Artikel Terbaru

Sobat Berkuliah.com Dapat Salam Dari Ketua PPI India, Yuk Simak Hasil Sharing Bersama Reza Pahlevi!

Kenapa sih India?
Jangan salah sobat, India itu selain kayak akan budaya dan memiliki banyak keunikan, sistem pendidikannya itu keren lho. Mungkin kamu nggak bakal percaya kalau ternyata bahasa Inggris merupakan bahasa nasional India. Bahasa Inggris itu digunakan untuk bahasa kegiatan belajar mengajar sehari-hari.


Sebentar-sebentar... sekarang langsung simak aja ya cerita dari mas Reza, kalau kami yang ceritain nanti beda kesannya. Mari-mari kita kenalan dulu...

Halo sobat Berkuliah.com,
Saya Reza Pahlevi, biasa dipanggil Reza. Saya seorang pecandu buku, kopi dan traveling yang sedang menempuh pendidikan Master of Arts in English dengan kosentrasi kesusastraan di English Department, College of Arts and Social Sciences, Osmania University Hyderabad, India.

Tentang Kampus, Jurusan, dan Mahasiswa
Apa yang manarik dari India, yang membuat mas Reza mau dan akhirnya sekarang kuliah di India?

India adalah surganya jalan-jalan. Murah meriah dengan pesona yang luar biasa dari sejarah peradaban manusia hingga kemegahan arsitektur kuno kerajaannya. Jadi, itu menjadi salah satu alasan saya buat kuliah di India. Sekali dayung dua tiga pulau terlampaui. Bisa kuliah plus mendapatkan pengalaman tak traveling yang tak terlupakan.

Pendidikan tinggi di India menggunakan medium bahasa Inggris sehingga kita mendapatkan English exposure yang cukup tinggi. Selain penggunaan medium bahasa Inggris, banyak mahasiswa internasional belajar di India. Negara timur tengah seperti Irak, Yaman, Arab Saudi, Iran, Sudan, Mesir, Syiria, Yordania, dan Oman mengirimkan mahasiswanya ke India. Bukan hanya negara timur tengah, mahasiswa negara-negara Asia Tengah seperti Afghanistan, Tajikistan, Kyrgistan, dan Usbekistan juga ada. Bahkan beberapa mahasiswa negara Eropa seperti Jerman, Perancis, Belanda, dan Rusia pun juga berkuliah di India. Jadi kenapa tidak kuliah di India?

Bagaimana rivalitas kampus di India, atau kasta universitas di India? Universitas mana saja yang di anggap paling bergengsi dalam memperebutkan posisi universitas terbaik. Dimanakah posisi Osmania University?

Rivalitas kampus di India cukup ketat. Posisi peringkat kampus di India pun selalu berubah-ubah setiap tahunnya. Hal ini menunjukkan bagaimana setiap kampus berusaha untuk menjadi kampus terbaik. Universitas di India saling berebut menepati posisi top ten university in India. Osmania University adalah satu-satunya universitas yang dikelola dan dimiliki oleh state (negara bagian) atau biasa disebut dengan state university yang masuk jajaran 10 besar kampus terbaik di India pada tingkat nasional. Pada tahun 2014 berdasarkan survei Indiatoday, Osmania University peringkat ke-7 pada tingkat nasional. Dari sepuluh besar universitas nasional, Osmania University adalah satu-satunya universitas yang dikelola oleh negara bagian yang berhasil masuk ke jajaran top ten university in India.

Selain masuk ke jajaran sepuluh besar pada tingkat nasional, Osmania University juga dinyatakan sebagai universitas terbaik yang dikelola oleh negara bagian. Osmania University juga dikenal sebagai kampus perjuangan karena terkait dengan perjuangan pendirian negara bagian Telangana yang baru satu tahun berdiri. Jadi ya banyak juga aktivis lokal kampus yang sering mengangkat isu-isu terkait negara bagian Telangana. Bisa jadi pengetahuan tambahan bagaimana mahasiswa-mahasiswa lokal negara lain menanggapi isu di sekitarnya.

Seberapa favoritkah jurusan Bahasa Inggris di India di mata mahasiswa Indonesia dan dunia?

Jurusan bahasa Inggris adalah salah satu jurusan favorit di India selain teknik, kedokteran, dan sains. Banyak mahasiswa Indonesia yang kuliah baik tingkat S1 maupun S2 yang mengambil jurusan terkait bahasa Inggris seperti jurusan sastra Inggrisa dan linguistik. Bukan hanya mahasiswa Indonesia, banyak mahasiswa asing lainnya kuliah jurusan bahasa Inggris di India karena India terkenal sebagai salah negara dengan penutur bahasa Inggris terbanyak di dunia dan biaya kuliah yang cukup bersahabat.

Di Osmania University sendiri jurusan MA English termasuk salah satu jurusan yang memiliki mahasiswa terbanyak baik mahasiswa asing maupun mahasiswa lokalnya. Selain di Osmania University, terdapat universitas khusus bahasa di Hyderabad bernama English and Foreign Languages University yang juga memiliki mahasiswa lokal dan asing cukup banyak. Jadi, kebayang kan bagaimana favoritnya jurusan bahasa Inggris di India khususnya di Hyderabad?

Berapa jumlah mahasiswa Indonesia di Osmania University saat ini? Dimanakah lokasi atau tempat buat  kumpul sesama mahasiswa Indonesia? Adakah hari atau waktu khusus untuk bertemu/ berkumpul?


Belum banyak mahasiswa Indonesia yang kuliah di India. Jumlah keseluruhan mahasiswa Indonesia yang kuliah di India saat ini adalah 102 orang. Dari jumlah tersebut terdapat 11 mahasiswa Indonesia yang berkuliah di Osmania University mengambil berbagai jurusan studi dengan tingkat pendidikan yang bervariasi juga. Pada tingkat S1 misalnya, ada mahasiswa Indonesia yang mengambil jurusan Biotechnology, Chemistry and Genetics, Mass Communication, dan Commerce. Sedangkan pada tingkat S2, ada yang mengambil jurusan English Literature, Linguistics, Islamic Studies, dan Ancient Indian Culture, History, and Archaelogy.

Kami biasa kumpul-kumpul di salah satu flat salah teman yang memiliki hall besar. Kami biasa masak dan makan bersama di akhir pekan atau di hari-hari besar seperti lebaran dan hari besar agama lainnya. Sering juga kami melakukan rapat outdoor di taman kampus atau di taman kota untuk menyegarkan suasana. Syuruk alhamdulillah mahasiswa Indonesia di sini sangat kompak dan kekeluargaan. Jadi gak terlalu homesick deh.

Bagaimanakah keterbukaan mahasiswa India terhadap mahasiswa Indonesia? Apakah mereka sangat ringan tangan (suka membantu) terhadap mahasiswa Indonesia?

Mahasiswa lokal super duper suka sama mahasiswa Indonesia. Mahasiswa Indonesia terkenal ramah dan gampang bergaul baik dengan mahasiswa lokal maupun dengan mahasiswa asing lainnya. Mahasiswa Indonesia juga terkenal aktif di kampus dan yang paling mereka tunggu adalah ketika ada acara seni di kampus. Mereka sangat terkesima dengan tarian-tarian Indonesia yang kata mereka so artsy!

Selama saya kuliah di sini, mahasiswa lokal ringan tangan dalam hal membantu belajar kita. Misalnya, mereka tidak segan-segan meminjami kita buku catatan atau buku teks jika kita perlu. So, don’t worry. They are quite helpful.

Dosen
Bagaimanakah cara kita agar bisa menjadi lebih dekat dengan dosen?

Intinya adalah aktif di kelas dan sopan. Dosen-dosen di sini sangat mengapresiasi mahasiswa yang aktif di kelas dan punya tata krama. Mereka akan mudah mengingat wajah dan nama kita. Lumayan bisa dipermudah dalam bimbingan thesis. hehe

Berpakaian
Apakah cewek atau wanita India selalu menggunakan Sari dalam berpakaian? Atau sudah ada pergeseran-pergeseran dalam budaya berpakaian?

India adalah salah satu negara yang masih kuat memegang adat budayanya. Di Hyderabad masih banyak orang pakai sari dan kurti (pakaian tradisional lainnya) kurti meski ada sebagian kecil yang mulai mengenakan pakaian kasual seperti jeans dan kaos. Bahkan teman lokal sekelas saya hampir semuanya masih pakai. Dosen-dosen masih pakai sari dan bahkan gak ada dosen wanita yang berpakaian kasual. Gak kebayang kan di Indonesia cewek-ceweknya kuliah pakai kebaya? Hehe

Trasportasi
Alat transportasi apa yang tergolong unik di India? Seperti apakah keunikannya?

Auto! Ya, Auto adalah salah satu alat transportasi unik karena meski bentuknya seperti bajaj di Jakarta tapi auto bisa diisi sampai enam orang lebih. Ajaib kan? Pertama kali saya datang ke sini juga heran bagaimana mereka bisa memuat begitu banyak orang. hehe

Bagaimana cara untuk membeli kendaraan pribadi bagi mahasiswa Indonesia dan cara pengurusannya? Apakah mungkin di sana membuat SIM Internasional? Bagaimana prosedurnya?

Banyak kok mahasiswa asing yang membeli kendaraan sendiri. Biasanya mereka harus mengurus peralihan STNK atas nama sendiri namun bisa juga menggunakan nama orang lain jika kendaraan tersebut bekas. Kalau pembuatan SIM Internasional bisa saja namun prosedurnya saya sendiri kurang paham. Maklum, saya gak punya kendaraan priabadi. Hehe

Namun menurut pengalaman teman-teman di sini, kita cukup menunjukkan SIM negara kita asal yang terdapat bahasa Inggris dan polisi lalu lintas di sini tidak akan memberi surat tilang.

Prospek Lulusan India
Bagaimana tingkat kesuksesan lulusan India dalam mendapatkan pekerjaan setelah lulus?

Sejauh ini saya belum pernah mendengar lulusan India yang tidak mendapatkan pekerjaan. Tahu gak sih kalau pakar hukum tata negara kita Yusril Izra Mahendra adalah lulusan India? Bukan hanya beliau imam masjid Istiqlal Jakarta Ali Mustafa Yaqub juga merupakan alumnus India. Beberapa alumni India juga bekerja menjadi PNS dosen, guru, staf kedutaan, peneliti, dan bahkan di perusahaan yang ada di India. Tidak sedikit yang melanjutkan kuliahnya ke jenjang yang lebih tinggi ke negara-negara lain seperti Inggris, Rusia, dll. So don’t worry.

Kebiasaan Masyarakat yang Unik
Adakah kebiasaan masyarakat yang menurut mas Reza unik dan sangat menarik untuk di kaji atau dipelajari?

Kebiasaan makan bawang mentah. Banyak orang India yang suka makan bawang kayak cemilan. Kebiasaan ini sampai membuat saya Google apa manfaat bawang merah mentah untuk kesehatan dan hasilnya adalah bawang merah adalah salah satu anti oksidan yang mampu menangkal radikal bebas dan menurunkan resiko seseorang terkena kanker.

Tempat Tinggal
Di daerah mana bisa menemukan rumah atau tempat untuk dijadikan tempat tinggal di dekat Osmania University? Bagaimanakah tips memilih tempat tinggal di India?

Sebagai mahasiswa asing, ada fasilitas international hostel di Osmania University yang bisa dimanfaatkan. Keuntungannya tinggal di hostel atau asrama mahasiswa adalah harga sewa yang murah dan gak harus membayar listrik, air, dan internet secara terpisah. Bagi mahasiswa yang tidak ingin privasinya terusik opsi lainnya adalah menyewa flat. Menyewa flat di sekitar kampus bisa menjadi alternatif meski harganya lebih mahal dari pada asrama mahasiswa. Keuntungan yang didapat dari menyewa flat sendiri adalah lebih tenang. Carilah flat yang lokasinya tak jauh dari kampus sehingga lebih hemat ongkos transportasi. Selain lokasi dekat kampus usahakan mencari flat yang aksesnya mudah dan dekat dengan pasar swalayan atau pasar tradisional lainnya sehingga mudah untuk membeli bahan-bahan masakan atau keperluan lainnya.

Adakah perijinan-perijinan khusus dalam mendapatkan tempat untuk tinggal?

Dalam menyewa tempat tinggal pribadi di luar hostel ada beberapa syarat yang biasanya diminta oleh landlord kita seperti kartu tanda sebagai mahasiswa, visa, surat ijin tinggal atau biasa disebut resident permit (RP), dan paspor. Biasanya kita juga diwajibkan membuat surat perjanjian sebelum menyewa flat. Di dalam surat perjanjian menyewa tersebut ada beberapa hal yang disebutkan seperti harga sewa, uang muka, dan beberapa hal lainnya. Namun, biasanya semuanya bisa dikompromikan.

PPI India
Bagaimana kegiatan PPI India selama ini? Bagaimana suasana dalam memperingati hari-hari besar nasional Indonesia khususnya 17 Agustus?


PPI India mempunyai program kerja yang cukup menyenangkan. Ada beberapa kegiatan seperti Ngariyung Bareng yakni kegiatan piknik bersama mahasiswa asing lainnya sambil mengenalkan permainan tradisional Indonesia. Selain itu ada kegiatan latihan menari untuk tampil acara mahasiswa internasional di kampus. Ada juga kegiatan olah raga bersama. Pokoknya seru deh!

Hari-hari besar biasanya dirayakan di KBRI New Delhi. Namun, bagi yang jauh dari KBRI seperti di Hyderabad biasanya kita mengadakan acara kumpul-kumpul dan makan bersama. Mulai dari belanja keperluan untuk memasak, memasaknya, dan makannya dilakukan bareng-bareng. Yang penting kebersamaannya, kan? 

Dimanakah sekretariat PPI India?

PPI India tidak memiliki sekretariat khusus. Biasanya kita menggunakan flat salah satu pengurus PPI India sebagai sekretariat. Karena perubahan pengurusan cukup cepat yakni setiap tahun berubah maka sekretariat PPI India pun berubah-ubah. Tapi, untuk menghubungi pengurus PPI India gampang-gampang saja karena cukup mengunjungi website PPI India atau dicolek via Facebook mereka merespons dengan cepat.

Apa yang menjadi rencana mas Reza kedepan sebagai ketua PPI India?

Rencana kedepan adalah untuk memajukan PPI India dengan merapatkan barisan, berangkulan, dan berjalan beriringan. Saya percaya PPI India bisa semakin berjaya bukan karena satu orang atau dua orang yang cemerlang namun karena kebersamaan dan keeratan semua anggota PPI India. Program kerja yang baik tidak bisa berjalan dengan sendirinya namun butuh keterlibatan dari semua pihak. Jadi, mari kerja bareng-bareng!

KBRI India
Bagaimanakah keterbukaan KBRI India dalam berhubungan dengan mahasiswa Indonesia di India? Apakah mereka akan dengan mudah dimintai bantuan oleh WNI/ mahasiswa Indonesia di India?

Hubungan antara KBRI India dan mahasiswa Indonesia di India cukup erat. KBRI India cukup responsif dan suportif dalam menanggapi kegiatan-kegiatan mahasiswa Indonesia di India. Selama ini mereka juga membantu acara-acara yang diadakan oleh PPI India. Mereka juga sangat welcome dengan WNI yang berada di India untuk datang di acara-acara yang diadakan oleh mereka seperti peringatan hari kemerdekaan, lebaran, dan natal.

Kejadian Unik
Pernahkah Mas Reza menemui/ mengalami kejadian unik yang  mungkin bisa bermanfaat/ menginspirasi jika di share ke teman-teman yang ingin melanjutkan ke India?

Pernah. Suatu hari saya sedang ke kantor ICCR (Sponsor Beasiswa saya), nah keadaannya sedang penuh sekali. Mahasiswa tumplek di sana mulai dari mahasiswa asal Afrika, Timur Tengah, Asia Tengah, dan lain-lain. Rasanya harapan untuk dapat mengurus berkas dan selesai hari itu sirna. Tapi, karena pengelola kantor tersebut kenal dengan mahasiswa Indonesia karena mudah diatur dan sopan, semua urusan dimudahkan dan kita diprioritaskan. Hehe

Satu lagi, mahasiswa Indonesia cukup populer dalam hal pertunjukan seni terlebih menari. Jadi, kita sempet kelabakan karena dalam waktu yang relatif dekat diminta untuk tampil di tiga kegiatan mahasiswa internasional. Dan mereka selalu antusias. Mereka akan kecewa ketika kami bilang gak bisa. Akhirnya kami nekat dan semua berujung manis. Mereka terhibur bahkan banyak yang minta foto bersama. Mereka memuji kami dan bahkan pada bilang kalau ingin datang ke Indonesia buat traveling. Jadi semacam duta bangsa rasanya.

Pengalaman Akademik Paling Mengesankan
Adakah pengalaman akademik yang paling mengesankan selama Mas Reza menjalani dunia perkuliahan di India? Seperti apakah pengalaman tersebut?


Ujian dengan menulis tangan sebanyak 30 halaman. Bagi mahasiswa yang datang dari negara yang tidak biasa menggunakan bahasa Inggris sebagai medium belajar biasanya akan kualahan. Kita dituntup siap menulis essay sekitar 30 halaman dalam waktu tiga jam. Bikin tangan pegel sih, tapi ini salah satu cara kita memperkuat skill menulis kita dan otomatis kita dituntut meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kita. Jadi, semua ada hikmahnya.

Pesan dan Motivasi
Berikanlah motivasi kepada teman-teman Indonesia yang ingin melanjutkan kuliah ke India. Periapan berkas, mental, dan lain-lain agar mereka lebih siap ketika sampai di India!

Jika kamu ingin melanjutkan pendidikan di India kamu bisa cek web Kedutaan India di Jakarta untuk program beasiswanya. Sedangkan jika kamu mau jadi mahasiswa dengan biaya sendiri kamu bisa langsung cek website kampus yang kamu minati untuk mengetahui syarat-syaratnya dan berkas apa yang harus dipersiapkan karena setiap kampus punya kebijakan berbeda.

The last but not least. Dream big! Then wake up and achieve it! Semua bermula dari mimpi. Semua bermula dari diri sendiri. Jadi bermimpilah dan buat jadi nyata. Jangan biarkan orang lain yang mendefinisikan dirimu. Jadi, jika kamu memang ingin melanjutkan pendidikan di India maka persiapkan mental. India bukan hanya ‘sekolah’ untuk pendidikan tinggi namun juga ‘sekolah’ mental. Jadilah petarung tangguh yang tak mudah putus asa.

Narasumber: Reza Pahlevi
Reporter: Imam Sultan Assidiq

Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Advertisement
Scroll To Top