Artikel Terbaru

Mau Kuliah Jurusan Jurnalistik di Belanda? Pilihlah Satu di Antara 5 Universitas Ini!

Di era kemudahan informasi seperti sekarang ini, peluang bekerja di bidang jurnalistik sangat terbuka lebar. Apalagi saat ini media tumbuh bak jamur di musim hujan. Jurnalis adalah salah profesi yang banyak dicari belakangan ini. Tak heran banyak sekali negara yang berusaha mengembangkan pendidikan tentang jurnalistik. Salah satunya adalah Belanda.

Setelah beberapa tahun yang lalu program jurnalistik di beberapa universitas di Belanda diterpa isu yang kurang sedap, beberapa tahun terakhir mereka terus memperbaiki diri. Dan inilah lima universitas dengan jurusan jurnalistik terbaik di Belanda.

1. University of Amsterdam



Universitas ini menawarkan program pascasarjananya untuk bidang jurnalistik. Tepatnya, universitas ini menawarkan gelar Master of Arts (MA) in Journalism, Media and Globalisation (Erasmus Mundus Master's - Joint Degree). Program ini ditujukan untuk kalangan profesional (utamanya wartawan) yang tertarik untuk mengembangkan kemampuan mereka berkomunikasi dengan cara yang bernuansa dan kontemporer tentang isu-isu yang berkaitan dengan globalisasi. Waktu tempuh program ini sendiri diperkirakan akan memakan waktu selama 2 tahun lamanya.  Untuk bisa masuk program ini, kamu juga harus memenuhi beberapa persyaratan, di antaranya mempunyai gelar sarjana atau gelar setara dengan nilai di atas rata-rata. Selain itu, kamu juga perlu mempunyai pengalaman kerja selama 3 bulan sebagai wartawan profesional dan punya skor IELTS minimal 7,0.

2. Hanze University Groningen University of Applied Sciences


Dalam bidang Jurnalistik, Hanze University Groningen University of Applied Sciences menawarkan satu program pascasarjana yaitu Journalism. Program ini diperkirakan akan memakan waktu tempuh selama kurang lebih satu semester. Pada program ini, mahasiswa akan lebih banyak diminta melakukan praktek-praktek jurnalistik. Apalagi, program ini akan bekerjasama dengan banyak sekali media seperti The English section of the Hanze Magazine, the English radio programme Happy Hour FM, dan juga website mereka. Sedangkan persyaratan agar kamu bisa mengikuti program ini adalah minimal telah menyelesaikan minimal satu tahun pendidikan universitas dan atau telah memiliki pengalaman profesional. Selain itu kamu juga harus memiliki skor IELTS minimal 6.0 atau TOEFL 550. Hal ini dikecualikan jika kamu adalah mahasiswa pertukaran pelajar.

3. Tilburg University


Tilburg University menawarkan satu program pascasarjana bidang jurnalistik yang bisa kamu ikuti, yaitu Master of Arts (MA) in Communication and Information Sciences (CIS) - Specialization in Data Journalism. Seperti namanya, program ini lebih banyak meneliti tentang data jurnalistik. Waktu studi yang diperlukan untuk menyelesaikan program ini diperkirakan satu tahun. Sedangkan untuk persyaratan masuk program ini adalah mahasiswa harus memiliki gelar sarjana bada bidang komunikasi umum, linguistik, ataupun bahasa modern. Selain itu, mereka harus telah memperoleh skor minimal sekitar 577 (paper-based) atau 233 (berbasis komputer) atau 90 (berbasis internet) di TOEFL atau sekitar 6,5 sebagai band secara keseluruhan atau 6,0 pada bagian individu dari tes di IELTS, atau yang lain harus memiliki hasil Cambridge Proficiency Examination.

4. Christelijke Hogeschool Ede


Christelijke Hogeschool Ede sendiri memiliki dua program untuk bidang jurnalistik. Pertama, Certificate in Global Journalism yaitu program sarjana untuk bidang jurnalistik. Kedua, Certificate in Global Journalism (Extended Course) yaitu program pascasarjana untuk bidang jurnalistik. Program ini juga sekaligus merupakan program kelanjutan dari program sarjananya. Kedua program tersebut bertujuan untuk membantu siswa dalam mempelajari perspektif internasional yang digunakan dalam jurnalistik. Kedua proram ini memiliki masa studi yang sama yaitu 5 bulan. Persyaratan masuknya pun tak jauh berbeda, kita perlu memiliki skor IELTS di atas 6.0 dan telah mempelajari bidang-bidang seperti komunikasi, jurnalistik, cultural studies, maupun media studies.

5. University of Groningen



Program pascasarjana bidang jurnalistik ang ditawarkan oleh University of Groningen adalah MA in Journalism (English Taught). Program ini bertujuan agar para siswanya dapat menjadi wartawan dengan kemampuan dan pengetahuan jurnalistik yang mendalam. Pada program ini para siswa diwajibkan utnuk melakukan seminar tesis dan juga magang lho! Jadi siswa juga akan diminta langsung mempraktekan apa yang telah mereka pelajari. Masa studi untuk program ini diperkirakan selama 18 bulan. Untuk persayaratan masuk program ini sendiri cukup panjang. Pertama, kita perlu memiliki skor IELTS minimal 7.0 dengan TOEFL 620 (berbasis kertas) atau TOEFL 105 (internet-based) atau Ujian Cambridge yang setara. Setelah itu (aplikasi awal), kita akan dihubungi untuk melakukan tes masuk singkat. Beberapa siswa juga akan diminta untuk melakukan tes wawancara selama kurang dari 20 menit bisa melalui Skype maupun telepon. Sedikit bocoran, biasanya yang ditanyakan dalam proses wawancara adalah motivasi, studi saat ini, pengalaman kerja dan lain sebagainya.

Sumber: hotcourses.co.id

Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Advertisement
Scroll To Top