Artikel Terbaru

Beasiswa SEARCA untuk Studi S2 dan S3 di Kawasan Asia Tenggara

Jika kamu ingin melanjutkan kuliah di luar negeri namun tidak ingin terlalu jauh dari Indonesia, salah satu pilihan yang bisa kamu ambil adalah beasiswa SEARCA. Saat ini beasiswa ini sedang membuka penerimaan untuk periode 2016 – 2017 yang akan memberikan kesempatan untuk penerima beasiswa ini menempuh studi di salah satu universitas anggota SEARCA. Nama SEARCA itu sendiri merupakan singkatan dari Southeast Asian Regional Center for Graduate Study and Research in Agriculture. Secara resmi nama beasiswa ini dikenal dengan SEARCA Graduate Scholarship for Southeast Asians.



Dari nama beasiswanya sendiri yang mencakup kawasan Asia Tenggara, tentu Indonesia termasuk dalam lingkup asal pemohon beasiswa yang akan bisa mendapatkan beasiswa ini jika berhasil lolos seleksinya. Tentu sasaran utama atau target dari beasiswa ini adalah para pemohon beasiswa lulusan S1 yang berasal dari negara-negara Asia Tenggara.

Untuk lebih jelasnya, pemohon yang berasal dari Vietnam, Timor Leste, Thailand, Singapura, Filipina, Myanmar, Laos, Indonesia, Kamboja, Brunei Darussalam, dan Malaysia bisa mengajukan permohonan untuk beasiswa ini. Mereka yang mempunyai prestasi atau pencapaian dalam bidang akademik, penelitian, atau juga di lembaga pemerintah juga bisa mengikuti seleksi beasiswa ini asalkan tidak berusia lebih dari 35 tahun pada saat mendaftarkan diri.

Seperti juga terdapat dalam nama dari beasiswa ini, bidang yang ditawarkan untuk bisa diambil dan dibiayai oleh beasiswa ini adalah dalam bidang pertanian dan beberapa bidang yang berkaitan atau juga mendukung pertanian. Bidang-bidang yang mendukung tersebut antara lain meliputi ilmu-ilmu sosial, kehutanan, statistik, ilmu lingkungan, perikanan, dan juga ilmu biologi. Jadi jika kamu ingin mengajukan permohonan untuk beasiswa ini, pastikan bahwa kamu sudah memahami bidang-bidang apa saja yang bisa kamu ambil.

Pemohon yang sudah lolos proses seleksi penerimaan beasiswa ini nantinya akan mendapatkan pembiayaan penuh selama studi S2 atau S3. Pambiayaan penuh tersebut mencakup uang kuliah, uang saku, biaya perjalanan baik itu internasional aupun domestik, biaya tesis atau disertasi, tunjangan buku, serta asuransi kesehatan. Dengan pembiayaan penuh seperti itu sangat sayang jika kamu tidak menggunakan kesempatan semaksimal mungkin untuk mengejar beasiswa ini.

Selain memahami bidang-bidang yang bisa kamu ambil, kamu juga harus mengetahui pilihan universitas atau perguruan tinggi yang termasuk dalam program beasiswa SEARCA ini. Berikut ini adalah universitas atau perguruan tinggi yang termasuk dalam program SEARCA Graduate Scholarship for Southeast Asian:

Institut Pertanian Bogor (IPB) – Bogor, Indonesia
(IPB official website
Universitas Gadjah Mada (UGM) – Yogyakarta, Indonesia
(UGM official website
Universiti Putra Malaysia (UPM) – Selangor, Malaysia
(UPM official website
Kasetsart University (KU) – Bangkok, Thailand
(KU official website
University of the Philippines Los Banos (UPLB) – Laguna, Philippines
(UPLB official website
University of the Philippines Diliman (UPD) – Quezon City, Philippines
(UPD official website
University of the Philippines Visayas (UPV) – Iloilo, Philippines
(UPV official website



Nah bahkan ada universitas atau perguruan tinggi di Indonesia yang termasuk dalam program beasiswa ini. Dengan mengetahui daftar universitas dan perguruan tinggi yang termasuk dalam program ini maka selanjutnya kamu bisa mulai mencari informasi seputar universitas atau perguruam tinggi tersebut melalui situs resminya masing-masing.

Selanjutnya yang perlu kamu ketahui adalah tema-tema studi yang menjadi prioritas dari beasiswa ini juga ditentukan. Simak baik-baik bidang-bidang berikut ini yang nantinya akan kamu ambil dalam tesis atau disertasi yang kamu buat guna menyelesaikan studi dengan beasiswa ini:

Social Inclusion
1. Strengthening of Value Chains and Agribusiness Commodity Systems
2. Integration of small-scale farmers into commercial food systems
3. Food and Nutrition Security
4. Productivity-enhancing innovations and modern technologies
5. Rural entrepreneurship toward off-farm and non-farm businesses

Environmental Sustainability
1. Climate change adaptation and resiliency
2. Natural Resource Management

Cross-cutting Concerns
1. Sub-regional cooperation in trade and investments
2. Regional Economic Integration (AFTA and AEC 2015)
3. Government Policies, Institutions, and Governance Mechanisms/Reforms that can address and redress rural poverty, inequitable growth, and environmental degradation

Dalam hal persyaratan dasar dari beasiswa ini sudah disebutkan sebelumya jadi selanjutnya adalah mengenai dokumen-dokumen yang harus kamu siapkan, kamu lengkapi, dan kamu kumpulkan untuk bisa mengikuti seleksi beasiswa ini. Berikut adalah daftar lengkap dalam hal dokumen untuk beasiswa SEARCA ini:

Formulir permohonan atau pendaftaran beasiswa SEARCA yang sudah diisi dan dilengkapi sesuai permintaan (2 copy). Formulir ini bisa kamu dapatkan dengan mengunduhnya di http://www.searca.org/index.php/application-forms.
Formulir pendaftaran ke universitas atau perguruan tinggi dari maksimal 3 universitas atau perguruan tinggi yang diisikan di formulir permohonan atau pendaftaran beasiswa SEARCA yang merupakan tempat pemohon nantinya menempuh studi.
Ijazah dan transkrip resmi dari jenjang sebelumnya dalam bentuk salinan yang sudah dilegalisir. Pemohon studi S2 menggunakan ijazah dan transkrip S1 sedangkan pemohon S3 menggunakan ijazah dan transkrip S1 serta S2.
Surat Keterangan Kerja
Curriculum Vitae terbaru
Penjelasan atau deskripsi singkat dari penelitian tesis atau disertasi yang akan dilakukan dalam studinya nanti
Foto terbaru ukuran paspor (2 lembar)
Surat keterangan sehat jasmani dan mental dari dokter serta mampu mengambil atau menempuh studi pascasarjana
Surat persetujuan resmi dari atasan atau pimpinan
Sertifikat TOEFL dengan skor 550 atau IELTS dengan skor 6.0



Setelah semua dokumen tersebut kamu lengkapi, kamu bisa melakukan proses pendaftaran dengan mengirimkan langsung dokumen-dokumen tersebut melalui Kementerian Pendidikan. Pihak Kementerian Pendidikan kemudian akan menyaring permohonan yang masuk lalu mengesahkan permohonan-permohonan tersebut yang nantinya akan diajukan ke pihak SEARCA. Hal ini wajib kamu lakukan pada bulan September setiap periodenya jika ingin mengikuti tahap seleksi selanjutnya.

Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Advertisement
Scroll To Top