Artikel Terbaru

Awas Beasiswa Tipuan! Kenali Ciri-cirinya!

Sumber: hotcourses.co.id

Mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi tentu saja menyenangkan dan juga menggembirakan. Apalagi saat ini banyak sekali universitas, organisasi, dan juga perusahaan yang memberikan beasiswa atau dermasiswa bagi para mahasiswa yang berprestasi. Tentunya kesempatan untuk mendapatkan beasiswa menjadi lebih mudah. Ditambah lagi di era global ini, aplikasi beasiswa seringkali dilakukan online. Wah, terlihat mudah ya? Walau terdengar mudah dan praktis, tetapi ternyata banyak yang memanfaatkan hal ini untuk melakukan penipuan lho!


Dilansir dari laman usnews.com, setiap tahunnya terdapat kerugian sejumlah $1 juta dolar di Amerika akibat penipuan yang berkedok sebagai penyalur beasiswa. Oleh karena itu kita perlu waspada terhadap berbagai penawaran beasiswa. Para pelajar juga diminta untuk teliti dalam mengajukan permohonan beasiswa secara online. Nah, untuk menghindari berbagai penipuan berkedok beasiswa ini, kamu perlu mengenali beberapa ciri-ciri beasiswa “palsu” ini.

Mengharuskan kamu untuk membayar

Namanya juga beasiswa, kita lah yang seharusnya dibiayai kuliahnya bukan malah membayar untuk itu. Perlu kamu ingat, beasiswa yang resmi tidak akan pernah menghendaki kamu untuk membayar biaya apapun. Karenany kamu perlu berhati-hatilah jika diminta untuk membayar uang pendaftaran atau melakukan pembayaran terlebih dahulu sebelum pengajuan beasiswa tersebut diproses. 

Logo situs

Biasanya situs-situs beasiswa penipuan ini akan mencantumkan logo universitas, bank, institusi dan lain-lain untuk meyakinkan status mereka. Sebagai tindakan waspada, kamu bisa mencari di internet mengenai logo yang dicantumkan di situs tersebut. Carilah alamat email universitas yang dicantumkan logonya untuk memastikan apakah situs tersebut merupakan situs yang mereka tunjuk untuk menerima permohonan beasiswa.

Meminta informasi keuangan

Beasiswa resmi memang akan meminta data-data pribadimu, tapi beasiswa resmi tidak akan pernah meminta informasi keuanganmu. Misalnya saja rekening bank, nomor kartu kredit, atau bahkan nomor PIN. Jika kamu diminta untuk mengisi informasi mengenai data-data keuangan semacam itu, maka bisa dipastikan bahwa situs tersebut adalah situs penipuan.

Kesempatan istimewa

Kalau kamu menerima email yang menyatakan bahwa kamu diberikan kesempatan istimewa untuk mendapatkan sebuah beasiswa, sebaiknya kamu menelusuri dengan lebih lanjut dan jangan langsung percaya. Karena bisa saja hal itu adalah jebakan agar kamu mau menyetorkan sejumlah uang kepadanya. Perlu diingat, biasanya kesempatan beasiswa diberikan bagi semua orang yang memenuhi kriteria dan tidak ada yang ‘diistimewakan’.

Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Advertisement
Scroll To Top