Artikel Terbaru

Hal-Hal yang Harus Kamu Lakukan untuk Memaksimalkan Peluangmu Kuliah ke Luar Negeri Bahkan dengan Nilai Pas-Pasan

Satu hal yang sering mengendurkan bahkan pada akhirnya mengurungkan niat seseorang untuk studi di luar negeri adalah mengenai nilai yang pas-pasan. Studi lanjutan baik itu di luar negeri maupun di dalam negeri pasti membutuhkan nilai yang mumpuni dari jenjang sebelumnya. Oleh karena itu sangat wajar apabila banyak yang merasa minder dan tidak yakin ketika ternyata nilainya pas-pasan. Nah, kali ini ada jawaban untuk pertanyaan tersebut. Jadi buat kamu yang mempunyai nilai pas-pasan tapi pengen kuliah ke luar negeri apalagi dengan beasiswa, simak baik-baik ya.

Satu awal dari kuliah ke luar negeri dengan modal nilai yang pas-pasan pada jenjang studi sebelumnya adalah kamu harus tidak berkecil hati atau minder. Jika sedari awal kamu sudah minder maka kamu tidak akan bisa mempunyai semangat juang untuk mengejar kemungkinan mendapatkan beasiswa meski nilai kamu pas-pasan. Nilai yang bisa dibilang pas-pasan itu sendiri bukan menunjukkan bahwa kamu bodoh. Bisa jadi ada hal-hal atau faktor-faktor lain yang membuat nilaimu jelek dan pas-pasan disaat ujian. Intinya, jangan berkecil hati dan jangan merasa bahwa kamu tidak bisa melanjutkan studi di luar negeri. Itu dulu harus kamu tanamkan dalam pikiranmu sebelum memulai proses pendaftaran dan seleksi untuk kuliah ke luar negeri.



Rajin-Rajinlah Mengikuti Organisasi
Salah satu hal yang kamu harus lakukan adalah dengan mengikuti kegiatan organisasi yang memang sesuai dengan minatmu. Hal ini terasa dan terlihat sepele dan tidak ada kaitannya dengan bidang akademik dalam hal ini nilai. Akan tetapi faktanya adalah bahwa selama mengikuti kegiatan dalam berbagai organisasi dan bahkan menjadi relawan dalam acara-acara tertentu kamu akan mendapatkan banyak pelajaran. Pelajaran-pelajaran tersebut bahkan mungkin tidak akan bisa kamu dapatkan jika kamu tidak mengikuti kegiatan di berbagai organisasi tersebut. Manajemen waktu, cara bersosialisasi, pengendalian stres, metode bekerja sama dalam tim, toleransi, bertahan dalam tekanan, dan juga kepemimpinan akan bisa kamu peroleh dari kegiatan-kegiatan dalam organisasi tersebut. Hal-hal tersebut nantinya bisa sangat mempengaruhi peluang yang kamu miliki untuk bisa mendapatkan beasiswa kuliah ke luar negeri. Kenapa demikian? Jawabannya adalah karena dalam beberapa program beasiswa, pengelola beasiswa tidak hanya melihat faktor akademik saja tetapi juga berbagai faktor lainnya termasuk hal-hal yang sudah disebutkan tadi kaitannya dengan berorganisasi.

Kuasai Satu Bidang Ilmu
Satu lagi hal yang wajib kamu ingat jika kamu ingin mendapatkan beasiswa lanjutan khususnya di luar negeri meskipun nilai yang kamu miliki pas-pasan adalah bahwa kamu sebaiknya menguasai satu bidang ilmu saja. Pastikan selama menempuh studi di jenjang sebelumnya kamu sudah mengetahui apa minat terbesar yang kamu miliki. Jika sudah mengetahui minat yang kamu miliki, perdalam pemahaman kamu dan penguasaanmu dalam bidang tersebut. Dengan menguasai satu bidang ilmu saja, maka kamu akan mendapatkan peluang yang lebih besar ketika mengajukan permohonan untuk beasiswa lanjutan ke luar negeri. Ada banyak beasiswa yang dikelompokkan atau hanya mengkhususkan bantuan pembiayaannya dalam beberapa bidang tertentu. Jenis beasiswa yang seperti itulah yang nanti akan memberikan peluang lebih besar untuk kamu. Jadi, jangan hanya mengikuti kata teman atau bahkan nasehat orang tua untuk menempuh studi bidang ini dan itu, pastikan sesuai dengan minatmu dan kuasai bidang itu. Pada akhirnya kamu akan bisa menunjukkan dan membuktikan bahwa bidang itu kamu kuasai dan kamu bisa berhasil disana.

Kuatkan Niat Saat Mengajukan Permohonan
Niat untuk mengajukan permohonan beasiswa dan mengikuti segala proses seleksinya dari awal hingga saat diberikannya beasiswa haruslah dijaga agar selalu kuat dan tidak pudar. Seperti di awal tadi ketika kamu tidak boleh minder dan berkecil hati, kamu harus menjaga niatmu untuk mengejar beasiswa ke luar negeri sekuat mungkin setiap saat. Hambatan-hambatan sangat mungkin untuk bermunculan ketika kamu mendaftarkan diri untuk beasiswa lanjutan kuliah ke luar negeri. Akan tetapi kamu tetap harus menjaga niat dan keteguhan hatimu bagaimanapun caranya agar tidak menyerah atau berhenti di tengah jalan. Ingat yang sudah kamu perjuangkan dan lakukan sampai pada titik kamu merasa ingin menyerah dan lanjutkan perjuanganmu sampai akhir.

Surat Motivasi (Motivation Letter) Harus Sempurna
Ini adalah salah satu faktor penting yang akan memberikan kamu beasiswa kuliah ke luar negeri. Seperti namanya yaitu surat motivasi, surat ini akan menunjukkan alasan dan motivasi kamu untuk mengambil jurusan tertentu dengan beasiswa tertentu pula. Dalam membuat surat ini kamu harus memahami bagaimana menggunakan tata bahasa yang bisa benar-benar menunjukkan keseriusan kamu dalam mengejar beasiswa dan studi tertentu yang kamu inginkan. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menulis surat ini secara sempurna mulai dari mencari panduannya di internet dan berbagai buku, bertanya pada teman atau kenalan khususnya yang sudah pernah melakukannya, dan jangan lupa untuk introspeksi diri sendiri. Dengan mengintrospeksi diri sendiri kamu seharusnya akan bisa menemukan apa-apa saja yang bisa kamu tuliskan dalam surat motivasi demi membantu dirimu sendiri mendapatkan beasiswa yang kamu inginkan.

Persiapkan Semuanya Dengan Matang dan Teliti
Persiapan adalah kunci dari keberhasilan sesuatu hal. Demikian juga dengan proses yang kamu lakukan kaitannya degan mengejar beasiswa keluar negeri. Jangan sampai hanya karena ada satu saja hal yang tidak kamu siapkan secara maksimal tapi membuat peluangmu untuk mendapatkan beasiswa di luar negeri kandas ditengah jalan. Perhatikan semua persyaratannya dan juga dokumen yang diperlukan. Persiapkan semuanya jika perlu buatlah cadangannya juga. Selain itu mental juga perlu disiapkan khususnya untuk menghadapi wawancara dan juga semacam karantina jika nanti ada karena memang beberapa jenis beasiswa mengadakannya.



Itu tadi adalah hal-hal yang wajib kamu lakukan dan siapkan jika kamu ingin memaksimalkan peluangmu untuk bisa menempuh studi di luar negeri dengan beasiswa. Meskipun nilai yang kamu miliki pas-pasan, ingatlah bahwa kamu masih sangat mungkin untuk mendapatkan beasiswa kuliah ke luar negeri. 

Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Advertisement
Scroll To Top