Kalau Mau Kuliah ke China, Silakan Pakai Beasiswa Chinese Government Scholarship - Great Wall Program!

Sebagai salah satu negara yang perkembangannya sangat luar biasa, sudah sepantasnya jika Cina menjadi satu tujuan untuk menempuh studi bagi ...

Sebagai salah satu negara yang perkembangannya sangat luar biasa, sudah sepantasnya jika Cina menjadi satu tujuan untuk menempuh studi bagi banyak siswa internasional termasuk dari Indonesia juga. Secara mengejutkan, dari pihak pemerintah Cina sendiri ternyata menyediakan cukupbanyak pilihan program yang kaitannya dengan siswa internasional untuk bisa menempuh studi di Cina.


Nah jika kamu berniat untuk menempuh dan melanjutkan studi di Cina, ada satu program beasiswa yang mungkin akan menjadi pilihan tepat buat kamu. Melalui China Scholarship Council, pemerintah Cina mengadakan program yang bernama Great Wall Program. Program ini tentu termasuk dalam Chinese Government Scholarship yang berarti didukung sepenuhnya oleh pemerintah Cina.

Great Wall Program pada dasarnya adalah sebuah program beasiswa penuh yang pertama kali dibentuk oleh kementerian pendidikan Cina untuk pihak UNESCO dari PBB dalam rangka mendukung dan membantu para siswa dan juga para sarjana dari berbagai negara berkembang di dunia yang ingin menempuh studi lanjutkan atau bahkan melaksanakan penelitian di Cina.

Program ini akan mendukung dan membantu para siwa dan sarjana dalam lingkup pendidikan secara umum saja. Tidak ada bidang-bidang khusus yang diikutkan dalam program ini karena itu berarti cakupannya lebih luas dan peluang untuk mendapatkannya terbuka lebar. Lama waktu dari program ini bergantung pada studi yang diambil yang pada dasarnya adalah selama satu masa studi sesuai jenjang dan program yang diambil. Bagi para penerima beasiswa dalam program ini yang belum menguasai bahasa Cina akan diwajibkan untuk mendapatkan persetujuan dari UNESCO dan CSC dalam hal kursus bahasa Cina terlebuh dahulu selama satu tahun sebelum akhirnya berangkat ke Cina dengan beasiswa ini.

Cakupan Beasiswa Great Wall Program dari Chinese Government Scholarship

Beasiswa dalam Great Wall Program ini mencakup semua pembiayaan penuh yang meliputi biaya kuliah, biaya akomodasi, tunjangan biaya hidup, dan juga asuransi kesehatan. Rinciannya bisa dilihat sebagai berikut:

Biaya kuliah penuh yang tentu bisa berbeda-beda antara satu universitas dengan yang lain. Cakupan dari biaya kuliah ini termasuk juga biaya administrasi dan berbagai pengeluaran yang mendukung kegiatan-kegiatan lain namun tetap berkaitan dengan studi dari siswa penerima beasiswa.
Biaya akomodasi yang bisa berupa akses gratis untuk tinggal di asrama universitas atau tunjangan untuk akomodasi diluar universitas yang diberikan setiap bulan jika memang pihak universitas mengijinkan siswa untuk tinggal diluar kampus. Jumlah subsidi untuk akomodsi diluar kampus yaitu 1,000 CNY (jenjang doktorat) dan 700 CNY (jenjang master dan sarjana)
Tunjangan hidup selama menempuh studi di Cina yang diberikan setiap bulan. Rinciannya adalah 2,500 CNY (jenjang sarjana), 3,000 CNY (jenjang master), dan 3,500 CNY (jenjang doktorat).
Asuransi kesehatan dengan rincian yang lebih jelas bisa diakses melalui halaman berikut http://www.campuschina.org/newsdetailen.aspx?cid=194&id=2716. Secara umum untuk asuransi kesehatan bagi siswa internasional yang menempuh studi di Cina adalah sebesar 800 CNY dalam satu tahun.

Dalam hal cakupan pembiayaan Great Wall Program ini, ada juga pengelompokkan berdasarkan pilihan bidang studinya yang terbagi menjadi 3 kelompok yaitu Field of Study I (Philosophy, Economics, Legal Studies, Literature, Education, History, Management), Field of Study II (Engineering,Science, Agriculture), dan Field of Study III (Medicine, Fine Arts). Perbedaan pembiayaannya dapat dilihat dalam rincian sebagai berikut:

Jenjang sarjana – Field of Study I 59,200 CNY/tahun, Filed of Study II 62,200 CNY/tahun, dan Field of Study III 66,200 CNY/tahun.
Jenjang master – Field of Study I 70,200 CNY/tahun, Field of Study II 74,200 CNY/tahun, dan Field of Study III 79,200 CNY/tahun.
Jenjang doktorat – Field of Study I 87,800 CNY/tahun, Field of Study II 92,800 CNY/tahun, dan Field of Study III 99,800 CNY/tahun.



Persyaratan Pemohon Beasiswa CGS Great Wall Program

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan sebagai persyaratan untuk bisa mengajuka pemohonan program beasiswa dari pemerintah Cina ini. Pastikan bahwa kamu sudah memahami persyaratan-persyaratan berikut agar proses seleksinya berjalan dengan lancar.

Pemohon harus merupakan warga negara dari luar Cina dan dalam kondisi yang sehat
Pemohon untuk jenjang master harus berusia kurang dari 35 tahun pada waktu mengajukan permohonan
Pemohon untuk jenjang doktorat harus berusia kurang dari 40 tahun untuk bisa mengajukan permohonan

Selain persyaratan dalam hal-hal tersebut, ada juga berbagai dokumen yang wajib disiapkan jika kamu ingin mengajukan permohonan untuk mendapatkan beasiswa ini, yaitu:

Formulir permhonan Chinese Government Scholarship dalam bahasa Inggris dan Cina
Ijazah atau bukti lain yang menunjukkan status pendidikan pemohon saat mengajukan permohonan. Jika bukan dalam bahasa Inggris atau Cina maka wajib diterjemahkan kedalam dua bahasa tersebut dan disahkan notaris terlebih dahulu.
Transkrip nilai lengkap yang harus dalam bahasa Inggris atau Cina. Bisa diterjemahkan dan disahkan notaris jika aslinya bukan dalam bahasa Cina atau Inggris.
Surat rekomendasi berjumlah dua buah dalam bahasa Cina atau Inggris
CD yang berisi karya asli dari pemohom untuk pemohon yang menginginkan studi di bidang seni disesuaikan dengan bidangnya seperti musik, desain gambar, atau lukisan.
Proposal riset atau rencana studi dalam bahasa Inggris atau Cina dengan jumlah kata minimal 500.
Formulir Foreigner Physical Examination dalam bahasa Inggris yang bisa didapatkan melalui http://www.csc.edu.cn/laihua atau http://www.campuschina.org. Semua hal yang tercantum dalam formulir tersebut harus ada. Pastikan untuk menjadwalkan pemeriksaan yang akan kamu lakukan karena hasilnya hanya akan berlaku selama 6 bulan saja.
Fotokopi Pre-admission Letter dari universitas yang dituju di Cina (jika sudah ada).
Fotokopi sertifikat HSK (tes kemampuan penggunaan bahasa Cina) yang masih berlaku (jika ada).
Semua dokumen yang diperlukan tersebut harus dijadikan satu dan pemohon harus mengupulkan dua paket lengkap dari dokumen-dokumen tersebut.

Prosedur Permohonan

Jika kamu ingin mengajukan permohonan untuk beasiswa ini, kamu harus mengetahui prosedur-prosedurnya terlebih dahulu. Perhatikan prosedur permohonannya sebagai berikut:

Tahap 1 – Pemohon mengajukan permohonan ke National Commission for UNESCO di negara asal untuk mendapatkan kesempatan menerima beasiswa CGS khususnya Great Wall Program.
Tahap 2 – Pemohon mendaftarkan diri ke universitas yang dituju untuk mendapatkan Pre-admission Letter tepat setelah pihak UNESCO dari negara asal pemohon menyatakan bahwa pemohon termasuk dalam kandidat penerima beasiswa. Pemohon akan menerima Award Letter for CGS Candidate dari UNESCO.
Tahap 3 – Lakukan pendaftaran online melalui http://www.csc.edu.cn/laihua atau http://www.campuschina.org dalam memenuhi prosedur CSC Online Application System for International Students. Kumpulkan formulir permohonan CGS lalu cetak juga formulir tersebut. Pastikan untuk menanyakan informasi lebih lanjut dalam hal prosedur ini ke bagian UNESCO di negara asal terlebih dahulu.
Kumpulkan semua dokumen yang diwajibkan sebagai persyaratan beasiswa ini ke pihak UNESCO di negara asal pemohon sebelum batas pengumpulan yang sudah ditentukan oleh UNESCO atau CSC.

Pemohon yang memang diterima dan tidak memiliki Pre-admission Letter dari universitas yang dituju akan ditempatkan oleh pihak UNESCO atau CSC setelah dipastikan menerima beaswa CGS ini. Dalam hal penempatan para penerima beasiswa ini ada beberapa tahapan yaitu:

Dokumen-dokumen pemohon yang sudah direkomendasikan oleh UNESCO akan ada dalam daftar CSC untuk ditempatkan di berbagai universitas di Cina.
Permohonan yang memenuhi kriteria untuk program beasiswa ni akan dikirimkan ke pihak univesritas. Dalam hal ini CSC berhak melakukan perubahan dan penyesuaian serta penentuan untuk universitas yang nantinya menjadi tempat studi penerima beasiswa.
Setelah penempatan penerima beasiswa dikonfirmasi oleh universitas-universitas di Cina, maka penerima beasiswa akan secara resmi mendapatkan beasiswa CGS dalam Great Wall Program sesuai dengan jenjang masing-masing.
CSC melihat kembali daftar penempatan para penerima beasiswa kemudian mengutus perwakilannya untuk mengirimkan pemberitahuan penerimaan tersebut ke semua penerima beasiswa.
Penerima tdak diperkenankan mengganti apapun dalam hal studinya mulai dari universitas, bidang studi, dan jenjang studi setelah diterima.
Beasiswa tidak bisa ditangguhkan terlebih dahulu jika peneria ternyata tidak bisa menyelesaikan segala hal berkaitan dengan pendaftaran, permohonan, dan pemenuhan syarat sesuai batas akhir yang sudah ditentukan.


Kontak Lebih Lanjut untuk Pendaftaran

Jika kamu ingin mengajukan permohonan beasiswa ini sebaiknya dilakukan antara awal bulan Januari hingga awal bulan April di setiap periodenya. Secara umum untuk melakukan tahap awal permohonan beasiswa ini bisa langsung mendatangi National Commission for UNESCO di negara asal pemohon masing-masing.Namun jika hendak melakukan kontak langsung mengenai beasiswa ini, bisa langsung berkomunikasi melalui:

Kontak UNESCO
Mr, Jhaycee Manansala
Fellowship Program Section of UNESCO
Telepon : +331-45681417
Email : J.Manansala@unesco.org

Kontak CSC (Chinese Scholarship Council)
Telepon : 0086-10-66093953
Fax : 0086-10-66093915
Email : ouzhou@csc.edu.cn
Website : http://www.csc.edu.cn/laihua atau www.campuschina.org
Alamat : Division of International Student Affairs, China
Scholarship Council Level 13, Building A3, No 9,
Chegongzhuang Avenue, Beijing P.R. China, 100044
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,80,Arab Saudi,13,Asia,236,Australia,75,Austria,12,Beasiswa,291,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,13,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,312,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,441,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,2,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,56,Jerman,46,Kanada,26,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,3,Malaysia,26,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,12,Selandia Baru,23,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,149,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,7,Tips Beasiswa,15,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,5,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,35,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: Kalau Mau Kuliah ke China, Silakan Pakai Beasiswa Chinese Government Scholarship - Great Wall Program!
Kalau Mau Kuliah ke China, Silakan Pakai Beasiswa Chinese Government Scholarship - Great Wall Program!
https://3.bp.blogspot.com/-YQhypjPcK8w/Vmk8PeRQf-I/AAAAAAAAILw/xVjfd12c05A/s640/Chinese%2Bgirl%2Bwith%2Bflag.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-YQhypjPcK8w/Vmk8PeRQf-I/AAAAAAAAILw/xVjfd12c05A/s72-c/Chinese%2Bgirl%2Bwith%2Bflag.jpg
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2015/12/beasiswa-chinese-government-scholarship-great-wall-program.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2015/12/beasiswa-chinese-government-scholarship-great-wall-program.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy