Beasiswa Chevening “Untuk Kamu yang Ingin Kuliah di Inggris”!

Inggris, apa sih yang ada di pikiranmu ketika mendengar nama Inggris? James Bond? Harry Potter? Sepak bola? Well , apapun itu yang ada dipik...

Inggris, apa sih yang ada di pikiranmu ketika mendengar nama Inggris? James Bond? Harry Potter? Sepak bola? Well, apapun itu yang ada dipikiranmu, melanjutkan kuliah atau studi di Inggris dengan bantuan beasiswa bukanlah hal yang tidak mungkin. Dari sekian banyak macam serta jenis beasiswa yang bisa kamu ambil untuk melanjutkan kuliah di Inggris, salah satunya adalah yang bernama Chevening Scholarships. Nah, pasti kamu sudah bersemangat dan juga penasaran sekarang untuk mengetahui lebih lanjut tentang beasiswa ini. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.



Chevening pada dasarnya merupakan sebuah penghargaan yang sifatnya internasional dan ditujukan untuk membentuk dan mengembangkan para calon pemimpin dunia untuk masa depan. Chevening itu sendiri termasuk dalam bagian yang resmi dikeluarkan oleh pemerintah Inggris. Sumber dana Chevening datang dari FCO atau Foreign and Comonwealth Office serta juga beberapa organisasi yang bekerja sama dengan Chevening itu sendiri. Chevening memiliki 2 macam penghargaan yang diberikan yaitu berupa Chevening Fellowships dan juga Chevening Scholarships. Para kandidat untuk bisa menerima Chevening akan dipilih secara langsung oleh kedutaan Inggris di berbagai negara di dunia serta juga komisi tingkat atas yang mewakili Inggris.

Beasiswa Chevening pertama kali muncul pada tahun 1983 dan telah berkembang menjadi program internasional yang sangat istimewa saat ini. Pelamar beasiswa ini harus merupakan lulusan kaliber tinggi dengan kualitas pribadi, intelektual, dan interpersonal yang diperlukan untuk menunjang kemampuan kepemimpinan. Jadi bisa disimpulkan bahwa beasiswa ini diberikan dengan tujuan untuk mencetak pemimpin bangsa dan bahkan dunia nantinya di masa depan.

Jadi Chevening ini merupakan sebuah penawaran untuk bisa mendapatkan kesempatan unik dalam mengembangkan diri menjadi calon pemimpin di masa depan nanti. Hal-hal yang akan dikembangkan jika berhasil menjadi salah satu penerima penghargaan dari Chevening meliputi hal-hal yang berhubungan dengan akademik dan juga proses pembuatan keputusan, tata cara memimpin, serta bagaimana bisa mempengaruhi banyak orang sekaligus dalam konteks yang positif kaitannya dengan memimpin dunia di masa depan.

Tujuan dari Chevening ini adalah pada akhirnya untuk bisa emberikan kesempatan belajar dimana Inggris akan memberi pendidikan bagi para calon pemimpin dunia yang sudah memperlihatkan bakat kepemimpinanya sebelumnya. Kaitannya dengan usaha diplomasi Inggris di seluruh dunia, peran Chevening sangatlah penting. Pada akhirnya Chevening merupakan alat FCO untuk bisa tetap menjaga hubungan baik dengan para pemimpin dunia, orang-orang berpengaruh, dan para pembuat keputusan di masa depan nantinya.

Sangat menarik bukan mengenai Chevening ini? Di Indonesia sendiri Chevening menyediakan kesempatan untuk dirakih bagi banyak calon mahasiswa yang ingin melanjutkan studi tingkat Master selama 1 tahun di Inggris. Para calon penerima beasiswa Chevening dari Indonesia bisa memilih bidang apapun yang memang ingin dipelajari, tapi ada beberapa bidang yang diprioritaskan oleh pihak Chevening yang meliputi climate change, economics, energy, finance, foreign policy, governance, science, technology, dan public sector management.

Program beasiswa ini menyediakan dana penuh atau dana sebagian untuk program penuh di tingkat pascasarjana. Beasiswa ini diberikan untuk calon mahasiswa pascasarjana di berbagai subjek ilmu dan setiap universitas di Inggris. Sehingga untuk mengajukan lamaran beasiswa, calon mahasiswa harus mengenali masing-masing universitas yang akan didaftari.

Sebelum mengajukan lamaran menjadi penerima beasiswa Chevening mari kita teliti dulu satu per satu bagaimana proses penawaran beasiswa ini. Chevening panel yang menyeleksi akan mengharapkan pelamar yang memiliki gagasan yang jelas tentang apa saja yang mereka rencanakan untuk belajar dan di universitas mana. Informasi berikut ini dimaksudkan untuk kamu mengevaluasi pilihan yang tersedia.

Inggris adalah negara yang menawarkan lebih dari 1800 program pascasarjana dan merupakan rumah bagi beberapa universitas paling bergengsi di dunia. Kualifikasi pascasarjana yang ditawarkan di berbagai mata pelajaran dan diakui secara internasional serta dihormati.

Sebelum mengajukan lamaran permohonan beasiswa Chevening, penting untuk mengumpulkan sebanyak mungkin informasi tentang lembaga yang ingin kamu daftari serta di jurusan mana kamu ingin mendaftar. Jangan lupa untuk bertanya pada teman, keluarga, kolega, yang telah belajar di Inggris. Hal ini penting supaya kamu bisa membandingkan untung dan ruginya.

Selain bertanya dan mengumpulkan informasi dari berbagai sumber, kamu bisa mengunjungi pameran. Banyak universitas yang menyelenggarakan pameran di seluruh dunia untuk menawarkan universitas tersebut. Pameran ini akan membuka kesempatan bagi kamu untuk berinteraksi dengan perwakilan universitas serta alumni. Ini tentunya akan membuat kamu lebih yakin lagi untuk memilih.

Setiap universitas di Inggris memiliki website yang memuat informasi mengenai jurusan serta program studi yang mereka berikan, serta prosedur aplikasi dapat ditemukan. Semua universitas di Inggris akan memiliki prospecktus yang tersedia, baik dalam bentuk hardcopy atau online. Prospektus adalah cara yang berguna untuk mendapatkan informasi mengenai universitas dan program yang ditawarkan.

Beasiswa Chevening ini bukan hanya ditawarkan pemerintah Inggris untuk satu universitas saja tapi seluruh universitas di Inggris, oleh karena itu penting untuk mengetahui bagaimana syarat yang diajukan oleh setiap universitas. Setiap universitas pasti memiliki persyaratan yang tidak sama. Setiap universitas akan memberi formulir aplikasi tersendiri yang harus diisi. Biasanya formulir ini berupa formulir online. Akan tetapi sekarang ini juga banyak universitas yang menyediakan formulir berbasis kertas.

Setiap universitas di Inggris yang terlibat dalam beasiswa Chevening ini juga memiliki syarat dokumen yang berbeda-beda serta waktu pengumpulan yang tidak sama. Bahkan bukan tidak mungkin dalam satu universitas setiap departemen atau jurusan akan memberikan syarat waktu yang tidak sama. Jadi harus benar-benar teliti dan cermat dalam membaca persyaratan yang diajukan.

Sebelum mengajukan lamaran, berikut ada informasi penting yang harus diperhatikan, yaitu:




1. Baca petunjuk dengan cermat. Pastikan kamu membaca informasi pada halaman negara dan syarat dan ketentuan program beasiswa Chevening. Kamu juga perlu untuk membaca LI Chevening Key yang ada di website www.chevening.com. Di sana ada pertanyaan dan jawaban yang mungkin bisa memberikan informasi.

2. Periksa kembali kelayakan diri sendiri. Pastikan bahwa kamu memenuhi kriteria kelayakan yang diajukan oleh program beasiswa Chevening.

3. Pikirkan baik-baik tentang jurusan yang ingin kamu ajukan lamaran. Karena nantinya kamu diminta untuk menuliskannya di formulir aplikasi. Kunjungilah situs-situs yang menjelaskan berbagai macam jurusan yang bisa dijadikan pilihan.

4. Pikirkan pula pilihan kedua. Jangan hanya fokus pada pilihan jurusan pertama lalu mengesampingkan pilihan kedua karena bisa saja kamu diterima di pilihan kedua.

5. Perhatikan persyaratan berbahasa inggris. Biasanya ada batas minimal tes kemampuan berbahasa inggris. Di setiap negara angka batas minimal ini berbeda-beda. Kamu harus mengikuti batas angka minimal di negara yang akankamu daftari.

6. Persyaratan pengalaman kerja. Bukan tidak mungkin universitas atau jurusan membutuhkan bukti pengalaman kerja. Sekali lagi perhatikan apa saja yang menjadi persayaratan tiap universitas.

Beasiswa yang ditawarkan oleh pemerintah Inggris untuk program MBA (Master’s In Business Administration) maksimal sebesar 12.000 Poundsterling. Kelebihannya akan menjadi beban pemohon. Beasiswa Chevening menerima aplikasi dari berbagai bidang studi dan memberi kesempatan lebih untuk bidang studi berikut: Economic Reform and International Trade, Foreign Policy and International Security, Democracy Governance and Human Rights, Climate Change and Environment, Finance, International Relations, and Environment.

Sudah tahu hal-hal yang perlu diperhatikan, jumlah beasiswa yang ditawarkan, dan pilihan bidang studi, sekarang kita lihat apa saja yang menjadi persyaratan untuk bisa mendapatkan beasiswa ini. Berikut penjelasannya:

1. Warga negara Indonesia dan berniat kembali ke tanah air setelah menyelesaikan studi

Jika kamu warga negara Indonesia tapi tidak berniat kembali ke tanah air setelah lulus nanti berarti kamu tidak masuk ke dalam kriteria. Kenapa ada persyaratan seperti ini? Kenapa kita tidak diperbolehkan menetap di sana saja? Tujuan utama beasiswa Chevening ini adalah untuk mereka yang berpotensi menjadi pemimpin masa depan bangsa. Jika setelah dipersiapkan menjadi pemimpin kamu tidak berkenan kembali ke tanah air lalu untuk apa? Sejauh apapun kamu pergi menuntut ilmu, kembalilah lagi ke asal agar ilmu yang kamu dapat memberikan manfaat dan mengangkat derajat negaramu sendiri.

2. Lulus sarjana dengan gelar setara di Inggris

Beasiswa Chevening ini ditujukan untuk mereka yang sudah menyelesaikan pendidikan sarjana dan ingin melanjutkan ke pascasarjana. Karena itulah salah satu persyaratan yang harus dipenuhi adalah lulus dengan gelar sarjana yang setara seperti di Inggris.

3. Memiliki kemampuan berbahasa Inggris sesuai yang dipersyaratkan Chevening

Kuliah di Inggris tentu harus mahir berbahasa Inggris. Hal ini sangat penting karena akan berhubungan dengan proses belajar di sana. Jika proses komunikasi saja terhambat lalu bagaimana bisa belajar dengan baik? Biasanya setiap penyedia beasiswa akan memberikan syarat nilai IELTS sendiri-sendiri. Penuhi syarat tersebut agar kamu bisa mengajukan permohonan menjadi penerima beasiswa.

4. Punya pengalaman kerja setidaknya 2 tahun sebelum mendaftar

Kembali lagi pada tujuan Chevening yaitu untuk mendidik calon pemimpin bangsa. Maka dari itu, ada sebuah persyaratan yang harus dipenuhi yakin punya pengalaman kerja. Dengan memiliki pengalaman kerja maka seseorang telah terlatih melakukan komunikasi dan berinteraksi dengan orang lain. Bersosialisasi bukanlah hal yang sulit namun juga bukan hal yang mudah. Perlu kelihaian dalam membuka koneksi dengan orang lain. Untuk itulah diperlukan orang-orang yang sudah memiliki pengalaman kerja.

5. Dapat memperoleh visa yang benar dan menerima tawaran tanpa syarat dari universitas di Inggris

Untuk menghindari masalah setelah diterima nantinya maka diajukan syarat kamu harus memperoleh visa yang benar. Semua tawaran yang diajukan universitas di Inggris yang menerima kamu nantinya harus kamu taati tanpa ada syarat apapun.

Berikut ini adalah kriteria-kriteria yang harus ada pada diri pelamar yang juga sangat penting untuk diperhatikan jika kamu ingin mendaftarkan diri sebagai penerima beasiswa Chevening ini.

1. Memiliki kualitas pribadi, intelektual, dan interpersonal yang diperlukan dalam kepemimpinan

Lagi-lagi kembali pada tujuan utama beasiswa Chevening yakni membentuk pemimpin masa depan. Oleh karena itu diperlukan pribadi yang berkualitas, intelektual, dan memiliki jiwa pemimpin. Hal ini tentu tidak dimiliki oleh sembarang orang. Hanya orang-orang tertentu saja yang memiliki sifat-sifat tersebut. Mereka inilah yang nanti akan terpilih untuk menerima beasiswa. Pastikan diri kamu memiliki sifat-sifat tersebut.

2. Termotivasi untuk mengembangkan karir dalam membangun posisi kepemimpinan dalam sepuluh tahun ke depan

Memiliki visi yang jelas adalah salah satu ciri orang hebat. Chevening mencari orang yang berniat untuk mengembangkan karirnya dan menempati posisi pemimpin dalam sepuluh tahun ke depan. Orang-orang yang seperti ini biasanya akan memiliki disiplin dan semangat yang tinggi dalam melakukan semua usaha untuk mencapai tujuannya. Untuk itu, jika ingin terpilih mulailah dari sekarang memikirkan bagaimana karir dan posisi kamu dalam sepuluh tahun mendatang. Siapkan diri kamu menjadi pemimpin masa depan.

3. Memiliki rencana beasiswa yang jelas, menguraikan tujuan karier, dan bagaimana mencapainya

Beasiswa diberikan bukan untuk hal yang sia-sia dan tidak berguna. Menerima beasiswa bukan berarti bebas menggunakannya tanpa tujuan yang jelas. Chevening membutuhkan orang yang benar-benar berkomitmen untuk memanfaatkan beasiswa yang ia terima untuk kepentingan masa depan. Mulailah merencanakan tujuan karier kamu beserta cara mencapainya karena Chevening akan mempertimbangkannya. Lewat rencana tujuan karier dan cara mencapainya ini pribadi seseorang akan terlihat. Apakah dia pekerja keras? Apakah dia orang yang berkomitmen tinggi? Serta apakah dia memiliki jiwa pemimpin atau tidak.

4. Berkomitmen membuat jaringan dalam mencari solusi global

Pemimpin adalah orang yang mengayomi orang-orang yang dipimpinnya. Pemimpin tidak akan mengambil keputusan sendiri secara egois. Oleh karena itu, demi mewujudkan tujuannya dalam menyiapkan pemimpin masa depan, Chevening membutuhkan orang yang memiliki komitmen untuk membuat jaringan dalam mencari solusi global. Dengan membuat jaringan, maka kemampuan kepemimpinan seseorang akan diuji. Jika kamu memiliki rencana untuk membuat jaringan dalam pemecahan masalah global maka kamu dapat dinilai sebagai orang yang memiliki potensi untuk menjadi pemimpin. Orang-orang seperti inilah yang dicari oleh Chevening. Jadi siapkan diri kamu untuk belajar mengkoordinir orang banyak dalam rangka mencari solusi global.

5. Berkomitmen dalam jaringan komunitas Chevening, melalui keterlibatan online, menghadiri kegiatan Chevening di Inggris, dan terlibat dalam jaringan alumni di negara asal

Sebagai penerima beasiswa Chevening nantinya kamu secara otomatis akan menajdi bagian dari komunitas Chevening. Baik itu komunitas penerima beasiswa, mahasiswa di Inggris, mahasiswa di universitas yang sama, ataupun alumni. Oleh karena itu kamu harus memiliki komitmen untuk selalu menjalin hubungan yang baik dengan mereka. Jangan sampai terkucil dan enggan bersosialisasi. Karena dengan bersosialisasi dan menjalin hubungan yang baik dengan keluarga komunitas Chevening ini kamu dapat membuka kesempatan berelasi. Bukankah seorang pemimpin juga harus memiliki kemampuan untuk menggandeng banyak tangan?

6. Mampu menggunakan pengalaman dan studi di Inggris bagi manfaat pribadi, negara, dan Inggris

Jangan menjadi egois. Meskipun beasiswa yang diberikan oleh pihak Chevening adalah milik kamu pribadi tetap saja kamu memiliki tanggung jawab yang besar terhadap diri sendiri, negara, juga Inggris. Apa yang sudah kamu dapatkan lewat belajar di universitas harus dapat kamu manfaatkan dengan baik demi kepentingan diri kamu sendiri, negara Indonesia, serta Inggris tempat dimana kamu menuntut ilmu. Untuk diri sendiri agar kamu menjadi pribadi yang sukses dan lebih maju. Siapkan masa depan yang cerah, manfaatkan ilmu yang kamu dapat untuk meraihnya. Untuk negara, karena bagaimanapun juga kamu bisa mendapatkan beasiswa Chevening lewat negara. Jadi jangan sampai lupa pada asal dan enggan kembali serta enggan mengaplikasikan ilmu demi kemajuan negara sendiri. Untuk Inggris, bagaimanapun juga tempat kamu menuntut ilmu harus mendapatkan manfaat dari apa yang kamu dapat. Jangan semata-mata memanfaatkan fasilitasnya saja tapi kamu juga harus berguna dan memberikan kemajuan di sana.

7. Mampu menjalankan dan menyelesaikan kuliah yang diusulkan di Inggris

Tujuan utama Chevening memberikan beasiswa adalah untuk memfasilitasi kegiatan perkuliahan kamu. Jangan menyia-nyiakannya dengan menggunakan fasilitas tersebut tidak sebagaimana mestinya. Sejak awal kamu harus berkomitmen utnuk menyelesaikan kuliah tepat waktu dan mampu mengaplikasikan ilmu tersebut demi memberikan manfaat.


Pengajuan permohonan untuk beasiswa ini bisa dilakukan secara online di situs www.chevening.org. Di laman tersebut kamu mungkin perlu mengunduh terlebih dahulu panduan aplikasi dan jangan lupa baca lagi aturan-aturannya yang terkait dengan beasiswa Chevening. Karena mungkin saja informasi yang kamu dapat termasuk informasi dalam artikel ini masih kurang. Klik ‘online Chevening Shcloarships application form’ untuk memulai pengajuan aplikasi. Semoga berhasil dalam mengejar beasiswa Chevening ini ya.
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,81,Arab Saudi,13,Asia,237,Australia,75,Austria,12,Beasiswa,297,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,13,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,312,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,441,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,2,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,58,Jerman,46,Kanada,27,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,3,Malaysia,26,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,12,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,150,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,7,Tips Beasiswa,15,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,6,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: Beasiswa Chevening “Untuk Kamu yang Ingin Kuliah di Inggris”!
Beasiswa Chevening “Untuk Kamu yang Ingin Kuliah di Inggris”!
https://2.bp.blogspot.com/-NY0JwyD9Ezo/Vl0bTiCS0xI/AAAAAAAACHg/8iTK2MN5e8o/s640/Chevening.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-NY0JwyD9Ezo/Vl0bTiCS0xI/AAAAAAAACHg/8iTK2MN5e8o/s72-c/Chevening.jpg
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2015/11/beasiswa-chevening-khusus-buat-kamu.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2015/11/beasiswa-chevening-khusus-buat-kamu.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy