Langkah-Langkah Dasar dalam Mencari Beasiswa Kuliah ke Luar Negeri

Meskipun benar bahwa ada banyak pilihan beasiswa untuk kuliah ke luar negeri, faktanya adalah kamu tidak bisa asal memilih dan pasti langsu...


Meskipun benar bahwa ada banyak pilihan beasiswa untuk kuliah ke luar negeri, faktanya adalah kamu tidak bisa asal memilih dan pasti langsung akan diterima. Justru karena banyaknya beasiswa tersebut, kamu harus memastikan bahwa kamu bisa memilih satu pilihan yang paling tepat untuk bisa mendapatkan beasiswa tersebut. Sayangnya bahkan sampai saat ini masih saja ada yang mengalami kesulitan untuk bisa memilih beasiswa yang paling sesuai untuk diri masing-masing.

Kali ini akan dijelaskan langkah-langkah dasar yang harus kamu lakukan jika kamu ingin mengejar beasiswa kuliah ke luar negeri yang paling pas buat kamu. Pemilihan beasiswa yang paling tepat ini sangat penting karena beasiswa biasanya ada yang dibatasi hanya dalam bidang-bidang tertentu saja. Salah pilih beasiswa bukan tidak mungkin kamu justru harus membayar studi dengan biaya sendiri karena ternyata studi yang kamu ambil tidak didukung beasiswa tersebut.

Nah, berikut ini adalah hal-hal mendasar yang harus kamu ingat dan lakukan ketika kamu berniat mengejar beasiswa kuliah ke luar negeri. Perhatikan dan ingat baik-baik ya.



1. Buat Kriteria Khusus untuk Kamu Sendiri
Nah dari banyaknya beasiswa yang ada dan bisa kamu ambil, tentu kamu harus memperkecil lingkup pilihannya. Bagaimana caranya? Satu cara yang sangat mendasar adalah dengan membuat sebuah kriteria yang khusus hanya untuk kamu dan sangat sesuai dengan kamu sendiri. Dalam membuat kriteria ini tentu ada faktor-faktor yang wajib kamu pertimbangkan seperti bidang studi, ikatan dinas, serta juga level pendidikan. Dengan menggunakan hal-hal tersebut yang sesuai dengan diri kamu, maka nantinya kamu akan mendapatkan sebuah kriteria untuk memilih beasiswa yang paling sesuai.

2. Tentukan dan Jaga Fokus Beasiswa
Nah setelah kamu mempunyai kriteria khusus dari beasiswa yang akan kamu cari, kamu sudah bisa mulai mencari berbagai informasi seputar beasiswa dengan menggunakan kriteria yang sudah kamu punya. Dengan demikian kamu bisa menentukan fokus dalam mencari beasiswa yang paling sesuai dengan kriteria kamu. Satu sisi mungkin merugikan karena kamu jadi tidak mengetahui informasi beasiswa lain yang tidak ada dalam kriteria kamu, namun hal ini juga ternyata menguntungkan karena kamu jadi bisa benar-benar serius dalam mencari informasi beasiswa dalam fokus yang sudah kamu tentukan. Ingat selalu untuk menjaga fokus dalam mencari beasiswa ini sampai kamu benar-benar menemukan yang pas dan cocok buat kamu.

3. Cari Informasi yang Relevan dari Sumber Terpercaya
Hal ini sangat penting kamu lakukan karena kamu membutuhkan semua informasi tentang beasiswa yang ada sesuai dengan kriteria yang sudah kamu buat. Nah dalam mencari informasi tentang beasiswa tersebut yang memang relevan dan dijamin dari sumber terpercaya, kamu bisa melakukan beberapa hal berikut ini:

Kunjungi Website Penyedia Informasi Beasiswa
Salah satu cara paling gampang yang bisa kamu lakukan untuk mencari informasi seputar beasiswa adalah dengan mengunjungi website penyedia informasi beasiswa. Ada banyak website yang bisa kamu kunjungi dan disana akan ada banyak informasi beasiswa yang bisa kamu pergunakan. Biasanya akan ada kolom pencarian dimana kamu bisa mencari beasiswa sesuai dengan kriteria dan fokus yang sudah kamu tentukan sebelumnya tadi.

Langganan Informasi Beasiswa
Kamu pernah dengar yang namanya milis? Jika belum, segeralah cari milis yang memberikan informasi beasiswa. Ada banyak juga milis dimana kamu bisa bergabung dan akan selalu mendapatkan informasi-informasi terbaru seputar beasiswa. Hal ini akan sangat membantu kamu jika kamu memang sudah mempunyai aktivitas rutin setiap harinya. Tanpa harus mencari-cari terlebih dahulu kamu sudah akan mendapatkan informasi seputar beasiswa untuk kuliah ke luar negeri.

Cari Menggunakan Search Engine
Nah jika kamu mempunyai cukup banyak waktu luang atau kamu memang selalu ter-koneksi dengan internet maka cara ini akan sangat gampang kamu lakukan. Kamu hanya harus memastikan bahwa kata kunci yang kamu gunakan nantinya sudah sesuai dengan kriteria dan fokus dari beasiswa yang kamu inginkan. Kamu bisa menggunakan berbagai pilihan kata kunci mulai dari negara, bidang studi, jenjang, dan lain sebagainya.

Baca Media Cetak
Selanjutnya satu hal terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan menunggu dan kemudian membaca serta mencerna informasi dari media cetak. Hal ini bersifat pasif jadi kamu hanya harus menunggu kapan informasi itu ada kemudian memprosesnya.

Nah dalam mencari informasi beasiswa, sangat disarankan kamu untuk mengkombinasikan cara-cara tadi agar hasilnya lebih maksimal dan bisa memberikan pertimbangan yang lebih baik ketika nanti kamu harus menentukan pilihan terakhirmu pada beasiswa tertentu.



4. Pilih Satu Beasiswa yang paling Sesuai
Setelah mempunyai kriteria dan menggunakannya untuk mencari segala informasi tentang beasiswa untuk kamu kejar nantinya, maka kamu kemudian harus mampu untuk memilih satu pilihan yang kamu rasa paling tepat. Bahkan ketika kamu sudah menggunakan kriteria dan fokus dalam mencari beasiswa, kamu masih akan menemukan beberapa pilihan yang akhirnya harus kamu pertimbangkan masing-masing. Pertimbangkan matang-matang ketika harus memilih satu beasiswa karena biasanya beasiswa itu periodenya bersamaan jadi jika ternyata salah pilih kamu mungkin baru akan bisa mengikuti seleksi lagi tahun berikutnya bahkan untuk beasiswa lainnya lagi.

5. Siapkan Berbagai Syarat yang Dibutuhkan
Terakhir untuk bisa mengejar dan mendapatkan beasiswa kuliah keluar negeri kamu tentu harus menyiapkan segala hal yang menjadi persyaratan dari sebuah beasiswa itu sendiri. Beasiswa yang berbeda bisa mempunyai persyaratan yang berbeda jadi pastikan kamu memahami persyaratan-persyaratan dari beasiswa yang akan kamu ambil tersebut. Dalam persyaratan beasiswa biasanya akan dibutuhkan juga dokumen-dokumen tertentu yang meliputi:
Sertifikat TOEFL , IELTS, atau bukti kemampuan bahasa yang lain
Hasil tes GMAT atau GRE
Bukti pengalaman kerja
Surat rekomendasi dari dosen, guru, atau atasan di tempat kerja
Bukti penerimaan atau Letter of Acceptance dari universitas yang kamu tuju
Surat rekomendasi dari pihak universitas yang menerima kamu (jika memungkinkan)
Esai personal yang memuat motivasi, tujuan, dan berbagai hal yang membuatmu layak menerima beasiswa tersebut



Hal-hal tersebut hanya sebagian dar prasyarat ketika kamu mengajukan permohonan beasiswa. Bisa saja beasiswa yang kamu kejar memiliki prasyarat yang berbeda jadi pastikan untuk membaca dan memahami informasi tentang beasiswa tersebut ya.

Kelima hal tersebut adalah hal-hal paling mendasar yang harus kamu lakukan ketika kamu berniat untuk mengejar beasiswa untuk kuliah ke luar negeri. Jadi jangan hanya setiap waktu bertanya tentang “Bagaimana cara kuliah ke luar negeri?”, tapi lakukan hal-hal tersebut jadi kamu tidak hanya akan jalan ditempat dalam proses mendapatkan beasiswa kuliah ke luar negeri.

Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,80,Arab Saudi,12,Asia,236,Australia,75,Austria,12,Beasiswa,281,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,13,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,9,Destinasi,65,Eropa,310,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,5,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,11,Info Universitas,34,Inggris,85,Interview,439,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,10,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,2,Interview di Selandia Baru,3,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,14,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,56,Jerman,44,Kanada,26,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,LPDP,3,Malaysia,26,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,14,PPI,6,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,12,Selandia Baru,23,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,23,Student Life,144,Studenthack,345,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,3,Tips Beasiswa,15,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,84,Tips Travelling,5,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,11,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,1,Universitas,35,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: Langkah-Langkah Dasar dalam Mencari Beasiswa Kuliah ke Luar Negeri
Langkah-Langkah Dasar dalam Mencari Beasiswa Kuliah ke Luar Negeri
https://2.bp.blogspot.com/-9xiveauBIvo/VnpZD1bkCvI/AAAAAAAAAbQ/0l6oG6_12p4/s640/Snap%2B2015-12-23%2Bat%2B15.19.15.png
https://2.bp.blogspot.com/-9xiveauBIvo/VnpZD1bkCvI/AAAAAAAAAbQ/0l6oG6_12p4/s72-c/Snap%2B2015-12-23%2Bat%2B15.19.15.png
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2015/12/langkah-langkah-dasar-dalam-mencari.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2015/12/langkah-langkah-dasar-dalam-mencari.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy