Artikel Terbaru

Pengen Kuliah di Brunei Darussalam? Brunei Darussalam Government Scholarships to Foreign Students Tersedia untuk Semua Jenjang Kuliah!

Bagi pelajar asal Indonesia, Brunei Darussalam sangat bisa dijadikan referensi untuk target melanjutkan kuliah di luar negeri. Lokasinya yang sangat dekat dengan Indonesia tentu emberikan berbagai keunggulan dibanding harus menempuh studi di belahan bumi yang berbeda seperti Amerika Serikat misalnya. Jika kamu memang menginginkan untuk menempuh studi lanjutan atau kuliah di kampus-kampus ternama yang terdapat di Brunei Darussalam yaitu Universiti Brunei Darussalam, Universiti Islam Sultan Sharif Ali, Institut Teknologi Brunei, dan Politeknik Brunei, beasiswa dari pemerintah Brunei Darussalam ini merupakan pilihan tepat buat kamu.


Beasiswa ini merupakan program beasiswa resmi yang didukung penuh oleh pemerintah Brunei Darussalam dan dikhususkan untuk para pelajar internasional yang ingin menempuh studi di Brunei Darussalam. Beasiswa ini memberikan kesempatan bagi para pelajar internasiona untuk bisa menempuh studi di jenjang mulai dari D3, S1, S2, dan juga S3. Fakta bahwa beasiswa ini mendukung semua jenjang tentu menjadikannya sangat menarik dan sayang untuk dilewatkan bukan?

Program beasiswa yang dalam bahasa Inggris bernama resmi Brunei Darussalam Government Scholarships to Foreign Students ini disediakan melalui Kementrian Luar Negeri dan Perdagangan Brunei Darussalam. Seperti sudah disebutkan tadi bahwa ada 4 perguruan tinggi yang bisa dipilh untuk menjadi tempat atau lokasi menempuh studi di Brunei Darussalam dengan menggunakan beasiswa ini.

Jenjang D3 yang juga didukung oleh beasiswa ini menyediakan Diploma Ilmu Kesehatan yang lokasi studinya ada di Politekni Brunei. Untuk beasiswa jenjang S1 dan S2 masing-masing bisa diambil di 3 pergurua tinggi lannya selain Politeknik Brunei. Jenjang s1 mempunyai batas waktu 4 tahun dan jenjang S2 mempunyai batas waktu studi selama 2 tahun saja. Kemudian untuk jenjang S3 bisa diambil di Universiti Islam Sultan Sharif Ali selama 3 tahun saja.

Dalam kaitannya dengan pemberian beasiswa, setiap penerima beasiswa yang sudah mulai menempuh studi di Brunei akan terus dipantau prestasi dan perkembangannya. Setiap semester akan ada laporan yang bisa menjelaskan apakah penerima beasiswa masih layak untuk dipertahankan dalam diberikan beasiswa ini. Akan ada batas minimal dari SKS dan juga nilai untuk setiap semester yang jika gagal dicapai maka bisa saja beasiswa yang sudah diberikan tersebut akan dicabut.

Keuntungan dari Beasiswa Pemerintah Brunei Darussalam

Sejumlah fasilitas yang disediakan yang merupakan keuntungan juga bagi penerima beasiswa ini antara lain meliputi:
Bebas biaya kuliah penuh selama masa studi sesuai dengan jenjang studi yang diambil
Tiket pesawat pergi-pulang untuk 1 kali saja dari dan ke Brunei Darussalam
Tunjangan hidup bulanan sebesar 500 BND
Tunjangan untuk pembelian buku sebesar 600 BND setiap tahunnya
Tunjangan biaya makan setiap ulan sebesar 150 BND
Tunjangan bagasi setelah selesai menempuh studi sebesar 250 BND maksimal untuk penerima beasiswa dari negara-negara anggota ASEAN
Tempat tinggal atau akomodsi
Biaya asuransi kesehatan

Sejauh ini sangat menarik sekali tentunya penawaran beasiswa dari pemerintah Brunei Darussalama ini ya. Selanjutnya hal yang perlu diperhatikan adalah program studi atau bidang studi yang tersedia dan bisa kamu ambil sebagai tema pokok dari studi yang kamu tempuh di Brunei Darussalam. Secara umum kamu bisa memilih antara bidang seni, bisnis, sains, ekonomi, teknik, bahasa Arab, bahasa Inggris, geografi, sejarah, manajemen, ilmu lingkungan, sosiologi, matematika, ilmu komputer, biologi, kimia, kebidanan, keperawatan,kesehatan masyarakat, pendidikan, ilmu biomedis, ilmu-ilmu Islam, dan masih banyak progra studi atau bidang studi lagi.

Persyaratan Permohonan

Jika kamu ingin mengajukan permohonan untuk beasiswa dari pemerintah Brunei Darussalam ini, kamu harus memperhatikan persyaratan-persyaratan yang diberikan oleh pihak Brunei Darussalam yang meliputi:
Pemohon merupaan warga negara ASEAN, OIC, atau Commonwealth serta juga beberapa negara lainnya yang memang dianggap memenuhi syarat
Pemohon berusia antara 18 tahun hingga 25 tahun untuk jenjang studi S1 dantidak boleh lebih dari 35 tahun untuk progrm S2 san S3 pada akhir bulan juli setiap tahunnya
Pemohon yang merupakan pernduduk asli dan tetap Bruei Darussalam tidak bisa mendapatkan beasiswa ini seperti halnya juga warga asing yang menetap di Brunei Darussalam

Selain persyaratan umum tersebut, kamu juga harus menyiapkan dokumen-dokumen yang nantinya akan dibutuhkan dalam proses seleksi dari beasiswa ini. Berikut ini adalah dokumen-dokumen yang harus kamu siapkan dalam mengajukan permohonan untuk beasiswa ini:
Formulir pendaftaran atau permohonan (3 rangkap)
Pasfoto terbaru dalam ukuran standar paspor (3 buah)
Fotokopi ijazah serta trasnkrip nilai yang sudah dilegalisir (3 rangkap)
Statement of Purpose (3 rangkap)
Fotokopi akte kelahiran serta paspor yang dilegalisir (3 rangkap)
Fotokopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian (3 rangkap)
Terjemahan secara ersmi yang disahkan notaris untuk semua dokumen yang tidak dalam bahasa Inggris, bisa juga merupakan terjemahan dari pihak kampus sebeumnya

Permohonan Pengajuan


Selanjutnya yang perlu kamu ketahui adalah proses pendaftaran atau permohonan untuk beasiswa ini. Kamu bisa memulai proses pendaftaran atau permohonan kamu dengan mengundh formulir pendaftaran bersama dengan berbagai dokumen pendaftaran lainnya. Pastikan untukmembuat masing-masing dokumen dalam 3 rangkap seperti dijelaskan dalam persyarata beasisea ini tadi. Dalam mengisi formulir pendaftaran boleg ditulis tangan atau dengan diketikdan pastikan menggunakan tinta hitam atau biru. Kertas yang digunakan adalah dalam ukuran A4 dan dalam bahasa Inggris tentunya. Untuk mengunduh formulir pendaftaran dan juga melihat informasi-informasi penting lainnya seputar pendaftaran beasiswa ini bisa langsung menuju ke halaman http://www.mofat.gov.bn/Pages/BDScholarship.aspx.

Setelah formulir pendaftaran diisi dan juga semua dokumen pendukung sudah disiapkan, semuanya itu hars dikirimkan ke Kedutaan Besar Brunei Darussalam yang berada di Jakartauntuk kemudian diteruskan ke Kementerian Luar Negeri Brunei Darussalam. Kamu juga bisa angsung mengirmkannya ke Kementerian Luar Neeri Brunei Darussalam melalui Technical Assistance Divsion Berikut ini adalah alamat yag harus kamu cantumkan untuk mengirimkan surat permohonan dansemua dokumenyang diperlukan dalam seleksi beasiswa ini:

Kedutaan Besar Brunei Darussalam
Jalan Teuku Umar No.51, Menteng,
Jakarta 10210
Telepon : (021) 31906080

Technical Assistance Division
Ministry of Foreign Affairs and Trade
Jalan Subok, bandar Seri Begawan, BD2710,
Brunei Darussalam
Fax : (673) 2230903
Email : scholarship@mfa.gov.bn

Selain denga mengirimkan sema berkas permohonan dan dokumen yang diberikan secara langsung, pemohon juga bisa menyelesaikan permohonannya secar online melalui halaman https://apply.ubd.edu.bn/orbeon/uis-welcome/.

Untuk memastikan bahwa berkas-berkasnya memang terkirim semua dan sampai ke pihak Brunei Darussalam, ada baiknya bahwa semua berkas tersebut diserahkan langsung ke kedutaan besar Brunei Darussalam di Jakarta lalu tetap mengirimkan soft copy dari berkas-berkas tersebut melalui email yang tersedia rdari Technical Assistance Division tadi.

Permohonan beasiswa ini harus sudah masuk dan diterima secara lengkap pada awal bulan Januari. Pemberitahuan tentang penerima beasiswa ini basanya akan dikirimkan melalui email atau bahkan bisa saja dibubungi secara langsung oleh pihak kedutaan besar Brunei Darussalam di Jakarta.

Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Advertisement
Scroll To Top