AUN/SEED-Net Graduate Degree Program Scholarship untuk Kuliah S2 dan S3 di Kawasan Asia Tenggara dalam Bidang Teknik

Jika kamu berniat menempuh studi di luar negeri khususnya untuk jenjang S2 dan S3 namun tidak mau berada terlalu jauh dari Indonesia, ada satu lagi pilihan program beasiswa yang bisa kamu ambil. AUN/SEED-Net Graduate Degree Program Scholarship adalah pilihan yang bisa kamu ambil dan manfaatkan. Apakah kamu sudah pernah mendengar nama program beasiswa ini sebelumnya?



AUN/SEED-Net Graduate Degree Program Scholarship ini merupakan sebuah beasiswa yang memberi kesempatan kepada lulusan serta juga staf dari institusi-institusi yang menjadi anggota AUN/SEED-Net untuk melanjutkan kuliah pada jenjang S2 dan S3. AUN/SEED-Net itu sendiri merupakan singkatan dari ASEAN University Network/Southeast Asia Engineering Education Development Network. Berikut ini adalah daftar lengkap institusi-institusi yang menjadi anggota AUN/SEED-Net:

1. Brunei Darussalam
Institut Teknologi Brunei
Universiti Brunei Darussalam
2. Kamboja
Institute of Technology of Cambodia
3. Indonesia
Institut Teknologi Bandung
Institut Teknologi Sepuluh November
Universitas Gadjah Mada
Universitas Indonesia
4. Laos
National University of Laos
5. Malaysia
Universiti Malaya
Universiti Putra Malaysia
Universiti Sains Malaysia
Universiti Teknologi Malaysia
6. Myanmar
University of Yangon
Yangon Technological University
7. Filipina
De La Salle University
Mindanao State University-Iligan Institute of Technology
University of the Philippines-Diliman
8. Singapura
Nanyang Technological University
National University of Singapore
9. Thailand
Burapha University
Chulalongkorn University
Kasetsart University
King Mongkut’s Institute of Technology Ladkrabang
Thammasat University
10. Vietnam
Hanoi Universty of Science and Technology
Ho Chi Minh City University of Technology



SEED-Net itu sendiri merupakan sebuah sub-jaringan dalam bidang khusus yaitu pendidikan teknik dari AUN. Oleh karena itu para pemohon beasiswa ini nantinya harus memilih bidang studi yang akan ditempuh tersebut adalah yang berhubungan dengan teknik.

Seperti disebutkan sebelumnya tadi bahwa program beasiswa ini juga menyediakan beasiswa untuk jenjang S3 berupa beasiswa S3 Sandwich. Selain itu ada juga program beasiswa dengan gelar pascasarjana terpadu yang bisa diambil dalam program dari AUN/SEED-Net ini. Nah, dengan adanya pilihan yang tidak sedikit tersebut, tentu satu program beasiswa ini akan sangat sayang jika kamu lewatkan begitu saja. Apalagi jika kamu memang tertarik untuk mendalami bidang teknik yang sampai kapanpun akan selalu dibutuhkan oleh manusia.

Setiap periodenya, AUN/SEED-Net Graduate Degree Program Scholarship ini memberikan bantuan pembiayaan penuh untuk biaya kuliah dan juga biaya hidup dari penerima beasiswa jika studi yang diambil dilakukan di dalam negeri atau negara asal penerima beasiswa. Akan tetapi jika studi yang diambil dilakukan di luar negeri maka akan ada juga pembiayaan asuransi kesehatan, tunjangan relokasi, dan juga biaya tiket pesawat pergi-pulang untuk satu kali. Pemberian pembiayaan dari program beasiswa ini akan langsung efektif ketika waktu studi sudah dimulai. Bagi penerima beasiswa untuk jenjang S2, beasiswa akan diberikan selama jangka waktu 2 tahun.

Persyaratan
Berikut ini adalah hal-hal yang menjadi persyaratan dari beasiswa ini dan tentunya harus dipenuhi oleh pemohon jika ingin mendapatkan beasiswa AUN/SEED-Net ini ya. Perhatikan baik-baik agar kamu paham harus mulai menyiapkan apa saja untuk mengajukan permohonan beasiswa ini.
1. Pemohon beasiswa harus merupakan staf atau lulusan dari institusi anggota AUN/SEED dan memiliki motivasi sangat kuat dalam mengejar karir profesional khususnya di lingkungan institusi pemohon.
2. Pemohon sudah mendapatkan persetujuan untuk mendaftarkan diri sebagai pemohon beasiswa dari institusi asal dan memang nantinya diharapkan akan tetap menjadi staf di institusi tersebut setelah selesai menempuh studi.
3. Pemohon beasiswa jenjnag S2 harus sudah mempunyai gelar S1 atau Sarjana dalam bidang yang sesuai yaitu teknik atau bisa menyelesaikan studi S1 sebelum program beasisaw ini dimulai nantinya.
4. Pemohon harus memenuhi minimal satu dari standar berikut ini:
Masuk dalam kelompok 15% yang terbaik di kelas studinya pada tahun terakhir untuk gelar Sarjana yag ditempuh
Mempunyai IPK minimal 3.0 pada skala 4 atau 7.5 pada skala 10
Memiliki prestasi akademik yang luar biasa dan didukung adanya bukti yang bisa berupa sertifikat atau surat pernyataan
5. Pemohon mempunyai kemampuan menggunakan bahasa Inggris untuk belajar dan melakukan penelitian. Sertifikat bukti kemampuan penggunaan bahasa Inggris harus disertakan jika ada.
6. Pemohon berusia kurang dari 30 tahun saat mengajukan permohonan beasiswa dan mampu untuk nantinya melakukan penelitian secara independen.
7. Pemohon dapat melakukan proses pendaftaran di institusinya langsung jika ternyata institusi asal dan yang dituju sama dan berada di dalam negeri dengan syarat pemohon juga harus masuk dalam peringkat 5% terbaik di kelasnya untuk tahun terakhir studi jenjang sarjana.
8. Pemohon sudah teruji sehat secara fisik dan juga mental guna mengikuti seleksi program beasiswa.

Selain memenuhi syarat-syarat tersebut, jika kamu berniat mendaftarkan diri untuk mendapatkan beasiswa ini, maka kamu juga harus menyiapkan dokumen-dokumen berikut ini. Perhatikan dan pahami jadi nanti jika kamu harus menyiapkannya maka kamu sudah paham.
1. Formulir pendaftaran yang dilengkapi dengan foto terbaru dan juga tanda tangan
2. Salinan ijazah terakhir yang sudah dilegalisir
3. Salinan transkrip nilai terakhir yang resmi dan sudah dilegalisir
4. Surat keterangan yang menunjukkan prestasi akademik dengan presentase peringkat tercantum didalamnya termasuk IPK kumulatif dan dikeluarkan secara resmi oleh dekan
5. Surat pengesahan dari pimpinan institusi mengenai posisi pemohon saat mengajukan permohonan beasiswa ini
6. Surat rekomendasi dari pembimbing akademik pemohon
7. Surat rekomendasi dari dekan atau pimpinan departemen minimal 1 buah
8. Sertifikat bukti kemampuan menggunakan bahasa Inggris
9. Abstrak tesis
10. Proposal tesis atau rencana studi untuk riset

Pendaftaran
Sebelum bisa mendaftarkan diri untuk mengikuti seleksi beasiswa AUN/SEED-Net ini, kamu sebagai pemohon harus sudah mendapatkan persetujuan serta pengesahan dari institusi asal baik itu dimana kamu menempuh studi sebelumnya atau dimana kamu sedang bekerja saat ini. Setelah pengesahan didapatkan maka kamu harus mengajukan 2 jenis permohonan yaitu:
1. AUN/SEED-Net Application Form
2. Host Institution’s Application Form
Untuk bisa mendapatkan kedua formulir tersebut, kamu bisa langsung mengunjungi halaman formulir pendaftaran beasiswa AUN/SEED-Net dan memilih pilihan kedua formulir tersebut. Selanjutnya kamu harus mengisi dan melengkapi kedua formulir tersebut sesuai dengan tata cara yang berlaku dan diminta oleh pihak AUN/SEED-Net.

Pendaftaran dari program beasiswa ini ada 2 tahap yang kamu harus melalui tahapan tersebut untuk bisa ikut dalam seleksi penerima beasiswanya nanti.
1. Pendaftaran Tahap Pertama
Dalam tahap pertama pendaftaran beasiswa AUN/SEED-Net ini kamu harus menyiapkan 3 set dokumen dalam bentuk hard copy yang masing-masing set dimasukkan dalam satu amplop untuk dikirimkan ke institusi pengirim atau asal pemohon agar disahkan terlebih dahulu. Berikut ini adalah rincian dari 3 set dokumen tersebut:
1 set dokumen untuk AUN/SEED-Net yang mencakup formulir pendaftaran yang asli dan dokumen pendukung lainnya
1 set dokumen untuk institusi tujuan yang terdiri dari salinan formulir pendaftaran, formulir pendaftaran institusi tujuan, dan dokumen pendukung yang lain
1 set dokumen untuk institusi tujuan yang menjadi prioritas kedua yang terdiri dari salinan formulir pendaftaran, formulir pendaftaran institusi tujuan, dan dokumen pendukung lainnya
Setelah dokumen - dokumen tersebut diserahkan maka nantin institusi pengirim akan melakukan pengesahan dan selanjutnya juga mengirimkan dokumen-dokumen tersebut ke pihak AUN/SEED-Net serta ke institusi tujuan dari pemohon.
2. Pendaftaran Tahap Kedua
Setelah dokumen-dokumen tersebut diserahkan dalam tahap pertama dari pendaftaran, kamu sebagai pemohon akan diminta juga untuk mengirimkan beberapa dokumen tambahan ke AUN/SEED-Net secara langsung melalui email dengan alamat master@aun-seed.net. Ketika mengirimkan email pastikan kamu mengisi bagian subyek dengan jelas. Dokumen yang harus dikirimkan melalui email ini mencakup formlir pendaftaran dalam format Microsoft Excel dan juga scan copy dari surat pengesahan yang sudah kamu dapatkan sebelumnya.

Pengumuman
Beasiswa akan diumumkan oleh pihak AUN/SEED-Net melalui institusi pengirim atau asal pemohon. Hasil akhir dari seleksinya akan disampaikan juga di halaman resmi AUN/SEED-Net yaitu di halaman pengumuman beasiswa AUN/SEED-Net
Share on Google Plus

About Berkuliah Indonesia

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.