Beasiswa Ini Dibuka Setiap Tahun Untuk Pelajar Indonesia yang Ingin Kuliah ke Korea Selatan!

Salah satu beasiswa yang bisa memberikan akses untuk melanjutkan studi di Korea adalah beasiswa dari pemerintah Korea yang bernama KGSP (Kor...

Salah satu beasiswa yang bisa memberikan akses untuk melanjutkan studi di Korea adalah beasiswa dari pemerintah Korea yang bernama KGSP (Korean Government Scholarship Program). Beasiswa ini termasuk dalam program Global Korea Scholarship (GKS) bersama dengan program-program lainnya dalam hal pendidikan interasional. Dalam pengelolaannya, beasiswa dan berbagai program dalam Global Korea Scholarship ditangani oleh National Institute for International Education (NIIED). Berawal pada tahun 1962 sebagai semacam badan pengawas dan penasehat siswa di Seoul National University, saat ini NIIED sudah sangat populer dalam hal pendidikan internasional khususnya yang berkaitan dengan Korea.


Tujuan utama dari beasiswa KGSP dalam program GKS ini adalah untuk mnyediakan dan memberikan kesempatan bagi para siswa internasional dari berbai negara untuk menempuh studi tingkat lanujut di berbagai institusi pendidikan di Korean. Selain itu maksud utamanya adalah juga demi kepentingan kerjasama internasional antara Korea dengan berbagai negara di dunia. Dengan adanya hubungan dalam hal pendidikan diharapkan nantinya kerjasama dalam berbagai bidang lain antara Korea dengan berbagai negara di dunia juga akan terkondisikan dengan baik.

Seperti juga banyak jenis beasiswa lainnya, beasiswa KGSP ini juga menyediakan beberapa pilihan program dalam jenjang yang berbeda yang bisa kamu pilih. Kamu bisa memilih program beasiswa dalam jenjang yang sesuai dengan yang kamu ingin ambil yaitu program pascasarjana (graduate program) dan juga ada program sarjana (undergraduate program). Masing-masing program tentu memiliki berbagaihal terkait dengan persyaratan dan juga periode beasiswa tersendiri.

Program Pascasarjana (Graduate Program)

Dalam program ini yang bisa diambil adalah studi untuk jenjang Master dan juga jenjang Doktorat. Untuk masa pemberian beasiswanya tentu berbeda karena memang programnya juga berbeda. Bagi penerima beasiswa dalam jenjang Master akan menerima beasiswa ini dalam waktu total selama 3 tahun yang meliputi 1 tahun kursus bahasa Korea dan 2 tahun studi jenjang Master. Selanjutnya untuk jenjang Doktorat, penerima beasiswa ini akan mendapatkan beasiwa selama total 4 tahun yang terdiri dari 1 tahun kursus bahasa Korea dan 3 tahun studi jenjang Doktorat.

Selain pilihan program beasiswa dalam jenjang yang berbeda, ada juga tentu persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi untuk bisa mendapatkan beasiswa ini. Berikut ini adalah syarat-syaratnya:

1. Pemohon dan juga orang tuanya haruslah terdafar sebagai warga negara dari luar Korea. Bagi pemoho yang ternyata terdaftar sebagai warga negara Korea maka tidak diperkenankan mengikuti proses seleksi beasiswa ini.
2. Usia pemohon harus kurang dari 40 tahun pada saat mengajukan permohonan untuk beasiswa ini.
3. Pemohon harus sudah menyelesaikan studi Sarjana (untuk jejang Master) dan studi Master (untuk jenjang Doktorat) pada bulan September di tahun yang sama dengan permohonan yang diajukan untuk beasiswa ini.
4. Pemohon harus mempunyai IPK minimal 2,64 (untuk skala 4,0), 2,80 (untuk skala 4,3), dan 2,91 (untuk skala 4,5). Selain itu pemohon harus berada dalam presentase minimal 80% dari total 100% untuk nilai-nilai yang didapat dari jenjang sebelumnya.

Program Sarjana (Undergraduate Program)

Selain beasiwa untuk jenjang atau program pascasarjana, dalam KGSP juga disediakan beasiswa untuk jenjang sarjana (undergraduate program) bagi yang ingin menempuh studi S1 di Korea. Dalam beasiswa ini penerima beasiswa akan mendapatkan beasiswa selama total 5 tahun yang meliputi 1 tahun kursus bahasa Korea dan 4 tahun masa studi untuk jenjang S1 atau sarjana.

Seperti halnya dengan beasiwa dalam jenjang pascasarjana, dalam jenjang ini juga ada persyaratan yang harus dipenuhi agar supaya pemohon bisa mendapatkan beasiswa ini nantinya. Berikut adalah syarat-syaratnya yang harus dipenuhi:

1. Pemohon beserta orang tuanya harus terdaftar sebagai warga negara dari negara-negara yan memang ditawarkan beasiswa ini.
2. Pemohon harus sudah lulus atau paling tidak dijadwalkan untu lulus dari jenjang studi SMA pada bulan Maret di tahun pengajuan pemohonan beasiswa ini.
3. Pemohon harus memiliki nilai minimal 80% dari total 100% dalam studinya di SMA dan juga harus berada dalam peingkat paling jauh 20% dari total jumlah sisa di SMA tempat ia menempuh studi SMA.


Proses Seleksi

 KGSP ini memiliki proses seleksi yang berbeda untuk jenjang undergraduate dan graduate. Perlu diperhatikan dalam hal proses seleksi ini agar nantinya jika pemohon mengajukan permohonan beasiswa ini akan bisa meyiapkan semuanya sesuai dengan tahapan seleksi dari masing-masing jenjang.

1. Program Pascasarjana (Graduate Program)
Untuk jenjang pascasarjana, akan ada total 3 tahapan seleksi hingga seorang pemohon akan bisa mendapatkan beasiswa ini.

Tahap pertama seleksi akan dilakukan oleh kedutaan besar Korea di berbagai negara sesuai dengan asal pemohon atau juga oleh universitas-universitas lokal yang ditunjuk. Dalam seleksi tahap ini akan ada semacam daftar awal dari para pemohon yang memang sesuai dengan kriteria NIIED. Pihak yang menyeleksi juga akan mencantumkan rekomendasi-rekomendasi khusus untuk beberapa pemohon jika memang ada yang menonjol.
Tahap kedua dari seleksi beasiswa ini dilakukan oleh komisi dari NIIED. Pihak dari NIIED akan memilih calon penerima beasiswa yang dianggap paling sesuai dan paling baik sesuai dengan dafar dan rekomendasi yang diberikan dari seleksi tahap pertama.
Tahap ketga seleksi merupakan tahap final yang akan melibatkan rekomedasi dari kedutaan besar Korea dari masing-masing negara asal pemohon. Pemohon yang memang sudah direkomendasikan oleh kedutaan besar akan bisa dievaluasi lebih lanjut untuk penerimaan beasiswa ini.

2. Program Sarjana (Undergraduate Program)
Dalam jenjang sarjana ini juga ada total 3 tahapan seleksi yang harus dilewati oleh para pemohon beasiswa KGSP ini agar pada akhirnya bisa menerima kesempatan menempuh studi di Korea dengan menggunakan beasiswa.

Tahap pertama seleksi dilakukan oleh kedutaan besar Korea di setiap negara yang memangmendatkan jatah beasiswa ini. Proses pendafaran untuk bisa mendapatkan beasiswa ini harus dilakukan oleh pemohon di kedutaa besar Korea di negara asalnya. Pemohon yang memang dirasa memenuhi kualifikasi dari beasiswa ini akan dipilih dalam tahap pertama ini.
Tahap kedua akan dilakukan oleh komite dari NIIED dalam hal pemilihan kandidat penerima beasiswa yang diambil dari seleksi oleh kedutaan besar sebelumnya. Proses seleksi dalam tahap ini akan menyaring lebih sedikit dari jumlah yang dipilih oleh kedutaan besar pada tahap pertama.
Tahap ketiga dilakukanleh universitas dan perguruan tinggi di Korea yang menerima dan bekerja sama dengan NIIED dalam program beasiswa ini.


Cakupan Pembiayaan Beasiswa

Setelah mengetahui jenis dan jenjang yang bisa diambil dalam beasiswa KGSP termasuk juga persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi, saatnya untuk mengetahui cakupan pembiayaan yang nantinya akan diberikan leh beasiswa ini. Berikut rinciannya yang memang berbeda untuk program pascasarjana dan program sarjana.

1. Program Pascasarjana (Graduate Program)
Tiket pesawat satu kali pergi-pulang dalam kelas ekonomi
Tunjangan bulanan sebesar 900,000 KRW
Biaya penelitian setiap semester sebesar 210,000 KRW untuk bidang ilmu sosial dan kemanusiaan lalu sebesar 240,000 KRW untuk bidang teknik dan ilmu alam
Tunjangan kedatangan sebesar 200,000 KRW saat pertama kali tiba di Korea
Biaya kursus bahasa Korea
Biaya kuliah penuh yang disediakan oleh NIIED sesuai yang harus dibayarkan
Biaya disertasi antara 500,000 KRW sampai 800,000 KRW
Asuransi kesehatan sebesar 20,000 KRW
Bonus penguasaan dan kemampuan penggunaan bahasa Korea untuk TOPIK level 5 atau level 6 sebesar 100,000 KRW setiap bulan

2. Program Sarjana (Undergraduate Program)
Tiket pesawat pergi-pulang satu kali dalam kelas ekonomi
Tunjangan bulanan sebesar 800,000 KRW
Asuransi kesehatan setiap bulan sebesar 20,000 KRW
Tunjangan kedatangan pertama kali di Korea sebesar 200,000 KRW
Biaya kuliah penuh
Bonus penguasaan bahasa Korea untuk TOPIK level 5 atau level 6 sebesar 100,000 KRW

Untuk informasi seputar beasiswa KGSP dalam program GKS dari NIIED ini bisa mengunjungi halaman resimnya di http://www.niied.go.kr/eng/contents.do?contentsNo=78&menuNo=349 atau juga bisa mencoba mengubungi kontak-kontak berikut:

Program Pascasarjana (Graduate Program)
Telepon : 02-3668-1389
Fax : 02-743-4992
Program Sarjana (Undergraduate Program)
Telepon : 02-3668-1357
Fax : 02-743-4992
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,80,Arab Saudi,12,Asia,235,Australia,74,Austria,12,Beasiswa,281,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,13,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,6,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,9,Destinasi,65,Eropa,310,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,5,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,11,Info Universitas,33,Inggris,85,Interview,439,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,24,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,10,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,11,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,2,Interview di Selandia Baru,3,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,14,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,56,Jerman,44,Kanada,26,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,LPDP,3,Malaysia,26,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,13,Portugal,14,PPI,6,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,50,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,12,Selandia Baru,23,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,23,Student Life,143,Studenthack,344,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,1,Tips Beasiswa,14,Tips Belajar Bahasa Inggris,8,Tips Kuliah ke Luar Negeri,82,Tips Travelling,5,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,10,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,1,Universitas,34,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: Beasiswa Ini Dibuka Setiap Tahun Untuk Pelajar Indonesia yang Ingin Kuliah ke Korea Selatan!
Beasiswa Ini Dibuka Setiap Tahun Untuk Pelajar Indonesia yang Ingin Kuliah ke Korea Selatan!
https://4.bp.blogspot.com/-XiSIEoX-_kc/Vmkv_2S2RDI/AAAAAAAAILA/Trzh3XYNPR0/s640/Koreaa.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-XiSIEoX-_kc/Vmkv_2S2RDI/AAAAAAAAILA/Trzh3XYNPR0/s72-c/Koreaa.jpg
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2015/12/beasiswa-pemerintah-korea-selatan-korean-government-scholarship-program.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2015/12/beasiswa-pemerintah-korea-selatan-korean-government-scholarship-program.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy