Fira, Diterima di University of Warwick dalam Waktu Satu Minggu

Shaffira Diraprana Gayatri merupakan mahasiswa S2 University of Warwick Program study Sastra Dunia. Mahasiswa yang akrab dipanggil Fira in...


Shaffira Diraprana Gayatri merupakan mahasiswa S2 University of Warwick Program study Sastra Dunia. Mahasiswa yang akrab dipanggil Fira ini berhasil lolos beasiswa LPDP untuk mendukung study masternya. Selain aktif dalam kegiatan kemahasiswaan di University of Warwick dan PPI, dia juga sempat menjadi sukarelawan di kamp migran “the Jungle” Calais, Prancis, selama tiga bulan. Yang lebih menarik, saat mendaftar ke University of Warwick Fira hanya membutuhkan waktu 1 minggu untuk mendapatkan LoA. Dan kali ini, Fira akan berbagi pengalaman dan tips untuk dapat diterima menjadi mahasiwa University of Warwick.

Go for it – you won’t regret it! I had the time of my life at Warwick, and so will you!. -Fira-


Alasan Memilih University of Warwick

Kebetulan dari dulu aku memang ingin melanjutkan sekolah S2 ke Inggris, karena latar belakangku Sastra, dan Inggris merupakan salah satu negara yang paling bagus untuk mengambil Sastra. Setelah melakukan riset sejumlah universitas di Inggris, University of Warwick menawarkan program studi yang paling cocok dengan yang kuinginkan. Selain itu, Warwick merupakan universitas dengan reputasi yang sangat bagus di Inggris, terutama untuk bidang sosial dan humaniora.


Aku mengambil program studi Sastra Dunia (MA in World Literature). Singkatnya, kita mempelajari dunia melalui karya-karya sastra dari berbagai negara di luar kawasan Eropa dan Amerika Utara, jadi dengan fokus yang lebih besar terhadap negara-negara dunia berkembang, misalnya di kawasan Afrika, Asia, Karibia, dll.

Pendaftaran ke University of Warwick

Langkah pertama dan paling penting sebelum melakukan pendaftaran adalah melakukan riset secara teliti. Kalau aku sendiri, setelah melakukan riset sejumlah universitas, membuat tabel yang berisi 6 besar universitas dan program studi pilihanku. Tabel itu berisi detil seperti persyaratan dan dokumen yang dibutuhkan, deadline pendaftaran, biaya, dan sebagainya (harus dibuat serinci mungkin supaya jelas).  Dari 6 besar itu, aku memilih 4 besar untuk diproses aplikasinya.


Timeline juga perlu jelas. Kalau aku sendiri, periode riset dimulai kira-kira bulan Juni setahun sebelumnya. Bulan September-Desember membuat personal statement / letter of purpose (termasuk proofreading dan revisi sampai 7 kali). Bulan November-Desember persiapan IELTS. Bulan Januari-Maret fokus submit aplikasi sekolah. Bulan Maret-April aplikasi beasiswa, dan sebagainya.

Tips: untuk mendaftar sekolah di luar negeri harus melakukan persiapan yang sangat matang. Kuncinya: Riset!, Diskusi dengan alumni dari universitas yang dituju penting, tapi kadang informasi yang kita cari sudah ada di website universitas. Jadi, jangan malas mencari informasi sebanyak mungkin. Persiapan dari jauh-jauh hari, jangan mendadak!.

Tes Masuk University of Warwick

Proses seleksinya sendiri aku kurang tahu, yang jelas setelah kita melengkapi proses aplikasi dan submit semua berkas (semua dilakukan via online), kita tinggal menunggu kabar saja dari universitas. Lamanya sangat tergantung universitas masing-masing, mulai seminggu hingga sebulan. Untuk Warwick, aku sudah mendapat Letter of Acceptance seminggu setelah memasukkan aplikasi.


Tips: Percaya diri! Tidak banyak yang tahu bahwa universitas-universitas mancanegara sangat membutuhkan mahasiswa internasional. Selain karena kita membayar biaya SPP yang jauh lebih mahal daripada mahasiswa lokal, juga karena rasio mahasiswa internasional sangat berpengaruh terhadap kenaikan ranking universitas. Jadi, selama semua berkas aplikasi kita lengkap dan sesuai dengan persyaratan yang diminta, Motivation Letter kita bagus dan tanpa cacat, dan surat rekomendasi dari dosen juga meyakinkan, kita memiliki chance yang besar untuk diterima!.

Sistem Perkuliahan di University of Warwick

Perkuliahan di kelas menggunakan Bahasa Inggris. Kendalanya adalah sistem akademik yang berbeda antara di Inggris dan di Indonesia. Kalau di Inggris fokusnya adalah mahasiswa, jadi kita dituntut untuk membaca banyak jurnal (biasanya kita diberi daftar reading untuk dibaca sebelum kelas tiap minggu), dapat berpikir kreatif dan berargumentasi di kelas, dan dapat menulis esai argumentatif dengan baik. Kebetulan aku pernah melakukan pertukaran pelajar di NUS Singapura yang juga menerapkan sistem seperti itu jadi tidak terlalu kaget dibandingkan teman-teman Indonesia yang lainnya.


Solusinya: Banyak-banyak belajar dan memperbaiki diri.
  • Departemenku menyediakan dukungan yang sangat besar dengan memberikan kami beberapa sesi Introduction to Academic Writing yang sangat membantu, selain itu ada juga konsultan yang bisa kami datangi untuk konsultasi mengenai tulisan kami.
  • Aku juga membaca beberapa buku yang direkomendasikan dosenku mengenai academic writing untuk membantuku menulis esai yang baik.
  • Untuk menghadapi reading list: penting untuk dapat membaca dengan cepat serta menerapkan strategi skimming and scanning, serta mencatat poin-poin yang penting serta dapat dikritisi dari jurnal.
  • Selama membaca jurnal kita harus mempertanyakan 5W dan 1H dari tulisan tersebut. Jangan takut untuk mengkritisi atau mendebat argumen dari esai atau buku yang kita baca.

SPP di University of Warwick

Untuk international students, Taught Master’s di bidang sosial dan humaniora sekitar GBP 16,000-18,000, sedangkan Taught Master’s di bidang science sekitar 20,000-21,000. Untuk jurusan-jurusan di fakultas Warwick Business School lebih mahal, sekitar GBP 26,000-35,000.


Keunggulan University of Warwick

Warwick memiliki reputasi yang sangat bagus di UK dan dunia internasional (merupakan universitas top 10 di UK). Selain itu Warwick adalah universitas yang kampusnya terdiri dari satu kompleks tersendiri (kalau di Indonesia seperti Universitas Indonesia) sehingga suasana kampusnya sangat terasa dan sangat mendukung untuk belajar, tidak seperti di kota-kota lain seperti London dimana kampus-kampusnya hanya terdiri dari beberapa gedung yang tersebar di seluruh kota.

Bidang ilmu terbaik di University of Warwick adalah Bisnis (menurut WBS meraih ranking 1 di UK), Sosial dan Humaniora (Economics, PPE, Drama, dll), dan Matematika.


Fasilitas Mahasiswa di University of Warwick 

Fasilitas untuk mahasiswa sangat banyak dan bagus, misalnya sports centre (termasuk gym, kolam renang, lapangan tenis, dan running track), gedung-gedung konferensi, laboratorium, ruangan-ruangan belajar yang memadai (mahasiswa postgraduate dan research students mendapat ruangan tersendiri), koleksi perpustakaan yang lengkap dan memiliki 13 gedung.

Dukungan yang diberikan universitas juga sangat bagus, baik dari universitas maupun Student Union, dari counseling, kegiatan olahraga, kegiatan refreshing, hingga seminar, semua ada. International students juga diberikan keutamaan dalam mendapat akomodasi.




Sosialisasi di Lingkungan Internasional

Untuk sosialisasi di lingkungan internasional kita harus Open-minded, jangan takut memulai perkenalan, percaya diri menggunakan bahasa Inggris, jangan hanya membatasi diri berteman dengan teman-teman dari satu negara, sering-sering mendatangi acara atau bergabung dengan komunitas/klub yang sesuai minat kita, di situlah kita dapat berteman dengan orang-orang yang memiliki interest yang sama.


Mahasiswa Indonesia di University of Warwick

Untuk tahun 2014-2015, mahasiswa Indonesia di Warwick ada sekitar 50 orang, dari undergraduate sampai doctoral degree. Mahasiswa Indonesia di Warick sangat sering berkumpul, terutama ketika acara PPI (sekitar 2 bulan sekali, atau kadang sebulan sekali). Karena sedikitnya mahasiswa Indonesia di sana, kami sangat dekat satu sama lain.


Menarik bukan! Untuk teman-teman yang ingin melanjutkan kuliah ke luar negeri, sekarang lakukan risetmu. Setelah yakin dengan program studi apa yang akan kamu pilih, tentukan negaranya. Pilih universitas terbaik di bidangmu, dan catat seluruh informasi penting yang berkaitan dengan pendaftaran mahasiswa baru. Semoga berhasil :)
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,80,Arab Saudi,13,Asia,236,Australia,75,Austria,12,Beasiswa,291,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,13,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,312,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,441,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,2,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,56,Jerman,46,Kanada,26,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,3,Malaysia,26,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,12,Selandia Baru,23,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,149,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,7,Tips Beasiswa,15,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,5,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,35,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: Fira, Diterima di University of Warwick dalam Waktu Satu Minggu
Fira, Diterima di University of Warwick dalam Waktu Satu Minggu
https://3.bp.blogspot.com/-OtQpDyw6nis/VlcjiIC6YJI/AAAAAAAAHBo/oOaqJ9YmLw4/s640/14.png
https://3.bp.blogspot.com/-OtQpDyw6nis/VlcjiIC6YJI/AAAAAAAAHBo/oOaqJ9YmLw4/s72-c/14.png
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2015/11/fira-diterima-di-university-of-warwick.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2015/11/fira-diterima-di-university-of-warwick.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy