Keterbatasan Ekonomi Tidak Membatasi Muhay Untuk Mewujudkan Mimpi Kuliah Ke Republik Ceko!

Muhaimin Ahmad merupakan mahasiswa jurusan Teknologi Industri IPB. Muhay panggilan akrabnya, memiliki keterbatasan ekonomi, bahkan untuk mem...

Muhaimin Ahmad merupakan mahasiswa jurusan Teknologi Industri IPB. Muhay panggilan akrabnya, memiliki keterbatasan ekonomi, bahkan untuk memenuhi persyaratan sertifikat Bahasa Inggris saja dia harus peras keringat untuk membayar tesnya. Kondisi tersebut tidak membatasi dirinya untuk mewujudkan mimpi kuliah di luar negeri. Kerja keras yang telah dilakukannya terbayar saat dia dinyatakan lolos sebagai salah satu penerima program exchange Erasmus+ di Masaryk University, Brno.

Seperti apa perjuangan Muhay menuju Masaryk University?, Simak hasil interview tim Berkuliah.com di bawah ini.

  • Hallo Mas Muhay, Bisa diceritakan mengenai profile Mas Muhay ?
Hii. Nama saya Muhaimin Ahmad, bisa dipanggil Muhay. Mahasiswa IPB yang berasal dari Lumajang, Jawa Timur. Di IPB saya berkuliah di Departemen Teknologi Industri,  Fakultas Teknologi Pertanian. Saat ini, sejak bulan September lalu, saya sedang menjalani program exchange dari Erasmus + di Brno, Czech Republic tepatnya di Masaryk University. Aktivitas saya selain kuliah adalah persiapan untuk program master, yaitu mengikuti kelas Bahasa selain Bahasa inggris.


  •   Bisa diceritakan ide dan alasan memilih program exchange Erasmus+ ? 
Alasan saya mengikuti program ini karena ingin masa terakhir sebagai mahasiswa sarjana saya berkesan, sekaligus sebagai persiapan program master beberapa bulan kedepan setelah program exchange ini selesai. Alhamdulillah saya sudah diterima di salah satu kampus di Belanda. Saya memilih Brno sebagai tujuan karena letaknya yang sangat strategis berada tepat di jantung Eropa. Sehingga memudahkan untuk menuangkan hobi jalan-jalan saya. Selain itu, Brno yang terkenal sebagai kota mahasiswa di Czech Republic dan Masaryk Universitas merupakan salah satu tujuan utama mahasiswa exchange yang terkenal di Eropa. Saya juga memilih Brno karena saya ingin berinteraksi sesering mungkin dengan mahasiswa internasional disini.

  • Bagaimana proses pendaftaran program exchange Erasmus+? Dan apa saja persyaratannya?
Pendaftaran, seleksi dan pengumuman, seluruhnya dilakukan online via website. Asalkan kita sudah memiliki seluruh persyaratan dan memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan, maka langkah selanjutnya hanyalah menunggu sambil banyak berdoa semoga mendapatkan yang terbaik. Jujur waktu itu saya hampir lupa dengan pengumuman beasiswa ini karena saking banyaknya beasiswa yang saya daftar dan banyak pula aplikasi yang sebelumnya ditolak dan selalu menguras air mata dan menyayat hati. Namun, saya tetap semangat mengejar mimpi saya dan Alhamdulillah selalu mendapatkan dukungan penuh dari Ibu dan Dosen pembimbing saya.


  • Kendala apa yang Mas Muhay hadapi saat proses mendaftar program exchange Erasmus+? dan bagaimana solusinya?
Mengenai kendala mungkin bisa dibilang keuangan. Sebab waktu pendaftaran saya masih berada di semester 7 dan sedang banyak membutuhkan uang untuk penelitian. Sementara salah satu syarat pendaftaran adalah hasil tes Bahasa IInggris yang biayanya ehm… tidak murah dan butuh perjuangan bagi saya untuk membayarnya. Sebab, sejak kuliah saya berusaha selalu mencukupi kebutuhan hidup saya sendiri baik itu dari beasiswa ataupun kerja sambilan saat ada waktu luang. Saya bukan dari keluarga yang mampu secara finansial tetapi saya yakinkan teman-teman bahwa tidak ada yang tidak mungkin jika Allah sudah berkehendak. Dan selalu ingat bahwa Allah itu maha adil dalam membagi rejeki mahluknya.

  • Bagaimana proses seleksi program exchange Erasmus+? tips dan trik apa yang dapat dibagi untuk teman-teman Berkuliah.com agar dapat diterima pada program tersebut? 
Untuk Erasmus+, saya tidak merasakan ada kendala sedikitpun. Beberapa program mungkin meminta kita untuk wawancara atau mengirimkan video. Tetapi untuk yang saya dapatkan kali ini murni seleksi berkas. Tips untuk teman-teman adalah penuhi syarat yang diminta dan kirimkan sebelum deadline. Selanjutnya serahkan semua kepada Allah dan rajin-rajinlah berdo’a dan perbaiki niat.

Tips teknis yang bisa saya bagikan mungkin lebih kepada motivation letter yang harus ditulis benar-benar dari hati. Bukan copy paste dari yang sudah lolos karena feelnya akan berbeda saat dibaca. Selain motivation letter menurut saya yang menentukan mungkin ada pada hasil tes Bahasa Inggris dan Transkrip Nilai. Untuk itu, lakukan persiapan sebaik-baiknya sebelum mendaftar.


  •  Setelah diterima pada program exchange Erasmus+, selanjutnya apa saja yang harus dipersiapkan untuk keberangkatan dan kehidupan di Brno?
Langkah selanjutnya tergantung universitas masing-masing. Sebab mereka akan langsung mengirim instruksi melalui email dan kita akan sering-sering menemukan sesuatu yang penting di inbox email kita. Secara umum persiapan keberangkatan adalah mengajukan visa, dan mengurus segala keperluan pribadi.

  • Fasilitas apa saja yang didapatkan dari program exchange Erasmus+?
Fasilitas yang didapatkan seperti pengurusan visa, asuransi dan tiket PP Eropa-Indonesia. Selain itu, tergantung universitas masing-masing. Terkadang ada yang memberikan paket plus-plus seperti diskon merchant khusus seperti New Yorker dan paket orientasi dan kegiatan excursion.

  • Kenapa memilih kampus Masaryk University untuk program exchange ini?
Background pendidikan saya yang terlalu luas selama sarjana, dan adanya hubungan antara Masaryk dan kampus tujuan master saya membuat saya memilih Masaryk sebagai tempat berlabuh. Selain itu, Masaryk di Brno merupakan kampus yang sangat besar dan lebih modern dibandingkan kampus lainnya di Czech Republic. Selain itu, biaya hidup di sini juga dapat dikatakan lebih murah dibandingkan kota-kota lainnya di Eropa.


  • Selama di Brno tinggal di mana dan bagaimana akses menuju Masary University?
 Dari tempat tidur menuju kampus hanya membutuhkan tidak lebih dari 200 langkah kecil. Jadi saya tinggal di asrama universitas, tidak perlu menggunakan sepeda apalagi motor. Efisiensi waktu dan tenaga adalah hal utama yang mendasari saya memilih asrama sebagai tempat tinggal karena letaknya yang sangat dekat dengan kampus.

  • Di Masaryk University mengambil jurusan apa? Apakah jurusan dan mata kuliah di Masaryk University sama dengan yang dipelajari saat ini di IPB? 
Jurusan yang saya ambil di Masaryk lebih spesifik untuk menunjang praktik di lapangan. Kelas saya pun lebih banyak praktik di lapangan dibandingkan di kelas. Saya mengkhususkan mengambil kredit tentang international economy, business, trade dan system management. Jika selama sarjana saya mempelajari hal yang sangat luas, maka sekarang saya mempelajari hal yang sangat spesifik dan dapat memberikan gambaran seperti apa dan bagaimana perjalanan hidup saya kedepan, setidaknya apa yang akan saya pelajari di pendidikan master kelak.

  •  Bagaimana sistem perkuliahan di Masaryk University? Apa perbedaan sistem perkuliahan di Masaryk University dengan di Indonesia?
Sistem yang diberlakukan kembali pada mata kuliah apa yang kita ambil. Satuan kredit pendidikan di Eropa menggunakan ECTS, dihitung berdasarkan jam belajar. Selalu membaca materi sebelum berangkat ke kelas adalah kebiasaan yang setiap hari saya lakukan. Kelas saya maksimal terdiri dari 10 orang mahasiswa dan 1 atau 2 dosen. Kelas bukan hanya diisi dengan materi oleh dosen melainkan diskusi aktif oleh mahasiswa. Jika tidak aktif maka tidak mendapatkan nilai atau dianggap tidak dapat mengikuti alur berpikir selama diskusi.
Karena kuliah yang saya ambil lebih kearah keterampilan lapang maka penguasaan bahasa memang sangat dibutuhkan. Keterampilan mengolah data kata dan angka sangat diperhatikan oleh dosen. Focus goal pembelajaran adalah keterampilan individu bukan nilai semata. Ujian mata kuliah yang saya ambil terdiri atas ujian oral dan serta tulis. Test dilakukan dalam bentuk presentasi tugas akhir ataupun paper serta dinilai melalui keaktifan selama kerja kelompok.  

  • Kesulitan atau kendala apa yang Mas Muhay hadapi saat berkuliah di Masaryk University? Dan bagaimana solusinya?
Kendala utama kuliah saya di Masaryk lebih kearah topik kuliah yang mendalam dan lebih sering membahas lingkungan dan problem yang tidak berada dan terjadi di Indonesia. Namun itu merupakan tantangan karena saya memang masih harus banyak belajar dan saya sadar bahwa pengetahuan saya masih kurang luas.

  • Culture Shock apa yang di rasakan saat berkuliah di Masaryk University?   
Culture Shock pendidikan yang saya alami saat pertama kali berada di sini adalah semua materi ternyata sudah tersedia di internet sistem kampus. Hanya butuh kejelian, sering membuka email dari dosen, serta niat yang kuat untuk membacanya sebelum datang ke kelas. Jangan sampai terlihat bodoh di kelas sebab cuma bisa diam saat diskusi karena tidak mengetahui topik apa yang akan dibahas di kelas nanti.

 
  • Bagaimana fasilitas mahasiswa di Masaryk University?
Banyak peralatan penelitian di sini sangat canggih dan belum pernah saya lihat di Indonesia. Fasilitas kantin mahasiswa sangat bersih dan modern. Segala produk cukup dibeli menggunakan kartu mahasiswa dengan harga yang lebih murah dibandingkan makan di luar kampus. Selain itu organisasi mahasiswa internasional di sini saya rasa bersih dari unsur politik dan lebih focus pada bidang masing-masing.

  • Hal paling menyenangkan saat kuliah di Masaryk University?
Hal paling menyenangkan adalah bertemu dan berdiskusi dengan mahasiswa internasional lainnya. Terutama yang sesama program Erasmus+. Pola pikir yang lebih terbuka terhadap segala bentuk perbedaan, menghargai budaya masing-masing dan saling membantu dengan kehangatan adalah ciri pergaulan mahasiswa di sini yang dapat saya rasakan. Setiap minggu selalu ada pub quiz, dan acara kumpul-kumpul di akhir pekan dan selalu ada tempat hangat untuk bercerita dan berbagi pengalaman.


  • Setelah menjadi mahasiswa pada program exchange Erasmus+ dan berkuliah di Masaryk University apa yang Mas Muhay dapatkan? 
Dengan mengikuti program ini, hal pertama yang saya dapatkan adalah teman dan lingkungan yang baru, jaringan pertemanan dengan mahasiswa internasional lainnya. Selain itu, sifat dasar saya yang pemalu mulai saya kurangi dan merubahnya menjadi lebih percaya diri untuk mengemukakan pendapat, bercerita dan presentasi di depan mahasiswa internasional lainnya. Alhamdulillah tahun depan saya akan melanjutkan kuliah bukan di Ceko lagi melainkan di Belanda. Tahun depan saya akan focus menjalani program master saya dan  mengurangi porsi jalan-jalan. Untuk itu saya pergunakan kesempatan exchange ini untuk memperoleh manfaat semaksimal mungkin, baik itu untuk jalan-jalan, ilmu, fasilitas modern dan networking dengan professor yang ahli di bidangnya.

  • Motivasi, Prinsip hidup seperti apa yang bisa dibagi untuk teman-teman Berkuliah.com agar mampu mewujudkan mimpinya seperti Mas Muhay ?
Saya berasal dari keluarga yang kurang mampu secara finansial. Saya selalu mendapatkan beasiswa sejak SMA sampai saat ini. Banyak di antara tetangga saya di rumah yang tidak percaya dan masih meragukan bagaimana Ibu menyekolahkan saya setelah Ayah jatuh sakit. Tetapi takdir Allah tiada satupun orang yang mampu menebak.

Saya tidak malu untuk mengakui posisi ekonomi saya yang kurang baik di depan teman-teman saya. Sebab, teman yang baik tidak akan menjudge seseorang hanya berdasarkan keadaan ekonominya. Saya selalu jujur akan hal tersebut dan selalu menjadikannya alasan utama saya untuk berjuang keras merubah nasib agar tidak selamanya berada di lubang yang sama. Terkadang kondisi saya yang seperti itulah yang menjadikan saya menemukan teman yang tulus mensupport perjuangan saya. Syukur alhamdulillah Allah maha adil pada hambanya.



Motivasi terbesar saya adalah membawa perubahan pada lingkungan tempat saya dibesarkan, dimana masih banyak teman-teman yang tidak seberuntung saya. Masih banyak teman saya yang putus sekolah dan orang tuanya yang menganggap bahwa pendidikan tinggi tidaklah penting bagi masa depan anaknya.

Selain itu, motivasi terbesar saya adalah secepatnya mencapai goal terdekat setelah menyelesaikan pendidikan dan bekerja, yaitu berangkat haji bersama Ibu saya. Niat yang tulus untuk membahagiakan Ibu adalah bekal yang cukup kuat untuk membuat saya sadar diri selama menjalani hidup dan cobaannya di luar negeri.

Mengenai prinsip hidup, Prinsip yang saya pegang ini diajarkan oleh Ibu saya, yaitu selalu menjadi orang yang sabar, ngalah dan tahu diri. Tahu posisi kita sedang tidak berada di atas, sadar bahwa tiada kuasa selain Allah, ngalah karena sadar kita bukan apa apa, semua hanya titipan, dan berpegang teguh bahwa Allah hanya memberikan 3 hal: yang baik, yang lebih baik dan yang terbaik.


Sekian interview dengan Mas Muhay. Tertarik untuk mengikuti jejaknya berkuliah di Masaryk University?, segera persiapkan!. Buka link berikut ini untuk informasi lebih lengkap mengenai program exchange Erasmus+. Semoga sukses :). 
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,81,Arab Saudi,13,Asia,237,Australia,75,Austria,12,Beasiswa,297,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,13,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,312,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,441,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,2,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,58,Jerman,46,Kanada,27,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,3,Malaysia,26,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,12,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,150,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,7,Tips Beasiswa,15,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,6,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: Keterbatasan Ekonomi Tidak Membatasi Muhay Untuk Mewujudkan Mimpi Kuliah Ke Republik Ceko!
Keterbatasan Ekonomi Tidak Membatasi Muhay Untuk Mewujudkan Mimpi Kuliah Ke Republik Ceko!
http://1.bp.blogspot.com/-0BwSjScSkmE/Vl87D4Z6y8I/AAAAAAAAHPk/HjhhzLVZMUE/s640/18.png
http://1.bp.blogspot.com/-0BwSjScSkmE/Vl87D4Z6y8I/AAAAAAAAHPk/HjhhzLVZMUE/s72-c/18.png
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2015/12/keterbatasan-ekonomi-tidak-membatasi.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2015/12/keterbatasan-ekonomi-tidak-membatasi.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy