibawah nol derajat dan tidak ada matahri ditambah jalanan yang licin jika turun salju

Sehingga pesan saya lebih ke cobalah untuk :
  • Lebih rajin berangkat kuliah. Cobalah datang tepat waktu dan tidak terlambat.
  • Mengerjakan tugas sendiri dan tidak copas teman, 
  • Cari informasi yg banyak,
  • dan jangan lupa minta restu kedua orang tua.


Jangan lupa pesan-pesan dari Nanda ya sobat, kalau kamu ingin menempuh pendidikan di Perancis. Selamat berjuang. 
Salam berkuliah

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Narasumber: Irwinanada Satria Putra

Reporter      : Andreanyta Erni









Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,81,Arab Saudi,13,Asia,237,Australia,75,Austria,12,Beasiswa,297,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,13,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,312,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,441,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,2,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,58,Jerman,46,Kanada,27,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,3,Malaysia,26,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,12,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,150,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,7,Tips Beasiswa,15,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,6,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: Irwinanda Satria Putra: Joint Degree ke Perancis Bukan Sesuatu yang Mustahil
Irwinanda Satria Putra: Joint Degree ke Perancis Bukan Sesuatu yang Mustahil
https://3.bp.blogspot.com/-F51O3PWI1u8/VewnRhredNI/AAAAAAAAGnE/wkJm1N8oyeE/s640/Snap%2B2015-09-06%2Bat%2B18.28.28.png
https://3.bp.blogspot.com/-F51O3PWI1u8/VewnRhredNI/AAAAAAAAGnE/wkJm1N8oyeE/s72-c/Snap%2B2015-09-06%2Bat%2B18.28.28.png
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2015/09/irwinanda-satria-putra-joint-degree-ke.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2015/09/irwinanda-satria-putra-joint-degree-ke.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy