Artikel Terbaru

Mau Kuliah di Belanda? University of Twente Scholarship Bisa Kamu Jadikan Pilihan!

Kamu nggak perlu bingung dan pusing cuma karena pengen kuliah di Belanda. Kenapa nggak perlu bingung atau pusing? Ada satu beasiswa yang akan memberikan kesempatan buat kamu untuk kuliah di Belanda yaitu University of Twente Scholarship. Beasiswa ini biasa disebut dengan nama UTS yang merupakan sebuah program beasiswa yang bisa diambil oleh pelajar-pelajar berprestasi baik itu dari kawasan EU, EEA, maupun dari luar kelompok tersebut. Selama pemohon mengajukan untuk menempuh studi tingkat master untuk mendapatkan gelar Master of Science di University of Twente.



Perlu diketahui dan diingat bahwa beasiswa ini tidak tersedia untuk warga negara asli Belanda atau juga mahasiswa aktif di University of Twente. Selain itu jika kamu ingin mengambil beasiswa satu ini kamu tidak boleh menempuh studi di Faculty of Geo-Information Sciecne and Earth Observation atau ITC di University of Twente. Khusus bagi yang ingin mengambil studi di ITC ada beasiswa-beasiswa lain yang juga tersedia dan bisa dijadikan pilihan.

Pendaftaran dari beasiswa ini untuk tahap pertama dibatasi hingga akhir bulan Desember setiap periodenya. Untuk periode yang saat ini masih dibuka akan berakhir pada tanggal 30 Desember 2015. Untuk tahap selanjutnya akan dibuka mulai bulan Februari 2016.

Salah satu syarat agar kamu bisa mengajukan permohonan untuk beasiswa ini adalah kamu sudah harus disalah satu program studi jenjang master di University of Twente. Jika belum, maka kamu harus mendaftarkan diri di program yang kamu inginkan sampai benar-benar diterima. Seperti disebutkan sebelumnya bahwa ada satu fakultas yang program-programnya tidak bisa diambil menggunakan beasiswa ini. Tentu selain satu fakultas tersebut masih ada banyak program master untuk MSc yang bisa diambil di University of Twente.

Applied Mathematics
Applied Physics
Biomedical Engineering
Business Administration
Business Information Technology
Chemical Engineering
Civil Engineering and Management
Communication Studies
Computer Science
Construction Management and Engineering
Educational Science and Technology
Electrical Engineering
Embedded Systems
European Studies
Health Sciences
Human Media Interaction
Industrial Design Engineering
Industrial Engineering and Management
Mechanical Engineering
Methodology and Statistics for the Behavioural, Biomedical, and Social Sciences
Nanotechnology
Philosophy of Science, technology and Society
Public Administration
Science Education and Communication
Sustainable Energy Technology
Systems and Control
Telematics

Jika belum diterima di salah satu program master yang ada di University of Twente, kamu harus mendaftarkan diri dahulu. Untuk informasi seputar pendaftaran menjadi mahasiswa jenjang master di University of Twente bisa kamu lihat di halaman berikut ini (informasi pendaftaran studi master University of Twente).

Jumlah pembiayaan yang akan diberikan dalam program beasiswa ini mulai dari 6,000 hingga 25,000 Euro setiap tahun dengan kuota maksimal 30 orang penerima beasiswa setiap periodenya. Selain mendapatkan bantuan pembiayaan studi jenjang master, penerima beasiswa tentu juga akan mendapatkan keuntungan menjadi satu dari sekian banyak mahasiswa University of Twente. Selain itu penerima beasiswa juga akan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti program honours yang terdiri dari Research Honours, Design Honours, dan Change Leaders.

Berikut ini adalah hal-hal yang menjadi persyaratan dari program beasiswa UTS ini. Ingat dan pahami betul syarat-syaratnya ya jika kamu ingin mendapatkan beasiswanya.

Studi yang diambil akan dimulai pada bulan September tahun berikutnya (untuk periode saat ini berarti pada bulan September 2016)
Pemohon harus sudah diterima secara resmi pada satu dari program master yang ada di University of Twente dan didukung oleh beasiswa ini sebelum pertengahan Desember
Pemohon harus menyertakan sebuah motivation letter dalam jumlah kata antara 250 hingga 500 serta harus berisikan tentang:
- Bidang yang sudah dipelajari di jenjang sebelumnya
- Tujuan yang ingin dicapai dengan menempuh studi master di University of Twente
- Cara-cara yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut
- Alasan utama kenapa kamu memilih menempuh studi master di University of Twente
Pemohon mampu memenuhi persyaratan untuk mendapatkan visa yang berlaku di Belanda sesuai tujuannnya yaitu menempuh studi
Pemohon memberikan bukti penguasaan bahasa Inggris melalui skor IELTS 6.5 atau TOEFL iBT 90
Pemohon sebelumnya sudah menyelesaikan studi jenjang sebelumnya di University of Twente
Jika sudah menempuh studi jenjang sebelumnya di University of Twente, pemohon langsung bisa mengajukan beasiswa ini meski studinya belum selesai. Namun perlu diingat bahwa pemohon harus mempunyai IPK 7.5 minimal dari total 10.



Nah itu tadi adalah persyaratan-persyaratan yang harus selalu kamu ingat jika kamu ingin melanjutkan studi di Belanda khususnya jenjang master di University of Twente. Jika kamu sudah merasa sangat yakin dan siap untuk mengajukan permohonan beasiswa UTS ini, maka kamu bisa langsung mengunjungi halaman berikut ini (pendaftaran beasiswa University of Twente Scholarship) untuk memulai prosedur pendaftaran dan seleksi beasiswanya.

Semoga berhasil dan kamu bisa kuliah di University of Twente Belanda!
Amin.

Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Advertisement
Scroll To Top