Artikel Terbaru

Foreign Students’ Scholarship dari Honjo International Scholarship Foundation untuk Kuliah Pascasarjana di Jepang

Salah satu program beasiswa yang bisa kamu ambil jika kamu berniat untuk kuliah di Jepang adalah program Foreign Students’ Scholarship dari Honjo International Scholarship Foundation. Sekedar informasi bahwa untuk periode pemberian beasiswa ini yang akan efektif pada tahun 2016 sudah ditutup pendaftarannya namun kamu bisa mempersiapkan diri dan segala syaratnya terlebih dahulu untuk mendaftarkan diri dalam periode selanjutnya. Jadi simak baik-baik berbagai hal terkait dengan beasiswa ini ya!



Gambaran Umum
Program beasiswa ini dapat dirangkum kedalam hal-hal yang menjadi garis besarnya, antara lain meliputi:

1. Beasiswa ini terbka untuk pelajar internasional yang berniat untuk menempuh studi tingkat lanjut atau pascasarana di universitas atau perguruan tinggi yang ada di Jepang.
2. Pemberian bantuan pembiayaan dari program beasiswa ini akan mulai diberikan pada bulan April di setiap periodenya.
3. Penerima beasiswa initidak diwajibkan untuk mengganti atau membayarkan kembali sejumlah uang yang sudah diberikan oleh program beasiswa ini.
4. Lamanyajangka waktu pemberian beasiswa ini disesuaikan dengan waku studi paling cepat yang bisa dilakukan oleh penerima beasiswa. Ketika sudah menerima beasiswa, maka penerima beasiswa harus memilih pilihan pembiayaan sebagai berikut:
200,000 Yen per bulan untuk jangka waktu 1 hingga 2 tahun
180,000 Yen per bulan untuk jangka waktu 3 tahun
150,000 Yen per bulan untuk jangka waktu 4 hingga 5 tahun
5. Beasiswa tidak bisa diperpanjang dan juga penerima tidak bisa mengganti pilihannya dari ketiga pilihan yang disediakan jika sudah menentuan dan melaporkan pilihannya.
6. Pemohon yang masa studinya diperkirakan kurag dari 1 tahun tidak boleh mendaftarkan diri untuk program beasiswa ini.
7. Biaya transportasi bagi penerima beasiswa yang nantinya perlu menghadiri seminar internasional dan lain sebagainya berkaitan dengan studi yang diambil akan disediakan juga sesuai dengan aturan dari program beasiswa ini.
8. Penerima beasiswa ini tidak boleh menerima beasiswa lain ketika sedang menerima beasiswa ini.
9. Penerima beasiswa tidak bisa bekerja selain hanya pekerjaan paruh waktu yang sesuai dan sejalan dengan studi yang diambilnya.
10. Setiap bulan penerima beasiswa wajib menghadiri semacam wawancara individu guna melaporkan perkembangan studinya serta juga wajib mengikuti acara-acara yang diselenggarakan oleh pemberi beasiswa.
11. Setelah lulus menempuh studi dengan beasiswa ini, penerima beasiswa wajib mengikuti acara-acara yang ditujukan bagi para alumni atau lulusan program beasiswa ini.
12. Beasiswa ini diberikan kepada 15 sampai 20 orang penerima setiap periodenya.

Persyaratan
Selain hal-hal yang menjadi garis besar tentang beasiswa dari Honjo International Scholarshp Foundation yang sudah disebutkan tadi, kamu juga harus mengetahui syarat-syarat yang wajib dipenuhi untuk bisa mendapatkan beasiswa ini. Berikut ini hal-hal yang menjadi syarat-syaratnya:

1. Pemohon bukan merupakan warga negara Jepang
2. Pemohon sudah harus diterima dan terdaftar secara resmi atau paling tidak sudah mendaftarkan diri di universitas atau perguruan tinggi dimana pemohon akan menempuh studinya nanti
3. Pemohon untuk jenjang S3 maksimal berusia 35 tahun pada bulan Maret pada periode pendaftaran beasiswa dan untuk jenjang S2 usia maksimalnya adalah 30 tahun
4. Pemohon harus mampu meyakinkan pihak pemberi beasiswa bahwa nantinya ia akan segera bekerja dengan etos kerja yang tinggi setelah lulus dari studinya dengan menggunakan pembiayaan beasiswa ini
5. Pemohon harus bisa memahami hal-hal yang berkaitan dengan menjaga hubungan baik dalam lingkup internasional serta juga harus mengikuti berbagai acara yang diselenggarakan oleh pengelola beasiswa baik itu ketika masih menempuh studi maupun ketika sudah lulus
6. Pemohon harus bisa menggunakan bahasa Jepang dalam komunikasi sehari-hari karena wawancara bulanan dari beasiswa ini akan dilakukan dalam bahasa Jepang



Pendaftaran
Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus kamu tempuh untuk bisa mendaftarkan diri dan mengikuti seleksi beasiswa ini. Perhatikan baik-baik ya!

1. Langkah pertama adalah kamu harus mengisi formulir yang disediakan di halaman official website. Pastikan untuk mengingat bahwa setelah waktu pendaftaran selesai maka formulir tidak akan tersedia lagi di halaman tersebut. Pengumuman dari penerima akan diberitahukan pada bulan Januari dengan menggunakan nomer pendaftaran pemohon, jadi ingat selalu nomor pendaftaran yang kamu dapatkan.
2. Masukkan nomer pendaftaran yang kamu dapat kedalam formulirnya dan sertakan dokumen-dokumen berikut ini untuk kemudian dikirimkan menggunakan POS.
Formulir pendaftaran beasiswa yang sudah diisi dan dilengkapi dengan foto terbaru
Resume 
Lembar informasi pribadi atau personal
Ketiga dokumen tersebut bisa kamu dapatkan dari halaman resmi beasiswa ini seperti sudah disebutkan tadi. Isi ketiga formulir tersebut dalam bahasa Jepang boleh diketik boleh ditulis tangan langsung.
Transkrip nilai dari jenjang sebelumnya yang tidak hanya berupa transkrip dari universitas tempat menempu studi sebelumnya tetapi juga termasuk transkri dari berbagai kursus dan sekolah sampingan lainnya jika ada.
Rencana studi atau riset dalam bahasa Jepang yang mencakup gambaran umum atau garis besar, rencana jadwal studi atau riset, rencana dan tujuan untuk waktu yang akan datang, riset yang sudah dilakkan sebelumnya.
Satu buah surat rekomendasi dari profesor yang harus menyebutkan hal-hal seperti pencapaian pemohon dalm bidang akademik, karakter, kepribadian, serta potensi pemohon di masa depan.
Surat yang menjelaskan bahwa pemohon sudah diterima dalam program studi untuk jenjang yang akan ditempuh menggunaka beasiswa ini.
Untuk 4 dokumen terakhir, kamu harus menyiapkan dalam dua bahasa yaitu bahasa Inggris dan bahas Jepang. Jika dokumen aslinya bukan dalam 2 bahasa tersebut maka harus diterjemahkan terlebih dahulu.

Untuk dokumen-dokumen yang harus kamu kirimkan melalui POS, kamu harus mengirimkannya ke alamat berikut ini:
Honjo International Scholarship Foundation
1-14-9, Tomigaya, Shibuya-ku, Tokyo 151-0063
Tel: +81-3-3468-2214 Fax: +81-3-3468-2606
Website : http://www.hisf.or.jp 
Email : info@hisf.or.jp 

Proses Seleksi
Selanjutnya adalah mengenai poroses seleksi dari beasiswa ini yang juga tentunya penting untuk kamu perhatikan.
1. Periode pendaftaran setiap tahunnya untuk beasiswa ini adalah pada bulan Agustus hingga Oktober.
2. Seleksi pertama dari beasiswa ini akan menggunakan dokumen-dokumen yang sudah dikumpulkan pemohon sebagai bahan pertimbangan. Pemohon yang lolos seleksi pertama akan diumumkan di halaman resmi beasiswa ini pada bulan Januari tahun berikutnya.
3. Seleksi kedua dari beasiswa ini akan diadakan pada paruh pertama bulan Februari di Tokyo. Hal-hal berkaitan dengan seleksi kedua ini akan dikomunikasikan hanya dengan pemohon yang sudah lolos seleksi pertama.
4. Pengumuman akhir dari beasiswa ini akan dilakukan pada pertengahan bulan Maret.



Kemudian berikut ini adalah hal-hal yang juga harus kamu ketahui kaitannya dengan beasiswa ini agar tidak menjadi pertanyaan atau menyebabkan kebingungan nantinya:
1. Dokumen-dokumen untuk pendaftaran beasiswa ini tidak akan dikembalikan pada pemohon
2. Informasi pribadi yang diminta dalam formulir dan berbagai dokumen untuk keperluan pendaftaran beasiswa ini dijamin tidak akan digunakan dalam kepentingan-kepentingan lain lagi oleh pihak pengelola beasiswa
3. Dokumen-dokumen yang dikirimkan harus berada dalam 1 amplop ukuran A4
4. Pastikan untuk melengkapi semua dokumen yang diminta kemudian memastikan bahwa semua dokumen tersebut sudah dijadikan satu dalam amplop yang kamu kirimkan agar permohonan beasiswa yang kamu kirimkan tersebut sah

Nah itu tadi mengenai program beasiswa Foreign Students’ Scholarship dari Honjo International Scholarship Foundation yang bisa kamu gunakan untuk melanjutkan studi pascasarjana di Jepang.

Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Advertisement
Scroll To Top