Daftar Kuliah di Kanada? Ikuti Panduan Ini!

Setiap negara mempunyai sistem pendidikan yang berbeda-beda. Hal ini membuat, cara mendaftar sekolah atau universitas di negara tersebut berbeda dengan negara lainnya. Untuk itu, ketika kamu memutuskan untuk kuliah ke luar negeri ada baiknya kamu memahami cara mendaftar kuliah di negara tujuanmu. Lalu bagaimanakah jika kamu tertarik berkuliah di Kanada? Berikut kami rangkumkan cara mendaftar kuliah di Kanada.


Cara Mendaftar

Pendaftaran di universitas-universitas Kanada harus dilakukan secara langsung pada universitas tujuan. Hal ini karena di Kanada tidak ada sistem pendaftaran pusat seperti UCAS di Inggris atau Common Application di Amerika. Namun jangan terlalu khawatir atau berpikir hal inia adalah sesuatu yang “ribet” karena harus mendaftar satu per satu ke uiversitas. Soalnya, setiap propinsi atau teritori di Kanada bertanggung jawab terhadap semua pendidikan daerah yang bersangkutan. Hal ini memungkinkan kamu untuk mendaftar ke beberapa universitas di teriotori yang sama sekaligus.

Tapi perlu kamu ingat, setiap universitas biasanya punya syarat masuk tertentu. Jadi sebaiknya kamu pastikan dulu apa saja syarat yang hasrus kamu penuhi utuk bisa mendaftar pada universitas tersebut. Salah satu cara mudah yang bisa  kamu lakukan adalah dengan memeriksa pada situs resmi universitas tersebut atau langsung mengirimkan email pada staf pendaftarannya.

Waktu pendaftaran

Umumnya perkuliahan di Kanada dimulai bulan September. Nah, untuk perkuliahan yang dimulai bulan Sepetember tahun mendatang, pendaftaran kuliahnya sudah mulai dibuka pada Oktober tahun sebelumnya. Sedangkan deadline atau batas akhir pendaftarannya biasanya dilakukan pada bulan Januari/Februari atau paling lambat pada musim semi.

Biasanya dalam waktu kurang lebih 7 minggu, kamu akan menerima balasan setelah mengirimkan formulir pendaftaran dan dokumen persyaratannya. Perlu kamu ketahui, di Kanada terdapat dua proses penerimaan mahasiswa. Pertama, Rolling admissions yaitu staf pendaftran akan langsung menentukan apakah kamu diterima atau tidak saat menerima aplikasi pendaftaranmu. Kedua, Competitive admissions yaitu universitas baru akan menentukan penerimaan kandidat mahasiswa setelah pedaftaran berakhir.

Jika tahap tersebut sudah terlewati, selanjutnya kamu akan menerima Offer of admission letter yaitu surat penawaran tempat. Surat ini sekaligus merupakan surat penerimaan. Dalam surat tersebut nantinya akan tertera batas waktu kamu untuk menerima atau menolak. Kalau kamu menerima, kamu bisa segera mengajukan visa pelajar.


Dokumen untuk mendaftar ke universitas

Seperti yang telah di sampaikan di atas, untuk perkara dokumen yang diperlukan, kamu harus mengecek di situs resmi universitas atau bisa langsung mengirim email pada staf pendaftaran. Beberapa universitas di Kanada hanya meminta transkrip nilai akademis dan bahasa Inggris (dokumen asli dan dokumen yang telah diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris). Beberapa universitas juga meminta personal statement atau hasil pemeriksaan kesehatanmu. Pada intinya, agar lebih jelas dokumen apa saja yang diminta oleh pihak universitas lebih baik kamu melihat pada situs resmi universitas tersebut ya!

Biaya pendaftaran

Mendaftar kuliah di Kanada umumnya akan dikenakan biaya pendaftaran tertentu. Biasanya biaya pendaftaran ini berkisar antara $50-100 (CAD). Biaya ini nantinya tidak akan dikembalikan. Untuk itu, bagi kamu yang ingin mendaftar lebih dari satu universitas ada baiknya kamu menggunakan sistem pendaftaran yang di masing-masing teritori. Contohnya saja Ontario University Application Centre. Dengan menggunakan sistem ini kamu akan dikenakan biaya yang lebih murah dibandingkan mendaftar satu per satu pada universitas tujuanmu.

Sumber: hotcourses.co.id
Share on Google Plus

About Inspira Imam

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.