Artikel Terbaru

Mau Belajar Tentang Pendidikan di Jepang? Ikuti Beasiswa Teacher Training Program 2016 Ini!

Jepang adalah negara yang terkenal dengan keunggulan sistem pendidikannya. Bahkan tentu kita sangat familiar dengan cerita tentang Kaisar Hirohito yang sangat menghargai keberadaan guru. Hal inilah yang menjadikan Jepang sebagai salah satu role model pendidikan yang baik. Ini juga yang sering dijadikan alasan bagi orang-orang untuk bisa berkuliah di Jepang, yaitu ingin belajar bagaimana mereka mendidik guru-guru di sana.


Buat kamu yang tertarik menjadi seorang pengajar dan juga tertarik mempelajari pelatihan guru di Jepang sana, sekarang mungkin bisa dibilang lebih mudah. Kenapa kami bilang lebih mudah, karena sekarang ada beasiswa untuk Program Penataran Guru di Jepang. Beasiswa ini adalah salah satu beasiswa yang disediakan oleh pemerintah Jepang.

Program Penataran Guru atau Teacher Training Program ini adalah salah satu program beasiswa Pemerintah Jepang (Monbukagakusho) yang dirancang khusus bagi para guru untuk meningkatkan kualitas pengajaran sesuai dengan bidangnya. Dalam program ini penerima beasiswa akan diberikan pelatihan dalam cara mengajar, pembuatan rencana belajar-mengajar yang lebih efektif dan menarik minat siswa, serta hal-hal lain yang dapat meningkatkan kualitas dan kemampuan para guru. Program ini merupakan program non-gelar. Sedangkan lama masa studinya adalah 1 tahun 6 bulan (termasuk 6 bulan pertama belajar bahasa Jepang) dari Oktober 2016.


Nilai Beasiswa

Berbicara tentang beasiswa tentu kita akan membicarakan apa saja sih yang dibiayai oleh beasiswa tersebut. Untuk Teacher Training Program ini menanggung semua biaya pendidikan dan biaya pembuatan visa pelajar. Selain itu, penerima beasiswa akan diberikan tunjangan hidup sebesar ¥ 143.000 per bulan, yang diberikan setiap akhir bulan selama masa studi di Jepang (ada kemungkinan jumlah tunjangan akan mengalami perubahan). Sedangkan untuk masalah tempat tinggal peserta disediakan asrama yang pembayarannya diatur sendiri oleh penerima beasiswa. Ditambah lagi, peserta juga akan difasilitasi tiket pesawat kelas ekonomi p.p. Indonesia (Jakarta) – Jepang (Tokyo/Osaka). Sebagai tambahan informasi, beasiswa ini tanpa ikatan dinas lho.

Persyaratan

Seperti beasiswa pada umumnya, beasiswa Teacher Training Program ini pun juga memiliki beberapa persyaratan yang harus kamu penuhi. Berikut persyaratan yang harus kamu penuhi untuk bisa melamar beasiswa satu ini.
1. Memiliki dedikasi yang tinggi sebagai seorang guru/pengajar
2. Lulusan minimal S1 atau D4
3. Guru yang sedang aktif mengajar di lembaga pendidikan formal SD, SMP, SMA dan Sederajat (SMK, Madrasah, dsj), serta SLB
4. Pelamar telah mengajar lebih dari 5 tahun di lembaga pendidikan formal pada tanggal 1 April 2016
5. Semua bidang ditawarkan kecuali, PKN, Bahasa Indonesia, Bahasa Daerah, Bahasa Arab, Pendidikan Agama, dan Perhotelan
6. Usia di bawah 35 tahun pada tanggal 1 April 2016
7. Sehat jasmani dan rohani (bagi pelamar wanita tidak diperbolehkan dalam kondisi hamil saat melamar maupun saat keberangkatan)
8. Bersedia belajar bahasa Jepang karena bahasa pengantar di universitas adalah bahasa Jepang

Dokumen Pendaftaran

Kalau kamu sudah merasa bisa memenuhi persyaratan di atas, selanjutnya kamu harus menyiapkan kelengkapan dokumen untuk bisa melamar beasiswa ini. Nah, apa saja sih dokumen yang harus kamu siapkan?

1. Formulir aplikasi, harus diisi dalam bahasa Inggris atau bahasa Jepang. Untuk mengunduh formulir, kamu bisa masuk terlebih dahulu ke laman http://www.id.emb-japan.go.jp/sch_tt.html
2. Pasfoto berwarna (harus ditempel pada setiap formulir, ukuran foto lihat / sesuaikan dengan ukuran kotak pada formulir aplikasi)
3. Fotokopi Ijasah pendidikan terakhir (harus dalam bahasa Inggris dan dilegalisir resmi/dicap basah asli dari perguruan tinggi pelamar)
4. Fotokopi transkrip nilai (harus dalam bahasa Inggris dan dilegalisir resmi/dicap basah asli dari perguruan tinggi pelamar)
5. Surat keterangan dari tempat mengajar yang menjelaskan bahwa pelamar adalah staf pengajar yang masih aktif mengajar dan disetujui mengikuti program beasiswa ini, disertai keterangan masa mengajar (dari tanggal berapa hingga tanggal berapa), dan dicap basah asli oleh sekolah. Jika masa mengajar yang lebih dari 5 tahun terpisah dalam beberapa sekolah, lampirkan juga surat keterangan masa mengajar dari sekolah sebelumnya yang dicap basah asli dari sekolah sebelumnya tersebut, surat harus dibuat dalam bahasa Inggris.
6. Surat rekomendasi dari Kepala Sekolah mengenai pribadi pelamar, harus diisi dalam bahasa Inggris dalam form yang tersedia. Kamu bisa melihat persayaratan lengkap dan mengunduh form surat rekomendasi pada laman http://www.id.emb-japan.go.jp/sch_tt.html

* Semua dokumen ditulis dalam bahasa Inggris atau bahasa Jepang, dibuat masing-masing sebanyak 3 rangkap dan dibuat/diprint pada kertas ukuran A4

Cara Pelamaran

1. Pendaftaran dibuka pada 7 Desember 2015 dan ditutup pada 11 Januari 2016..
2. Bagi pelamar, baik pegawai negeri maupun swasta dapat langsung menyerahkan langsung/mengirimkan formulir yang telah diisi ke Bagian Pendidikan Kedutaan Besar Jepang dengan dilampiri dokumen yang diperlukan.
3. Formulir pendaftaran yang telah diisi beserta dokumen pelengkap diserahkan langsung/dikirimkan ke :
Bagian Pendidikan Kedutaan Besar Jepang
Jl. M. H. Thamrin 24
Jakarta 10350
Dan selambat-lambatnya harus tiba tanggal 11 Januari 2016. Mohon tuliskan kode “Teacher Training 2016” pada bagian kanan atas amplop.
4. Dokumen yang telah diserahkan tidak dapat ditarik / diminta kembali, dengan alasan apapun.


Tahap Penyeleksian

1. Seleksi Berkas. Pengumuman hasil seleksi berkas akan ditampilkan di website Kedutaan Besar Jepang pada tanggal 2 Februari 2016. Bagi yang lulus seleksi berkas akan dipanggil untuk mengikuti seleksi ujian tertulis.
2. Seleksi ujian tertulis adalah ujian bahasa Inggris dan bahasa Jepang. Diadakan serentak di Jakarta, Surabaya, Medan, Denpasar, dan Makassar. (Jadwal ujian tertulis akan diumumkan pada saat pengumuman hasil seleksi berkas)
3. Bagi yang lulus seleksi ujian tertulis akan dipanggil untuk mengikuti wawancara di Jakarta. (Jadwal seleksi wawancara akan diumumkan pada saat pengumuman hasil seleksi ujian tertulis)
4. Bagi yang lulus wawancara akan direkomendasikan ke Monbukagakusho.
5. Mereka yang lulus seleksi keseluruhan akhir di Monbukagakusho akan menjadi penerima beasiswa. Pengumuman final akan diumumkan pada bulan Agustus 2016.

Contoh Universitas & Bidang Studi

Untuk contoh pilihan universitas & bidang studi program teacher training, bisa dilihat di website berikut.
Daerah Hokkaido hingga Chubu
(link : http://www.studyjapan.go.jp/pdf/toj2013/guide01en.pdf)
Daerah Kinki hingga Okinawa
(link : http://www.studyjapan.go.jp/pdf/toj2013/guide02en.pdf)

Untuk informasi lebih lanjut terkait beasiswa Teacher Training Program ini, kamu bisa mengakses laman http://www.id.emb-japan.go.jp/sch_tt.html

Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Advertisement
Scroll To Top