Employment Support Programme, Program yang Akan Membantu Mahasiswa Internasional Kerja di Selandia Baru

Sumber: hotcourses.co.id


Beberapa tahun yang lalu, Selandia Baru meluncurkan Employment Support Programme untuk para mahasiswa internasional. Program yang diluncurkan oleh The Auckland Regional Migrant Services (ARMS) ini bertujuan untuk menjembatani pendidikan tinggi dan potensi kerja para alumni yang berkuliah di Selandia Baru. Di banyak negara yang menjadi destinasi kuliah populer, begitu lulus dari kuliah, para mahasiswa internasional yang ingin terus menetap di negara tersebut. Namun tentu saja para mahasiswa internasional ini diwajibkan untuk memenuhi persyaratan-persyaratan tertentu untuk bisa memohon visa baru, yang termasuk ijin kerja.

Untuk mempermudah pengurusan izin tersebut, Selandia Baru meluncurkan program ini. Program ini berfokus pada pengetahuan spesifik mengenai pasar kerja Selandia Baru, serta keahlian yang dipentingkan untuk mencari kerja, yaitu keahlian dalam berkomunikasi. Nah, jika urusan paerjinian untuk bekerja setelah lulus kuliah menjadi lebih mudah, selanjutnya kamu tinggal mempersiapkan persyaratan untuk bisa diterima di perusahaan incaranmu. Untuk mempermudahmu diterima kerja, kamu bisa mengikuti beberapa panduan ini.
 

Tonjolkan kelebihanmu sebagai mahasiswa internasional

Sebagai mahasiswa internasional yang berkuliah di Selandia Baru, adalah sebuah keuntungan ketika kamu mencari kerja. Salah satu keuntungannya adalah bahasa. Sebagai mahasiswa internasional tentunya kamu menguasai lebih dari satu bahasa. Misalnya bahasa ibu atau bahasa pengantar utama di negara, serta bahasa Inggris terntunya. Hal ini merupakan salah satu daya tawar yang kamu miliki. Apalagi kalau pekerjaan yang kamu lamar mengkehendaki keahlian untuk menerjemahkan. Mungkin kamu termasuk orang yang tidak tertarik dengan pekerjaan menerjemahkan, namun tidak ada salahnya jika kamu menjadikan hal ini sebagai permulaan karirmu. Kamu bisa menggunakan kesempatan ini untuk mempelajari dunia kerja yang sesungguhnya. Selain itu, kamu juga bisa membangun koneksi menuju karir yang kamu impikan.


Meminta masukan dari orang lain

Ketika mencari pekerjaan yang sesuai untukmu, kamu bisa menanyakannya pada mahasiswa internasional lainnya. Mereka tidak harus merupakan mahasiswa yang berasal dari negara yang sama denganmu. Ketika berkuliah di luar negeri tentunya kamu akan berkenalan dan berteman dengan mahasiswa internasional dari berbagai negara. Bertemanlah dengan mahasiswa internasional lainnya sebanyak mungkin. Dari situlah kamu bisa menggali informasi tentang pekerjaan yang cocok untukmu. Mereka biasanya akan memiliki perspektif yang sama dalam hal mencari kerja dibandingkan dengan mahasiswa lokal. Selain teman kamu juga bisa minta masukan dari seniormu. Bahkan mungkin di perusahaan tempat mereka bekerja sedang ada lowongan kosong yang cocok buatmu.

Menyesuaikan CV

Curriculum Vitae (CV) atau yang juga dikenal dengan daftar riwayat hidup memiliki banyak format. Setiap negara bisa saja berbeda-beda formatnya. Untuk itu, kamu sebaiknya mencari tahu CV seperti apakah yang umum dipergunakan di Selandia Baru. Hal-hal detail seperti foto, informasi mengenai diri sendiri bisa saja berdampak besar bagi penampilan CV-mu. Oleh karenanya, ada baiknya kamu meminta petunjuk dari layanan karir di universitasmu. Biasanya mereka menyediakan layanan latihan menulis CV dan juga menyediakan contoh-contoh CV yang umum digunakan di negara mereka.

Meminta bantuan dari Perkumpulan Mahasiswa

Selain meminta bantuan di pusat karir universitas, kamu juga bisa meminta bantuan dari perkumpulan mahasiswa untuk mencari lowongan kerja. Mereka biasanya dengan senang hati membantumu. Bahkan jika memungkinkan, mereka juga bisa memberikan nomor penting atau alamat email yang bisa kamu hubungi untuk mendapatkan pekerjaan. Terlebih lagi jika universitasmu memiliki jaringan yang kuat dengan berbagai industri dan perusahaan.

Share on Google Plus

About Inspira Imam

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.