11 Alasan Lanjut Kuliah ke Negeri Kangguru, Australia

Oleh : Lisa Andriani “Kamu lanjut kuliah ke luar negeri?” “Iya,” “Wah keren, ya?” Siapa sih yang tidak berbangga ketika dipuji karena bis...

Oleh : Lisa Andriani
“Kamu lanjut kuliah ke luar negeri?” “Iya,” “Wah keren, ya?”
Siapa sih yang tidak berbangga ketika dipuji karena bisa kuliah ke luar negeri? Bisa merasakan belajar di negara asing dengan kebudayaan yang berbudaya menjadi pengalam mengesankan tersendiri. Tentu saja, pikiran pertama yang terlintas dari para pejuang pendidikan tinggi lanjutan pastilah melanjutkan kuliah ke luar negeri. Lalu dari puluhan bahkan ratusan negara tujuan, mana yang sebaiknya kita pilih?

Yup, Australia, si negeri kangguru, menjadi salah satu pilihan destinasi pendidikan terpopuler. Hal ini dibuktikan berdasarkan data statistik yang dirilis oleh UNESCO Institute for Statistics (UIS), Australia menduduki peringkat ke-4 sebagai negara destinasi para pelajar internasional untuk melanjutkan jenjang pendidikan setelah Amerika Serikat, Inggris dan Perancis.

Terus, kenapa sih banyak mahasiswa yang memilih Australia? Ini dia jawabannya.





Biaya Mahal? No Need to Worry

Kuliah ke luar negeri tentu saja memakan banyak biaya, tapi tidak perlu khawatir karena pemerintah Australia membuka banyak kesempatan melalui program beasiswanya. Pemerintah Australia setidaknya menganggarkan lebih dari $200.000.000 per tahunnya untuk beasiswa internasional. Persyaratan yang diberikan untuk memperoleh beasiswa pun tidak sesulit dibandingkan beasiswa di negara lainnya.

Terdapat berbagai program beasiswa seperti Australian Awards Scholarship, International Postgraduate Research Scholarships, serta berbagai bantuan pendidikan yang ditawarkan oleh institusi swasta, departemen pendidikan negara bagian, maupun lembaga pendidikan lainnya. Jadi, bagaimana mungkin kamu melewatkan kesempatan emas ini? Free tuition for study aboard is not impossible anymore.


World-Quality University

Kualitas universitas-universitas di Australia sudah diakui secara internasional. Delapan dari 100 universitas terbaik dunia ada di Australia seperti Australian National University, University of Melbourne, University of Sydney, University of New South Wales dan masih banyak universitas unggulan lainnya. Bahkan pada tahun 2015/2016, berdasarkan data Times Higher Education dari 400 universitas unggulan di seluruh dunia, 20 universitas Australia termasuk di dalamnya.
Selain itu, kamu juga bisa memilih program studi dari 22.000 pilihan yang disediakan oleh 1.200 lembaga pendidikan. Tak perlu pusing jauh-jauh memilih, kan?


Sistem Pendidikan Tak Perlu Diragukan Lagi

Pemerintah Australia sangat mengedepankan pendidikan yang berkualitas. Hukumnya pun sangat melindungi siswa internasional. Institusi pendidikan Australia juga telah menerapkan penggunaan inovasi teknologi canggih berstandar internasional. Universitas unggulannya telah memiliki akses internet yang cepat. Fasilitas belajar mengajar seperti ruang kelas, perpustakaan, laboratorium di berbagai universitasnya telah dilengkapi teknologi yang modern. Keren, bukan?

Selain itu, banyak mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di Australia memberikan testimoni bahwa sistem pendidikan di universitas menuntut mahasiswanya untuk mengembangkan pola pikir dan keaktifan di dalam kelas. Mereka dituntut untuk membangun pemahaman atas materi yang diberikan untuk menghasilkan individu yang inovatif dan independen. Sehingga mereka merasa mendapatkan ilmu yang lebih bermanfaat.


Perkuliahan yang Unggul dan Bermutu

Setiap kelas akan diajar oleh dosen-dosen bahkan professor yang telah mendapat gelar yang diakui secara internasional Dalam proses perkuliahan/coursework, ada 2 jenis kelas yaitu lecture dan tutor. Lecture merupakan kelas besar untuk membahas materi per minggu, sedangkan tutor adalah kelas kecil untuk membahas secara lebih rinci materi di kelas lecture serta menjelaskan soal assignment. Selain itu, research/penelitian yang nantinya kamu kerjakan di Australia sangat dihargai disana bahkan bisa membantumu untuk melebarkan sayap ke jenjang karir ke depannya.


Jaminan yang Berkualitas

Komitmen pemerintah Australia untuk memberikan perlindungan kepada pelajar internasional membuat kamu tidak perlu khawatir kuliah di Australia. Di beberapa program beasiswa, kamu bakal menemukan bahwa pemerintah Australia akan menanggung biaya tidak hanya bagi kamu tapi juga keluargamu yang akan ikut kesana. Kamu juga tidak perlu khawatir mengurus visa, karena pemerintah memberi kemudahan bagi pelajar internasional. Akses pengurusan visa hingga pembayaran administrasinya bisa kamu lakukan lewat online. Keren, bukan?


Disediakannya Kursus Bahasa Inggris

Sebelum menempuh pendidikan di Australia, kamu bakal memperoleh kursus bahasa Inggris untuk membantu kamu dengan mudah beradaptasi di Australia. Metode pengajaran yang digunakan berfokus pada pemikiran kritis, serta kerja kelompok dan proyek dari pengalaman di kehidupan nyata. Jadi kamu tidak hanya belajar bahasa, tetapi juga belajar cara penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari.


Prospek Karir Setelah Lulus Terbuka Lebar

Kualitas universitas dan pendidikan Australia yang terjamin membuat siswa lulusannya pun lebih unggul dalam dunia kerja. Pusat karir yang disediakan oleh tiap-tiap universitas bakal membantu kamu untuk disalurkan ke berbagai perusahaan-perusahaan bonafit.

Di Australia sendiri menawarkan banyak lowongan pekerjaan bagi kamu yang ingin lanjut bekerja disana. Ditambah kamu juga bakal mendapat pelatihan langsung dari kantor ketika kamu bekerja. Jadi, bukan sekedar ilmu saja tapi juga skill bisa kamu peroleh.


Harmonisnya Lingkungan Multi Budaya 

Australia dikenal sebagai negara dengan keberagaman budayanya seperti Indonesia. Terdapat berbagai ras, etnis dan suku bangsa yang menetap di Australia. Mereka juga menghormati perbedaan agama khususnya Islam dimana di setiap universitas menyediakan ruang untuk beribadah. Mereka dikenal ramah, bersahabat, terbuka dan memiliki gaya hidup yang santai. Sehingga lingkungan disana yang aman dan stabil membuat kamu bakal nyaman untuk belajar.

Banyaknya mahasiswa Indonesia yang berkuliah di Australia pun, membuat kamu tidak sulit untuk menemukan organisasi masyarakat maupun komunitas pelajar Indonesia di Australia. Tak lupa, bahasa Inggris yang digunakan sebagai bahasa sehari-sehari tidak akan menyulitkan kamu untuk berkomunikasi dengan masyarakat disana. Hal ini akan membantu kamu untuk cepat bersosialisasi dengan lingkungan di Australia.


Kuliah OK, Part Time OK

Standar biaya hidup di Australia memang mahal, tapi tidak semahal di Amerika dan Inggris. Tapi kamu tidak perlu khawatir kehabisan uang saku, karena terdapat banyak sekali kesempatan untuk memperoleh kerja sambilan. Universitas di Australia telah menyediakan “pusat hubungan karir” yang memberikan informasi bagi mahasiswa untuk memperoleh pekerjaan sembari kuliah.

Selain itu, Australia juga menawarkan program berlibur sambil bekerja (Working Holiday Maker Program). Disini mencakup visa Working Holiday dan visa Work Holiday, dimana kamu bisa bepergian dan bekerja di Australia selama total 12 bulan dan studi di Australia hingga 4 bulan. Menggiurkan bukan?



Cuaca dan Musim yang Unik

Iklim di Australia bervariasi dan bisa dibilang unik karena letak geografisnya yang sangat luas. Walaupun Australia memiliki 4 musim, namun keadaan disana tidak seperti negara 4 musim lainnya.

Musim panasnya berlangsung dari bulan Desember s/d Februari, musim gugur dari Maret s/d Mei, musim dingin dari bulan Juni s/d Agustus, kemudian musim semi dari bulan September s/d November. Kamu jangan terkejut ketika Natal bukan salju yang menyambutmu tapi justru sinar mentari yang terik. Sudah jadi tradisi di Australia untuk merayakan Natal di pantai sambil berpesta barbekyu. Unik, bukan?

Temperatur musim panas di Australia terkadang bisa berubah ekstrim antara 26oC mencapai 38oC. Ketika musim dingin, beberapa negara bagian suhunya justru tinggi sekitar 20oC. Namun di wilayah lain seperti Canberra, temperatur udara bisa sangat rendah sampai membeku.

Selain itu, wilayah Australia juga dikenal dengan curah hujannya yang tinggi. Jadi, saran buat kamu agar terlebih dulu mengecek kondisi cuaca di kota tujuanmu sebelum berangkat, ya?!. Sehingga kamu bisa membawa perlengkapan yang sesuai keadaan disana.

Last But Not Least, Jangan Lewatkan Kesempatan Eksplorasi Wisata Alam!

Sudah jauh-jauh ke luar negeri, pasti sayang kan kalau tidak menjelajahi wisatanya? Australia sudah dikenal dengan keeksotisan alamnya. Mulai dari keindahan pantai di Fraser Island, Twelve Apostles, Shark Bay, hingga kumpulan karang terbesarnya di Great Barier Reef. Tak kelewatan berbagai gurun pasir, Uluru yang terkenal, air terjun McKenzie dan Kakadu, Blue Mountains yang menawan, serta masih banyak keindahan alam lainnya yang sayang untuk dilewatkan.

Jadi, jangan lupa masukkan daftar jalan-jalanmu selama menempuh pendidikan di Australia.

Mungkin 11 alasan di atas masih kurang untuk menggambarkan mengapa kamu tidak akan menyesal melanjutkan studimu ke Australia. Jadi, giatlah belajar dan berusaha mencari kesempatan. Apalagi kuliah gratis ke Australia bukanlah hal yang mustahil, bukan?
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,81,Arab Saudi,13,Asia,237,Australia,75,Austria,12,Beasiswa,297,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,13,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,312,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,441,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,2,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,58,Jerman,46,Kanada,27,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,3,Malaysia,26,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,12,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,150,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,7,Tips Beasiswa,15,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,6,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: 11 Alasan Lanjut Kuliah ke Negeri Kangguru, Australia
11 Alasan Lanjut Kuliah ke Negeri Kangguru, Australia
https://2.bp.blogspot.com/-F2ZhLpOsihw/ViebzHjZ5sI/AAAAAAAAFjI/rOTMHlEy0N8/s640/Beautiful.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-F2ZhLpOsihw/ViebzHjZ5sI/AAAAAAAAFjI/rOTMHlEy0N8/s72-c/Beautiful.jpg
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2015/10/11-alasan-kuliah-ke-australia.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2015/10/11-alasan-kuliah-ke-australia.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy