Artikel Terbaru

Kalau Kuliah di Amerika, Jangan Lupa Masa Orientasinya Ya!

Sebelum memasuki perkuliahan (di manapun), umumnya kita akan memasuki masa orientasi. Kalau di Indonesia mungkin kita lebih mengenalnya dengan istilah OSPEK. Nah, bagaimanakah masa orientasi di universitas-universitas Amerika?

Semua universitas di Amerika biasanya menyelenggarakan program orientasi sebelum perkuliahan dimulai. Bahkan sebagian universitas mengadakan orientasi khusus bagi mahasiswa internasional juga lho! Tujuan dari program ini adalah membantu mahasiswa menyesuaikan diri dengan kehidupan universitas dan di Amerika. Dalam masa orientasi ini mahasiswa akan dikenalkan dengan seluk beluk kampus mereka. Mulai dari para dosen, staf, layanan dukungan, serta fasilitas yang tersedia. Bahkan beberapa universitas mengadakan perjalanan ke kota, agar para mahasiswanya bisa mengenal kampus, kota tempat tinggal, dan sekitarnya.

Orientasi: Penting Gak Sih?


Banyak orang yang sering kali menyepelekan masa orientasi. Padahal masa orientasi sangat penting lho buat kehidupan kuliahmu nantinya. Terutama jika ini adalah pengalaman pertamamu kuliah di Amerika. Program ini akan membantumu mendapatkan informasi-informasi yang berguna untuk memperlancar kuliahmu dan juga untuk memaksimalkan pengalamanmu di universitas nantinya.

Biasanya, masa orientasi di berbagai universitas Amerika dikemas secara menarik. Hal ini karena pihak universitas sangat memahami bahwa banyak mahasiswa yang mungkin masih sulit untuk menyesuaikan diri dengan kehidupan baru di universitas dan mungkin masih canggung untuk berkenalan dengan orang baru. Inilah yang mendasari pihak universitas mengemas banyak permainan pada masa orientasi. Tujuannya untuk membantu mahasiswa baru berbaur dengan dosen, staf universitas, dan sesama mahasiswa baru lainnya.

Apa Saja Informasi yang Kamu Dapat Pada Masa Orientasi?

1. KAMPUS DAN ISINYA

Umumnya kampus di Amerika sangat besar. Jadi akan membutuhkan beberapa waktu untuk mengenal dang mengingat letak tiap ruangan dan fasilitas. Inilah salah satu bukti penting masa orientasi saat kamu kuliah di Amerika, yaitu menegnal kampus. Jangan sampai kamu melewatkan program ini dan akhirnya tidak tahu di mana ruang kuliahmu ya! Selain itu, dengan mengikuti masa orientasi kamu jadi tahu letak beberapa fasilitas penting seperti perpustakaan, laboratorium komputer, kantin, toko buku dan tempat lain yang mungkin akan sering kamu kunjungi.



2. INFO SEPUTAR KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Selain mengenal kampus, pada saat orientasi biasanya kamu akan diberikan beberapa informasi umum tentang kehidupan sehari-hari. Beberapa informasi umum yang bisa kamu dapat misalnya cara praktis menggunakan handphone dan layanannya di Amerika, info tentang lokasi bank, dan transportasi umum.

3. CULTURE SHOCK DAN SOLUSINYA

Ketika kamu mengalami culture shock, kamu tak perlu khawatir. Karena umumnya universitas-universitas di Amerika memiliki Academic Success Centre, yaitu tempat kamu bisa mendiskusikan perbedaan budaya yang mungkin kamu rasakan di ruang kelas, kampus, dan sekitarnya. Tempat ini nantinya akan membantu menjawab beberapa pertanyaanmu mengenai budaya di sana. Beberapa pertanyaan seperti "Mengapa orang disini melakukan hal tersebut?" "Perlukah Saya memakai ini ke kelas?" dan "Apa yang dimaksud oleh professor ketika Ia mengatakan hal tersebut?” mungkin adalah yang terlintas benakmu ketika mengalami culture shock. Nah, Academic Success Centre akan membantumu mengatasinya. Di Amerika, mahasiswa sarjana dapat mengikuti kelas ini untuk membantu mereka memahami perbedaan budaya dan bagaimana hal tersebut mempengaruhi kehidupan mereka. Ketika masa orientasi kamu bisa menanyakantentang kelas seperti ini di kampusmu.



4. LAYANAN DUKUNGAN BAGI MAHASISWA INTERNASIONAL

Universitas di Amerika biasanya juga menyediakan fasilitas yang sangat lengkap untuk mendukung dan membantu pembelajaran mahasiswa. Banyak workshop, pusat layanan (misalnya Academic Success Centre) dan fasilitas yang tersedia untuk mengasah keahlian mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan. Misalnya saja beberapa workshop untuk mengasah keahlian membuat catatan sambil mendengarkan kuliah dari dosen, teknik menulis makalah, menyusun tugas, dan lain sebagainya. Nah, ketika masa orientasi kamu akan diperkenalkan dengan fasilitas-fasilitas semacam ini. Jadi nantinya kamu tahu benar tempat yang perlu kamu tuju di saat menemukan kesulitan dalam mengikuti perkuliahan.

Sebagai catatan, jangan malu untuk bertanya tentang berbagai hal yang kamu rasa perlu pada masa orientasi. Pertanyaan mahasiswa internasional akan dilayani dengan baik. Jika merasa perlu untuk mencatat, lakukanlah. Kamu juga bisa memanfaatkan handphone untuk mencatat dan merekam.

Sumber: hotcourses.co.id

Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Advertisement
Scroll To Top