Artikel Terbaru

Kenapa Harus ke Singapura? Ini Dia Alasan-Alasan untuk ke Singapura

Mendengar nama Singapura, kamu pasti sudah sangat kenal dengan salah satu negara yang kecil namun besar di Asia Tenggara tersebut. Singapura memang sebuah negara yang kecil jika dilihat dari luas wilayahnya. Akan tetapi, Singapura merupakan negara yang besar jika dilihat dari perkembangannya dan pencapaiannya dengan segala apa yang ada disana saat ini.

Tidak bisa dipungkiri juga bahwa saat ini Singapura menjadi pemikat khususnya bagi banyak orang dari Indonesia. Dalam urusan liburan, banyak orang dari Indonesia yang memutuskan untuk ke Singapura. Berbagai tempat yang ditawarkan untuk bisa dikunjungi di Singapura sangat sayang untuk dilewatkan. Selain itu dalam kaitannya dengan pendidikan, Singapura juga menjadi satu tempat tujuan favorit dari para pelajar dari Indonesia untuk melanjutkan studinya.


Well, terlepas dari apapun tujuan utamanya, selalu ada alasan untuk pergi ke Singapura. Berikut ini adalah hal-hal yang sangat wajar menjadi alasan orang-orang untuk pergi ke Singapura baik itu kaitannya dengan melanjutkan studi atau hanya sekedar liburan saja. Simak baik-baik ya lalu bersiap untuk ke Singapura!

·         Dekat dengan Indonesia
Letak dari Singapura yang sangat dekat dengan Indonesia dalam hal geografis adalah satu hal utama yang membuat Singapura menjadi tujuan banyak orang dari Indonesia. Fakta bahwa biaya transportasi ke Singapura bisa lebih murah dari beberapa penerbangan antar kota di Indonesia adalah satu hal yang perlu diperhatikan dalam poin ini. Jika kamu melanjutkan studi di Singapura, bukan tidak mungkin kamu selalu bisa pulang saat hari raya atau saat libur semester. Sementara itu jika kamu ingin liburan disana, setidaknya kamu bisa berhemat dalam biaya transportasinya. Luar biasa bukan? Hanya dengan waktu kurang lebih 1,5 jam dan dengan biaya di kisaran tidak sampai 1 juta Rupiah, kamu sudah bisa berada di Singapura.

·         Tidak Terlalu Berbeda dengan Indonesia
Hal ini juga yang menjadikan alasan banyaknya orang dari Indonesia untuk pergi ke Singapura demi melanjutkan studinya. Situasi dan kondisi di Singapura tidak terlalu berbeda jauh dengan Indonesia dalam beberapa hal. Hal ini sangat penting untuk yang menempuh studi dan harus tinggal di Singapura karena tidak akan terlalu membuat culture shock. Bandingkan saja dengan negara-negara di Eropa yang memiliki 4 musim dan bisa sangat berbeda dalam banyak hal seperti makanan dan gaya hidup yang pada akhirnya bisa menyebabkan culture shock yang parah.

·         Tingkat Kriminalitas Rendah
Nah hal ini tentu sangatlah penting kaitannya dengan berlibur di Singapura atau tinggal disana selama beberapa tahun untuk menempuh studi. Penataan lingkungan yang baik dengan aturan-aturan yang tegas membuat angka kriminalitas di Singapura rendah. Jadi kamu tidak perlu khawatir jika harus hidup disana selama beberapa waktu atau juga sekedar ingin berlibur disana.

·         Biaya Hidup Lebih Murah
Hal ini sangat benar jika dibandingkan dengan negara-negara Eropa atau Amerika dalam kaitannya untuk kamu yang berniat melanjutkan studi di Singapura. Untuk bisa hidup dengan cukup layak di Singapura hanya dibutuhkan uang 10 juta rupiah per bulannya. Bandingkan dengan Amerika Serikat yang membutuhkan 60 juta Rupiah, Australia 35 juta Rupiah, dan Belanda sekitar 20 juta Rupiah.

·         Multikultural
Satu hal ini membuat Singapura terasa seperti Indonesia namun masih sedikit lebih baik karena memang keragaman disana sangatlah dijaga dan berlangsung dengan penuh harmoni. Berbagai suku bangsa dan bahasa bisa mau temukan di Singapura namun tidak ada masalah-masalah yang terjadi karena dilatar belakangi masalah tersebut. Bahkan dalam keseharianmu disana nanti jika kamu kuliah disana, bisa saja kamu menggunakan lebih dari 2 bahasa yang tentunya akan sangat memberikan dampak positif setelah kamu selesai studi disana.

·         Bantuan Pembiayaan Kuliah
Dalam kaitannya dengan tujuan pendidikan, pemerintah Singapura merupakan salah satu yang sangat dermawan dalam memberikan bantuan keuangan. Biasanya untuk pelajar internasional akan bisa mendapatkan bantuan pembiayaan sebesar maksimal 70% dari pemerintah Singapura. Namun setelah lulus studi di Singapura, harus bekerja selama 3 tahun disana.

·         Terminal Internasional
Nah hal ini akan sangat bermanfaat bua kamu yang demen banget jalan-jalan. Singapura bisa dibilang sebagai terminal internasional karena bahkan ada beberapa penerbangan yang langsung menuju Singapura dari berbagai negara di dunia. Singapura sendiri juga sering menjadi titik transit bagi banyak penerbangan yang menuju beberapa lokasi lain.

·         Lokasi-Lokasi Iconic
Singapura memiliki banyak lokasi yang bisa disebut iconic dalam bahasa Inggris. Ini maksudnya adalah jika melihat foto dari lokasi itu orang bisa langsung tau bahwa itu adalah Singapura. Bagi yang senang jalan-jalan tentu ini sangat menarik. Buat yang berniat studi di Singapura juga merupakan hal menarik karena jalan-jalan keliling Singapura adalah merupakan bonus tersendiri yang bisa dilakukan saat sedang libur kuliah. Sebut saja ada Singapore Flyer, Universal Studio, Sentosa Island, Marina Bay Sands, Singapore Zoo, dan beberapa lokasi lain dimana terdapat patung khas Singapura Merlion.

·         Wisata Kuliner Lengkap
Percaya tidak percaya di Singapura terdapat banyak macam makanan dan masakan yang bisa kamu nikmati. Hal ini tentu berawal dari keragaman budaya yang luar biasa di Singapura. Bahkan di beberapa lokasi kamu bisa menemukan masakan Indonesia jika kamu tinggal disana dan kangen dengan masakan Indonesia.

·         Bagaimanapun Juga Singapura adalah Luar Negeri
Satu hal ini yang harus selalu kamu ingat bahwa terlepas dari lokasi yang dekat dan kemiripan dengan Indonesia dalam hal keragaman disana, Singapura adalah luar negeri. Ini artinya bahwa kamu sudah akan bisa mendapatkan gelar kuliah yang bergengsi jika kamu kuliah disana. Bukan hanya dalam tujuannya untuk bergaya saja karena lulusan luar negeri, namun faktanya bahwa kualitas pendidikannya lebih baik dibanding Indonesia. Bagi penikmat liburan, tentu sangat menarik untuk bisa pergi ke luar negeri yang sangat dekat dengan Indonesia. Tidak akan banyak biaya yang dihabiskan dan tidak akan makan banyak waktu juga.


Dari hal-hal tersebut yang menjadi alasan untuk pergi ke Singapura, mana yang pas buat kamu? Semuanya pasti kan? Tidak usah dipungkiri lagi dan tidak perlu ragu lagi untuk ke Singapura. Jika kamu belum berkesempatan untuk studi disana, setidaknya sempatkanlah untuk jalan-jalan kesana. Mulailah siapkan hal-hal yang akan kamu butuhkan untuk bisa pergi kesana seperti yang paling utama adalah paspor. Yang jelas, pergi ke Singapura tidak membutuhkan adanya visa jadi kamu bisa juga lebih berhemat dalam hal ini.

Jalan-jalan ke Singapura yuk!

Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Advertisement
Scroll To Top