Kamu Mau Kuliah Ke Oxford? Ada Beasiswa Khusus Untuk Mahasiswa Internasional!

Clarendon Scholarships bertujuan memberikan mahasiswa yang secara kemampuan akademik mampu untuk mengembangkan dirinya menghadapi perubahan,...

Clarendon Scholarships bertujuan memberikan mahasiswa yang secara kemampuan akademik mampu untuk mengembangkan dirinya menghadapi perubahan, salah satunya dengan melanjutkan kuliah di Oxford university. Beasiswa ini juga merupakan kesempatan untuk membentuk jaringan sosial, akademik, dan juga hubungan profesional antara mahasiswa dengan lingkungan sekitarnya.
Pihak Oxford merasa sangat bangga bisa menyediakan begitu banyak beasiswa tiap tahunya, dengan lebih dari 1000 beasiswa mulai tahun 2016-17. Clarendon adalah salah satu skema beasiswa kuliah terbesar yang menyediakan lebih dari 140 beasiswa setiap tahunya. Clarendon scholarships sangat kompetitif, bergengsi, dan sangat dicari para pemburu beasiswa. Seperti beasiswa Oxford lainya, pembiayaan mencakup biaya kuliah, biaya hidup dalam jumlah yang banyak.


Pada tahun 2015-16, ada sekitar 370 peraih beasiswa Clarendon yang berkuliah di Oxford, dan berasal dari lebih dari 50 negara yang berbeda.

Sementara itu, tidak ada beasiswa untuk jenis konsentrasi bidang keilmuan khusus. Mayoritas peraih beasiswa Clarendon adalah mereka yang sedang mengejar gelar DPhil (sebutan di Oxford untuk PhD). Beasiswa Clarendon juga diberikan untuk perkuliahan yang ditempuh dalam jangka waktu 2 tahun seperti MPhil atau BPhil, atau jenis perkuliahan satu tahun seperti MSc, MSt, MBA atau MFE.
Universitas Oxford menetapkan satu standar dalam menyeleksi calon peraih beasiswa: memilih mahasiswa terbaik dari seluruh dunia, yang ditentukan menurut keahlianya dalam bidang studi. Sementara calon mahasiswa yang dipilih berdasarkan kemampuan akademik, Oxford beranggapan dengan memilih dan membina bakat terbaik maka bisa menjadikan mahasiswa sebagai yang terbaik di bidangnya.

Selain memberikan biaya kuliah dan biaya hidup, Clarendon juga mbertujuan untuk memberikan pengalaman yang sangat “Oxford” melalui komunitas peraih beasiswa. Asosiasi mahasiswa peraih beasiswa ini sangat aktif dalam kegiatan seperti mengadakan event mulai dari yang bersifat akademik maupun pendidikan non akademik melalui kegiatan career-oriented, kebudayaan, dan kegiatan sosial.

Nilai beasiswa

Semua beasiswa Clarendon mencakup biaya kuliah penuh (semua ditanggung).
Mahasiswa peraih beasiswa akan menerima beasiswa dalam jumlah yang sangat banyak dan juga biaya hidup yang jumlahnya bisa cukup membiayai kehidupan seorang mahasiswa selama tinggal dan berkuliah di Oxford. Pada tahun 2015-16 beasiswa yang diberikan sejumlah £14,057 (GBP). Sedangkan mahasiswa yang mengikuti program course (bukan kuliah full-time), akan mendapatkan bantuan pendanaan untuk biaya yang bukan biaya kuliah (biaya hidup, akomodasi, dll).

Durasi beasiswa

Clarendon scholarships umumnya memberikan pembiayaan selama kamu menjalankan proses perkuliahan. Durasi pemberian beasiswa (biaya kuliah, biaya hidup) adalah selama kamu menempuh perkuliahan. Kamu bisa mencari informasi di situs resmi Clarendon scholarship jika kemungkinan ada beberapa biaya tambahan (charge) yang mungkin dikeluarkan, dan itu tidak termasuk dalam skema beasiswa yang ditanggun Clarendon scholarship.

Kemitraan beasiswa

Clarendon memiliki mitra di seluruh Oxford yang mampu memberikan back up pendanaan sehingga Clarendon bisa memberikan beasiswa/bantuan pendidikan untuk setidaknya 60 mahasiswa tambahan setiap tahunya. Ke 60 mahasiswa ini adalah tambahan dari jumlah mahasiswa yang sudah dibiayai sebelumnya.

Mitra beasiswa Clarendon termasuk Oxford colleges, academic departments, University trust funds, dan organisasi lain yang menjadi penyumbang dana.

Jika kamu mendapatkan beasiswa Clarendon, kamu sudah dianggap juga mendapatkan partnership award dimana kamu memenuhi syarat. Kamu tidak perlu melakukan apapun lagi untuk mendapatkan pembiayaan penuh.

Joint scholarships

Dalam beberapa tahun terakhir, Clarendon juga menawarkan kesempatan untuk mendapatkan beasiswa dari beberapa kemitraan-beasiswa (joint scholarship) seperti Fulbright-Oxford Clarendon Scholarship yang menyediakan hingga 2 beasiswa Dphil untuk penduduk amerika. Clarendon juga bermitra dengan Skye Foundation yang menyediakan beasiswa pasacarjana untuk negara South African dengan ketentuan memiliki prestasi akademik yang baik.


Mengapa Clarendon?

Ada banyak alasan kenapa memilih Clarendon shcolarship dan menjadi peraih beasiswa Clarendon. Kamu bisa mendapatkan pengalaman berkuliah di salah satu universitas terbaik di dunia, dengan dukungan beasiswa bergengsi, dalam jumlah banyak, dan juga bertemu dengan banyak orang hebat dari seluruh dunia. Berikut beberapa alasan mengapa kamu harus mendapatkan beasiswa Clarendon.

Lebih dari sekedar beasiswa dan komunitasnya berisi orang-orang yang bersemangat tinggi

Beasiswa Clarendon menyediakan dukungan perkuliahan yang lebih dari sekedar pendanaan. Ketika Clarendon menawarkan kamu beasiswa, itu artinya kamu tidak hanya ditawarkan beasiswa dan pendanaan kuliah. Tapi kamu juga ditawarkan untuk menjadi anggota dalam salah satu komunitas yang paling ramai di Oxford.

Sahabat kehidupan

The Clarendon Scholars' Association (perkumpulan peraih beasiswa Clarendon) akan membantumu berkenalan dan membangun jaringan dengan sesama mahasiswa peraih beasiswa. Persahabatan dan jaringan ini bisa bertahan sampai sangat lama. Ketika membangun jaringan dengan sesama mahasiswa, kamu sudah dianggap berkapasitas dalam hal akademik dalam bidang keilmuan yang kamu tekuni. Kamu juga bsia mendapatkan kesempatan membangun jaringan dengan mahasiswa dengan kapasitas yang mumpuni dalam bidang keilmuan. Kamu juga memiliki kewajiban untuk “berbagi” ilmu pengetahuan dan pengalaman yang kamu peroleh.

Mengapa kamu harus memilih Clarendon?

Ketika kamu sudah mendapatkan beasiswa Clarendon, artinya universitas Oxford memandangmu sebgai kandidat potensial yang berkemampuan unggul. Jika kamu sudah menyelesaikan kuliah, apakah kamu akan melanjutkan karir di bidang akademik (menjadi dosen) atau bekerja di perusahaan lain, kamu tetap menjadi bagian dari komunitas yang hebat.

Beasiswa Clarendon bertujuan untuk tampil beda dengan kebanyakan pemberi beasiswa yang umumnya hanya menyediakan pendanaan kuliah. Clarendon membentuk suatu komunitas “orang-orang pintar” dimana kamu menjadi bagian di dalamnya. Kamu akan banyak bertemu orang yang menginspirasi dan berpengalaman.

Syarat

Clarendon Scholarships diberikan kepada mereka yang secara akademik unggul dan potensial. Keunggulan ini dilihat dari track record akademik yang mencakup mahasiswa dari seluruh dunia. Beasiswa Clarendon terbuka bagi mereka yang ingin melamar untuk program master atau doktor. Batas penerimaan berkas pendaftaran adalah bulan Januari.

Negara mana saja yang bisa mendaftar

Semua pendaftar untuk program sarjana bisa berasal dari seluruh dunia.
Mahasiswa yang meraih beasiswa Clarendon berasal dari seluruh benua, mulai dari USA hingga Australia, Venezuela sampai Vietnam dan dari Norway hingga Nigeria!

Jenjang pendidikan

Semua penyandang gelar dari seluruh dunia boleh mendaftar (baik dari S1 maupun S2), ini mencakup program master dan doktor baik full-time (kuliah) maupun part-time (kursus).

Subjek

Beasiswa Clarendon memberikan dukungan dana dari berbagai universitas tanpa perbedaan asal daerah.

Kriteria lainya

Kandidat yang sebelumnya tidak kuliah di Oxford dan mendaftar untuk master dan doktor di universitas tersebut, diperbolehkan. Hal ini juga berlaku untuk mahasiswa yang sedang mengambil program master dan ingin melanjutkan Dphil. Pada kondisi ini, kandidat Dphil memiliki kesempatan mendapat beasiswa.

Pelamar yang berstatus “ditangguhkan” untuk tahun akademik 2016-17 tidak bisa mendaftar untuk mendapatkan beasiswa.

Mahasiswa yang ingin melanjutkan perkuliahan di jenjang yang sama di Oxford, tidak bisa mendaftar untuk mendapatkan beasiswa.

Kamu harus mengumpulkan berkas lamaran pada Januari untuk perkuliahan tahun akademik baru. Pastikan kamu mengikuti dan memperhatikan deadline nya.

Kriteria seleksi 

Kriteria seleksi sangat bervariasi tergantung dari beberapa hal, diantaranya area dimana kandidat mahasiswa berasal. Secara umum, kriteria seleksi beasiswa adalah sebagai berikut :

Academic record

Track record akademik yang sempurna adalah suatu keharusan. Mahasiswa yang akan melamar beasiswa setidaknya memiliki kualitas yang bagus secara akademik, yang dinilai dari IPK/GPA yaitu 3.7 pada skala 4. Indikator lain yang dinilai dari prestasi akademiksecara individu adalah trasnkrip akademik, ini meliputi prestasi akademik seperti publikasi jurnal maupun pencapaian akademik selain nilai transkrip.

Penilaian kemampuan untuk bidang studi yang diambil

Kemampuanmu akan dinilai berdasarkan referensimu, proposal riset, hasil riset yang  pernah dilakukan, segala kemungkinan bisa berkontribusi untuk kepentingan studi lanjutmu.

Motivasi mahasiswa

Motivasi mahasiswa, biasanya tertulis dalam motivation letter, akan dinilai berdasarkan ulasan yang berisi komitmenmu mengajukan rencana studi dan alasan mengapa memutuskan untuk belajar di universitas Oxford.

Alokasi waktu

Saat kamu melamar untuk program sarjana di Oxford, berkas lamaranmu akan dinilai sebagai bagian dari berkas akademik yang diajukan untuk kepentingan studi lanjut. Panitia penguji yang akan memutuskan apakah mereka akan menawarkanmu kesempatan untuk kuliah di Oxford. Dan bila kamu mengajukan lamaran beasiswa pada deadline Januari, panitia juga yang berhak memutuskan apakah kamu bisa memperoleh kesempatan untuk mendapatkan beasiswa Clarendon.

Proses seleksi beasiswa berbeda antar divisi di universitas Oxford. Ada panitia panel yang akan melakukan pertemuan (semacam briefing dengan kandidat) pada bulan February atau March. Kamu bisa menanyakan kepada mereka dan menjadi kewajiban mereka untuk menjawab pertanyaan kamu tentang beasiswa, apapun itu.

Ketika panitia panel beasiswa sudah memutuskan peraih beasiswa, daftar nominator akan segera dikirimkan ke bagian administrasi Clarendon Fund. Kemudian, daftar peraih beasiswa akan dikirimkan melalui email sekaligus surat sambutan (welcome statement) ke Clarendon Community. Pengiriman email ini akan dikirimkan sekitar awal bulan April. Jika kamu ditawarkan beasiswa dan kamu membalas dengan “accept”, artinya lamaran beasiswamu disetujui, selama kamu mengikuti syarat dan ketentuan yang berlaku untuk berkuliah di Oxford.

Pada tahap ini, awardee (penerima beasiswa) bisa mulai mengumpulkan berkas dan menghubungi orang-orang yang berkepentingan terhadap beasiswa ini seperti kampus dan lembaga beasiswa. Surat-surat penting ini akan dikirimkan (berkorespondensi dengan panitia) selama jangka waktu April dan Mei. Selanjutnya, pengumuman penempatan kampus akan diberitahukan segera setelah kamu memenuhi kewajiban pembayaran kuliah maupun biaya-biaya yang berhubungan denganya.
Sehubungan dengan banyaknya pelamar yang potensial, pihak lembaga beasiswa hanya akan menghubungi pelamar yang lolos seleksi. Jika kamu tidak mendengar kabar dari mereka sampai bulan Juni, artinya kamu belum berkesempatan mendapatkan beasiswa Clarendon.

Informasi untuk pelamar



Jika kamu mengajukan lamaran beasiswa mengikuti jadwal deadline bulan Januari sebagai mahasiswa full-time program DPhil atau master, maka kamu otomatis akan dipertimbangkan sebagai calon penerima beasiswa Clarendon (karena masih harus melalui proses seleksi).

Pengajuan lamaran beasiswa untuk tahun akademik 2016-17 bisa mulai dikumpulkan sejak 1 September 2015. Jika kamu ingin menjadi “yang dipertimbangkan” sebagai awardee Clarendon scholarship, kamu harus mendaftar sebelum Januari. Catatan penting, selalu perhatikan tanggal penting deadline yang tercantum di web resmi.

Informasi lebih lengkap silakan cek: http://www.ox.ac.uk/clarendon atau http://www.ox.ac.uk/clarendon/about/clarendon-scholarships.
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,80,Arab Saudi,13,Asia,236,Australia,75,Austria,12,Beasiswa,292,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,13,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,312,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,441,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,2,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,56,Jerman,46,Kanada,26,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,3,Malaysia,26,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,12,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,149,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,7,Tips Beasiswa,15,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,5,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: Kamu Mau Kuliah Ke Oxford? Ada Beasiswa Khusus Untuk Mahasiswa Internasional!
Kamu Mau Kuliah Ke Oxford? Ada Beasiswa Khusus Untuk Mahasiswa Internasional!
https://2.bp.blogspot.com/-ne1KFgi9c64/VmE4hUVRSqI/AAAAAAAAIH8/Vzy1hmuFRLs/s400/Clarendonn.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-ne1KFgi9c64/VmE4hUVRSqI/AAAAAAAAIH8/Vzy1hmuFRLs/s72-c/Clarendonn.jpg
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2015/12/beasiswa-clarendon-scholarship-oxford-university.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2015/12/beasiswa-clarendon-scholarship-oxford-university.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy