Kuliah Ilmu Politik di Irlandia? Pilih Salah Satu Universitas Ini!

Politik adalah ilmu yang rasanya tak akan pernah habis dipelajari. Hal ini karena ilmu politik selalu berkembang dari waktu ke waktu. Salah satu negara yang sering menjadi rujukan para calon mahasiswa dari Indonesia untuk kuliah di bidang ilmu politik adalah Irlandia. Tapi mana saja sih universitas yang memiliki program-program ilmu politik di Irlandia? Berikut kami rangkumkan universitas yang memiliki program di bidang ilmu politik.

University College Dublin


University College Dublin memiliki 27 program untuk jurusan ilmu politi. Dua di antaranya adalah program sarjana yang ditempuh dalam waktu 3-4 tahun. 25 program lainnya adalah program pascasarjana yang ditempuh dalam waktu 1-2 tahun. Untuk perkuliahan pada program sarjananya sendiri akan dimulai pada 25 Januari 2016 mendatang. Sedangkan program pascasarjananya rata-rata dimulai pada 12 Sepetember 2016 mendatang. Untuk biaya studinya sendiri mulai dari €11,600.00 (Rp 170,170,631) hingga €20,400.00 (Rp 299,265,593) per tahun. Agar lebih jelas, kamu bisa mengunjungi laman resminya secara langsung.

Institute of Public Administration


Institute of Public Administration menawarkan 5 program untuk bidang ilmu politik. Kelima program tersebut adalah program-program kejuruan, sarjana, dan juga pascasarjana. Semua program yang ditawarkan tersebut memiliki waktu tempuh studi selama 1 tahun. Untuk lebih jelas mengenai informasi tentang program-program tersebut, kamu bisa langsung melihatnya di situs resmi universitas ini ya!

Dublin Institute of Technology


Dublin Institute of Technology hanya menawarkan satu program saja untuk bidang ilmu politik. Program tersebut adalah MA in Public Affairs and Political Communication. Program ini merupakan program pascasarjana dengan masa studi selama satu tahun. Untuk masalah biaya, program ini mematok biaya kuliah sebesar  €11,250.00 (Rp 165,036,173) per tahun. Perkuliahannya sendiri rencananya akan dimulai pada Sepetemper 2016 yang akan datang.

University College Cork


University College Cork menawarkan 13 program di bidang ilmu politik. Tiga di antaranya adalah program sarjana dengan masa studi selama satu tahun. Sedangkan 10 program lainnya adalah program pascasarjana dengan masa studi selama satu hingga dua tahun. Untuk informasi lebih lengkap mengenai biaya kuliah, persyaratan pendaftaran, dan lain sebagainya kamu bisa melihatnya secara langsung di situs resmi universitas ini.

Dublin City University


Dublin City University menawarkan 8 program di bidang ilmu politik. Empat di antaranya adalah program sarjana dengan masa studi selama 3-4 tahun. Rencananya program –program sarjana tersebut akan memulai perkuliahan pada 1 Februari 2016. Sedangkan empat program lainnya dalah program pascasarjana dengan masa studi selama 1 tahun. Rencanaya program pascasarjana tersebut dimulai pada Sepetember 2016 mendatang.

Galway Mayo Institute of Technology


Galway Mayo Institute of Technology hanya menawarkan satu program saja untuk bidang ilmu politik. Program tersebut adalah Master of Business in Strategy and Innovation Management, yang merupakan program pascasarjana. Program ini memiliki masa studi selama satu tahun. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa melihat di situs resmi universitas ini.

Trinity College Dublin


Trinity College Dublin menawarkan 21 program di bidang Ilmu Politik. Program-program tersebu terbagi menjadi 14 program sarjana dan 7 program pascasarjana. Untuk program sarjananya memiliki masa studi selama 4 tahun. Pendaftaran untuk program sarjana ini akan dimulai pada bulan Juni 2016 mendatang. Sedangkan untuk program pascasarjananya sendiri memiliki masa studi selama satu tahun dengan perkuliahan yang dimulai pada Sepetember 2016.

University of Limerick



University of Limerick memiliki 12 program untuk bidang ilmu politik. 6 di antaranya adalah program sarjana yang memiliki masa studi selama 4 tahun. Sedangkan 6 program lainnya adalah program pascasarjana yang memiliki masa studi selama satu tahun. Semua program tersebut rencananya membuka pendaftaran pada Juli 2016 mendatang.

National University of Ireland, Galway


National University of Ireland, Galway menawarkan 4 program di bidang ilmu politik. Salah satu dari program tersebut adalah Bachelor of Arts (Public and Social Policy), yaitu program sarjana yang ditempuh dalam waktu 3 tahun. Sedangkan tiga lainnya adalah program pascasarjana yang ditempuh dalam 1-4 tahun. Semua program tersebut rencananya memulai perkuliahan pada 5 Sepetember 2016.


National University of Ireland, Maynooth


National University of Ireland, Maynooth menawarkan 3 program sarjana dan 2 program pascasarjana dalam bidang ilmu politik. Untuk program sarjananya memiliki masa studi selama 1-3 tahun. Sedangkan program pascasarjananya memiliki masa studi selama satu tahun. Kalau kamu tertarik dan ingin mengetahui lebih lanjut mengenai program-program tersebut kamu bisa langsung melihat informasi lengkap pada situs resmi universitas ini.

Share on Google Plus

About Inspira Imam

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.