5 Program Exchange Ke Luar Negeri Yang Wajib Kamu Coba! Perisapkan Sekarang Juga!

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk merasakan sensasi menempuh studi di luar negeri adalah dengan mengikuti program pertukaran pelajar...

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk merasakan sensasi menempuh studi di luar negeri adalah dengan mengikuti program pertukaran pelajar atau yang sering disebut dengan exchange program. Program ini tersedia dalam berbagai pilihan dan juga bisa diambil oleh pelajar SMA juga mahasiswa semester awal.


Kaitannya dengan program ini, banyak yang akan mengatakan bahwa pada akhirnya hanya akan menganggu konsentrasi dalam menempuh studi yang dijalani. Akan tetapi, justru dengan mengikuti program pertukaran pelajar ini, justru bisa mendukung studi yang sedang ditempuh. Untuk mahasiswa, jumlah sks yang diambil ketika mengikuti program pertukaran pelajar akan bisa diakumulasikan dengan sks yang ditempuh di dalam negeri, jadi tetap akan memberikan efek positif dalam hal studi yang sedang ditempuh.

Selain itu untuk pelajar yang masih SMA, bukan tidak mungkin denna mengikuti progra seperti ini nantinya akan bisa membuka jalan untuk melanjutkan studi di negara tempat mengikuti program ini. Kesempatan untuk bisa merasakan perbedaan proses belajar di luar negeri juga merupakan satu hal yang sangat bisa didapatkan ketika mengikuti program seperti ini.

Pada akhrinya jika memang ada kesempatan untuk mengikuti program pertukaran pelajar atau exchange, sebaiknya diambil saja. Tidak perlu diragukan lagi keuntungan-keuntungan yang akan bisa didapat dengan mengikuti program ini. Berikut ini adalah daftar program-program exchange yang bisa diambil oleh mahasiswa maupun pelajar dari Indonesa.

1. International Student Festival in Trondheim (ISFIT) – Norwegia

Meskipun bukan merupakan program untuk bisa mengikuti kegiatan sekolah atau kuliah di Norwegia, namun sejumlah totl 18 seminar yang ditawarkan selama program ini tentu sangat sayang untuk dilewatkan. Program ini merupakan sebuah festival pelajar internasional yang paling besar di dunia. Sejumlah total 400 pelajar dari seluruh dunia setiap 2 tahun sekali akan mengikuti program ini. Berbagai topik yang lingkupnya internasional seperti politi, sosial, dan beragai hal lainnya dijadikan sebagai tea dalam setiap penyelenggaraan program ini. Dalam setiap penyelenggaraanya di Trondheim, Norwegia, selalu ada berbagai presentasi budaya yang tentu akan mengenalkan para pelajar internasional kepada berbagai budaya di dunia. Nah jika kamu ingin sekali merasakan tinggal di Norwegia serta juga mendapatkan berbagai ilmu dalam berbagai hal dan mendapatkan teman-teman dari seluruh dunia, kamu bisa mendaftarkan diri untuk mengikuti program ISFIT ini.

Kalau kamu perlu informasi lebih lengkap tentang program ini silakan klik link http://www.isfit.org/. Semoga sukses dan bisa exchange ke Norwegia ya!

2. Encompass Trust – Inggris

Tidak bisa dipungkiri bahwa Inggris merupakan salah satu negara populer dalah hal menempuh studi di luar negeri. Oleh karena itu program ini menjadi pilihan tepat buat kamu yang ingin mencoba terlebih dahulu untuk tinggal dan belajar di Inggris. Program ini sudah dilangsungkan sejak tahun 2003 dan sudah terbukti berhasil untuk mempertemukan berbagai latar belakang budaya, agama, dan masyarakat dari berbagai mahasiswa yang ikut dalam program ini. Pada intinya adalah program ini dirancang untuk menghilangkan dan melawan stereotype negatf yang mungkin sudah menjalar pada diri para remaja. Negara-negara yangmenjadi bagian dari program ini meliputi Palestina, Indonesia, Israel, Inggris, dan Amerika. Presentasi budaya, diskusi kelompok, serta berbagai aktifias lain yang sangat menyenangkan akan dilakukan semua peserta program ini dalam waktu 10 hari. Untuk acaranya sendiri biasa diadakan di kawasan London, Inggris serta juga Wales atau Skotlandia.

Informasi lebih lengkap bisa kamu dapatkan di http://www.encompasstrust.org/. Semoga impianmu untuk exchange ke Inggris bisa terwujud. Amin.

3. Youth for Understanding (YFU) – Jerman


Di Jerman ada juga satu program yang ditawarkan bernama Youth for Understanding (YFU) yang pada dasarnya merupakan sebuah organisasi nirlaba skala internasional dengan program pendidikan di 64 negara di dunia. Sejak tahun 1951, YFU sudah menyelenggarakan dan membuktikan kesuksesannya dalam mengelola program pertukaran pelajar diseluruh dunia. Saat ini YFU bisadibilang menjadi organisasi terbesar dan tertua dalam hal pertukaran pelajar di dunia. Budaya merupakan fokus utama dari program ini karena memang budaya diyakini sebagai hal yang paling penting kaitannya dengan peningkatan keterampilan mahasiswa di lingkup internasional. Lebih dari 50 negara sudah dicakup oleh YFU dalam program yang berlangsung selama 1 tahun. Untuk YFU yang berada di Indonesia memungkinkan mahasiswa dari Indonesia untukisa mengikuti program pertukaran pelajar di negara-negara antara lain Jepang, China, Korea, Australia, Turki, Serbia, Amerika, Mexico, Jerman, Belanda, Switzerland, Perancis, Austria, Belgia, Estonia, dan Lithuania. Dengan semakin banyaknya pilihan dari negara untuk pertukaran pelajar, semakin menarik pula program ini untuk kamu ambil.

Kalau kamu join program exchange ini dapatkan informasi selengkapnya di http://www.yfu.or.id/, atau kamu bisa kunjungi https://www.yfu.org/. Semoga sukses!

4. Indonesia – Korea Youth Exchange Program (IKYEP) – Korea Selatan

Sudah tentu banyak remaja dalam hal ini pelajar SMA dan mahasiswa semester awal yang suka sekali dengan berbagai lagu dan drama seri Korea. Nah, jika kamu salah satunya, mungkin program IKYEP ini sangat pas buat kamu. Kementrian Pemuda dan Olahraga RI dan Kementrian Kesetaraan Gender dan Keluarga dari Korea Selatan menyelenggarakan program resmi ini mulai dari tahun 2008 dengan MOU ditandatangani pada tahun 2009. Program IKYEP ini biasanya diadakan selama 20 hari yaitu 10 hari di Indonesia dan 10 hari di Korea Selatan yang dilangsungkan pada bulan November. Berbagai kegiatan dalam program ini meliputi kunjungan kehormatan ke pusat-pusat kegiatan pemuda, pengenalan budaya, merasakan tinggal dengan keluarga, dan banyak lagi yang lain. Tentunya sangat menarik untuk bisa mengikuti program pertukaran pelajar ini.

Mau banget bisa join program ini? Silakan cari informasi yang lebih lengkap di http://ikyep.org/.

5. Ship for Southeast Asian Youth Programme (SSEAYP) – ASEAN



Nah program yang satu ini tentu dangat dekat dengan Indonesia karena lingkupnya adalah negara-negara ASEAN. Tujuan utama dari program ini adalah untuk mempererat hubungan persaudaraan serta juga toleransi dari pada pemuda yang tinggal di 10 negara ASEAN serta Jepang. Perluasan sudut pandang dari para peserta program ini juga dijadikan sebagai satu tujuan dalam kaitannya untuk memperkuat semangat dan hubungan kerjasama internasional antar negara. Seperti nama dari program ini, kapal merupakan media ataualat transportasi yang disediakan untuk program ini. Jadi selama didalam kapal bisa dimanfaatkan untuk berbagi cerita dan juga saling mengenal satu sama lain. Berbagai diskusi tentu bisa dilakukan dengan para peserta dari negara lain baik ketika berada didalam kapal maupun ketika di negara-negara yang dikunjungi.

Biar kamu bisa ikutan program yang ini, kamu wajib cari informasi yang lebih lengkap di sini http://www.sseaypindonesia.org/ atau di http://www8.cao.go.jp/youth/kouryu/h14/sseayp/sseayp-main-e.html. Semoga Sukses!

Nah itu tadi beberapa dari program pertukaran pelajar internasional atau Exchange Program yang bisa kamu ambil sebagai pelajar maupun mahasiswa dari Indonesia. Tentunya masih sangat banyak lagi program-program sejenis dan bisa kamu manfaatkan untuk bisa merasakan sensasi berada di negara lain yang bisa jadi nanti kamu bisa menempuh studi lanjutan disana.
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,81,Arab Saudi,13,Asia,237,Australia,75,Austria,12,Beasiswa,299,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,14,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,312,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,442,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,3,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,59,Jerman,46,Kanada,27,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,3,Malaysia,27,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,13,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,150,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,7,Tips Beasiswa,15,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,6,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: 5 Program Exchange Ke Luar Negeri Yang Wajib Kamu Coba! Perisapkan Sekarang Juga!
5 Program Exchange Ke Luar Negeri Yang Wajib Kamu Coba! Perisapkan Sekarang Juga!
https://4.bp.blogspot.com/-TnhEXI1cLEk/VmEzxpJbMkI/AAAAAAAAIHg/E8Ko_8_p4mA/s400/Exchange.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-TnhEXI1cLEk/VmEzxpJbMkI/AAAAAAAAIHg/E8Ko_8_p4mA/s72-c/Exchange.jpg
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2015/12/5-program-exchange-ke-luar-negeri.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2015/12/5-program-exchange-ke-luar-negeri.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy