Artikel Terbaru

Mau Kuliah Di Malaysia? Coba Beasiswa Pemerintahan Malaysia Ini!

Sejak beberapa tahun yang lalu, pemerintahan Malaysia mengumumkan bahwa mereka memiliki tujuan baru dalam dunia pendidikan. Tujuan baru yang dimaksud adalah untuk menjadikan Malaysia sebagai tempat tujuan belajar terbaik untuk pendidikan tinggi dan ilmu penelitian.


Salah satu cara yang mereka gunakan untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan menarik minat mahasiswa-mahasiswa internasional berbakat melalui tawaran beberapa skema beasiswa yang menarik.

Dalam beberapa tahun terakhir, Malaysia secara signifikan menjadi wadah berbasis pengetahuan dengan dukungan infrastruktur teknologi tinggi dan pengembangan pengetahuan ilmiah. Bahkan pemerintah Malaysia mempublikasikan mengenai kelebihan utama pendidikan di Malaysia, yaitu twinning degree. Dengan program twinning degree tersebut, mahasiswa dimungkinkan untuk memindahkan kredit kuliah mereka ke negara lain di mana universitas tersebut berada.

Sebagai informasi tambahan, universitas-universitas Malaysia acapkali menduduki posisi Top 200 Institusi Pendidikan Terbaik di dunia berdasarkan peringkatnya. Hal ini adalah sebuah bukti yang menunjukkan bagaimana Malaysia telah mempersiapkan diri untuk menjadi tempat tujuan menuntut ilmu bagi mahasiswa internasional.

Tapi pemerintah Malaysia tidak hanya sesumbar akan tujuan tersebut lho! Salah satu usaha utama yang dilakukan pemerintahan Malaysia adalah dengan menarik, memotivasi, dan mempertahankan sumber daya manusia berbakat dari luar negeri. Sejumlah modal besar telah dikeluarkan untuk secara langsung mendukung mahasiswa di universitas-universitas negeri dan swasta Malaysia. Demi tujuan tersebut, bahkan sekarang ini pemerintah Malaysia sedang mempromosikan berbagai rangkaian beasiswa pendidikan di sejumlah universitas terbaik Malaysia. Berikut ini adalah tiga skema beasiswa terbaik yang ditawarkan pemerintah Malaysia.

Malaysia International Scholarship (MIS)


Malaysia International Scholarship (MIS) adalah salah satu bukti bahwa pemerintah Malaysia tidak pernah main-main dalam usahanya untuk menarik para mahasiswa berbakat dan terbaik dari seluruh dunia untuk mengambil pendidikan akademis yang lebih tinggi di Malaysia. Pihak Malaysia International Scholarship bertugas untuk mendukung para mahasiswa internasional berbakat dengan catatan nilai akademis dan latar belakang pendidikan yang memuaskan. Para mahasiswa dengan kriteria tersebut sangat diharapkan untuk mengajukan beasiswa ini dan melanjutkan pendidikan tinggi mereka di universitas unggulan Malaysia yang dipilih, baik negeri maupun swasta.


Commonwealth Scholarship and Fellowship Plan


Beasiswa ini diberikan oleh pemerintahan Malaysia kepada para mahasiswa yang terpilih dari negara-negara persemakmuran untuk melanjutkan pendidikan pada program pascasarjananya di Malaysia. Beasiswa ini merupakan bagian dari perjanjian antara pemerintah negara-negara persemakmuran.

Nippon Foundation Fellowships for Asian Public Intellectuals


API Fellowships Programme adalah beasiswa yang dirancang untuk mendorong terbentuknya kumpulan para intelektual Asia. Tujuan mereka adalah agar para intelektual dari Asia dapat saling mempelajari satu sama lain dan berkontribusi pada pertumbuhan lingkup pemerintah yang akan efektif dalam merespon kebutuhan-kebutuhan daerah yang perlu dipenuhi.

Dengan berbagai usaha tersebut, pemerintah Malaysia bukan hanya mencari nama sebagai pusat pendidikan terbaik di Asia Tenggara. Namun mereka juga berharap dapat menjadi tempat tujuan paling menarik bagi mahasiswa internasional di seluruh dunia.

Sumber: hotcourses.co.id

Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Advertisement
Scroll To Top