Ikuti Langkah-Langkah Membuat Paper Berikut Ini, Kamu Akan Lolos Konferensi Internasional !!

Jangan bilang sudah sukses jadi mahasiswa sebelum lolos program ke luar negeri! Entah untuk summit, conference, exchange, short course at...

Jangan bilang sudah sukses jadi mahasiswa sebelum lolos program ke luar negeri!
Entah untuk summit, conference, exchange, short course atau program yang lainnya... 

Konferensi di tingkat internasional merupakan peluang untuk kamu yang ingin berkunjung ke luar negeri hehee..  dan yang terpenting adalah, dengan mengikuti konferensi tingkat internasional kamu juga akan menambah wawasan dan networking. Tantangan mengikuti konferensi internasional yaitu, kamu harus menyusun paper sesuai dengan tema konferensi.  Jika papermu memenuhi persyaratan, kamu akan diundang untuk menjadi peserta bahkan pembicara dalam konferensi tersebut.

Selanjutnya, Bagaimana agar lolos paper konferensi internasional??? 

Yuk, kita gali ilmunya dari Mbak Ade yang telah memiliki banyak pengalaman konferensi di tingkat internasional


Halo Mbak, bisa dikenalkan untuk teman-teman Berkuliah.com., Nama, Aktifitas sekarang, dan Pengalaman Pendidikan ?
 

Hi teman-teman Berkuliah.com! kenalkan saya Ade Permata Surya.. kalian bisa panggil saya Ade. Saya lulusan S1 Ilmu Gizi Universitas Indonesia, dan alhamdulillah baru saja menyelesaikan S2 di bidang Magister Manajemen Universitas Mercu Buana. Selain bekerja di perusahaan sembari menyelesaikan studi S2, saya juga aktif dalam organisasi dan LSM, menjadi pembicara atau motivator dalam beberapa kesempatan event seminar, talk show, maupun workshop. Juga aktif dalam membuat penelitian, penulisan karya ilmiah, publikasi ilmiah, serta mengikuti konferensi internasional.





Di mana dan kapan Mbak Ade pernah mengikuti konferensi? Dan dalam bidang apa? 

Hhmm, saya pernah mengikuti konferensi baik lingkup nasional dan internasional. Di lingkup nasional, saya pernah mengikuti konferensi ICTOH (Indonesian Conference on Tobacco or Health) di Kuningan Jakarta. Sedangkan di lingkup internasional, saya pernah mengikuti TICA (Tokyo-Indonesia Commitment Awards) di Tokodai Tokyo, Jepang; ISMSS (International Symposium on Management and Social Sciences) di Phuket Thailand; ISMB (The 2nd International Seminar and Call for Papers In Management and Business) di Belitung, Indonesia; ICONIC (International Conference of Integrated Intellectual Community) di  Nuremberg, Jerman; dan pada CISAK (Conference of Indonesian Students Association in South Korea) di Daejeon, Korea Selatan.


Bagaimana agar lulus paper untuk bisa menghadiri conferensi internasional ? dan terpilih untuk mejadi pembicara dalam conferensi tersebut?

Menurut pengalaman saya, agar paper lolos untuk diikutkan dalam conference, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan (http://cisak.perpika.kr/2015/paper-writing):
  • Reviewer akan melihat masalah apa yang ingin diselesaikan, lalu apakah disampaikan dengan jelas dan apakah masalah tersebut penting.
  • Apakah paper sesuai untuk konferensi tersebut. Pertimbangan berikutnya adalah kecocokan isi paper dengan tema konferensi tersebut. Jadi sangatlah penting bagi kita untuk mengecek apakah isi paper kita sesuai dengan tema konferensi yang kita inginkan.
  • Apakah tujuan paper tersebut signifikan. Masalah yang diangkat haruslah nyata, penting dan baru.
  • Apakah metodologi/pendekatan yang digunakan valid. Metode yang digunakan untuk melakukan penelitian ini harus disampaikan dengan jelas dan juga valid. Jika menggunakan metode baru, harus ada analisis terhadap metode baru tersebut.
  • Apakah pelaksanaan penelitian tersebut tepat. Misalnya apakah penggunaan formulasi matematikanya tepat, lalu apakah data yang digunakan konsisten, dan apakah data yang dihasilkan mungkin terjadi.
  • Apakah kesimpulan yang diambil tepat. Kesimpulan yang diambil harus sesuai dengan data dan analisis yang dilakukan. Juga penting untuk menyampaikan apa implikasi / dampak dari penelitian / kesimpulan yang kita ambil.
  • Apakah materi di dalam paper tersebut disampaikan dengan jelas. Struktur penulisan sangatlah penting. Jika penelitian yang kita lakukan baik, namun penulisan kita tidak sesuai dengan struktur yang ditetukan, maka paper kita akan ditolak.
  • Hal apa yang dapat dipelajari dari Paper yang kita tulis harus dapat menyampaikan sesuatu yang dapat dipelajari oleh pembaca, jika tidak, maka paper yang kita tulis tidak publishable.





Bagaimana tahapan – tahapan membuat paper  yang baik ? mulai dari menentukan Judul, Sub judul sampai paper tersebut jadi? 

Tahapan-tahapan dalam membuat karya ilmiah diantaranya yaitu:
  • Memilih topik/ masalah
  • Mengumpulkan bahan
  • Survei lapangan
  • Menyusun hipotesis
  • Menyusun rancangan penelitian
  • Melakukan eksperimen/ percobaan
  • Melaksanakan pengamatan dan pengumpulan data
  • Menganalisis dan Menginpretasikan data
  • Merumuskan kesimpulan, saran dan teori 
  • Melaporkan hasil penelitian dengan menulis paper
Sedangkan urutan dalam menulis paper diantaranya :
  • Judul paper, nama penulis, institusi asal dan email penulis
  • Abstrak 
Abstrak merupakan isi atau rangkuman dari keseluruhan paper yang telah dibuat, namun diringkas hingga menjadi satu paragraf panjang dan biasanya butuh satu lembar halaman untuk memenuhi abstrak hingga menjadi sangat singkat (jelas). Abstrak merupakan bagian yang penting dari sebuah paper. Biasanya pembaca menilai menarik atau tidaknya sebuah paper atau berbobot tidaknya sebuah paper. Penulisan abstrak yang kurang menarik bisa membuat pembaca enggan membaca paper kita lebih lanjut.
    • Pendahuluan, berisi mengenai:
    1. permasalahan dan tujuan dari pembuatan paper tersebut.Tunjukan bahwa permasalahan ini penting, menantang dan menarik untuk di bahas (motivasi).
    2. pemaparan mengenai penelitian sebelumnya, sehingga menjadi dasar penelitian kita (scope).
    3. gap / masalah yang ada pada penelitian sebelumnya, agar menjadi pertanyaan yang akan kita selesaikan dalam penelitian kita.
    4. solusi yang diusulkan (proposed approach) dan bagaimana ia bisa mengatasi masalah yang kita sebutkan sebelumnya (solution).
    • Metodologi penelitian
    berisi analisis, desain, dan implementasi dari penelitian yang kita lakukan. Di sini akan dibahas secara detail mengenai penelitian yang kita lakukan.
    • Percobaan dan hasil
    Di sini berisi hasil uji coba dari penelitian yang kita lakukan. Bandingkan dengan penelitian yang lama sehingga akan terlihat bahwa penelitian kita lebih unggul.
    • Pembahasan
    Pemecahan pada poin ini adalah hal-hal atau isue yang ingin kamu sampaikan dari penelitian yang telah di lakukan. Semua berisikan ide-ide menarik atau gagasan pada sebuah permasalahan tentang apa yang ingin disampaikan kepada para pembaca dan biasanya berupa opini atau saran.
    • Kesimpulan
    Simpulan memuat ringkasan hasil penelitian dan jawaban atas hipotesis penelitian. Bisa juga membuat simpulan dari hasil uji coba.
    • Referensi
    Memuat semua pustaka yang kita gunakan dalam paper. Pustaka yang dimuat didaftar pustaka harus dikutip minimal sekali dalam paper.
    • Ucapan terimakasih (jika diperlukan)
    Baik dan buruknya sebuah paper dapat diukur dari sejumlah item atau variable seperti kebaharuan gagasan (novelty of ideas), kekuatan argumen (strenght of arguments), organisasi tulisan (organization of writing), dan kerapian laporan (sloppiness).




    Bagaimana cara mendaftarkan paper pada penyelenggara conferensi ? 

    Untuk mendaftarkan paper kita pada konferensi internasional, pertama-tama kita harus searching dan temukan informasi konferensi sebanyak-banyaknya terlebih dahulu. Kemudian kita screening dan pilih konferensi dari sekian banyaknya konferensi yang telah didapatkan sebelumnya. Untuk memilih konferensi manakah yang sebaiknya kita ikuti dapat dilakukan dengan mempertimbangkan:

    Kualitas konferensi, dapat dilihat dari (cisak.perpika.kr/2015/paper.writing):
    • Lembaga penyelenggara. Biasanya konferensi yang diselenggarakan oleh komunitas ilmiah yang jelas dan memiliki reputasi internasional, (seperti AIS, ACM, dan IEEE) memiliki kualitas yang baik. Lembaga ini biasanya juga mendukung lembaga lain untuk menyelenggarakan konferensi.
    • Apakah prosiding (Proceedings) dari konferensi tersebut terindeks atau tidak. Prosiding merupakan tempat dipublikasikannya paper–paper. Perbedaan prosiding dengan jurnal adalah prosiding hanya menerbitkan paper yang dipublikasikan di konferensi tersebut. Konferensi yang prosidingnya diindeks oleh AIS, ACM, IEEE, atau Scopus, misalnya akan lebih diminati. Tidak jarang hal ini dijadikan salah satu poin dalam promosi.
    • Komunitas akademik. Sebagai contoh, di bidang sistem informasi, International Conference on Information Systems (ICIS), European Conference on Information Systems (ECIS), dan Hawaii International Conference on System Sciences (HICSS) dianggap sangat bagus.
    Deadline pengumpulan abstrak/ paper. Sesuaikan dengan kondisi pengerjaan penelitian. Jika penelitian masih membutuhkan banyak waktu untuk penyelesaian, maka pilihlah konferensi dengan waktu deadline pengumpulan yang tidak terlalu mepet dan masih sempat untuk membuat abstrak/ paper dengan hasil maksimal.

    Lokasi konferensi internasional. Pilihlah lokasi konferensi yang menjadi target impian pribadi untuk mengunjunginya, sehingga kita lebih semangat untuk mewujudkannya. Namun pemilihan lokasi harus tetap realistis dari segi dana. Perhitungan yang tepat juga diperlukan sebagai ancang-ancang berapa total biaya yang kira-kira perlu kita keluarkan jika kita lolos nanti, agar dapat benar-benar berangkat.

     Jika kita telah memilih konferensi manakah yang akan kita ikuti, maka carilah informasi sebanyak-banyaknya dari website konferensi tersebut. Buatlah abstrak atau paper sesuai dengan format penulisan yang diminta oleh panitia penyelenggara. Hal ini penting sekali, karena format penulisan merupakan tahap awal seleksi paper. Banyak sekali paper yang gugur karena format yang tidak sesuai, terutama format daftar pustaka, format mengutip, dan format numbering.

    Jika format penulisan paper sudah sesuai, maka paper tersebut sudah dapat di submit dan dikirimkan. Tata cara mengirimkan paper berbeda-beda antara satu konferensi dengan konferensi lainnya. Namun umumnya paper dikirimkan dengan cara men-submitnya melalui website, formulir online, ataupun dengan mengirimkan manual melalui email.  Tata cara pengiriman paper pastinya akan dijelaskan pada website resmi konferensi.
    Paper yang terpilih pun akan ditetapkan apakah akan dipresentasikan secara oral (melalui presentasi power point di hadapan audience di dalam ruang diskusi panel). Ataukah dipresentasikan melalui poster yang umumnya berada di luar ruang. Bagi yang mendapat presentasi oral, maka perlu menyiapkan ppt, sedangkan untuk poster, perlu mencetak manuscript penelitian dalam bentuk poster yang ukurannya disesuaikan dengan permintaan panitia.



    Jika paper berbahasa inggris, bagaimana mengatasinya? 

    Jika target kita mempublikasikan paper di konferensi internasional, maka sudah pasti dan menjadi konsekuensi kalau paper yang akan kita kirimkan harus berbahasa inggris. Jika kesulitan dalam men-translate secara langsung ke bahasa inggris, kita dapat membuatnya dalam bahasa Indonesia terlebih dahulu baru kita translate manual ke bahasa Inggris. Namun jika kesulitan men-translate manual, kalian dapat menggunakan bantuan penerjemah google translate, namun dengan catatan harus double check dan mengeditnya kembali sehingga bahasa inggris yang digunakan tepat dan benar.

    Tips lain  yang bisa teman-teman coba yaitu, bentuklah tim peneliti dalam membuat paper dengan cara berkolaborasi bersama orang yang ahli di bidang penelitian tersebut, namun memiliki kemampuan bahasa inggris yang jauh lebih baik dari diri kita pribadi. Sehingga akan ada orang yang mampu mengevaluasi dan memperbaiki penulisan bahasa inggris paper.

    Bagaimana cara Mbak Ade belajar bahasa inggris, tips dan triknya seperti apa  sampai bisa menulis paper berbahasa inggris dengan baik ? 

    Kalau saya pribadi cara berlatihnya dengan membaca sebanyak-banyaknya paper internasional dan buku-buku internasional untuk topik penelitian yang akan saya angkat pada paper. Dengan demikian, selain kita dapat mempelajari topik permasalahan serta sebagai rujukan pustaka, kita akan terbiasa dengan istilah-istilah bahasa inggris yang sering digunakan untuk topik tersebut, sehingga akan memudahkan saat kita dalam mem-paraphrasing dan menuliskan ide yang kita punya dalam bahasa inggris.

    Cara lainnya dengan rajin menulis blog maupun log book sehari-hari dalam bahasa inggris untuk membiasakan diri. Dan yang tak kalah penting, adalah mengambil les bahasa inggris agar kita mengetahui dasar-dasarnya dengan tepat. Waktu dulu saya sempat mengambil kursus di kampung inggris pare selama 2 bulan dalam 2 tahun berturut-turut. Saya juga senang mendengarkan lagu inggris dan mempelajari liriknya hingga saat ini.

    Sebenarnya, bahasa inggris saya pribadi pun belum perfect, masih banyak kekurangan dan keterbatasannya. That’s why saya justru menjadikan momen konferensi-konferensi tersebut sebagai wadah saya meningkatkan kemampuan bahasa inggris.  Dengan begitu saya menantang diri saya sendiri untuk berlatih membiasakan diri menulis bahasa inggris dan berbicara langsung dengan native speaker.




    Apa manfaat dari mengikuti conferensi ?
     
    Banyak banget manfaat yang bisa kita ambil dari mengikuti konferensi. Manfaat yang paling utama adalah kita dapat mempublikasikan penelitian dan ilmu baru yang kita temukan ke masyarakat luas, bahkan hingga ke tingkat internasional. Kita pun dapat bertukar pikiran dan saling meng-update serta sharing ilmu pengetahuan dari lingkup yang berbeda-beda, sehingga kita mendapatkan ilmu baru dan masukan yang dapat diaplikasikan sebagai solusi permaslahan ke depannya. Tak hanya itu, dengan mengikuti konferensi internasional, kalian akan memperluas networking. Kalian akan mendapatkan teman-teman baru, baik orang-orang asing maupun sesama pelajar Indonesia yang sedang kuliah di lokasi konferensi berlangsung, sehingga ke depannya jika kalian ingin melanjutkan kuliah ke luar negeri ataupun keperluan lainnya di luar negeri, kalian akan memiliki banyak link untuk menggali informasi.

    Selain itu, dengan berangkatnya teman-teman untuk mengikuti konferensi di negara luar, maka teman-teman memiliki kesempatan untuk meningkatkan kemampuan bahasa inggris, kalian juga dapat mempelajari budaya sekaligus study banding kecil-kecilan untuk hal yang menjadi bidang konsentrasi teman-teman. Misalnya saja, sebagai ahli gizi dan orang yang menggemari fashion dan kecantikan, maka secara tidak langsung saya akan mempelajari bagaimana makanan dan cara berpakaian dari masyarakat yang menjadi lokasi saya untuk konferensi. Biasanya teman-teman akan mendapat banyak inspirasi dan ide-ide baru setelah melakukan study banding tersebut.

    Oia, masih banyak manfaat-manfaat lainnya kalau harus dijabarkan lebih detail. Dengan mengikuti konferensi, tentunya kalian telah membawa nama harum institusi tempat kalian menimba pendidikan, bahkan membawa nama harum Indonesia di mata pendidikan internasional (ini penting banget lho guys, karena publikasi ilmiah Indonesia masih menduduki peringkat yang rendah, bahkan kita jauh tertinggal dari negara tetangga).  Selain itu, kalian juga akan diberikan sertifikat yang sangat terpakai ke depannya, apalagi jika kalian berminat menjadi seorang dosen.

    Manfaat lain yang bisa dirasakan adalah teman-teman bisa refreshing sekaligus jalan-jalan di negara luar.., melepas stres setelah berkutit lama dengan penelitian teman-teman. Dan tentunya foto-foto selfie yang kalian share nantinya akan dapat menginspirasi orang lain agar dapat mengikuti jejak kesuksesan kalian.. wahh itu artinya teman-teman bermanfaat untuk orang lain lho..


    Pengalaman apa yang paling menarik saat mengikuti conferensi ? 

    Hhhmm sebenarnya hampir semua pengalamannya menarik.. saya sangat senang saat para peserta berkenalan satu sama lain dan mencari kenalan baru sebanyak-banyaknya saat konferensi. Bahkan, biasanya para peserta akan mencuri-curi waktu agar dapat berkenalan dengan professor maupun keynote speaker, dengan harapan siapa tahu dapat dijadikan supervisor untuk melanjutkan kuliah di luar negeri.
    Pengalaman paling menarik lainnya yang pastinya semua orang suka adalah sesi jalan-jalan dan foto bersama. Umumnya konferensi internasional akan menyediakan sesi acara jalan-jalan bersama bagi para peserta.



    Pesan untuk teman-teman Berkuliah.com agar lolos paper dan dapat mengikuti conferensi ?
     
    Buat teman-teman yang ingin papernya lolos dan mengikuti konferensi internasional, pesan saya adalah : pengalaman membuat satu paper saja tidak cukup, agar paper dapat diakui kualitasnya secara internasional kalian harus terbiasa untuk menulis paper. Terus belajar dari kekurangan-kekurangan paper sebelumnya yang pernah dibuat. Dan terus belajar dari paper-paper internasional sebagai rujukan. Buatlah abstrak yang menarik dan membuat reviewer penasaran untuk mengetahui isi penelitian lebih lanjut, abstrak juga harus menunjukkan paper yang kalian buat berkualitas dan memiliki dampak yang besar.

    Di samping itu, jika pengumuman lolos sudah keluar, segera cari dana dan sponsor ya agar benar-benar bisa berangkat! Buatlah proposal yang menarik, tekankan manfaat apa saja yang dapat diterima pihak sponsor jika memberikan kalian dana untuk berangkat.
    Dan tentunya, jangan lupa persiapkan power point yang menarik dan berskala internasional juga.. sering-sering berlatih presentasi menggunakan bahasa inggris secara monolog agar saat presentasi nanti kalian sukses!

    naahh.. itu dia tadi langkah-langkah yang diberikan oleh Mbak Ade, menarik bukan? selamat mencoba :)

    __________________________________________

    Narasumber : Ade Permata Surya

    Reporter : Eneng Atikoh Syatibi 
    Nama

    Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,81,Arab Saudi,13,Asia,237,Australia,75,Austria,12,Beasiswa,297,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,13,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,312,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,441,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,2,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,58,Jerman,46,Kanada,27,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,3,Malaysia,26,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,12,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,150,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,7,Tips Beasiswa,15,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,6,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
    ltr
    item
    Berkuliah.com: Ikuti Langkah-Langkah Membuat Paper Berikut Ini, Kamu Akan Lolos Konferensi Internasional !!
    Ikuti Langkah-Langkah Membuat Paper Berikut Ini, Kamu Akan Lolos Konferensi Internasional !!
    https://4.bp.blogspot.com/-07lPLFSysEY/Vjd3QesyvNI/AAAAAAAAGpQ/8VK-lY1hiXw/s640/ade%2Btulisanedhwdj.png
    https://4.bp.blogspot.com/-07lPLFSysEY/Vjd3QesyvNI/AAAAAAAAGpQ/8VK-lY1hiXw/s72-c/ade%2Btulisanedhwdj.png
    Berkuliah.com
    http://www.berkuliah.com/2015/11/ikuti-langkah-langkah-membuat-paper.html
    http://www.berkuliah.com/
    http://www.berkuliah.com/
    http://www.berkuliah.com/2015/11/ikuti-langkah-langkah-membuat-paper.html
    true
    6823463133590324440
    UTF-8
    Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy